Nila, Ikan yang "Memakan" Anaknya Sendiri



Timbunan ikan nila yang berada di luar air.

Ikan konsumsi adalah sebutan untuk ikan yang ditangkap oleh manusia untuk diolah menjadi benda kebutuhan lain, misalnya bahan makanan. Berdasarkan habitatnya, ikan konsumsi bisa dibagi ke dalam 3 kategori utama : ikan laut konsumsi, ikan air payau konsumsi, & ikan air tawar konsumsi. Ikan air tawar konsumsi - sesuai namanya - adalah ikan konsumsi yang habitatnya berada di air tawar. Ada begitu banyak ikan air tawar konsumsi yang sudah diketahui & diternakkan oleh manusia. Satu dari sekian banyak ikan tersebut adalah ikan nila.

Nila / tilapia Nil (Nile tilapia; Oreochromis niloticus) adalah nama dari spesies ikan air tawar dengan persebaran yang luas. Nama "niloticus" pada nama spesies ikan ini berasal dari Sungai Nil, salah satu habitat pertama ikan yang bersangkutan. Ikan nila diketahui sudah mulai dibudiyakan manusia sejak era Mesir Kuno ribuan tahun sebelum Masehi.

Sesudah itu, ikan nila dibawa oleh manusia ke luar Afrika untuk dibudidayakan di negaranya masing-masing sehingga ikan nila sekarang juga bisa ditemukan di Benua Asia & Amerika. Ikan nila sendiri pertama kali memasuki Indonesia pada tahun 1969 setelah bibit ikan yang bersangkutan diimpor oleh lembaga perikanan setempat.

Tersebar luasnya habitat ikan nila di masa kini tidak lepas dari tingginya kemampuan adaptasi ikan yang bersangkutan. Ikan nila pada dasarnya bisa hidup pada perairan air tawar apapun selama kadar oksigen & suhu airnya tidak terlampau rendah.

Untuk urusan makanan, nila adalah ikan omnivora yang pada dasarnya mau memakan organisme apapun yang tersedia di perairan tempatnya hidup. Entah itu plankton, lumut, tanaman air, invertebrata air, & bahkan ikan lain yang berukuran lebih kecil.

Dari segi fisik, ikan nila bisa dibedakan dari spesies ikan air tawar lainnya dengan melihat adanya ciri-ciri berikut. Tubuhnya berpenampang pipih & berbentuk menyerupai daun. Sirip dadanya memiliki ujung yang lancip. Mulutnya berukuran kecil dengan bibir yang tebal.

Warna sisik dari nila sangat bervariasi, namun pada umumnya ikan yang bersangkutan memiliki warna perak kehitaman. Sementara kalau untuk ukuran, ikan nila bisa tumbuh hingga sepanjang 60 cm di mana pejantan berukuran sedikit lebih besar daripada betina.


Nila dengan tipe pewarnaan merah.


MENETAS DI DALAM MULUT INDUKNYA

Hal paling unik dari nila adalah perilaku reproduksinya. Bagaimana tidak, ikan nila betina ternyata memiliki kebiasaan "memakan" telur & anak-anaknya sendiri! Well, sebenarnya ikan nila betina tidak benar-benar memakan telurnya sendiri, tapi sekedar menyimpan telur di dalam mulutnya - tanpa menelannya tentu saja.

Tujuan nila betina melakukan hal tersebut adalah untuk melindungi keturunannya dari ancaman hewan lain sehingga mereka memiliki peluang lebih besar untuk bertahan hidup. Ketika sedang menyimpan telur & anak di dalam mulutnya, ikan nila betina akan berhenti makan untuk sementara waktu. Jumlah telur yang bisa dihasilkan & disimpan oleh betina mencapai 200 butir.

Bicara soal perilaku reproduksi, ikan nila jantan memiliki perilaku teritorial yang berarti ikan jantan memiliki kebiasaan untuk menjadikan suatu wilayah sebagai daerah kekuasaannya. Ikan betina akan dibiarkan masuk, namun ikan jantan lain akan diusir. Pejantan juga membuat cekungan di dasar perairan untuk menarik betina agar mau bertelur di daerah kekuasaannya.

Ketika ada ikan betina yang merasa tertarik dengan pejantan & daerah yang dikuasainya, ikan betina akan mengeluarkan telur-telurnya ke dalam cekungan yang sudah dibuat oleh pejantan. Pejantan lalu melepaskan spermanya ke arah timbunan telur tersebut sehingga terjadilah pembuahan. Telur-telur yang sudah dibuahi tersebut selanjutnya akan dikumpulkan & disimpan oleh nila betina di dalam mulutnya.

Larva nila yang baru menetas bisa hidup tanpa makanan selama beberapa hari karena adanya cadangan makanan berupa kuning telur yang menempel pada tubuhnya. Jika kuning telurnya sudah habis, anak nila mulai berenang keluar mulut induknya untuk mencari makan & akan masuk kembali ke dalam mulut sang induk jika merasakan adanya bahaya.

Sesudah sekitar 2 minggu, anak-anak nila akan meninggalkan induknya & mulai hidup mandiri. Seekor nila memiliki usia kematangan seksual 6 bulan & bisa hidup hingga usia 10 tahun lebih.

Nila betina dengan telur-telur di mulutnya. (QLD DAFF / abc.net.au)

Sudah disinggung di bagian awal artikel kalau nila memiliki manfaat sebagai ikan konsumsi bagi manusia. Ikan nila banyak dibudidayakan oleh manusia karena ikan ini mudah berkembang biak, sanggup hidup dalam perairan tawar dengan kondisi apapun, cepat mengalami pertambahan ukuran, & memiliki rasa daging yang enak.

Ikan nila juga bisa dipelihara bersama-sama dengan ikan lain selama ukurannya tidak berbeda jauh, di mana sistem budidaya macam itu dikenal dengan istilah "polikultur". Selain untuk keperluan konsumsi, ada juga yang memelihara ikan nila sebagai ikan hias karena beberapa nila memiliki sisik yang berwarna cerah & terkesan indah.

Nila di sisi lain juga memiliki dampak negatif bagi lingkungan karena nila bisa menjadi spesies invasif. Ketika ada nila yang lepas ke perairan liar & berkembang biak di sana, ikan nila akan memakan hewan-hewan air setempat yang berukuran kecil sehingga populasi mereka pun menurun tajam.

Sementara bagi hewan air yang ukurannya tidak berbeda jauh dengan nila, nila mengancam keberadaan mereka secara tidak langsung dengan cara merebut makanan & ruang hidup yang awalnya merupakan milik mereka. Dikhawatirkan jika tidak ada tindakan serius untuk menanggulangi masalah tersebut, populasi hewan air penghuni asli habitat setempat bakal terancam punah akibat terdesak oleh nila.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Famili : Cichlidae
Genus : Oreochromis
Spesies : Oreochromis niloticus (Linnaeus, 1758)



REFERENSI

- . 2000. "Budidaya Ikan Nila (Oreochromis niloticus)". Bappenas, Jakarta.

FAO. "Oreochromis niloticus (Linnaeus, 1758)".
(www.fao.org/fishery/culturedspecies/Oreochromis_niloticus/en)

Global Invasive Species Database. "Oreochromis niloticus".
(www.iucngisd.org/gisd/species.php?sc=1322)

Luna, S.M.. "Oreochromis niloticus, Nile tilapia".
(www.fishbase.de/summary/2)

 





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



30 komentar:

  1. terima kasih artikelnya bermanfaat, hususnya bagi saya yang sedang cari artikel cara berkembang biak ikan nila.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah induknya makan anaknya sediri bos.

      Hapus
  2. Maaf gan mau tanya sedikit . Jika anak nila sudah berumur 2 minggu sudah bisa cari makan sendiri baiknya induk dipisahkan atau tidak ? Diartikel disebutkan nila suka memakan ikan yg jauh lebih kecil .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari pengalaman saya pribadi, larva nila yang sudah bisa berenang sendiri tidak perlu dipindahkan kalau kolamnya besar & airnya keruh. Tapi idealnya larva nila sudah dipindahkan ke kolam terpisah sejak pas masih tinggal di mulut induknya,

      Tujuannya bukan cuma supaya larvanya benar-benar aman. Tapi juga supaya larvanya bisa tumbuh secara optimal. Kalau disatukan dengan ikan-ikan yang lebih besar, nanti larvanya bakal lebih sering bersembunyi pas sudah waktunya diberi makan. Dampaknya nanti kalau sudah dewasa, ukuran ikannya jadi lebih kerdil.

      Hapus
    2. Berapa bulan sekali ikan nila akan bertelur lagi bos

      Hapus
  3. Trimakasih atas artikel ini,sangat bermanfaat bagi kami,sangat jelas dan mudah di simak,..

    BalasHapus
  4. Ikan nila punya saya yg baru menetas kok hilang apa dimakan yg lain ya??soalnya kolamnya memang tidak dipisah dan tidak terlalu besar jg ukurannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin anaknya sudah habis dimakan, tapi mungkin juga anaknya cuma sekedar bersembunyi di mulut induknya. Kalau mau kepastian sih saran saya coba saja tunggu 1-2 minggu & lihat apakah ada ikan-ikan nila kecil yang berenang.

      Hapus
  5. gan ikan nila kan memuntahkan anaknya klo kuning tlur nya sudah habis yah, nah klo cara bedakan anakan(di mulut induknya) yg masih telur dan yang sudah menetas atau sudah bisa berenang sndiri tanpa menangkap indukan ,apakah ada perbedaan dri cara gerakgerik (mulutnya) si induknya ?
    mohon bantuannya gan
    trimakasih sbelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya mulut ikan nila warnanya berubah jadi hitam

      Hapus
  6. Ilmu yg bermanfaat.. Sy masih tanda tanya besar.. Ikan nila dewasa apa memakan larva nila? Krn tdk saya pisah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, larva nila beresiko dimakan ikan dewasa. Tapi asal induknya ada di kolam yang sama, larvanya seharusnya bakal tetap aman. Tapi akan lebih baik jika larvanya dipindahkan ke kolam tersendiri supaya tumbuhnya bisa optimal.

      Hapus
  7. Saya mau cerita dikit gan...pagi2 saya kasih makan ikan.t rs siang nya saya kasih makan lagi.kx tiba2 q liat ada ratusan anak ikan.tak kusangka ikan nila saya beranak.trs sorenya saya cek lagi kx anak nya tinggal dikit trs besoknya saya cek lagi.kx tidak ada sama sekali ya.kira2 kemana semua larva nila saya.apa mungkin sudah habis di makan ikan lain ya?mohon infonya

    BalasHapus
  8. Askum ni saya mau gabung saya br mau belajar ternak nila...tlg teman.yg punya wa kasi aku biar enak kolsuntasi

    BalasHapus
  9. Askum ni saya mau trs di ksih info karna saya baru berjar termasuk nila wasslam

    BalasHapus
  10. Aq punya kolam 2.5 meter. klau induknya nila nya di kawinkan harus brapa ekor bisa dimasukkan di kolam mas.

    BalasHapus
  11. Yg mau diskusi tentang usaha peternakan ikan mari kita belajar bersama, saya Azis jonidi kota Jambi no wa /hp =082399009979

    BalasHapus
    Balasan
    1. As.wwb apakah ada pengaruh apabila induk ikan nila tdk dipisah dgn anaknya

      Hapus
  12. Ikan nila sy beranak lali sy pindahin di bak.kira2 dkasi makan ap y.

    BalasHapus
  13. Ya... larva ikan nila di makan nila besar, sy lhat sendiri.

    BalasHapus
  14. Mau tanya jg gan,anakan ikan nila saya umur 4bln,ko banyak yg mati jg pd cacat,apa iya sesama nila jg suka berantem jg..atau ada faktor lain ya gan ...mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cacatnya seperti apa? Kalau matanya ada yang hilang atau siripnya ada yang robek, berarti nilanya memang pada berantem. Kalau dari pengalaman saya, nila cenderung lebih gampang berantem kalau kolamnya terlalu sempit, atau dikasih makannya tidak teratur.

      Hapus
  15. Terimakasih, artikel nya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  16. Apaka ikan nila sama gurame,ikan hias kecil di satu kan tempat nya satu balong..,apa yg yg akan ter jadi.,terus harus nya bagaimana.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah, selama ikan hiasnya itu tipe ikan jinak macam ikan karper atau koi. Yang penting kolamnya tidak terlalu padat & ukuran antar ikannya tidak berbeda jauh.

      Kalau seandainya ikan hias yang dipelihara itu ikan koi, saya lebih menyarankan supaya ikannya hanya dipelihara dengan sesama koi. Sebab yang bikin koi itu menarik adalah saat dipegang oleh manusia di air, ikan koinya tidak mencoba untuk kabur. Tapi kalau dipelihara dengan ikan jenis lain (misalnya nila), ikan koinya jadi ketularan sifat penakutnya nila & jadi lebih susah dipegang secara langsung.

      Hapus
  17. Idealnya, per m2 itu ada berapa bibit ikan nila ya bagusnya ??

    BalasHapus
  18. Tadi saya tangkap ikan dikolam...trus jari saya tertusuk duri ikan lsg bengkak dan biru jari saya...
    Apakah duri nila beracun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak. Duri ikan nila tidak beracun. Kalau ada bagian tubuh yang tertusuk & bengkak, itu penyebabnya karena infeksi. Dari pengalaman saya, asal lukanya sudah diberi alkohol / obat merah, nanti lama-lama bengkaknya bakal hilang sendiri.

      Hapus
  19. Kalo saya suka mancing .
    Yang saya mau tanya kondisi air/cuaca yang bagaimana indukan nila memijah.....?
    Jadi bagus untuk memancingnya di luar saat ikan memijah pa bagaimana yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang paham soal waktu ideal untuk memancing nila di alam liar. Yang jelas, nila betina yang sedang menyimpan telur / anak di mulutnya tidak akan mau memakan umpan. Kalau soal memijah, setahu saya ikan nila bisa memijah kapan saja selama ikannya sudah cukup umur.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.