SEJARAH        FAUNA         HIBURAN

Makna Bendera Negara-Negara Eropa Tengah & Italia



Peta Eropa bagian tengah. (Sumber)

Eropa Tengah adalah sebutan untuk kawasan yang terletak di bagian tengah Benua Eropa. Kendati definisi tersebut secara sepintas terlihat mudah untuk dipahami, dalam praktiknya tidak ada batasan yang jelas mengenai negara mana saja yang tergolong sebagai Eropa Tengah. Pasalnya Eropa merupakan benua dengan komposisi penduduk yang beragam & perjalanan sejarah yang panjang, sehingga metode penggolongan dengan memakai pendekatan geopolitik menjadi lebih sulit untuk dilakukan.

Kasus macam itu dapat dijumpai pada Polandia & Hongaria. Di masa Perang Dingin, kedua negara tersebut dikategorikan sebagai bagian dari Eropa Timur karena mengusung ideologi komunis yang notabene banyak digunakan oleh negara-negara di Eropa Timur. Namun dalam hal sosial budaya, Polandia & Hongaria justru cenderung lebih dekat dengan negara-negara di sebelah baratnya karena kedua negara tadi menggunakan aksara Latin dalam komunikasi tertulisnya. Berbeda dengan negara-negara Eropa Timur semisal Rusia yang menggunakan aksara Cyrillic.

Dalam artikel ini sendiri, pihak Republik akan mendefinisikan Eropa Tengah sebagai kawasan dengan Swiss sebagai negara yang terletak paling barat & Polandia sebagai negara yang terletak paling timur. Dan sesuai dengan judulnya, artikel kali ini juga akan membahas makna bendera dari negara-negara yang terletak di Semenanjung Italia, semenanjung di Eropa Selatan yang berbatasan langsung dengan negara-negara Eropa Tengah di sebelah utara. Ada 3 negara berdaulat yang sekarang mendiami Semenanjung Italia, yaitu Italia, Vatikan, & San Marino.



AUSTRIA

Negara Eropa Tengah yang menjadi lokasi munculnya musisi-musisi klasik ternama seperti Mozart & Haydn. Bendera Austria menampilkan motif merah-putih-merah yang tersusun secara horizontal. Tidak diketahui apa makna dari bendera tersebut selain fakta bahwa bendera dengan motif ini diambil dari warna bendera Dinasti Babenberg di abad ke-13. Menurut legenda, bendera dengan desain demikian bermula ketika Adipati Leopold V - bangsawan dari Dinasti Babenberg - ikut serta dalam Perang Salib di tahun 1260. Saat itu, Leopold terluka begitu parah sehingga sekujur pakaiannya berubah warna menjadi merah akibat darah. Namun saat ia melepas ikat pinggangnya, bagian yang awalnya tertutup ikat pinggang tersebut tetap berwarna putih. Peristiwa tersebut lantas menginspirasi Leopold untuk membuat bendera berwarna merah dengan garis putih di tengahnya.

Selain bendera yang hanya menampilkan warna merah-putih-merah, Austria juga mengibarkan bendera dengan motif warna serupa, namun dengan tambahan gambar elang hitam di tengahnya (lihat gambar). Gambar itu sendiri aslinya adalah lambang negara Austria, di mana gambar elang yang bersangkutan terinspirasi dari lambang elang Dinasti Habsburg, dinasti yang bertahta di Austria hingga akhir Perang Dunia I. Di bagian dada elang terdapat tameng berwarna merah-putih-merah yang tidak lain diambil dari motif bendera Austria. Di bagian cakar elang terdapat gambar sabit & palu yang menyimbolkan kaum petani & pengrajin. Bagian pergelangan kaki elang menampilkan ikatan rantai yang sudah terputus untuk menyimbolkan merdekanya Austria dari pendudukan Jerman seusai Perang Dunia II.



CEKO

Negara Eropa Tengah yang di masa silam sempat menyatu dengan Slovakia sebagai negara Cekoslovakia. Bendera Republik Ceko menampilkan motiif segitiga biru di bagian kiri, serta bidang berwarna putih & merah yang tersusun secara horizontal. Warna biru menyimbolkan ketekunan & kewaspadaan. Warna merah menyimbolkan keberanian & cinta tanah air. Sementara warna putih menyimbolkan sifat rakyat Ceko yang jujur & cinta damai. Saat Cekoslovakia masih berdiri, bendera dengan motif yang sama juga digunakan sebagai bendera kebangsaan negara yang bersangkutan.

Warna biru, putih, & merah sendiri dipilih sebagai warna bendera Republik Ceko karena pada Abad Pertengahan, warna-warna tersebut pernah digunakan oleh Kadipaten Bohemia & Provinsi Moravia yang wilayahnya menjadi cikal-bakal wilayah modern Republik Ceko. Jika Bohemia menggunakan tameng merah bergambar singa putih sebagai simbol daerahnya, maka Moravia menggunakan simbol tameng biru bergambar elang merah putih. Warna biru, putih, & merah juga merupakan warna khas suku bangsa Slavia, di mana mayoritas penduduk Ceko tergolong sebagai anggota rumpun Slavia Barat.



HONGARIA

Negara Eropa Tengah yang ibukotanya dilintasi oleh Sungai Danube, salah satu sungai terpanjang di Eropa. Bendera Hongaria menampilkan motif merah-putih-hijau yang tersusun secara horizontal. Menurut situs CRW Flags, warna merah menyimbolkan kekuatan, warna putih menyimbolkan kesetiaan, & warna hijau menyimbolkan harapan. Sementara kalau menurut Encyclopaedia Britannica, warna merah aslinya menyimbolkan darah para pejuang, warna putih menyimbolkan sungai, & warna hijau menyimbolkan pegunungan.

Bendera dengan motif ini pertama kali digunakan sebagai bendera kebangsaan Hongaria pada tahun 1867, tahun di mana Kekaisaran Austria bertransformasi menjadi Kekaisaran Austria-Hongaria. Untuk menyimbolkan status Hongaria sebagai wilayah yang status politik domestiknya setara dengan Austria, bagian kanan bendera nasional Austria-Hongaria menyisipkan motif bendera & lambang nasional Hongaria (lihat gambar).



ITALIA

Negara Eropa Selatan yang terkenal sebagai cikal bakal munculnya peradaban Romawi Kuno. Bendera Italia menampilkan bidang berwarna hijau-putih-merah yang tersusun secara vertikal. Ada beberapa versi mengenai makna dari warna-warna dalam bendera Italia. Dari sudut pandang agama Katolik (agama mayoritas penduduk Italia), warna-warna tersebut menyimbolkan keimanan, harapan, & kebajikan. Kalau menurut pidato Giosue Carducci di tahun 1897, warna merah menyimbolkan semangat & darah para pahlawan, warna putih menyimbolkan kebijaksanaan, sementara warna hijau menyimbolkan semangat untuk memperjuangkan harapan.

Bendera dengan warna & komposisi demikian pertama kali digunakan di Italia pada tahun 1797. Tepatnya oleh Republik Cisalpine, negara bawahan Perancis yang didirikan di Italia utara pasca invasi pasukan Perancis ke wilayah tersebut. Itulah sebabnya bendera Cisalpine & Perancis memiliki kemiripan desain karena sama-sama menampilkan motif 3 warna yang tersusun secara vertikal. Bedanya adalah bendera Perancis menampilkan warna biru-putih-merah. Ketika Cisalpine akhirnya dibubarkan, desain bendera yang mereka gunakan kelak diadopsi oleh negara-negara lain di Semenanjung Italia.



JERMAN

Negara Eropa Tengah yang sempat terbagi menjadi 2 seusai Perang Dunia II. Bendera Jerman menampilkan motif hitam-merah-kuning yang tersusun secara horizontal. Tidak diketahui makna pasti dari warna-warna yang digunakan dalam bendera Jerman, selain fakta kalau warna kuning, merah, & hitam adalah warna yang pernah digunakan oleh kerajaan-kerajaan yang sempat menempati wilayah Jerman. Pada Abad Pertengahan misalnya, Kekaisaran Romawi Suci (KRS) yang wilayahnya mencakup wilayah Jerman modern menggunakan bendera berwarna kuning dengan gambar elang hitam di bagian tengahnya. Ketika KRS akhirnya runtuh akibat serangan pasukan Perancis pimpinan Napoleon Bonaparte, salah satu kerajaan penyusun KRS yang bernama Austria mengadopsi warna hitam & kuning untuk digunakan pada motif benderanya.

Tahun 1848, terjadi gelombang demonstrasi di negara-negara Eropa Tengah yang dikenal sebagai "Revolusi 1848". Dalam revolusi inilah, untuk pertama kalinya bendera hitam-merah-kuning dikibarkan oleh rakyat di wilayah cikal bakal Jerman. Tidak diketahui makna persis dari warna-warna tersebut, namun warna kuning & hitam diduga kuat terinspirasi dari motif bendera KRS selaku mantan negara adidaya setempat. Sementara warna merah merupakan warna yang identik dengan warna perjuangan kaum kelas bawah, mengingat warna tersebut menyimbolkan darah dari para pejuang yang gugur.



POLANDIA

Negara Eropa Tengah yang terletak di sebelah timur Jerman. Bendera Polandia menampilkan bidang berwarna putih-merah yang tersusun secara horizontal. Tidak diketahui makna dari bendera nasional Polandia selain fakta bahwa warna merah & putih pada bendera Polandia diambil dari lambang negara Polandia yang menampilkan sosok elang putih di atas bidang berwarna merah (lihat gambar). Simbol elang putih di atas bidang merah sendiri sudah dikenal sebagai simbol khas bangsa Polandia sejak abad ke-13, tepatnya saat Raja Przemysl II menggunakan simbol tersebut sebagai simbol kerajaannya.



SAN MARINO

Negara Eropa Selatan yang juga merupakan negara terkecil ke-5 di dunia. Bendera San Marino menampilkan motif putih-biru muda yang tersusun secara horizontal. Di bagian tengahnya, terdapat simbol berbentuk lonjong yang aslinya merupakan lambang negara San Marino. Warna putih menyimbolkan perdamaian, sementara warna biru muda menyimbolkan kebebasan. Pada lambang negara San Marino, terdapat gambar mahkota di bagian atas sebagai simbol kedaulatan. Penggunaan simbol mahkota terbilang menarik karena San Marino aslinya bukanlah negara kerajaan, melainkan republik.

Di bagian tengah lambang negara, terdapat gambar 3 menara putih di mana gambar tersebut menyimbolkan Menara Guaita, Chesta, & Montale. Tiga menara yang berlokasi di puncak Monte Titano, gunung tertinggi di San Marino. Di bagian kiri & kanan, berturut-turut terdapat gambar daun salam & oak sebagai penyimbolan kejayaan & kekuatan militer. Bagian bawah lambang negara San Marino menampilkan tulisan "Libertas" (Kebebasan) yang tidak lain menyimbolkan status San Marino sebagai negara merdeka.



SLOVAKIA

Negara Eropa Tengah yang di masa silam pernah menyatu dengan Ceko sebagai negara Cekoslovakia. Bendera Slovakia menampilkan bidang berwarna putih-biru-merah yang tersusun secara horizontal. Di bagian kiri tengah bendera, terdapat gambar tameng yang aslinya merupakan lambang negara Slovakia. Kombinasi warna putih-biru-merah menyimbolkan kemerdekaan & persatuan etnis Slavia, etnis yang persebarannya membentang mulai dari Ceko hingga Semenanjung Balkan & Rusia. Dan jika diperhatikan, komposisi warna bendera Slovakia & Rusia memang terlihat amat mirip karena sama-sama menampilkan motif putih-biru-merah yang tersusun secara horizontal.

Pada lambang negara Slovakia, terdapat simbol salib yang menyimbolkan Kristen selaku agama mayoritas penduduk Slovakia. Simbol salib tersebut berjumlah dua & tersusun secara bertingkat sebagai penghormatan kepada Santo Cyril and Santo Methodius, 2 misionaris yang pernah berkunjung ke wilayah cikal bakal Slovakia pada abad ke-9. Di bawah lambang salib, terdapat 3 gambar bukit kecil yang menyimbolkan Gunung Matra, Tatra, & Fatra.



SWISS

Negara Eropa Tengah yang dikenal dengan politik luar negerinya yang netral. Bendera Swiss menampilkan warna latar belakang merah dengan simbol palang putih di bagian tengahnya. Dari segi rasio, bendera Swiss juga lain daripada bendera pada umumnya karena benderanya berbentuk persegi alih-alih persegi panjang. Tidak diketahui apa makna dari bendera ini selain fakta bahwa bendera dengan desain serupa pernah digunakan oleh Kekaisaran Romawi Suci sebagai bendera perangnya (lihat gambar) di mana motif palang menyimbolkan Kristen selaku agama resmi kekaisaran. Kebetulan wilayah Kekaisaran Romawi Suci pada Abad Pertengahan memang mencakup wilayah modern Swiss. Warna merah & putih juga merupakan warna-warna yang lazim digunakan sebagai warna bendera negara-negara mini (canton) yang kelak melebur membentuk Swiss.

Bendera Swiss juga memiliki kemiripan desain dengan logo Palang Merah Internasional (lihat gambar). Bedanya adalah bendera Palang Merah menampilkan motif palang berwarna merah di atas latar belakang putih. Kemiripan desain antara bendera Swiss dengan Palang Merah sendiri ternyata bukan kebetulan semata. Pasalnya Henri Dunant & Guillaume-Henri Dufour selaku tokoh-tokoh pendiri Palang Merah memang berasal dari Swiss.



VATIKAN

Negara terkecil di dunia sekaligus pusat agama Katolik dunia. Bendera Vatikan menampilkan bidang berwarna kuning-putih yang tersusun secara vertikal. Di bagian kanan bendera, terdapat simbol tiara (semacam mahkota kecil) serta sepasang anak kunci berwarna kuning & putih  yang saling bersilangan. Simbol yang sama juga digunakan sebagai lambang negara Vatikan. Seperti halnya bendera Swiss, bendera Vatikan juga tidak berbentuk persegi panjang, melainkan persegi yang keempat sisinya sama panjang.

Tiara menyimbolkan kedaulatan yang dimiliki oleh Paus. Anak kunci yang berwarna kuning / emas menyimbolkan Kerajaan Surga dalam kepercayaan agama Kristen, sementara anak kunci yang berwarna perak / putih menyimbolkan wewenang Paus di dunia. Kedua anak kunci tersebut dibuat dengan bagian ujung yang mengarah ke atas sebagai perlambangan kalau mereka yang ada di dunia menjadikan surga sebagai tujuannya. Kedua simbol anak kunci ditempatkan dalam posisi yang bersilangan untuk menyimbolkan ikatan antara Paus dengan Kerajaan Surga.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Culture Trip - The Story Behind The Austrian Flag
Flags of the World - Austria
Flags of the World - Austria: Coat of Arms
Flags of the World - Germany
Flags of the World - Holy Roman Empire
Flags of the World - Hungary
Flags of the World - San Marino
Italy Heritage - History and meaning of the Italian Tricolour flag
La Santa Sede - State of Vatican City Flag....
Poland.pl - Coat of arms of Poland
Repubblica di San Marino - Coat of arms and Flag
Slovakia.com - Slovak Flag & Slovak Anthem
Switzerland's History - History of Switzerland's Flag
Your Guidebook to the Czech Republic - Czech Flag colors
Wikipedia - Central Europe
Wikipedia - Three Towers of San Marino
Smith, W.. 2008. "Switzerland, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.


COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.