SEJARAH        FAUNA         HIBURAN          Cari Artikel  →

Makna Bendera Negara-Negara Kepulauan Karibia



Peta Karibia. (Sumber)

Karibia (Caribbean) adalah sebutan untuk kawasan yang terletak di sebelah timur Amerika Tengah. Kawasan Karibia sendiri secara garis besar terdiri dari Laut Karibia & Kepulauan Karibia. Karibia di masa lampau terkenal sebagai surganya bajak laut akibat seringnya terjadi aksi perompakan kapal di kawasan ini. Baik yang dilakukan oleh perompak liar maupun yang dilakukan oleh perompak bayaran negara-negara Eropa. Seringnya terjadi aksi perompakan di Karibia tidak lepas dari seringnya terjadi konflik antar negara Eropa yang ingin memanfaatkan kepulauan ini sebagai tempat menanam komoditas-komoditas perkebunan yang menguntungkan seperti gula tebu, kopi, & kelapa.

Di masa kini, Karibia tidak lagi dikenal sebagai surganya bajak laut, tapi surganya orang-orang yang ingin menikmati wisata bertema pantai tropis. Khususnya oleh para turis asal AS mengingat Karibia memang berjarak tidak jauh dari AS. Sekarang ini, ada 13 negara merdeka yang menempati wilayah Karibia. Dan seperti halnya negara-negara di benua lain, masing-masing negara Karibia juga memiliki bendera nasionalnya masing-masing. Untuk mengetahui apa makna dari masing-masing bendera, dalam kesempatan kali ini pihak Republik akan membahas makna dari bendera negara-negara Karibia.



ANTIGUA & BARBUDA

Negara kepulauan yang wilayahnya terdiri dari Pulau Antigua, Barbuda, & Redonda yang tidak berpenghuni. Bendera Antigua & Barbuda menampilkan bidang segitiga siku-siku berwarna merah di bagian kiri & kanannya. Di bagian tengah bendera, terdapat bidang segitiga berbalik yang dari atas ke bawah berwarna hitam, biru, & putih. Di bidang berwarna hitam, terdapat simbol kuning yang bentuknya menyerupai setengah matahari.

Simbol setengah matahari menyimbolkan dimulainya era baru yang penuh dengan harapan. Warna merah menyimbolkan energi penduduk Antigua & Barbuda. Warna biru menyimbolkan harapan. Sementara warna hitam menyimbolkan Afrika selaku tanah leluhur orang-orang Antigua & Barbuda. Simbol matahari serta bidang berwarna biru & putih juga dapat dimaknai sebagai pemandangan matahari terbit di tengah laut yang nampak dari tepi pantai. Sebuah penggambaran kalau Antigua & Barbuda wilayahnya memang dikelilingi oleh laut.



BAHAMA

Negara kepulauan yang terletak di sebelah timur Kuba & Semenanjung Florida (AS). Bendera Bahama menampilkan bidang berbentuk segitiga hitam di sisi kiri benderanya. Di sebelah kanan, terdapat bidang warna biru-kuning-biru yang tersusun secara horizontal. Warna hitam menyimbolkan tenaga & persatuan rakyat Bahama. Warna kuning menyimbolkan matahari. Sementara warna biru menyimbolkan lautan. Bidang segitiga berwarna hitam bagian sudutnya dibuat menghadap bidang berwarna kuning & biru untuk menyimbolkan keinginan rakyat Bahama untuk maju dengan memanfaatkan kekayaan alam yang dimiliki negaranya.



BARBADOS

Negara yang menjadi tanah kelahiran penyanyi terkenal Rihanna. Bendera Barbados menampilkan bidang berwarna biru-kuning-biru yang tersusun secara vertikal. Di bagian tengah bendera, terdapat simbol trisula berwarna hitam. Warna biru menyimbolkan laut yang mengelilingi Barbados, sementara warna kuning menyimbolkan pasir pantai Barbados. Simbol trisula menyimbolkan senjata Poseidon, dewa laut Yunani Kuno. Simbol trisula yang sama diilustrasikan sebagai trisula yang patah untuk menyimbolkan berakhirnya kekuasaan Inggris atas Barbados.



DOMINIKA (PERSEMAKMURAN)

Negara pulau kecil yang lokasinya diapit oleh Guadeloupe & Martinique, 2 daerah seberang lautan milik Perancis. Bendera Dominika menampilkan latar belakang berwarna hijau dengan bidang selempang berwarna kuning-hitam-putih yang membentuk simbol palang. Di bagian tengah bendera, terdapat motif lingkaran merah dengan gambar burung kakatua di bagian tengahnya. Di sekeliling gambar kakaktua tadi, terdapat simbol-simbol bintang hijau yang berjumlah 10. Simbol lingkaran beserta gambar-gambar di dalamnya tersebut diambil dari lambang negara Dominika.

Warna latar belakang hijau menyimbolkan tanah Dominika yang subur & penuh dengan hutan. Warna kuning menyimbolkan buah sitrus & pisang, 2 komoditas pertanian utama Dominika. Warna kuning juga menyimbolkan etnis pribumi Karibia & Arawak selaku orang-orang pertama yang mendiami Pulau Dominika. Warna hitam menyimbolkan tanah Dominika & Benua Afrika selaku tanah asal sejumlah penduduk Dominika yang berkulit gelap. Warna putih menyimbolkan kemurnian rakyat Dominika & sungai yang mengaliri wilayah Dominika.

Bidang berwarna kuning, hitam, & putih membentuk tanda palang / salib untuk menyimbolkan agama Kristen selaku agama mayoritas rakyat Dominika. Bidang lingkaran berwarna merah menyimbolkan keadilan sosial. Burung kakatua yang ada di dalam lingkaran adalah sisserou, burung kakaktua khas Dominika. Pemilihan burung dalam bendera & lambang negara Dominika juga dimaksudkan untuk menyimbolkan ambisi rakyat Dominika yang senantiasa ingin menjadi lebih baik. Simbol bintang hijau berjumlah 10 melambangkan 10 provinsi yang menyusun Dominika.



DOMINIKA (REPUBLIK)

Negara yang menempati sebagian besar Pulau Hispaniola & bertetangga dengan Haiti di sebelah barat. Bendera Republik Dominika menampilkan bidang berwarna putih yang membentuk palang. Bagian kiri atas & kanan bawah bendera berwarna biru. Sementara bagian kanan atas & kiri bawah bendera berwarna merah. Di bagian tengah bendera, terdapat simbol tameng kecil yang aslinya merupakan lambang negara Republik Dominika.

Warna merah menyimbolkan darah para pejuang Republik Dominika yang gugur. Warna biru menyimbolkan langit, perlindungan dari Tuhan, serta keinginan untuk maju. Warna putih menyimbolkan perdamaian. Dan jika melihat warna putih yang dibuat hingga membentuk simbol palang / salib, nampaknya motif putih juga dimaksudkan untuk menyimbolkan agama Kristen. Kebetulan mayoritas penduduk Republik Dominika memang menganut agama Kristen Katolik.



GRENADA

Negara pulau yang pernah diinvasi oleh pasukan AS pada tahun 1983. Bendera Grenada menampilkan bagian tepian berwarna merah dengan bagian atas & bawah yang maisng-masingnya dihiasi dengan simbol 3 bintang kuning. Di bagian dalam bendera, terdapat 4 motif segitiga sama kaki berwarna kuning & hijau yang tersusun secara berselang-seling. Di bagian tengah bendera, terdapat motif lingkaran merah dengan simbol bintang kuning di bagian dalamnya. Lalu di sebelah kiri motif lingkaran tadi, terdapat simbol daun pala berwarna kuning & merah.

Warna merah menyimbolkan semangat & keberanian. Posisi warna merah berada di bagian tepi bendera untuk menyimbolkan kemauan kuat untuk menjaga persatuan. Warna kuning menyimbolkan matahari, di mana matahari sendiri bisa dipandang sebagai simbol kebijaksanaan & sifat hangat penduduk Grenada. Warna hijau melambangkan tanah Grenada yang subur. Simbol bintang kuning berjumlah 7 menyimbolkan 7 provinsi yang menyusun Grenada. Salah satu bintang ditempatkan di bagian tengah bendera untuk menyimbolkan pusat pemerintahan Grenada. Simbol daun pala menyimbolkan rempah-rempah selaku salah satu komoditas pertanian utama Grenada.



HAITI

Negara yang menempati sebagian kecil Pulau Hispaniola & bertetangga dengan Republik Dominika di sebelah timur. Bendera Haiti menampilkan bidang berwarna biru & merah yang tersusun secara horizontal. Di bagian tengah bendera, terdapat bidang persegi panjang kecil yang berwarna putih. Di bagian dalam bidang putih tersebut, terdapat simbol yang aslinya merupakan lambang negara Haiti. Namun dalam banyak kasus, bendera Haiti sering pula dikibarkan tanpa menyertakan simbol bidang putih & lambang negaranya.

Bendera Haiti memiliki asal-muasal yang bakal mengingatkan kita akan peristiwa Hotel Yamato di Indonesia. Pada tahun 1803, saat perang revolusi Haiti masih berlangsung, pemimpin kemerdekaan Haiti merobek bagian putih dari bendera Perancis yang berwarna biru-putih-merah. Bagian biru & merah yang masih tersisa kemudian disatukan untuk menjadi cikal bakal bendera negara Haiti merdeka. Dirobeknya warna putih menyimbolkan hilangnya golongan asing yang selama ini menjajah Haiti. Sementara warna biru & merah secara berturut-turut menyimbolkan golongan kulit hitam & campuran (mulatto).



JAMAIKA

Negara yang terkenal sebagai tanah asal genre musik reggae. Bendera Jamaika menampilkan motif tanda silang besar yang berwarna kuning. Di bagian sisi atas & bawah bendera, terdapat bidang segitiga berwarna hijau. Sementara di bagian kiri & kanan bendera, terdapat bidang segitiga berwarna hitam. Motif tanda silang yang ada di bendera Jamaika terinspirasi dari bendera Skotlandia, di mana motif tanda silang pada bendera Skotlandia dikenal sebagai Salib Santo Andreas (Saint Andrew's Cross) & menyimbolkan peristiwa kematian Andreas saat ia disalib dalam posisi demikian.

Alasan kenapa Jamaika menggunakan bendera yang desainnya serupa dengan desain bendera Skotlandia adalah karena pemerintah Jamaika sempat meminta saran kepada Rev William McGhie - misionaris asal Skotlandia - saat hendak membuat bendera negaranya. Warna kuning pada motif tanda silang Jamaika menyimbolkan cahaya matahari & kekayaan sumber daya alam di Jamaika. Warna hitam menyimbolkan kekuataan & kreativitas rakyat Jamaika. Sementara warna hijau menyimbolkan harapan & sumber daya pertanian.



KUBA

Negara pulau yang terkenal dengan paham komunisnya. Bendera Kuba menampilkan bidang segitiga merah di sisi kiri bendera dengan simbol bintang putih di dalamnya. Di sebelah kanan bidang segitiga, terdapat garis-garis mendatar berwarna biru & putih yang tersusun secara berselang-seling & berjumlah total 5. Simbol segitiga menyimbolkan prinsip kebeasan, kesetaraan, & persaudaraan. Warna merah menyimbolkan darah pra pejuang Kuba yang gugur. Gambar bintang putih menyimbolkan persatuan rakyat Kuba. Garis biru berjumlah 3 menyimbolkan 3 provinsi Kuba saat pertama kali merdeka. Sementara garis putih berjumlah 2 menyimbolkan kemurnian & keadilan.



SAINT KITTS & NEVIS

Negara kepulauan yang wilayahnya terdiri dari Pulau Saint Kitts & Pulau Nevis. Bendera Saint Kitts & Nevis (SKN) menampilkan bidang segitiga berwarna hijau di bagian kiri atas & warna merah di bagian kanan bawah. Di antara kedua bidang segitiga tadi, terdapat bidang selempang berwarna hitam dengan tepian berwarna kuning yang membentang mulai dari pojok kiri bawah hingga pojok kanan atas bendera. Di bidang hitam tersebut, terdapat 2 simbol bintang putih.

Warna hijau menyimbolkan tanah SKN yang subur. Merah menyimbolkan perjuangan rakyat SKN untuk menjadi negara merdeka sejak era perbudakan. Kuning menyimbolkan matahari yang menyinari SKN. Hitam menyimbolkan Benua Afrika selaku tanah leluhur pendudukan SKN yang pada awalnya didatangkan untuk dijadikan budak. Dua simbol bintang putih menyimbolkan harapan & kebebasan.



SAINT LUCIA

Negara pulau yang wilayahnya masih kalah luas dibandingkan kota Jakarta. Bendera St. Lucia menampilkan warna latar belakang biru dengan simbol segitiga di bagian tengahnya. Simbol segitiga tersebut memiliki bagian bawah berwarna kuning dengan bagian atas berwarna hitam & tepian berwarna putih. Warna biru menyimbolkan kesetiaan & laut yang mengelilingi Pulau Saint Lucia. Simbol segitiga menyimbolkan Pitons, 2 gunung berapi yang terletak di sebelah barat daya Saint Lucia.

Warna kuning menyimbolkan cahaya matahari & kemakmuran. Warna hitam menyimbolkan penduduk Saint Lucia yang leluhurnya berasal dari Afrika. Sementara warna putih menyimbolkan penduduk Saint Lucia yang leluhurnya berasal dari Eropa. Kombinasi warna kuning, putih, & hitam lantas bisa dimaknai sebagai penduduk Saint Lucia yang asal muasalnya beragam, namun tetap bisa hidup bersama dengan rukun & sejahtera.



SAINT VINCENT & GRENADINES

Negara kepulauan yang wilayahnya terdiri dari Pulau Saint Vincent & gugus kepulauan kecil Grenadines. Bendera St. Vincent & Grenadines (SVG) menampilkan bidang berwarna biru-kuning-hijau yang tersusun secara vertikal, di mana bidang berwarna kuning berukuran lebih besar dibandingkan 2 bidang warna lainnya. Di bagian tengah bendera, terdapat 3 simbol wajik berwarna hijau yang disusun hingga terlihat menyerupai huruf "V".

Warna hijau menyimbolkan kekuatan rakyat SVG & tanah subur yang dimiliki oleh negara mereka. Warna kuning menyimbolkan kehangatan & pasir pantai. Warna biru menyimbolkan langit & lautan yang mengelilingi kepulauan SVG. Tiga simbol wajik menyimbolkan Permata Antilles, nama julukan untuk kepulauan ini. Simbol wajik dibentuk menyerupai huruf V karena itulah huruf depan dari nama tengah negara ini (Vincent).



TRINIDAD & TOBAGO

Negara kepulauan yang lokasinya berada di sebelah utara negara Venezuela. Bendera Trinidad & Tobago (T&T) menampilkan bidang segitiga berwarna merah di bagian kiri bawah & kanan atas bendera. Di antara kedua bidang segitiga merah tadi, terdapat motif selempang berwarna hitam dengan tepian putih yang membentang mulai dari pojok kiri atas hingga pojok kanan bawah bendera. Warna hitam menyimbolkan kekuatan, kekayaan alam, & persatuan rakyat T&T. Warna merah menyimbolkan semangat rakyat T&T. Warna putih menyimbolkan lautan di sekeliling pulau-pulau T&T. Warna hitam, putih, & merah juga dipilih karena warna-warna tersebut menyimbolkan elemen tanah, air, & api; sekaligus masa lalu, masa kini, & masa depan.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Barbados.org - The National Emblems of Barbados
CubaFlags.com - Origins of Cuban Flag
Flag up Scotland Jamaica - Story of the Flags
Flags of the World - Antigua and Barbuda
Government of the Commonwealth of Dominica - National Flag
Jamaica Information Service - Jamaican Flag
The Government of the Bahamas - The Flag of The Bahamas
The Official Website of St. Kitts and Nevis - National Symbols
TnTisland.com - Trinidad & Tobago National Flag
Visit Dominican Republic - The Flag of the Dominican Republic
Web Portal of the Government of Saint Lucia - Flag of Saint Lucia
Embassy of Grenada. "Flag of Grenada". (file PDF)
Smith, W.. 2008. "Haiti, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Saint Vincent ... flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Download PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi silakan tinggalkan komentar anda selama tidak berisi spam, iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, silakan tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.