SEJARAH        FAUNA         HIBURAN          Cari Artikel  →

Makna Bendera Negara-Negara Afrika Selatan



Peta Benua Afrika bagian selatan. (Sumber)

Afrika Selatan (Southern Africa) adalah sebutan untuk wilayah yang - sesuai namanya - terletak di bagian selatan Benua Afrika. Kawasan ini memiliki peran yang cukup penting dalam sejarah dunia karena sebelum Terusan Suez selesai dibangun, bangsa-bangsa Eropa yang ingin mencapai Benua Asia harus melewari Afrika Selatan terlebih dahulu. Kawasan Afrika Selatan juga terkenal karena jika dibandingkan kawasan Afrika lainnya, jumlah penduduk kulit putih keturunan imigran Eropa yang bermukim di kawasan ini tergolong lebih tinggi.

Selain Republik Afrika Selatan yang terletak di ujung selatan Benua Afrika, ada sejumlah negara lain yang juga digolongkan sebagai bagian dari kawasan Afrika Selatan dengan merujuk pada letak geografisnya. Dalam sejumlah literatur, Madagaskar & negara-negara kepulauan di sekitarnya tidak dikategorikan sebagai negara kawasan Afrika Selatan karena negara-negara tersebut memiliki sosial budaya yang berbeda dengan negara-negara di daratan Afrika. Meskipun begitu, artikel ini bakal tetap menganggap negara-negara tadi sebagai bagian dari kawasan Afrika Selatan karena negara-negara tersebut secara geografis memiliki kedekatan dengan kawasan Afrika Selatan.



AFRIKA SELATAN, REPUBLIK

Negara yang letaknya berada di ujung selatan Benua Afrika. Bendera Afrika Selatan / Afsel menampilkan motif menyerupai huruf Y berposisi melintang dengan warna bagian dalam hijau, warna tepian kiri kuning, & warna putih di bagian tepi atas serta bawahnya. Di sebelah kiri motif huruf Y terdapat bidang berwarna hitam. Bidang yang terletak di atas motif huruf Y berwarna merah, sementara bidang di bawah motifnya berwarna biru.

Motif berbentuk huruf Y melambang rakyat Afsel yang awalnya hidup terpisah-pisah akibat kebijakan apartheid (kebijakan pemisahakan hak-hak penduduk berdasarkan warna kulitnya), namun sekarang hidup bersatu. Warna hitam, kuning, & hijau menyimbolkan golongan kulit hitam & keturunan imigran non-Eropa. Sementara warna merah, putih, & biru menyimbolkan golongan kulit putih keturunan Eropa karena warna-warna tersebut diambil dari warna bendera Belanda & Inggris, 2 negara di mana mayoritas orang kulit putih Afsel berasal.



ANGOLA

Negara yang pernah dilanda perang saudara berkepanjangan. Bendera Angola menampilkan bidang berwarna merah & hitam yang tersusun secara horizontal. Di bagian tengah bendera, terdapat gambar golok, potongan roda gigi, & bintang bersudut 5 yang semuanya berwarna kuning. Warna merah menyimbolkan darah para pejuang Angola yang gugur. Warna hitam menyimbolkan Benua Afrika. Gambar golok menyimbolkan kaum petani, sementara gambar roda gigi menyimbolkan kaum buruh & hasil industri. Simbol bintang melambangkan solidaritas internasional & kemauan untuk terus maju. Ketiga gambar tadi menggunakan warna kuning untuk menyimbolkan kekayaan alam Angola.



BOTSWANA

Negara yang terkenal sebagai satu dari sedikit negara Afrika yang tidak pernah dilanda konflik bersenjata sejak merdeka. Bendera Botswana menampilkan bidang persegi panjang sempit berwarna hitam di bagian tengah dengan garis tepi putih di bagian atas & bawahnya. Di bagian atas & bawah bendera, terdapat bidang berwarna biru muda. Warna biru menyimbolkan air selaku komoditas yang amat vital bagi Botswana mengingat sebagian besar wilayah Botswana terdiri dari gurun pasir Kalahari. Bidang hitam yang diapit 2 garis putih menyimbolkan penduduk Botswana yang bisa hidup rukun dalam keberagaman.



ESWATINI / SWAZILAND

Negara kerajaan yang pada awalnya dikenal dengan nama Swaziland, namun kemudian mengganti namanya menjadi Eswatini pada tahun 2017. Bendera Eswatini menampilkan bidang persegi panjang horizontal berwarna merah dengan tepian tebal berwarna kuning di bagian atas & bawahnya. Di luar bidang merah & kuning tadi, terdapat bidang berwarna biru. Sementara di bagian dalam bidang berwarna merah, terdapat gambar 3 buah tombak kuning, 3 gumpalan bulu berwarna biru, & tameng berwarna hitam putih.

Warna merah menyimbolkan perang-perang yang pernah dialami oleh Eswatini. Warna kuning menyimbolkan kekayaan alam yang ada di Eswatini. Warna biru menyimbolkan perdamaian & ketenangan. Gambar tameng & tombak berbulu menyimbolkan kesiapan Eswatini untuk berjuang menghadapi ancaman dari musuh-musuhnya. Gambar tameng yang sama menggunakan warna hitam & putih untuk menyimbolkan rakyat Eswatini yang berasal dari beragam warna kulit, namun tetap bisa hidup akur.



KOMORO

Negara kepulauan kecil yang terletak di antara Mozambik & Madagaskar. Bendera Komoro menampilkan bidang segitiga berwarna hijau di bagian kiri. Di bagian dalam bidang segitiga tersebut, terdapat simbol bulan sabit besar yang berwarna putih. Di bagian kanan gambar bulan sabit, terdapat 4 simbol bintang kecil yang juga berwarna putih & tersusun secara menurun. Di sebelah kanan bidang segitiga, terdapat bidang berwarna kuning, putih, merah, & biru yang tersusun secara horizontal.

Simbol bulan sabit menyimbolkan Islam selaku agama mayoritas penduduk Komoro. Bintang yang berjumlah 4 menyimbolkan 4 gugus pulau utama yang menyusun Komoro : Grande Comore, Anjouan, Moheli, & Mayotte yang berstatus sebagai wilayah milik Perancis, namun diklaim oleh Komoro sebagai bagian dari wilayahnya. Bidang segitiga hijau menyimbolkan status Komoro selaku negara federasi. Warna kuning menyimbolkan wilayah Moheli. Warna putih menyimbolkan daerah sengketa Mayotte. Warna merah menyimbolkan Anjouan. Warna biru menyimbolkan Grande Comore.



LESOTHO

Negara yang wilayahnya berada di tengah-tengah negara Afrika Selatan. Bendera Lesotho menampilkan bidang berwarna biru, putih, & hijau yang tersusun secara horizontal, di mana bidang berwarna putih berukuran lebih lebar dibandingkan 2 bidang lainnya. Di tengah-tengah bidang putih tersebut, terdapat simbol yang bentuknya menyerupai segitiga hitam. Simbol segitiga hitam tersebut aslinya adalah mokorotlo, topi tradisional penduduk Lesotho. Warna biru menyimbolkan hujan yang memberikan kehidupan. Warna putih menyimbolkan perdamaian. Sementara warna hijau menyimbolkan kemakmuran.



MADAGASKAR

Negara pulau terbesar di Afrika. Bendera Madagaskar menampilkan bidang putih yang berbentuk persegi panjang dalam posisi tegak di bagian kiri bendera. Di sebelah kanannya, terdapat bidang berwarna merah & hijau yang tersusun secara horizontal. Warna putih menyimbolkan perdamaian, kebebasan, & beras selaku makanan pokok penduduk Madagaskar. Warna merah menyimbolkan kedaulatan & keberanian. Warna merah juga digunakan karena warna tersebut lazim digunakan sebagai warna dinding rumah-rumah penduduk etnis Merina, salah satu etnis paling dominan di Madagaskar. Sementara warna hijau menyimbolkan tanah Madagaskar yang subur.



MALAWI

Negara yang tidak memiliki wilayah laut, namun wilayahnya berbatasan dengan Danau Nyasa, salah satu danau terbesar di Afrika. Bendera Malawi menampilkan bidang berwarna hitam-merah-hijau yang tersusun secara horizontal. Di bidang yang berwarna hitam, terdapat simbol setengah lingkaran berwarna merah yang aslinya merupakan gambar matahari terbit & menyimbolkan kemerdekaan serta harapan akan masa depan yang lebih baik. Bidang yang berwarna hitam menyimbolkan Benua Afrika selaku benua lokasi Malawi. Warna merah menyimbolkan darah para pejuang di seantero Afrika yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaannya. Sementara warna hijau menyimbolkan tanah Malawi yang subur.



MAURITIUS

Negara pulau kecil yang terletak di sebelah timur Madagaskar & pernah menjadi habitat dari burung dodo, burung besar yang sekarang sudah punah. Bendera Mauritius menampilkan bidang berwarna merah-biru-kuning-hijau yang tersusun secara horizontal. Warna merah menyimbolkan perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan. Warna biru menyimbolkan Samudera Hindia yang mengelilingi Mauritius. Warna kuning menyimbolkan cahaya harapan setelah Mauritius mendapatkan kemerdekaannya. Warna hijau menyimbolkan tanah Mauritius yang subur.



MOZAMBIK

Negara Afrika yang terletak di seberang barat Madagaskar. Bendera Mozambik menampilkan bidang segitiga merah di bagian kiri. Di bidang segitiga tersebut, terdapat simbol bintang kuning bersudut 5, buku dalam kondisi terbuka, serta cangkul & senapan AK-47 berbayonet yang posisinya saling bersilangan. Keberadaan gambar senapan AK-47 tersebut sekaligus menjadikan Mozambik sebagai satu-satunya negara yang menyisipkan simbol senapan modern dalam bendera nasionalnya.

Di bagian kanan bidang segitiga merah, terdapat bidang berwarna hijau, hitam, & kuning yang tersusun secara horizontal. Di bagian atas & bawah bidang yang berwarna hitam, terdapat garis tebal yang berwarna putih. Warna hijau menyimbolkan kekayaan alam Mozambik. Garis-garis putih menyimbolkan perdamaian. Warna hitam menyimbolkan Benua Afrika. Sementara warna kuning menyimbolkan barang tambang yang terkandung di wilayah Mozambik.

Bidang segitiga merah menyimbolkan perjuangan rakyat Mozambik untuk mendapatkan kemerdekaan. Gambar senapan menyimbolkan kewaspadaan & kesiapan untuk melindungi tanah air. Cangkul menyimbolkan sektor pertanian, sementara buku menyimbolkan pentingnya sektor pendidikan. Bintang menyimbolkan ideologi komunis & kemauan Mozambik untuk menjadi bagian dari masyarakat internasional. Sekedar info, desain bendera Mozambik diambil dari bendera FRELIMO, partai politik paling dominan di Mozambik yang pada masa Perang Dingin memang mengusung ideologi komunisme.



NAMIBIA

Negara yang baru memperoleh kemerdekaannya di tahun 1990. Bendera Namibia menampilkan bidang segitiga berwarna biru di bagian kiri atas & bidang segitiga berwarna hijau di bagian kanan bawah. Di bagian kiri atas bendera, terdapat simbol lingkaran & 12 segitiga kuning yang aslinya merupakan gambar matahari. Di antara kedua bidang segitiga tadi, terdapat bidang diagonal berwarna merah yang membentang dari pojok kiri bawah hingga ke pojok kanan atas bendera. Di sisi atas & bawah bidang diagonal merah tersebut, terdapat garis tebal yang berwarna putih.

Gambar matahari menyimbolkan kehidupan & energi. Warna kuning pada gambar matahari menyimbolkan kehangatan & padang gurun Namib. Warna biru menyimbolkan langit, hujan, Samudera Atlantik, & kekayaan laut Namibia. Warna merah menyimbolkan rakyat Namibia & semangat mereka untuk memajukan negara. Warna hijau menyimbolkan tanah subur Namibia. Garis-garis putih menyimbolkan perdamaian & persatuan.



ZAMBIA

Negara yang tidak memiliki wilayah laut, namun wilayahnya dilintasi oleh Sungai Zambezi, salah satu sungai terpanjang di Afrika. Bendera Zambia memiliki warna dominan hijau. Di bagian pojok kanan atas, terdapat gambar elang berwarna jingga yang sedang merentangkan sayapnya. Di bawah gambar elang tersebut, terdapat bidang persegi panjang berwarna merah, hitam, & jingga yang tersusun secara vertikal.

Warna hijau menyimbolkan kekayaan alam Zambia. Warna merah menyimbolkan perjuangan rakyat Zambia untuk mendapatkan kemerdekaan. Warna hitam menyimbolkan rakyat Zambia itu sendiri. Warna jingga menyimbolkan barang tambang yang ada di wilayah Zambia. Gambar elang menyimbolkan kemerdekaan & kemampuan Zambia untuk mengatasi masalah-masalah yang menimpa negaranya.



ZIMBABWE

Negara yang hingga tahun 2017 dipimpin oleh Robert Mugabe. Bendera Zimbabwe menampilkan bidang segitiga berwarna putih di sisi kiri. Di dalam bidang segitiga tersebut, terdapat gambar bintang merah bersudut 5 & gambar menyerupai burung yang sedang duduk di atas semacam balok. Gambar burung tersebut aslinya adalah Burung Zimbabwe (Zimbabwe Bird), sebutan untuk patung burung yang ditemukan di reruntuhan kuno Zimbabwe Raya & diperkirakan sudah berusia ratusan tahun.

Di sebelah kanan bidang segitiga tadi, terdapat bidang berwarna hijau-kuning-merah-hitam-merah-kuning-hijau yang tersusun secara horizontal. Bidang segitiga putih menyimbolkan perdamaian & kemajuan. Gambar bintang merah menyimbolkan paham sosialisme. Warna hijau menyimbolkan tanah Zimbabwe yang subur. Warna kuning menyimbolkan barang tambang Zimbabwe. Warna merah menyimbolkan darah para pejuang Zimbabwe yang gugur. Warna hitam menyimbolkan penduduk Zimbabwe yang mayoritasnya berkulit hitam.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

CRW Flags - Lesotho
CRW Flags - Zimbabwe 
CRW Flags - South Africa
Flags of the World - Botswana
Flags of the World - Comoros
Flags of the World - eSwatini
Flags of the World - Malawi
Mada Magazine - Madagascar's National Flag 
Mozambique Information - Flag and Emblem....
Namibia Permanent Mission - Symbols
Republic of Mauritius - National Flag
University of Pennsylvania - The Flag of Zambia
Smith, W.. 2008. "Comoros, Flag of." Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Southern Africa." Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS. 





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Download PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi silakan tinggalkan komentar anda selama tidak berisi spam, iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, silakan tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.