SEJARAH        FAUNA         HIBURAN          Cari Artikel  →

Ikan Mutiara, Hewan Laut Pecinta Anus



Ikan mutiara (warna gelap) yang sedang menyelinap
masuk ke dalam anus teripang. (Sumber)

Ikan mutiara (pearlfish) adalah nama dari sejenis ikan laut yang memiliki wujud & cara hidup yang unik. Jika dilihat secara sepintas, penampilan ikan mutiara bakal mengingatkan kita akan belut atau sidat. Pasalnya seperti halnya kedua jenis ikan tadi, ikan mutiara memiliki tubuh yang panjang. Namun meskipun mirip, ikan mutiara berbeda dengan belut & sidat. Jika belut & sidat sama-sama bisa hidup di air tawar, maka ikan mutiara hanya bisa hidup di air laut. Lalu dibandingkan dengan kedua jenis ikan tadi, ikan mutiara memiliki tubuh yang cukup transparan.

Ikan mutiara diberi nama demikian karena ikan ini pertama kali ditemukan berada dalam mutiara tiram. Namun bukan karena ikan ini menetas dari mutiara, lantas ikan ini pernah ditemukan berada di dalam mutiara. Ikan mutiara memang memiliki kebiasaan untuk hidup di dalam tubuh hewan laut lain (termasuk tiram). Jadi bukan hal yang aneh jika dalam suatu kesempatan, bangkai ikan ini ditemukan dalam mutiara. Mutiara sendiri aslinya adalah cara yang digunakan oleh tiram untuk menyelimuti benda asing yang berada di dalam cangkangnya supaya benda asing tersebut tidak melukai tubuh tiram yang lunak.

Ada lebih dari 30 spesies ikan mutiara yang sudah diketahui oleh manusia & semuanya digolongkan dalam famili Carapidae. Ukuran mereka bervariasi, namun pada umumnya mereka memiliki panjang kurang lebih 15 cm. Ikan mutiara memiliki persebaran habitat yang luas, namun mereka cenderung menyukai perairan dangkal. Sebagai contoh, ikan mutiara bintang (star pearlfish; Carapus mourlani) habitat aslinya berada di perairan Hindia & Pasifik dengan kedalaman maksimum 116 m. Sementara ikan mutiara Atlantik (Atlantic pearlfish; Carapus bermudensis) hanya dapat ditemukan di perairan Atlantik dengan kedalaman maksimum 235 m.

Ikan mutiara yang sedang mengintip
dari dalam tubuh teripang. (Sumber)
Sudah disinggung sebelumnya kalau ikan mutiara memiliki kebiasaan hidup di dalam tubuh hewan lain semisal tiram. Berkat tubuhnya yang panjang, ikan ini bisa menyelinap masuk ke dalam tubuh hewan laut lainnya dengan mudah. Adapun selain tiram, ikan ini juga pernah ditemukan di dalam tubuh teripang, bintang laut, & kelinci laut (sejenis siput laut). Dari sekian banyak hewan laut tersebut, teripang / timun laut adalah hewan yang paling sering digunakan oleh ikan mutiara sebagai tempat tinggal.

Ikan mutiara masuk ke dalam tubuh teripang melalui lubang anusnya. Ada 2 cara yang bisa digunakan oleh ikan mutiara untuk bisa masuk ke dalam tubuh teripang. Cara pertama, ikan ini akan berenang aktif & masuk ke dalam lubang dubur dengan posisi kepala terlebih dahulu. Sementara kalau dalam cara kedua, ikan ini berenang pasif dengan menghadapkan ekornya ke arah anus teripang & membiarkan teripang menghisap ikan mutiara saat ia menggunakan lubang anusnya untuk menghisap air.

Sekedar informasi, teripang bernapas dengan cara menghisap air ke dalam lubang anusnya. Jadi ketika teripang menutup lubang anusnya untuk mencegah masuknya benda asing, ikan mutiara hanya perlu menunggu sejenak hingga teripang membuka kembali lubang anusnya untuk bernapas. Tinggal di dalam tubuh teripang sendiri tidak bisa dilakukan oleh sembarang hewan karena teripang menghasilkan zat beracun saponin yang bersifat mematikan. Namun karena tubuh ikan mutiara dilapisi oleh lendir khusus, ikan ini memiliki tingkat ketahanan amat tinggi terhadap saponin.



TAMU TAK DIUNDANG

Teripang & ikan mutiara pada umumnya memiliki hubungan yang bersifat simbiosis komensalisme. Pasalnya teripang tidak mendapat keuntungan / kerugian apa-apa dari masuknya ikan mutiara ke dalam tubuhnya. Sementara ikan mutiara mendapatkan keuntungan saat tinggal di dalam tubuh teripang karena ikan ini menjadi terlindung dari pemangsanya saat ia beristirahat pada siang hari. Ketika malam tiba, ikan mutiara akan pergi meninggalkan anus teripang untuk memakan hewan-hewan kecil.

Hubungan antara teripang dengan ikan mutiara tidak selalu bersifat komensalis. Teripang & ikan mutiara dari genus Encheliophis diketahui memiliki hubungan yang bersifat simbiosis parasitisme karena ikan mutiara dari genus tersebut memiliki kebiasaan memakan organ kelamin / gonad teripang. Untungnya, teripang memiliki kemampuan untuk meregenerasi organ tubuhnya yang hilang sehingga teripang yang gonadnya dimakan tidak akan menjadi mandul.


Ikan mutiara dari spesies Echiodon drummondii. (Sumber)

Ikan mutiara normalnya bersifat posesif terhadap anus teripang yang ditinggalinya. Ketika ada 2 ekor ikan mutiara yang ingin tinggal lubang anus yang sama, keduanya akan bertarung hingga salah satu mati. Namun dalam kasus tertentu, ikan mutiara juga bersedia tinggal bersama-sama dalam anus teripang yang sama. Pada tahun 1975 misalnya, saat ilmuwan Victor Benno Meyer-Rochow meneliti teripang berukuran 40 cm di Laut Banda, ia menemukan kalau ada 15 ekor ikan mutiara yang tinggal di dalamnya.

Karena ikan mutiara memiliki pola hidup yang amat tertutup, siklus reproduksi ikan ini tidak begitu diketahui. Khusus untuk spesies ikan mutiara Atlantik, ikan ini diketahui tidak memiliki musim kawin yang spesifik & bisa melakukan perkawinan kapan saja. Sementara mengenai cara perkawinannya, ikan mutiara Atlantik diperkirakan melakukan perkawinan secara ekternal alias di luar tubuh.

Pada awalnya, betina akan mengeluarkan telur-telurnya terlebih dahulu ke permukaan benda lain. Sesudah itu, pejantan akan melepaskan spermanya ke arah kumpulan telur tadi sehingga telur-telur tersebut mengalami pembuahan. Telur-telur tersebut kemudian menetas menjadi larva sesudah 1 - 2 hari. Tidak diketahui tahap-tahap pertumbuhan maupun kematangan seksual ikan ini, namun ikan mutiara Atlantik diperkirakan bisa hidup hingga usia 3 tahun.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Ophidiiformes
Famili : Carapidae



REFERENSI

Animal Diversity Web - Carapus bermudensis : Information
Australian Geographic - The fish that lives in a sea cucumber anus
Discover Life - Carapus mourlani
National Geographic - How This Fish Survives in a Sea Cucumber’s Bum
Wired - Absurd Creature of the Week : This Fish Swims Up a Sea....
 - . 2008. "Pearlfish". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Download PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi silakan tinggalkan komentar anda selama tidak berisi spam, iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, silakan tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.