SEJARAH FAUNA HIBURAN Cari.Artikel..



Makna Lirik Lagu Europe - The Final Countdown





Band Europe dalam konser di Stockholm, Swedia, pada tahun 1986. (Sumber)

Europe adalah sebutan dalam bahasa Inggris untuk Benua Eropa. Kalau dalam ranah musik, Europe adalah nama dari grup band beraliran rock asal Swedia yang pertama kali aktif pada tahun 1979. Dari sekian banyak lagu yang pernah dirilis oleh band ini, lagu mereka yang paling terkenal adalah "The Final Countdown" (FD; Momen Terakhir) yang pertama kali dirilis pada tahun 1986 dalam album berjudul sama.

Lagu FD diciptakan oleh vokalis Europe yang bernama Joey Tempest. Menurut pengakuannya, saat ia sedang menggubah melodi untuk lagu FD, ia teringat akan buku yang pernah dibacanya di masa kecil mengenai konflik & penjelajahan yang pernah dilakukan oleh bangsa Viking. Karena melodi lagu FD terdengar begitu megah, Joey & rekan-rekannya kemudian sepakat untuk menjadikan lagu FD sebagai lagu permulaan di albumnya & lagu pembuka setiap kali mereka menggelar konser.

Joey juga mengaku terinspirasi untuk menuliskan lirik bertema luar angkasa pada lagu FD karena ia terpengaruh oleh lagu David Bowie yang berjudul "Space Oddity" (Keanehan Luar Angkasa). Karena lagu David pulalah, Joey menjadi tertarik akan hal-hal bertema perjalanan luar angkasa. Selain menyisipkan hal bertema luar angkasa pada liriknya, sampul album FD menampilkan gambar Bumi & foto-foto para personil Europe.

Begitu album FD dirilis ke pasaran, respon yang ditunjukkan oleh penikmat musik sungguh luar biasa. Di tangga lagu Inggris & Jerman, lagu ini sempat menempati peringkat pertama. Lagu ini juga membantu melambungkan popularitas band Europe di mancanegara, khususnya di AS. Hal yang tidak diduga oleh Joey & rekan-rekannya karena mereka awalnya mengira kalau lagu ini memiliki durasi yang terlalu panjang (5 menit lebih) untuk bisa menjadi lagu yang populer & banyak diingat oleh orang-orang.

Jika dilihat secara sepintas, lirik lagu FD sepintas memang hanya ingin bercerita tentang perjalanan keluar angkasa. Namun sebenarnya, lagu ini memiliki makna yang lebih dalam karena lirik lagu ini banyak menggunakan kalimat yang bersifat ambigu & tidak eksplisit. Jadi dalam kesempatan kali ini, pihak Republik akan membahas mengenai makna lirik lagu FD.



ANALISA LIRIK

Bagian I

We're leaving together,
But still it's farewell
And maybe we'll come back
To earth, who can tell?

Bagian ini ingin mengilustrasikan orang-orang yang hendak pergi meninggalkan Bumi bersama-sama (leaving together). Seperti yang kita tahu, perjalanan ke luar angkasa merupakan perjalanan yang penuh resiko karena di luar angkasa sana, tidak ada oksigen, makanan, serta orang-orang yang bisa menolong mereka saat terjadi masalah.

Dengan melihat hal tersebut, maka bukan hal yang aneh jika mereka yang hendak pergi meninggalkan Bumi akan mengucapkan salam perpisahan (farewell) terlebih dahulu. Salam perpisahan ini bukan hanya ditujukan kepada mereka yang tetap tinggal di Bumi, tetapi juga kepada rekan-rekan mereka yang ikut serta dalam perjalanan meninggalkan Bumi. Karena selalu ada peluang kalau sebagian di antara mereka tidak akan bisa menyelesaikan perjalanan dengan selamat.

Meskipun begitu, mereka yang melakukan perjalanan tetap memendam sikap optimis kalau mereka bakal kembali ke Bumi (maybe we'll come back to earth) setelah memulai perjalanannya. Namun sekali lagi, karena mereka sendiri merasa tidak yakin kalau mereka bisa melalui perjalanan ini dengan selamat (who can tell), mereka pun tetap merasa kalau mengucapkan salam perpisahan sebelum berangkat adalah hal yang tetap perlu dilakukan.

Lantas, apakah bagian ini hanya sekedar ingin bercerita tentang orang-orang yang hendak melakukan perjalanan keluar angkasa? Tentu saja tidak. Menurut Joey Tempest, lagu FD dimaksudkan sebagai lagu pembuka setiap kali band tersebut melakukan konser. Jadi jika dilihat secara konotatif, maka lagu ini ingin menggambarkan suasana yang dirasakan oleh para personil band Europe setiap kali hendak tampil di hadapan para penonton & penggemarnya.

Jika dilihat secara lebih luas, lagu ini juga bisa dipandang sebagai pengandaian mengenai seseorang yang hendak memulai hidup baru beserta resikonya. Maksud dari "hidup baru" di sini bisa berarti seseorang yang hendak menikah, memulai pekerjaan baru, merantau ke tempat lain, seorang prajurit yang pergi ke medan perang, & lain sebagainya. Singkatnya, jika "bumi" adalah kehidupannya yang sekarang, maka itu artinya ia sedang meninggalkan kehidupannya yang sekarang demi memulai hidup baru yang penuh resiko, namun juga menjanjikan harapan.


Sampul album "The Final Countdown". (Sumber)


I guess there is no one to blame
We're leaving ground (leaving ground)
Will things ever be the same again?


Bagian ini berisikan harapan sekaligus penegasan dari sang pelantun lagu bahwa jika terjadi sesuatu yang membuat perjalanannya terganggu atau bahkan gagal, maka itu sudah menjadi bagian dari resiko. Alias bukan kesalahan siapapun (there is no one to blame).

Dalam konteks lain, bagian ini juga bisa dimaknai sebagai wujud sikap putus asa yang terselubung. Ia merasa tidak puas dengan kehidupannya yang sekarang. Namun ia juga sadar kalau menyalahkan orang-orang di sekitarnya tidak akan mengubah apapun. Jadi ia memutuskan untuk meninggalkan kehidupannya yang sekarang & memulai hidup baru.

Kalimat berikutnya memiliki makna ganda. Kata leaving ground (meninggalkan tanah) bisa diartikan sebagai seseorang yang sudah menempuh hidup baru & meninggalkan kehidupannya yang lama. Layaknya pesawat ulang alik yang lepas landas dari atas tanah untuk melesat ke luar angkasa.

Namun dalam konteks lain, kalimat tersebut juga bisa dimaknai sebagai seseorang yang selama ini tertekan & terkekang oleh kehidupannya yang lama. Ketika ia memutuskan untuk menjalani kehidupan baru, orang tersebut merasa jauh lebih bebas. Bak burung yang baru saja melompat meninggalkan tanah & terbang bebas di langit.

Kalimat terakhir pada dasarnya berisi pertanyaan kepada diri sendiri. Apakah perjalanan ke luar angkasa yang mereka tempuh bakal baik-baik saja? Apakah sesudah ini, mereka bisa kembali berjumpa dengan keluarga & teman-temannya? Atau jika kalimat ini digunakan untuk menggambarkan seseorang yang hendak melakukan pekerjaan penuh resiko (misalnya tentara yang sedang berjuang, atau dokter yang sedang bertugas di kawasan penuh wabah), apakah sesudah melakukan tugasnya, kehidupan bakal kembali normal?


Reffrain

It's the final countdown
The final countdown


Countdown adalah istilah dalam bahasa Inggris untuk menyebut peristiwa hitung mundur menjelang terjadinya suatu peristiwa, misalnya hitung mundur saat balapan hendak dimulai. Kata countdown juga bisa dimaknai sebagai suatu momen yang berlangsung tepat sebelum sebuah peristiwa besar terjadi.

Untuk konteks lagu ini, kata final countdown (momen terakhir) bisa dimaknai sebagai momen yang dialami sang pelantun lagu tepat saat ia hendak memulai perjalanan pentingnya, atau kehidupan barunya. Singkatnya, saat momen ini sudah berlalu, maka saat itu juga perjalanan panjang & penuh resiko yang harus ditempuhnya sudah dimulai. Dia hanya bisa maju & tidak bisa lagi mundur. Jika terjadi hal-hal yang tidak terduga di sepanjang perjalanan, dia harus mencari cara untuk bisa melaluinya dengan selamat, atau hancur sebelum tujuannya tercapai.


Bagian II

We're heading for Venus (Venus)
And still we stand tall
'Cause maybe they've seen us (seen us)
And welcome us all, yeah


Jika dimaknai secara denotatif, bagian ini mengambarkan sang pelantun lagu & rekan-rekannya saat melakukan perjalanan jauh dari Bumi menuju Planet Venus (we're heading for Venus) tanpa merasa gentar (still we stand tall). Mereka juga merasa termotivasi untuk menyelesaikan perjalanan panjang mereka karena begitu mereka sudah sampai di Venus, orang-orang yang ada di Bumi turut melihat keberhasilan mereka melalui perantara televisi (they've seen us) & siap menyambut mereka sekembalinya mereka di Bumi (and welcome us all).

Jika kita ingin memaknai bagian ini secara konotatif, maka mula-mula kita harus memahami makna Venus dari sudut pandang astrologi terlebih dahulu. Berdasarkan astrologi (ilmu mengenai ramalan nasib berdasarkan posisi benda-benda langit), Venus memiliki makna cinta, semangat, & ambisi. Nama "Venus" untuk planet itu sendiri aslinya diambil dari nama Dewi Venus, dewi cinta dalam mitologi Romawi Kuno.

Jika dikaitkan dengan lagu ini, maka kata "Venus" bisa dimaknai sebagai keinginan bagi sang pelantun lagu untuk mencapai cita-cita & harapan akan hidup yang lebih baik. Sementara kata "mereka" (they) bisa merujuk pada keluarga sang pelantun lagu yang berharap kalau ia sukses dengan kehidupan barunya, atau bisa juga merujuk pada orang-orang di lingkungannya yang baru yang siap membantu sang pelantun lagu.

Jika dimaknai secara negatif, kata welcome juga bisa dimaknai sebagai rintangan-rintangan yang bakal "menyambut" sang pelantun lagu di kehidupan barunya. Itulah sebabnya kalimat tersebut ditulis tepat sesudah kalimat yang mengandung unsur stand tall (dengan penuh percaya diri). Karena jika sang pelantun lagu sudah terlihat bimbang sejak awal, maka sudah barang tentu ia tidak akan bisa menggapai tujuan yang diharapkannya.


Pesawat ulang-alik yang sedang meluncur ke luar angkasa. (Sumber)


With so many light years to go
And things to be found (to be found)
I'm sure that we'll all miss her so


Jika bagian ini ingin dimaknai secara denotatif, maka bagian ini pada dasarnya hanya sekedar ingin menceritakan kalau Planet Venus bukanlah tujuan akhir dari sang pelantun lagu. Sang pelantun lagu menyatakan bahwa ia masih ingin melakukan perjalanan sejauh beberapa tahun cahaya (with so many light years to go) untuk menemukan hal-hal baru di sepanjang perjalanan (things to be found).

Dalam realitanya, manusia memang belum bisa mencapai kecepatan cahaya. Namun jika kita memakai pendekatan fiksi ilmiah, maka manusia bisa melakukan perjalanan hingga ratusan ribu kilometer (jarak kecepatan cahaya per detik) di luar angkasa dengan memakai metode teleportasi & lubang cacing (wormhole). Jika disambungkan dengan lagu ini, maka pada intinya sang pelantun lagu & rekan-rekannya ingin melakukan perjalanan sejauh mungkin.

Kalimat terakhir dalam bagian ini ingin menceritakan kerinduan yang dialami oleh sang pelantun lagu mengenai Planet Bumi (I'm sure that we'll all miss her so) & hal-hal yang pernah dialaminya di sana. Kendati kerinduan bisa diartikan sebagai keinginan untuk kembali ke tempat asalnya sesegera mungkin, kerinduan juga bisa menjadi motivasi supaya seseorang berjuang sekuat tenaga supaya bisa melakukan perjalanan yang sedang ditempuhnya dengan selamat & tanpa kesalahan.

Kalau dimaknai secara konotatif, bagian ini pada dasarnya ingin menekankan bahwa jika seseorang sudah berhasil menyesuaikan diri dengan kehidupan barunya, maka itu hanyalah permulaan karena ia masih harus berjuang melanjutkan hidupnya & memastikan agar ia tidak sampai mengalami musibah saat menjalani kehidupan barunya.

Selama berjuang itulah, seseorang akan senantiasa mendapatkan pengetahuan baru (things to be found) sehingga ia bisa terus bertahan hidup di tengah perkembangan zaman. Serta untuk membuktikan kepada orang-orang dekatnya bahwa keputusannya untuk menjalani kehidupan yang baru ini memang merupakan keputusan yang tepat.

Saat ia merasa rindu dengan kehidupannya yang lama (we'll all miss her), maka kerinduan tersebut bukanlah kerinduan yang mengandung penyesalan, tetapi motivasi agar ia tidak merasa cepat puas atau terlalu gampang putus asa. Karena layaknya kilatan cahaya (light) yang bisa menempuh jarak begitu jauh dalam sekejap, banyak peristiwa tak terduga yang bakal terjadi & menguji ketangguhan orang tersebut dalam menjalani hidup.


Reffrain

(lihat kembali bagian yang berjudul serupa)

© Rep. Eusosialis Tawon



SUMBER-SUMBER YANG MEMBANTU

Songfacts - Joey Tempest of Europe
Songfacts - The Final Countdown by Europe
Space - How Fast Does Light Travel?
SunSigns.Org - Venus Symbol Meaning

Lirik lagu Europe - The Final Countdown
Video klip Europe - The Final Countdown

 




Download PDF

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi silakan tinggalkan komentar anda selama tidak berisi spam, iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA.

Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk menyimpan artikel ini, silakan klik tombol "Download PDF" yang terletak di bawah artikel.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, silakan tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.