Makna & Sejarah Logo Klub FC Barcelona



Logo klub Barcelona. (nike.com)

FC Barcelona adalah nama dari klub sepak bola yang berasal dari kota Barcelona, Spanyol timur. Klub ini merupakan salah satu klub sepak bola tersukses di Spanyol & bahkan dunia. Pasalnya sejak pertama kali berdiri pada tahun 1899, Barcelona sudah beberapa kali memenangkan trofi Liga Spanyol & Liga Champions Eropa.

Barcelona juga menyandang reputasi sebagai klub yang mempopulerkan sepak bola indah. Pasalnya di hampir setiap pertandingannya, Barcelona selalu berusaha mendominasi lawannya melalui permainan menyerang & umpan-umpan pendek. Oleh pengamat sepak bola, gaya permainan tersebut dikenal dengan julukan "tiki-taka".

Kota Barcelona termasuk dalam wilayah Catalonia, wilayah di Spanyol timur yang memiliki bahasa & budaya khasnya sendiri. Hal tersebut lantas turut tercermin pada logo klub Barcelona yang banyak menyisipkan elemen-elemen khas Catalonia. Jadi artikel kali ini akan membahas makna yang dikandung oleh logo klub Barcelona, beserta perubahan logonya dari masa ke masa.


Peta lokasi kota Barcelona. (bbc.com)


MAKNA LOGO

Logo Barcelona menampilkan simbol tameng / perisai yang bagian atasnya nampak seperti persegi panjang dengan sisi atas & samping yang berlekuk-lekuk, sementara bagian bawah tameng berbentuk menyerupai setengah lingkaran.

Bagian pojok kiri logo Barcelona menampilkan simbol salib / palang berwarna merah dengan latar berwarna putih. Simbol salib tersebut adalah Salib Santo Georgius (Saint George's Cross), di mana simbol salib serupa juga dapat dijumpai pada bendera Inggris, Georgia, & masih banyak lagi.

Santo Georgius / St. George adalah seorang tentara Romawi Kuno dari abad ke-3 yang menganut agama Kristen. Pada tahun 303, ia disiksa & dihukum mati oleh pemerintah Romawi karena menolak melepas keyakinannya. St. George juga diingat karena menurut legenda yang banyak dipercaya, ia pernah membunuh seekor naga yang nyaris memakan seorang putri.

Simbol Salib St. George pada logo klub Barcelona.

Lukisan dari abad ke-14 yang menampilkan sosok St. George saat menyelamatkan putri & mengalahkan naga. (Dbachmann / wikipedia.org)

Beberapa abad kemudian, saat Tentara Salib Eropa terlibat dalam Perang Salib di Palestina & sekitarnya, mereka beramai-ramai menjadikan sosok St. George sebagai tokoh suci pelindung mereka. Saat para Tentara Salib tadi kembali ke negara asalnya masing-masing, pandangan kalau St. George adalah tokoh suci pelindung turut diadopsi oleh gereja di negara-negara yang bersangkutan.

Di wilayah Catalonia, sejak abad ke-15 gereja setempat mengakui St. George sebagai santo pelindung (patron saint). Setiap tahun pada tanggal 23 April, penduduk wilayah Catalonia juga menggelar festival khusus untuk mengenang St. George (atau Sant Jordi, kalau menurut penyebutan dalam bahasa setempat).

Lambang kota Barcelona yang juga menampilkan simbol Salib St. George.

Kuatnya pengaruh St. George / Sant Jordi menyebabkan simbol Salib St. George kemudian disertakan dalam lambang kota Barcelona. Karena logo klub Barcelona terinspirasi dari elemen-elemen dalam lambang kota Barcelona, simbol Salib St. George pun dapat dijumpai pada logo klub Barcelona.

Di sebelah kanan simbol Salib. St George, terdapat 4 garis tegak berwarna merah dengan latar berwarna kuning. Seperti halnya simbol Salib St. George, simbol garis-garis merah & kuning tersebut juga terinspirasi dari lambang kota Barcelona.

Garis-garis kuning & merah yang ada pada lambang kota Barcelona pada gilirannya terinspirasi dari "senyera", bendera khas wilayah Catalonia. Bedanya adalah jika garis-garis dalam lambang kota Barcelona berbentuk tegak / vertikal, maka garis-garis dalam senyera nampak mendatar / horizontal.

Motif senyera pada logo klub Barcelona.

Lautan massa yang sedang mengibarkan bendera senyera Catalonia dengan tambahan gambar bintang putih & segitiga biru. (cnn.com)

Motif dalam senyera terinspirasi dari bendera Kerajaan Aragon, kerajaan yang di masa lampau memang pernah menguasai wilayah Catalonia. Kerajaan Aragon nantinya melebur dengan Kerajaan Castilla / Castile untuk membentuk Kerajaan Spanyol seperti yang kita kenal sekarang.

Di bawah simbol Salib St. George & motif garis-garis senyera, terdapat bidang berwarna kuning beserta tulisan "FCB.". Tulisan tersebut merupakan singkatan dari nama lengkap klub ini dalam bahasa Catalan : Futbol Club Barcelona (Klub Sepak Bola Barcelona). Nama tersebut sekaligus menunjukkan status klub pemilik logo ini sebagai klub sepak bola.

Di bawah bidang yang menampilkan tulisan FCB, terdapat garis-garis tebal & vertikal yang berwarna merah & biru. Seperti halnya motif garis-garis di bagian pojok kanan atas logo, motif garis-garis merah & biru ini juga ditampilkan secara berselang-seling.

Warna merah & biru digunakan karena kedua warna tersebut merupakan warna kebanggaan klub Barcelona. Kebetulan dalam pertandingan kandangnya, para pemain Barcelona selalu mengenakan seragam kombinasi warna merah & biru.

Di tengah-tengah bidang merah & biru tadi, terdapat motif bola berwarna kuning. Kendati bola tersebut terlihat menyerupai bola voli, bola tersebut aslinya adalah bola sepak. Di masa lampau, bola sepak memang memiliki pola jahitan yang bentuknya menyerupai bola voli. Penggunaan gambar bola sepak dalam logo klub Barcelona dimaksudkan untuk menunjukkan status Barcelona sebagai klub sepak bola.


Gambar bola dalam logo Barcelona (kiri) & bola sepak dari tahun 1920-an.


SEJARAH LOGO

Berawal dari Lambang Kota

Saat pertama kali didirikan pada tahun 1899, Barcelona menggunakan logo yang penampakannya berbeda jauh dari logo Barcelona yang sekarang. Logo perdana Barcelona menampilkan simbol berbentuk wajik.

Bagian pojok kiri atas & kanan bawah wajik menampilkan simbol Salib St. George, sementara bagian pojok kanan atas & kiri bawah menampilkan motif garis-garis vertikal merah & kuning.

Di kedua sisi wajik, terdapat gambar ranting tanaman salam & pohon palem yang bagian pangkalnya saling bersilangan. Kemudian di bagian atas wajik, terdapat gambar mahkota & kelelawar hitam. Gambar kelelawar serupa juga dapat dijumpai pada lambang kota & logo klub Valencia.

Logo perdana Barcelona terinspirasi langsung dari lambang kota Barcelona pada tahun 1800-an. Gambar mahkota menunjukkan status Barcelona sebagai klub yang termasuk dalam wilayah Kerajaan Spanyol.

Logo perdana klub Barcelona (kiri) & lambang kota Barcelona di tahun 1800-an.

Gambar kelelawar digunakan karena menurut legenda, pasukan Aragon & raja James awalnya terbangun di tengah malam karena mendengar suara misterius. Saat pasukan Aragon semuanya sudah terjaga, mereka menemukan kalau ada pasukan Moor / Muslim Spanyol yang berkemah di dekat mereka.

Pertempuran pun pecah & pasukan Aragon berhasil mengalahkan pasukan Moor. Pasca pertempuran, pasukan Aragon kemudian melakukan penyelidikan untuk mencari tahu suara apa yang membangunkan mereka.

Belakangan diketahui kalau suara tersebut berasal dari kelelawar yang terbang sambil menabrak persenjataan pasukan Aragon yang sedang disimpan. Karena merasa berhutang budi atas kemunculan kelelawar tersebut, gambar kelelawar pun sejak itu digunakan pada lambang kota-kota di wilayah Aragon, termasuk Barcelona.


Lahirnya Logo Tameng Khas Barcelona

Tahun 1910-an, Barcelona mengganti logo klubnya. Logo Barcelona yang satu ini menapilkan gambar tameng yang menampilkan simbol Salib St. George, garis-garis vertikal merah-kuning, garis-garis tebal vertikal merah-biru, gambar bola sepak, & tulisan "F.C.B." di bagian tengah logo.

Sejak pertama kali menggunakan logo demikian, logo yang bersangkutan menjadi pondasi dari logo-logo klub Barcelona di kemudian hari. Jika Barcelona mengganti logo klubnya, maka logo yang baru desain dasarnya tidak akan berbeda jauh dari logo versi tahun 1910-an.

Tahun 1936 hingga 1939, Spanyol dilanda perang saudara antara kubu nasionalis melawan kubu republikan. Perang tersebut berhasil dimenangkan oleh kubu nasionalis yang dipimpin oleh Francisco Franco.

Wilayah Catalonia semasa perang saudara merupakan wilayah markas kubu republikan. Untuk menghukum penduduk wilayah Catalonia & mengaburkan identitas khas wilayah tersebut, bahasa Spanyol menjadi satu-satunya bahasa yang boleh digunakan di wilayah Catalonia.

Logo Barcelona sejak tahun 1941.

Kebijakan baru tersebut turut berimbas pada klub Barcelona. Sejak tahun 1941, Barcelona mengadopsi logo baru yang bagian tengahnya menampilkan tulisan "C.F.B.". Tulisan tersebut merupakan nama singkatan klub ini dalam bahasa Spanyol : Club de Futbol Barcelona (Klub Sepak Bola Barcelona).

Tahun 1973, Franco tidak lagi menjadi kepala pemerintahan Spanyol menyusul kondisi kesehatannya yang kian menurun. Pasca lengsernya Franco, Barcelona kini kembali diperbolehkan menggunakan logo yang mengandung bahasa Catalan. Maka, pada tahun 1974, Barcelona kembali mengganti logo klubnya sambil disertai dengan tulisan "F.C.B.".

Logo Barcelona sejak tahun 1974.

Tahun 2002, Barcelona kembali mengganti logo klubnya supaya terlihat lebih kekinian. Logo klub Barcelona sejak tahun tersebut tidak lagi menampilkan tanda baca titik pada nama singkatan klubnya. Logo inilah yang menjadi logo resmi klub Barcelona hingga sekarang.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Castles and Their Legends. 2011. "The legend about a bat who saved king James I army".
(castlesandlegends.estranky.cz/clanky/castles-and-their-legends/the-legend-about-a-bat-who-saved-king-james-i-army.html)

FC Barcelona Official Channel. "The crest".
(www.fcbarcelona.com/en/club/identity/the-crest)

FCBarcelona.cat. "The crest".
(arxiu.fcbarcelona.cat/web/english/club/historia/simbols/escut.html)

Knell, Y.. 2014. "Why St George is a Palestinian hero".
(www.bbc.com/news/magazine-27048219)

Mpowell. 2008. "Valencia’s Coat of Arms".
(www.holavalencia.net/2008/07/14/valencias-coat-of-arms/)

I. Sache, dkk.. "Catalonia (Autonomous Community, Spain)".
(www.crwflags.com/fotw/flags/es-ct.html)

Spain.info. "Festival of Sant Jordi in Barcelona".
(www.spain.info/en/discover-spain/fiesta-sant-jordi-barcelona/)
  





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



1 komentar:

  1. Terimakasih infonya... Bisa mampir ke blog saya juga bahas artikel tentang Barcelona musim 1996/1997. Salam.... www.panjihermawan.blogspot.com

    BalasHapus

Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda selama tidak mengandung iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA.

Setiap komentar yang baru masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi jangan panik jika komentar anda tidak langsung muncul.

Diberdayakan oleh Blogger.