SEJARAH FAUNA HIBURAN Cari.Artikel..



Makna Bendera Inggris Raya & Negara-Negara Bagiannya



Bendera Inggris Raya yang sedang berkibar. (Sumber)

Inggris Raya. Itulah nama dari negara kepulauan yang terletak di seberang utara daratan Eropa. Apa yang disebut sebagai Inggris Raya terdiri dari 4 negara bagian berbeda yang menempati Pulau Britania & Pulau Irlandia bagian utara. Keempat negara bagian tersebut adalah Inggris (England), Skotlandia, Wales, & Irlandia Utara. Selain keempat wilayah tadi, Inggris juga memiliki wilayah-wilayah seberang lautan yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Seperti negara-negara berdaulat lainnya, Inggris Raya juga memiliki bendera nasionalnya sendiri. Bendera Inggris Raya tergolong sebagai bendera yang unik karena bendera ini aslinya merupakan hasil gabungan dari 3 bendera berbeda. Bendera apa sajakah itu? Untuk mengetahuinya, pengunjung dapat melihatnya di segmen berikutnya artikel ini. Adapun selain bendera Inggris Raya, artikel ini juga bakal membahas bendera dari negara-negara bagian yang menyusun Inggris Raya.



INGGRIS RAYA (UNITED KINGDOM)



Negara kepulauan yang wilayahnya terdiri dari gabungan 4 negara bagian berbeda. Bendera kebangsaan Inggris Raya dikenal dengan nama Union Jack / Union Flag (Bendera Serikat). Bendera ini menampilkan warna latar belakang biru dengan gambar 8 garis putih yang masing-masing bagian ujungnya saling bersentuhan di bagian tengah. Kemudian dalam bidang garis putih putih tersebut, terdapat garis-garis merah dengan posisi serupa. Bagian diagonal dari garis merah nampak terputus karena tidak terhubung dengan garis merah yang lain.

Bendera Union Jack (UJ) memiliki penampakan demikian karena bendera ini merupakan hasil gabungan dari 3 bendera negara bagian yang menyusun Inggris Raya : bendera Salib Saint George (Inggris), bendera Salib Saint Andrew (Skotlandia), & bendera Salib Saint Patrick (Irlandia Utara). Bendera Wales tidak ikut disertakan dalam desain bendera UJ karena saat bendera UJ diciptakan, Wales masih berstatus sebagai bagian dari negara bagian Inggris.

Nama "Union" pada bendera ini jelas merujuk pada fakta bahwa bendera ini merupakan bendera milik Inggris Raya / United Kingdom. Sementara nama "Jack" merupakan nama yang lazim digunakan pada masa itu untuk menyebut bendera kecil yang dikibarkan pada tiang kapal. Kebetulan saat pertama kali diresmikan pada tahun 1606, bendera UJ awalnya memang hanya boleh dikibarkan oleh kapal-kapal Inggris. Baru pada tahun 1908, UJ diakui sebagai bendera nasional Inggris Raya.

Walaupun bendera UJ sudah ada sejak tahun 1606, bendera UJ dengan desain seperti yang kita lihat sekarang baru ada pada tahun 1801. Sebelum tahun 1801, bendera UJ memiliki desain yang serupa seperti bendera UJ versi sekarang, namun tanpa garis-garis merah tanpa bagian diagonalnya. Hal itu sendiri terjadi karena sebelum tahun 1801, bendera Irlandia Utara belum disertakan dalam komposisi bendera UJ.

Evolusi bendera Union Jack.

Perlu diperhatikan juga bahwa garis-garis merah diagonal dalam bendera UJ tidak berada tepat di tengah, melainkan agak menyerong. Garis diagonal kiri atas & kiri bawah berjarak lebih dekat dengan sisi bawah garis putih yang menjadi latarnya. Sementara pada garis diagonal kanan atas & kanan bawah, posisi keduanya berjarak lebih dekat dengan sisi atas garis putih.

Perbedaan posisi pada garis-garis diagonal merah tersebut lantas menjadi patokan untuk menentukan apakah bendera UJ sedang dikibarkan dalam posisi normal atau dalam posisi terbalik. Dalam kondisi biasa atau dalam acara-acara kenegaraan, bendera UJ dikibarkan dalam posisi normal dengan posisi garis-garis diagonal merah seperti yang disebutkan dalam paragraf sebelumnya.

Bendera UJ baru dikibarkan dalam posisi terbalik jika pihak pengibar benderanya sedang berada dalam kondisi darurat. Misalnya saat berada di atas kapal & kapalnya berada dalam kondisi kritis. Namun di luar kondisi darurat, bendera UJ harus dikibarkan dalam posisi normal. Jika bendera UJ sampai dikibarkan dalam posisi terbalik saat sedang tidak dalam kondisi darurat, hal tersebut bisa dianggap sebagai bentuk penghinaan terhadap negara Inggris.


Sudah disinggung di paragraf awal kalau Inggris memiliki banyak wilayah seberang lautan, misalnya Kepulauan Falkland. Untuk menunjukkan status daerah tersebut sebagai bagian dari Inggris Raya, daera-daerah seberang lautan Inggris pun banyak yang menyisipkan simbol UJ pada bendera daerahnya. Negara-negara berdaulat seperti Australia & Selandia Baru juga menyisipkan UJ dalam bendera nasionalnya karena mereka mengakui Inggris sebagai negara leluhurnya.



INGGRIS (ENGLAND)



Negara bagian Inggris Raya yang juga menjadi lokasi dari London, ibukota Inggris Raya. Bendera Inggris menampilkan motif latar belakang putih dengan gambar 2 garis merah menyerupai palang. Motif menyerupai salib tersebut dikenal dengan sebutan Salib Santo Georgius (Saint George's Cross).

Saint George sendiri aslinya bukanlah orang Inggris karena ia aslinya adalah orang Levant (wilayah Israel & Palestina sekarang) yang hidup pada abad ke-3. Namun karena para tentara Inggris yang sedang terlibat dalam Perang Salib merasa terkesan akan kisahnya, Saint George kemudian dinobatkan sebagai tokoh suci pelindung bangsa Inggris.

Tidak diketahui mengapa gambar salib merah & latar putih lantas menjadi lambang resmi St. George, selain fakta bahwa salib merupakan simbol khas agama Kristen. Pasukan Inggris sendiri diketahui pertama kali mengibarkan bendera Salib St. George pada tahun 1189 saat terlibat dalam Perang Salib. Kemudian sejak abad ke-13, bendera ini banyak dikibarkan oleh kapal-kapal Inggris.



SKOTLANDIA (SCOTLAND)



Negara bagian Inggris Raya yang letaknya paling utara. Bendera Skotlandia menampilkan motif latar belakang biru dengan tambahan motif 4 garis diagonal putih yang membentuk tanda silang. Motif menyerupai tanda silang tersebut dikenal dengan sebutan "saltire" & merupakan versi alternatif dari gambar salib. Itulah sebabnya bendera Skotlandia juga dikenal dengan nama "Salib Santo Andreas" (Saint Andrew's Cross), 1 dari 12 rasul Yesus.

Saint Andrew sendiri kemudian diceritakan meninggal akibat disalib dalam posisi miring atau menyerupai huruf X. Itulah sebabnya salib yang menjadi simbol Saint Andrew kemudian ditampilkan dalam posisi menyerupai tanda silang. Mengenai kenapa warna yang dipilih dalam bendera Salib Saint Andrew adalah warna putih dengan latar biru, maka kita harus menengok ke legenda masyarakat Skotlandia.

Menurut legenda yang dimaksud, pada awalnya Raja Angus & pasukannya terlibat pertempuran melawan pasukan suku Saxon di dekat desa Athelstaneford. Di tengah-tengah pertempuran, Angus melihat pola berbentuk salib putih di atas langit. Karena merasa terkesan atas pemandangan tersebut, Angus pun kemudian menjadikan simbol saltire putih dengan latar biru sebagai bendera Skotlandia & menyebutnya sebagai Salib St. Andrew.



IRLANDIA UTARA (NORTHERN IRELAND)



Negara bagian Inggris Raya yang terletak di sebelah utara Pulau Irlandia. Negara bagian ini juga terkenal karena menjadi lokasi terjadinya konflik "The Troubles" antara golongan Katolik setempat yang pro-Irlandia melawan golongan Protestan yang pro-Inggris. Akibat konflik itu pulalah, Irlandia Utara sejak tahun 1973 tidak memiliki bendera resminya sendiri. Sebagai gantinya, bangunan-bangunan milik pemerintah Irlandia Utara mengibarkan Union Jack sebagai bendera resminya.

Sebelum tahun 1973, yang menjadi bendera resmi Irlandia Utara adalah bendera dengan nama "Bendera Ulster" (Ulster Banner). Kendati tidak lagi diakui sebagai bendera resmi, Bendera Ulster masih kerap dikibarkan oleh golongan loyalis Irlandia Utara yang ingin mempertahankan Irlandia Utara sebagai negara bagian Inggris Raya. Di ranah sepak bola, Bendera Ulster juga diakui sebagai bendera tim nasional Irlandia Utara.

Bendera Ulster memiliki motif dasar yang serupa dengan bendera Salib Saint George. Bedanya adalah di bagian tengah Bendera Ulster, terdapat motif bintang putih segi 6 dengan gambar tangan kanan berwarna merah. Kemudian di atas simbol bintang tersebut, terdapat gambar mahkota. Mahkota menyimbulkan kesetiaan Irlandia Utara sebagai bagian dari Kerajaan Inggris Raya. Simbol bintang putih bersudut 6 menyimbolkan 6 daerah penyusun Irlandia Utara.

Tangan merah merupakan simbol khas Irlandia Utara yang terinspirasi dari legenda setempat. Menurut legenda yang dimaksud, pada awalnya ada seorang panglima bernama Ua Niall / O'Neill yang ingin mengklaim Pulau Irlandia sebagai wilayahnya. Supaya ia bisa mencapai pantai lebih dulu dari saingannya, ia memotong tangannya sendiri & kemudian melemparkannya ke darat. Tangan yang kini berwarna merah akibat bersimbah darah tersebut lantas menjadi lambang Ulster / Irlandia Utara.



Kendati yang awalnya digunakan sebagai bendera resmi Irlandia Utara adalah Bendera Ulster, bendera yang disertakan dalam desain Union Jack sebagai perwakilan Irlandia Utara adalah bendera Salib Santo Patrick (Saint Patrick's Flag). Pasalnya saat bendera Union Jack dimodifikasi pada awal abad ke-19, wilayah Inggris Raya masih mencakup seluruh Pulau Irlandia & bendera Salib Saint Patrick-lah yang menjadi bendera resmi wilayah Irlandia pada masa itu.

Saint Patrick adalah misionaris dari abad ke-5 yang berjasa memperkenalkan agama Kristen ke Pulau Irlandia. Bendera Salib Saint Patrick menampilkan warna latar belakang putih dengan 4 garis diagonal merah yang membentuk tanda silang. Tidak diketahui mengapa bendera dengan motif demikian diakui sebagai perlambangan dari Saint Patrick, selain fakta bahwa bendera dengan motif demikian sudah digunakan sebagai lambang resmi Ordo Saint Patrick - ordo bangsawan yang dianggap sudah berjasa kepada pemerintah Inggris di Irlandia - sejak abad ke-18.



WALES



Negara bagian terkecil di Pulau Britania. Wales adalah satu-satunya negara bagian Inggris Raya yang benderanya tidak ikut disertakan dalam desain Union Jack karena bendera Union Jack diciptakan untuk menyimbolkan penyatuan antara Kerajaan Inggris & Skotlandia (serta kelak Pulau Irlandia). Sementara Wales pada waktu itu masih berstatus sebagai bagian dari Inggris. Bendera Wales dengan desain yang seperti sekarang baru ada sejak abad ke-20.

Bendera Wales menampilkan gambar naga merah bersayap. Di bagian latarnya, terdapat bidang berwarna putih & hijau yang tersusun secara horizontal. Dalam bahasa Wales, bendera tersebut dikenal dengan nama "Y Ddraig Goch" (Sang Naga Merah). Warna putih & hijau diambil dari warna Dinasti Tudor, keluarga bangsawan asal Wales yang pernah memerintah Inggris. Simbol naga pada awalnya digunakan oleh pasukan Romawi di Pulau Britania sebagai simbol pasukannya. Saat Romawi mengalami keruntuhan, simbol naga kemudian diadopsi oleh penguasa-penguasa lokal di Pulau Britania sebagai simbol dinastinya.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

CAIN - Symbols in Northern Ireland
Flags of the World - Ireland : St Patrick's Cross
Flags of the World - Northern Ireland (United Kingdom)
Flags of the World - Wales (United Kingdom)
University of Notre Dame - The Red Hand of O'Neill
WikiHow - How to Know if a Union Jack Has Been....
 - . 2008. "Andrew, Saint". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
 - . 2008. "George, Saint". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "England, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Scotland, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "United Kingdom, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

 





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Download PDF

1 komentar:

Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda selama tidak berisi spam, iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA.

Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda ingin mencetak atau menyimpan artikel ini dalam format PDF, silakan klik tombol "Download PDF" yang terletak di bawah artikel.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, silakan tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.