Chainsaw Man, Kisah Monster Gergaji Pembasmi Iblis



Chainsaw Man.

Gergaji mesin (chainsaw) adalah sebutan untuk perkakas mesin yang digunakan untuk memotong kayu pohon. Karena gergaji mesin memiliki suara yang keras & bisa digunakan untuk memotong hampir segala macam benda, gergaji mesin pun oleh sebagian orang dipandang sebagai benda yang menakutkan. Dan mungkin karena hal itu pulalah, gergaji mesin kerap muncul dalam karya-karya fiksi yang bertema horror. "Chainsaw Man" adalah contoh karya horror terbaru yang menampilkan gergaji mesin sebagai fokusnya.

"Chainsaw Man" (CSM; Manusia Gergaji Mesin) adalah judul dari manga / komik Jepang yang pertama kali terbit pada tahun 2018. Manga CSM secara singkat bercerita tentang Denji, seorang pria yang bisa berubah wujud menjadi monster gergaji mesin setelah membuat perjanjian dengan iblis gergaji mesin yang bernama Pochita. Dengan modal kekuatannya tersebut, Denji / Chainsaw Man kemudian mendedikasikan hidupnya untuk membasmi iblis-iblis berbahaya yang muncul di dunia manusia.



SEJARAH

Manga CSM merupakan buah karya dari pembuat manga / mangaka yang bernama Tatsuki Fujimoto. CSM bukanlah karya pertama Fujimoto karena sebelum ini, ia juga pernah menerbitkan manga bersambung yang berjudul "Fire Punch" (FP; Pukulan Api). Manga tersebut tayang di situs manga online Shonen Jump Plus dari tahun 2016 hingga 2018. Seperti halnya CSM, FP juga merupakan manga yang mengusung genre action & supranatural.

Sambutan publik yang cukup hangat terhadap manga FP menyebabkan Fujimoto merasa tertarik untuk membuat manga baru yang konsep dasarnya tidak berbeda jauh. Namun kali ini Fujimoto ingin supaya manga buatannya dimuat di Weekly Shonen Jump (WSJ), majalah manga mingguan yang terkenal menjadi lokasi dimuatnya manga-manga fenomenal seperti "Naruto", "Kimetsu no Yaiba", hingga "Boku no Hero Academia".

Sampul manga "Fire Punch", manga lain buatan Tatsuki Fujimoto.

Fujimoto berharap jika manga buatannya bisa dimuat di WSJ, maka hasil karyanya bisa menjadi lebih terkenal & dibaca oleh lebih banyak orang. Manga terbarunya tersebut tidak lain adalah "Chainsaw Man" (CSM). Supaya manga CSM nampak berbeda dari manga-manga yang biasa muncul di WSJ, Fujimoto berupaya menampilkan CSM seunik mungkin.

Sebagai contoh, Denji selaku karakter utama dalam CSM tidak ditampilkan sebagai karakter dengan cita-cita tinggi maupun tujuan mulia. Ia ditampilkan mau bertarung sebagai pembasmi iblis semata-mata supaya ia bisa mendapat tempat tinggal gratis & tidur dengan wanita. Manga CSM juga memiliki tingkat kesadisan yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan manga-manga WSJ lainnya. Pasalnya dalam manga CSM, adegan-adegan seperti darah muncrat, tangan putus, hingga usus terburai merupakan pemandangan yang cukup sering dijumpai.

Keputusan Fujimoto untuk menampilkan CSM dalam kondisi demikian ternyata berbuah positif. Sejak pertama kali tayang di majalah WSJ pada bulan Desember 2018, manga CSM secara perlahan berhasil menjaring begitu banyak pembaca. Saat episode-episode CSM yang muncul dalam majalah WSJ dikumpulkan & diterbitkan ulang dalam format buku manga (tankobon), buku-buku tersebut laris manis diserbu pembaca. Hingga bulan Januari 2021, jumlah buku manga CSM yang beredar di pasaran tercatat mencapai lebih dari 6 juta kopi.

Manga CSM tayang secara bersambung di majalah WSJ dari tahun 2018 hingga 2020 dengan jumlah total 97 episode (chapter) & 11 volume tankobon. Meskipun secara teknis CSM sudah tamat, alur cerita CSM ternyata masih belum berhenti. Fujimoto berkata bahwa cerita CSM masih akan berlanjut, di mana manga kelanjutan CSM rencananya bakal ditayangkan di situs manga online Jump Plus.

Karena manga CSM terbukti sukses besar & disukai oleh banyak orang, hanya masalah waktu sebelum manga CSM diadaptasi ke format serial animasi / anime. Dan memang itulah yang terjadi. Pada tahun 2021 ini, versi anime dari CSM rencananya bakal ditayangkan. Studio animasi MAPPA yang sebelum ini pernah mengerjakan anime "Attack on Titan : The Final Season" dipercaya untuk menggarap versi anime dari CSM.



!! PERINGATAN !!
Bagian sesudah ini bakal banyak menampilkan spoiler / bocoran alur cerita.
Silakan lanjutkan membaca jika anda sudah paham dengan resikonya.



ALUR CERITA (MANGA)

Denji adalah seorang pemuda yang ayahnya meninggal saat masih memiliki hutang dengan kelompok kriminal Yakuza. Saat Denji tengah berkabung di depan makam ayahnya, Denji berpapasan dengan sesosok makhluk iblis (Devil) yang bentuknya menyerupai anjing dengan gergaji mesin di kepalanya. Makhluk tersebut ternyata berada dalam kondisi sekarat. Karena merasa kasihan, Denji pun memutuskan untuk mengadopsi iblis tersebut & kemudian memberinya nama Pochita.

Sebagai balas jasa karena Denji sudah menolongnya, Pochita setuju untuk bekerja sama dengan Denji. Denji akan bekerja sebagai pembasmi iblis bayaran, sementara Pochita bertindak sebagai senjata gergaji mesin Denji. Kerja sama antara keduanya pada awalnya berjalan lancar-lancar saja. Hingga kemudian pada suatu hari, Denji disewa oleh Yakuza untuk membunuh iblis bernama Zombie Devil (Iblis Zombie) di suatu lokasi.

Denji & Pochita. (Sumber)

Tawaran pekerjaan tersebut ternyata adalah jebakan. Yakuza secara tiba-tiba membunuh Denji dari belakang supaya dagingnya bisa dimakan oleh Zombie Devil & zombie-zombie anak buahnya. Dalam kondisi sekarat, Denji kemudian membuat kontrak dengan Pochita. Pochita akan menyatu dengan tubuh Denji sehingga Denji kemudian hidup kembali menjadi sosok iblis gergaji mesin dengan nama "Chainsaw Man" (Pemuda Gergaji Mesin).

Dengan kekuatan barunya itu, Denji / Chainsaw Man berhasil mengalahkan Zombie Devil. Tidak lama kemudian, lokasi tempat Denji bertarung didatangi oleh sekelompok pembasmi iblis profesional yang dipimpin oleh Makima. Makima kemudian meminta Denji bergabung dengan organisasinya dengan iming-iming kalau semua kebutuhan sehari-hari Denji bakal ditanggung olehnya. Makima juga mengancam kalau Denji bakal diburu oleh rekan-rekan pembasmi iblisnya jika berani menolak.

Denji menerima tawaran tersebut sehingga ia pun sejak itu bekerja sebagai anggota biro keamanan pembasmi iblis. Denji juga berkenalan dengan teman-teman baru di biro keamanan tersebut. Salah satu teman barunya di biro tersebut adalah Power, iblis yang wujudnya menyerupai gadis bertanduk & memiliki kemampuan untuk memanipulasi darah menjadi aneka macam senjata.

Seiring dengan semakin lamanya Denji / Chainsaw Man bekerja sebagai pembasmi iblis, rumor akan kekuatan yang dimilikinya mulai menarik perhatian pihak-pihak lain yang tertarik untuk memanfaatkan kekuatannya. Maka, sekelompok orang yang dipimpin oleh Akane Sawatari & Katana Man (Pemuda Pedang) kemudian mencoba menculik Denji dengan cara menyerang rekan-rekan Denji hingga tewas atau tak sadarkan diri.

Rencana mereka pada awalnya berjalan lancar. Namun tepat sebelum Sawatari & Katana Man membawa jasad Chainsaw Man ke dalam mobil, Makima menggunakan kekuatan iblis misterius yang dimilikinya untuk menyantet anak-anak buah Sawatari hingga tewas. Karena merasa panik, Sawatari & Katana Man pun memutuskan untuk batal menculik Chainsaw Man. Tidak lama setelah itu, Makima meminta Denji & rekan-rekannya yang masih hidup untuk pergi ke markas persembunyian Sawatari & meringkusnya.

Katana Man (kiri) saat bertarung melawan Chainsaw Man.

Pasca peristiwa tersebut, Denji kemudian berkenalan dengan seorang gadis yang bernama Reze. Karena merasa memiliki banyak kecocokan dengan Reze, Denji pun merasa jatuh hati padanya. Namun Denji tidak tahu kalau Reze aslinya adalah manusia iblis bernama Bomb Girl (Gadis Bom) yang memiliki niat untuk membunuh Chainsaw Man. Bomb Girl terbukti merupakan lawan yang tangguh berkat kemampuannya untuk bergerak lincah sambil menciptakan aneka macam senjata berdaya ledak tinggi.

Setelah terlibat pertarungan sengit di tengah kota, Chainsaw Man pada akhirnya berhasil mengalahkan Bomb Girl dengan cara mengikat tubuh Bomb Girl memakai rantai gergaji & kemudian menceburkan diri ke dalam laut. Saat Reze & Denji akhirnya tersadar kembali di tepi pantai, Reze bergegas pergi meninggalkan Denji setelah ia menolak tawaran Denji untuk hidup bersama. Reze pada akhirnya benar-benar meregang nyawa setelah ia dicegat & ditombak hingga tewas oleh anak buah Makima yang bernama Angel Devil (Iblis Malaikat).

Pertarungan sengit antara Bomb Girl dengan Chainsaw Man ternyata terekam oleh kamera televisi. Rekaman tersebut kemudian menyebar hingga ke luar negeri sehingga para iblis yang tinggal di luar Jepang berduyun-duyun pergi ke Jepang supaya bisa mengalahkan Chainsaw Man & mendapatkan kekuatannya. Para iblis tersebut di antaranya adalah iblis pengendali boneka asal Jerman yang bernama Santa Claus, iblis kegelapan yang bernama Darkness Devil, serta rombongan iblis pembunuh asal Cina yang dipimpin oleh Quanxi.

Ancaman terbesar bagi Denji / Chainsaw Man pada akhirnya muncul dalam wujud Gun Devil (Iblis Gun), iblis raksasa yang tercipta dari ketakutan umat manusia akan senjata api. Atas perintah dari presiden Amerika Serikat (AS) yang menumbalkan rakyatnya sendiri supaya bisa membuat kontrak dengan Gun Devil, Gun Devil pergi ke Jepang untuk membunuh Makima karena kekuatan iblis milik Makima dianggap terlalu berbahaya. Begitu tiba di Jepang, Gun Devil membunuh begitu banyak orang & menciptakan kerusakan yang begitu dahsyat.

Makima pada akhirnya berhasil memanipulasi Gun Devil untuk merasuki Hayakawa Aki, anak buah Makima yang oleh Denji & Power dianggap bak kakak mereka sendiri. Akibatnya, Aki pun kemudian berubah menjadi Gun Fiend & kemudian terlibat pertarungan dengan Chainsaw Man. Karena jauh lebih kuat, pada awalnya Gun Fiend berhasil menghajar Chainsaw Man hingga nyaris tewas.

Namun setelah warga kota beramai-ramai menyumbangkan darahnya untuk menyembuhkan Chainsaw Man, Denji / Chainsaw Man merasa terharu karena untuk pertama kalinya ia merasa dianggap berguna oleh orang-orang di kota tempatnya tinggal. Maka, Chainsaw Man pun kemudian bangkit kembali untuk melanjutkan pertarungan. Chainsaw Man pada akhirnya memang berhasil mengalahkan Gun Fiend. Namun kemenangan tersebut juga membuatnya terpukul karena dengan membunuh Gun Fiend, maka itu berarti ia juga sudah membunuh Aki.

Saat Denji masih dilanda depresi usai tewasnya Aki, Makima kemudian membunuh Power di hadapan Denji. Makima kemudian menjelaskan kalau ia sengaja membunuh orang-orang yang memiliki hubungan dekat dengan Denji supaya mentalnya ambruk. Dengan begitu, karena Denji tidak memiliki siapa-siapa lagi selain Makima, Denji / Chainsaw Man pun bersedia menuruti apa pun perintah Makima.

Makima (paling kanan) saat membunuh Power di hadapan Denji.

Makima kemudian menggunakan Chainsaw Man untuk membunuh anak-anak buah Kishibe, anggota biro keamanan yang sejak awal merasa curiga akan niat asli Makima. Chainsaw Man memang berhasil menghabisi mereka, namun sesudah itu Chainsaw Man malah bertindak semakin liar & tak bisa mengendalikan dirinya sendiri. Maka, Makima pun kemudian membangkitkan para iblis yang sudah mati untuk mengeroyok Chainsaw Man.

Saat Chainsaw Man nampaknya sudah terkapar, Pochita kemudian menggunakan sebagian kekuatannya untuk membangkitkan Power dari dalam tubuhnya karena Chainsaw Man dulu pernah meminum darah Power. Saat Power gagal mengalahkan Makima, Power kemudian melarikan diri bersama dengan Chainsaw Man untuk bersembunyi. Di tempat persembunyiannya, Chainsaw Devil kembali berubah ke wujud manusia sehingga kepribadian Denji bangkit kembali.

Denji / Chainsaw Man lantas memutuskan untuk kembali menantang Makima & anak-anak buahnya di kompleks pemakaman. Makima sekali lagi berhasil mengalahkan Chainsaw Man & bahkan mencabut jantungnya. Namun saat Makima tengah beristirahat, Denji bangkit kembali & menyerang Makima dengan memakai gergaji mesin yang dibuat dari darah Power. Denji kemudian menjelaskan kalau ia masih hidup karena saat jantung Chainsaw Man direnggut, yang sedang mengendalikan tubuh Chainsaw Man bukanlah Denji, melainkan Pochita.

Denji kemudian mengambil jantung Chainsaw Man & memasukannya kembali ke dalam tubuhnya supaya Pochita hidup kembali, sementara Makima akhirnya tewas kehabisan darah setelah tubuhnya digerogoti dari dalam oleh darah Power. Belakangan diketahui kalau Makima aslinya adalah iblis bernama Control Devil (Iblis Pengendali). Karena Makima selaku wujud manusianya yang lama sudah tewas, Control Devil kemudian bereinkarnasi dalam sosok anak kecil yang bernama Nayuta. Denji lantas memutuskan untuk mengadopsi Nayuta supaya Nayuta kelak tidak tumbuh menjadi sosok berbahaya layaknya Makima.



ELEMEN-ELEMEN DALAM "CHAINSAW MAN"

Iblis

Iblis (Devil) adalah sebutan untuk sosok makhluk supranatural yang muncul sebagai hasil akumulasi dari rasa takut manusia akan hal-hal tertentu. Sebagai contoh, Gun Devil muncul karena umat manusia memiliki rasa takut akan senjata api. Sementara Spider Devil (Iblis Laba-Laba) tercipta akibat rasa takut uamt manusia akan laba-laba.

Iblis memiliki wujud yang amat bervariasi. Mulai dari yang bentuknya nampak seperti manusia normal (misalnya Makima / Control Devil), hingga yang bentuknya nampak begitu abstrak & sulit dipahami oleh nalar manusia. Tomato Devil (Iblis Tomat) misalnya, iblis ini nampak seperti tomat raksasa yang memiliki banyak mata & kaki.

Tomato Devil (kiri). (Sumber)

Meskipun penampilan iblis nampak amat bervariasi, wujud iblis pada umumnya masih memiliki keterkaitan dengan namanya. Sebagai contoh, Shark Devil (Iblis Hiu) memiliki bagian kepala yang nampak menyerupai kepala hiu. Sementara Bat Devil (Iblis Kelelawar) memiliki sekujur tubuh berwarna gelap & kepala yang nampak seperti kepala kelelawar.

Iblis pada dasarnya adalah makhluk abadi karena mereka tidak bisa dibunuh secara permanen, namun mereka masih bisa dienyahkan untuk sementara dari dunia yang sedang ditinggalinya. Jika iblis tewas di dunia manusia, maka ia akan hidup kembali di dimensi Neraka. Namun jika iblis tewas di neraka, maka ia akan bangkit kembali di dunia manusia. Saat iblis tewas di dunia manusia & muncul kembali di dunia manusia, hasil reinkarnasinya tidak akan memiliki ingatan akan kehidupannya yang lama.

Karena memiliki wujud & ukuran yang beragam, iblis pun memiliki kekuatan yang tak kalah beragam pula. Mulai dari terbang, menciptakan senjata dari tubuhnya, menciptakan pasukan zombie, & lain sebagainya. Tingkat kekuatan iblis ditentukan oleh popularitas & tingkat ketakutan umat manusia. Semakin banyak manusia yang memiliki ketakutan akan suatu hal, maka iblis yang bersangkutan akan memiliki kekuatan yang semakin besar.

Meskipun kuat, iblis bukanlah makhluk yang sama sekali tidak bisa dikalahkan. Iblis bisa tewas jika jantungnya dihancurkan. Iblis juga bisa dilemahkan jika ditenggelamkan atau dilukai hingga kehilangan terlalu banyak darah. Jika iblis terluka parah, iblis yang bersangkutan bisa menyembuhkan dirinya sendiri dengan cara meminum darah manusia.

Karena kekuatannya pulalah, tetap ada manusia yang berupaya menjalin hubungan dengan iblis. Untuk keperluan yang satu ini, iblis & manusia yang bersangkutan akan membuat kontrak / perjanjian. Iblis yang terlibat kontrak akan membiarkan manusia memanfaatkan kekuatannya. Sebagai gantinya, manusia tersebut harus mengorbankan sesuatu supaya iblis tersebut mau menjalankan perintahnya.

Ghost Devil (Iblis Hantu) misalnya, iblis tersebut bersedia diperintah oleh Himeno & bisa menambah kekuatannya sendiri jika ia diperbolehkan memakan anggota badan Himeno. Dalam contoh lain, Makima / Control Devil memiliki kontrak dengan pemerintah Jepang. Makima bersedia membantu melindungi Jepang dari ancaman iblis-iblis yang membuat onar. Sebagai gantinya, setiap kali Makima terluka, maka lukanya akan dialihkan ke sembarang warga Jepang secara acak.

Iblis juga bisa menyatu dalam tubuh manusia setelah menjalin kontrak dengan manusia yang bersangkutan. Manusia yang sudah mengalami penyatuan dengan iblis dikenal dengan nama "hybrid". Berbeda dengan manusia maupun iblis biasa, iblis hybrid memiliki 2 macam wujud : wujud manusia & wujud iblis. Saat seorang manusia ingin beralih ke wujud iblisnya, ia akan menyentuh bagian tertentu pada anggota tubuhnya. Reze / Bomb Devil contohnya, ia bisa berubah menjadi iblis dengan cara menarik tali yang terpasang pada lehernya.


Bomb Devil (kiri) saat memegang potongan badan Chainsaw Man.


Chainsaw Man / Denji

Chainsaw Man adalah nama dari wujud iblis yang dimiliki oleh Denji. Chainsaw Man tercipta ketika Denji & iblis Pochita yang sama-sama berada dalam kondisi sekarat membuat perjanjian untuk menyatu dalam satu tubuh. Saat keduanya selesai mengalami penyatuan, mereka pun bangkit kembali sebagai iblis hybrid yang sosok dasarnya menyerupai manusia, namun memiliki gergaji mesin pada kepala & lengan bawahnya. Chainsaw Man juga memiliki deretan gigi tajam & kepala yang bentuknya menyerupai helm ksatria berwarna merah.

Dengan melihat wujudnya sekilas, maka orang harusnya sudah bisa mengira-ngira seperti apa kekuatan Chainsaw Man. Ya, Chainsaw Man memang memiliki kekuatan yang berkaitan gergaji mesin. Ia bisa menggunakan gergaji mesin pada kepala & lengannya untuk menebas musuhnya. Namun meskipun kuat, mata gergaji tersebut bisa patah jika kebetulan Chainsaw Man berhadapan dengan iblis yang lebih kuat darinya.

Chainsaw Man juga bisa menggunakan rantai pada mata gergajinya sebagai senjata & peralatan tambahan. Saat melawan Bomb Girl, Chainsaw Man menggunakan rantai gergajinya untuk mengikat Bomb Girl supaya ia tidak bisa melarikan diri. Chainsaw Man juga bisa menggunakan rantainya sebagai tali kekang saat ia menunggangi Shark Devil, rekannya yang bisa berubah wujud menjadi ikan hiu raksasa & berenang di benda padat.

Chainsaw Man memiliki gaya bertarung yang cenderung brutal & membabi buta. Saat bertarung, fokus Chainsaw Man adalah menciptakan luka separah mungkin pada tubuh musuhnya, khususnya jika musuh yang dihadapinya kebetulan berukuran lebih besar darinya. Chainsaw Man juga bisa tetap hidup meskipun tubuhnya berada dalam kondisi terpotong-potong, namun ia tetap bisa kehilangan kesadaran jika sudah terluka terlalu parah.

Saat sedang tidak bertarung, Chainsaw Man bisa berubah wujud menjadi layaknya manusia normal. Dalam wujud manusianya, Chainsaw Man / Denji nampak seperti pria berambut pirang. Namun saat Denji bertelanjang dada, barulah terlihat perbedaannya dengan manusia normal. Ia memiliki semacam tali pendek yang tergantung pada bagian dadanya. Jika tali tersebut ditarik, Denji bisa berubah menjadi Chainsaw Man.

Denji saat menarik tali di dadanya untuk berubah menjadi Chainsaw Man.

Denji memiliki kepribadian yang polos & mudah dimanipulasi karena sejak ditinggal mati oleh ayahnya, ia harus bekerja serabutan supaya bisa menebus hutang ayahnya. Oleh karena itulah, ia bersedia melakukan hal-hal konyol (misalnya menelan batang rokok) selama ia diberi upah.

Denji juga memiliki sifat menjurus cabul & kerap berkata kotor karena sebelum bertemu Makima, ia tidak pernah bergaul dengan wanita. Ia bahkan tidak menyangkal kalau alasannya setuju untuk bergabung dengan biro pembasmi iblis adalah supaya ia bisa merasakan ciuman dari Makima. Lepas dari hal tersebut, Denji juga memiliki sikap yang penuh semangat & rela berkorban demi melindungi orang-orang dekatnya.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Anime News Network - Interview : Chainsaw Man Creator....
Comic Book - Chainsaw Man Manga Announces Second Arc....
Wikipedia - Chainsaw Man
Wikipedia - Tatsuki Fujimoto
(Komik) Fujimoto, T.. 2018 - 2020. "Chainsaw Man". Shueisha, Jepang.

 





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.