Iguana Laut, Sang Pemburu Alga dari Galapagos



Iguana laut yang sedang berenang. (Nnedi Okorafor / twitter.com)

Iguana adalah nama dari sejenis reptil yang dapat dikenali dengan melihat fisiknya yang menyerupai kadal, namun memiliki moncong yang pendek & tonjolan menyerupai duri di sepanjang punggungnya. Jika mendengar nama iguana, maka mungkin pengunjung hanya akan membayangkan jenis iguana yang hidup di darat & kerap menjadi hewan peliharaan eksotis. Padahal selain iguana yang hidup di darat, ada pula iguana yang habitatnya berada di laut.

Iguana laut (marine iguana; Amblyrhynchus cristatus) adalah nama dari spesies iguana yang menghabiskan sebagian besar waktunya di laut. Hewan ini hanya dapat ditemukan di Kepulauan Galapagos, gugus kepulauan kecil yang terletak di sebelah barat negara Ekuador, Amerika Selatan.

Dari segi fisik, iguana laut pada dasarnya tidak berbeda jauh dari jenis iguana yang hidup di atas pohon. Bedanya adalah jika iguana biasa memiliki sisik berwarna hijau, maka iguana laut memiliki sisik berwarna kelabu. Iguana laut juga memiliki gelambir leher yang lebih kecil & moncong yang lebih pendek dibandingkan iguana biasa.

Iguana laut menghabiskan banyak waktunya di tepi laut karena makanan utama hewan ini adalah alga laut. Jenis iguana laut yang berukuran kecil hanya memakan alga laut yang tumbuh di tepi pantai saat pasang surut. Namun jenis iguana laut yang berukuran lebih besar bisa menyelam hingga kedalaman 20 meter untuk menyantap alga laut yang tumbuh di dasar laut.

Iguana laut yang sedang memakan alga laut. (Sandro Lonardi / nationalgeographic.com)

Iguana laut memiliki aneka macam karakteristik unik untuk membantunya bertahan di bawah laut. Hewan ini bisa menahan nafas hingga 30 menit di bawah air. Saat sedang berada di dalam laut, detak jantungnya menjadi 50 persen lebih lambat sehingga ia bisa berada selama mungkin di dalam laut untuk menyantap alga laut.

Iguana laut berenang dengan cara merapatkan kakinya di kedua sisi tubuhnya, lalu meliuk-liukkan tubuhnya seperti ular. Supaya ia bisa bergerak dengan lebih lincah di dalam air, iguana laut memiliki ekor yang bentuknya agak pipih. Saat iguana laut sudah tiba di dasar laut yang penuh dengan alga laut makanannya, ia akan berpegangan di dasar laut dengan memakai cakarnya.

Iguana laut adalah hewan berdarah dingin yang tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri. Supaya ia tidak sampai mati kedinginan akibat terlalu sering masuk ke dalam air laut, iguana laut memiliki kebiasaan untuk berjemur di atas bebatuan pantai saat matahari sedang bersinar. Tidak jarang iguana laut berjemur sambil berbaring di atas tubuh iguana lain.

Setiap kali iguana laut makan & menyelam, akan ada senyawa garam yang masuk ke dalam mulutnya secara tidak sengaja. Supaya iguana laut tidak mengalami dehidrasi akibat menghisap terlalu banyak garam, iguana laut pun memiliki kelenjar khusus yang membantunya mengeluarkan garam. Saat kadar garam yang dalam tubuhnya sudah terlampau banyak, iguana laut akan membuang garam lewat moncongnya.


Kawanan iguana laut yang sedang berjemur. (bbc.co.uk)


BERKEMBANG BIAK DI TEPI GUNUNG BERAPI

Musim kawin iguana laut terjadi selama 3 bulan setiap 2 tahun sekali. Namun periode musim kawin iguana laut sendiri berbeda-beda antar pulau. Saat musim kawin tiba, warna sisik iguana jantan berubah warna menjadi lebih hijau & merah. Perilaku iguana jantan juga menjadi lebih agresif. Mereka akan menggigit & mendorong iguana lain yang memasuki wilayah kekuasaannya.

Setelah melakukan perkawinan dengan pejantan, iguana betina akan menaruh telurnya di dalam sarangnya. Sarang iguana laut biasanya berupa lubang yang terbuat dari timbunan abu gunung berapi. Lubang tersebut kedalamannya bisa mencapai 80 cm. Jumlah telur yang dikeluarkan oleh iguana betina di liang tersebut berkisar antara 1 - 6 butir.

Saat iguana betina sudah selesai bertelur, ia akan mengerami telur-telur tersebut & menyerang hewan apapun yang mencoba mendekati sarangnya. Setelah kurang lebih 95 hari, telur-telur tersebut akan menetas. Begitu menetas, bayi iguana laut sudah harus mencari makan sendiri.

Seekor iguana laut bisa hidup hingga usia 6 tahun lebih. Pejantan biasanya berukuran lebih besar dibandingkan betina. Jika iguana laut jantan bisa tumbuh hingga sepanjang 1,3 meter, maka panjang maksimum betina hanya sekitar 0,6 meter.

Bayi iguana laut & induknya. (bbc.co.uk)

Iguana laut bukanlah hewan yang berbahaya bagi manusia. Karena mereka sudah terbiasa untuk hidup di kepulauan yang tidak dihuni oleh hewan predator besar, iguana laut cenderung bersikap cuek saat didekati oleh manusia. Kalaupun mereka merasa terganggu, mereka hanya akan menunjukkan rasa tidak nyamannya dengan cara menggoyang-goyangkan kepalanya.

Sikap pasif iguana laut tersebut di lain pihak menjadi penyebab kenapa mereka rentan terancam punah ketika pulau habitatnya kemasukan makhluk asing. Saat manusia mendarat di Kepulauan Galapagos, mereka turut membawa hewan-hewan seperti anjing, kucing, & tikus. Masuknya hewan-hewan tadi mengancam kelestarian iguana laut karena mereka memakan telur & iguana laut yang masih berukuran kecil.

Selain ancaman dari hewan-hewan luar Galapagos, iguana laut juga terancam oleh pencemaran lingkungan & perubahan iklim. Karena iguana laut tidak pernah mengkonsumsi makanan lain selain alga laut, berkurangnya populasi alga laut di Galapagos bakal langsung membawa dampak negatif bagi kelestarian iguana laut.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Reptilia
Ordo : Squamata
Famili : Iguanidae
Genus : Amblyrhynchus
Spesies : Amblyrhynchus cristatus



REFERENSI

Galapagos Conservation Trust. "Marine Iguana".
(galapagosconservation.org.uk/wildlife/marine-iguana/)

Galapagos Geology On The Web. "Marine Iguana".
(www.geo.cornell.edu/geology/GalapagosWWW/MarineIguanas.html)

Natural Habitat Adventures. "Marine Iguana Facts".
(www.nathab.com/know-before-you-go/galapagos-islands/wildlife-guide/reptiles/marine-iguana/)

Oceana. "Marine Iguana".
(oceana.org/marine-life/sea-turtles-reptiles/marine-iguana)

Roy, K.. 2000. "Amblyrhynchus cristatus".
(animaldiversity.org/accounts/Amblyrhynchus_cristatus/)

  





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.