Makna & Sejarah Logo Klub Atletico Madrid



Logo Atletico Madrid.

Bagi mereka yang gemar mengikuti liga-liga Eropa, maka nama Atletico Madrid jelas bukanlah nama yang asing. Ya, itulah nama dari klub sepak bola yang berasal dari kota Madrid, Spanyol. Klub ini sekarang bermain di La Liga, kasta tertinggi liga sepak bola Spanyol. Klub yang bermarkas di Stadion Wandra Metropolitano ini memiliki ciri khas berupa baju berwarna garis-garis merah & putih, serta celana berwarna biru.

Karena sama-sama berasal dari kota Madrid, Atletico pun memiliki rivalitas yang sengit dengan Real Madrid. Jika dibandingkan dengan Real Madrid, Atletico memang bisa dibilang masih kalah berprestasi karena koleksi pialanya tidak sebanyak koleksi piala Real Madrid. Namun bukan berarti Atletico lantas bisa dianggap sebagai klub medioker. Pasalnya Atletico merupakan klub langganan lolos ke Liga Champions Eropa & baru saja memenangkan La Liga musim 2020/21.

Seperti halnya klub-klub sepak bola lainnya, Atletico juga memiliki logonya sendiri. Logo yang digunakan oleh Atletico memiliki komposisi warna yang mencolok karena menggunakan kombinasi warna-warna kontras seperti merah, putih, & biru. Logo Atletico juga terbilang unik karena menggunakan simbol-simbol menyerupai siluet & tidak menyisipkan nama klub maupun tahun pendiriannya sama sekali. Jadi, dalam kesempatan kali ini, pihak Republik bakal mencoba membahas makna dari simbol-simbol yang dikandung dalam logo Atletico.



MAKNA LOGO

Atletico Madrid memiliki logo yang bentuknya menyerupai bidang perisai segi 5. Berdasarkan komposisinya, logo Atletico Madrid bisa dibagi ke 2 dalam bagian : bagian kanan & bagian kiri. Kedua bagian tersebut dipisahkan oleh garis diagonal yang membentang mulai dari bagian kiri bawah hingga pojok kanan atas.

Bagian kanan logo menampilkan garis-garis merah & putih yang tersusun secara berselang seling. Warna-warna tersebut diambil dari warna baju yang biasa dipakai oleh pemain-pemain Atletico Madrid dalam partai kandangnya. Yaitu warna garis-garis tegak berwarna merah & putih untuk warna bajunya, serta warna biru untuk warna celananya.

Atletico Madrid memiliki seragam utama berupa baju merah-putih & celana biru. (Sumber)

Menurut salah satu teori, Atletico menggunakan warna merah & putih sebagai warna seragamnya karena di tahun-tahun awal pendiriannya, kain yang berwarna demikian harganya relatif lebih murah & bisa didapat dari kain sisa. Pasalnya kain berwarna merah & putih kerap digunakan untuk membuat seprei kasur. Karena hal itu pulalah, Atletico Madrid pun memperoleh julukan "Los Colchoneros" (Si Kasur) serta "Los Rojiblancos" (Si Merah Putih).

Kembali ke soal logo. Bagian kiri logo Atletico Madrid menampilkan bidang berbentuk segitiga berwarna putih dengan tepian tebal berwarna biru. Pada bagian tepian tersebut, terdapat 7 simbol bintang putih. Sementara di bagian dalam bidang segitiga putih, terdapat gambar siluet beruang & pohon stroberi berwarna biru.

Simbol beruang, pohon stroberi, & bintang berwarna 7 diambil dari lambang kota Madrid. Simbol beruang digunakan karena di masa lampau, wilayah Madrid & sekitarnya banyak dihuni oleh beruang. Itulah sebabnya di masa Romawi Kuno, daerah Madrid juga dikenal dengan nama "Ursaria". Dalam bahasa Latin (bahasa resmi Romawi Kuno), kata "ursa" berarti "beruang".

Lambang kota Madrid. (Sumber)

Patung lambang kota Madrid di tengah-tengah kota Madrid. (Sumber)

Simbol pohon stroberi digunakan karena di masa lampau, kawasan kota Madrid banyak ditumbuhi oleh pohon yang buahnya menyerupai stroberi. Simbol pohon stroberi sendiri pertama kali digunakan sebagai lambang kota Madrid pada abad ke-13. Pakar tanaman di masa kini meyakini kalau simbol pohon strobersi aslinya merujuk pada pohon rowan, sejenis pohon yang menghasilkan buah berwarna merah. Namun karena penguasa kota Madrid di masa itu tidak bisa membedakan buah rowan dengan stroberi, simbol pohon stroberi pun digunakan pada lambang kota.

Simbol bintang berjumlah 7 digunakan karena terinspirasi dari rasi bintang Ursa Major, rasi bintang yang keseluruhan gugus bintangnya nampak menyerupai beruang. Bintang yang disisipkan dalam lambang kota Madrid & Atletico Madrid berjumlah 7 karena ada 7 bintang paling terang yang terdapat dalam rasi bintang Ursa Major. Di Indonesia sendiri, rasi bintang Ursa Major lebih dikenal dengan nama "Bintang Biduk" karena rasi ini juga terlihat seperti biduk (sejenis perahu tradisinoal).


Tujuh bintang utama yang menyusun rasi bintang Ursa Major / Bintang Biduk.


SEJARAH LOGO

Atletico Madrid pertama kali didirikan pada tahun 1903. Saat baru berdiri, klub ini menggunakan lambang yang berbeda jauh dari lambang Atletico yang kita kenal sekarang ini. Pada awalnya, Atletico menggunakan simbol lingkaran biru & putih dengan huruf "C" serta "A" di bagian tengah logo. Huruf C & A merupakan singkatan dari "Club Atletico" (nama lengkap Atletico adalah Club Atletico de Madrid / Klub Atletik Madrid).

Tahun 1911, Atletico mengganti logo klubnya. Kali ini logo Atletico menampilkan gambar bola sepak berwarna cokelat serta bendera berwarna kombinasi merah & putih. Di bagian pojok kiri atas bendera, terdapat tulisan "CA" yang tidak lain merujuk pada nama singkatan Atletico. Desain logo Atletico yang 1 ini memiliki banyak kemiripan dengan logo Real Sociedad, klub sepak bola yang berasal dari kota San Sebastian, Spanyol utara.

Tiga logo pertama Atletico Madrid.

Tahun 1917, Atletico menggunakan logo tameng bergambar pohon & beruang yang desainnya sangat mirip dengan logo Atletico sekarang ini. Logo inilah yang menjadi logo dengan riwayat penggunaan paling lama oleh Atletico Madrid dengan sejumlah perubahan kecil seiring berjalannya waktu.

Satu-satunya masa di mana Atletico tidak menggunakan logo tameng ini adalah pada tahun 1939 hingga 1942. Pada masa itu, Atletico menggunakan logo sepasang sayap dengan lingkaran baling-baling & mahkota di tengahnya. Logo ini sendiri digunakan karena sesudah Perang Saudara Spanyol, Atletico dilebur dengan tim olah raga yang beranggotakan para personil Angkatan Udara Spanyol.

Logo Atletico Madrid dari tahun 1939 hingga 1942. (Sumber)

Logo Atletico Madrid yang sekarang kita kenal baru mulai digunakan sejak tahun 2017. Perbedaan utama logo ini dengan logo-logo tameng yang sebelumnya adalah dalam logo ini, beruangnya menghadap ke arah kanan alih-alih kiri. Kemudian dalam logo ini, simbol beruang & pohonnya tersambung dengan bagian tepi simbol yang berwarna biru & dihiasi 7 simbol bintang putih.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

1000 Logos - Atletico Madrid Logo
Flags of the World - Madrid (Municipality....
Wikipedia - Atletico Madrid

 





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.