Makna & Sejarah Logo Klub Bayern Muenchen



Logo Bayern Muenchen.

Jerman dikenal sebagai salah satu negara kuat di bidang sepak bola. Kedigdayaan Jerman tersebut lantas turut tercermin pada performa klub-klubnya. Dari sekian banyak klub yang berasal dari Jerman, tidak ada yang lebih terkenal dibandingkan Bayern Muenchen. Wajar-wajar saja jika sekarang Bayern menjadi klub Jerman yang paling populer. Pasalnya klub asal kota Muenchen / Munich tersebut merupakan klub Jerman dengan koleksi trofi yang paling melimpah.

Layaknya klub-klub sepak bola lainnya, Bayern juga memiliki logo identitasnya sendiri. Dan untuk menunjukkan statusnya sebagai klub asal Jerman, logo Bayern pun menyisipkan hal-hal yang khas dari daerah asal Bayern. Apa sajakah itu? Dalam artikel kali ini, pihak Republik akan membahas makna yang dikandung oleh klub berjulukan "FC Hollywood" ini.



MAKNA LOGO

Logo Bayern menampilkan simbol berbentuk lingkaran dengan garis tepi luar berwarna biru. Di bawah garis tepi biru tersebut, terdapat garis tepi berwarna putih. Kemudian di bawah garis tepi putih tadi, terdapat bidang melingkar berwarna merah dengan tulisan putih "FC Bayern" di bagian atas & "Munchen" di bagian bawah. Di bagian tengah logo, terdapat simbol lingkaran dengan garis tepi luar berwarna putih. Di dalam simbol lingkaran yang sama, terdapat motif kumpulan wajik berwarna biru & putih.

Warna merah digunakan karena itulah warna utama klub ini. Dalam pertandingan-pertandingan kandangnya, para pemain Bayern selalu mengenakan seragam yang berunsur warna merah. Menariknya, saat pertama kali dibentuk pada tahun 1900, Bayern awalnya menggunakan seragam atasan berwarna putih & bawahan berwarna hitam. Baru pada tahun 1906, Bayern mengadopsi warna merah sebagai warna khas timnya.

Bayern menggunakan warna merah sebagai warna utama seragam timnya. (Sumber)

Tulisan "FC Bayern Munchen" menunjukkan status Bayern Muenchen sebagai klub sepak bola yang mewakili Bavaria, negara bagian Jerman yang juga menjadi daerah asal Bayern. FC merupakan kepanjangan dari Fussbal Club (bahasa Jerman untuk "klub sepak bola"). Sementara "Bayern" merupakan sebutan untuk daerah Bavaria dalam bahasa Jerman. Jadi, nama "FC Bayern Munchen" bisa diterjemahkan menjadi "Klub Sepak Bola Bavaria Muenchen".

Simbol wajik berwarna putih & biru yang ada di tengah-tengah logo diambil dari bendera Bavaria. Bendera Bavaria sendiri memang menampilkan motif kumpulan wajik berwarna putih & biru. Motif wajik dalam bendera Bavaria pada gilirannya diambil dari lambang keluarga bangsawan Wittelsbach, keluarga bangsawan yang pernah memerintah Kerajaan Bavaria.

Tidak ada penjelasan baku mengenai kenapa keluarga bangsawan Bavaria menggunakan lambang bermotif demikian. Kalau menurut salah satu teori, motif wajik biru & putih mungkin dimaksudkan untuk menyimbolkan langit & surga yang menaungi Bavaria. Pasalnya dalam lirik lagu "Bayernhymne" (lagu kebangsaan negara bagian Bavaria), terdapat kalimat "warna langit-Nya, putih & biru". Kemudian di bait terakhir lagu, terdapat kalimat "tanah Bavaria di bawah surga, putih & biru".


Bendera & lambang resmi negara bagian Bavaria. (Sumber)


SEJARAH LOGO

Saat baru terbentuk di tahun 1900, Bayern menggunakan simbol bendera dengan motif garis-garis horizontal sebagai logo klubnya. Kemudian di bagian umbul-umbul bendera, terdapat lingkaran dengan huruf "FCB". Ketiga huruf tersebut tidak lain menyimbolkan singkatan dari nama lengkap Bayern : Fussbal Club Bayern (Klub Sepak Bola Bayern).

Logo tersebut hanya bertahan selama kurang lebih setahun. Di tahun 1901, Bayern tidak lagi menggunakan simbol berunsur bendera. Sebagai gantinya, Bayern menggunakan logo berbentuk lingkaran yang merupakan kombinasi dari huruf F, C, B, & M. Huruf-huruf tersebut diambil dari huruf depan nama lengkap Bayern. Sesudah itu, Bayern beberapa kali mengganti logo klubnya, di mana logonya berupa huruf-huruf yang dikombinasikan sedemikian rupa supaya bisa menampilkan singkatan nama Bayern.

Baju resmi Bayern yang menampilkan logo-logo Bayern di masa lampau.

Jika merujuk pada merchandise / produk resmi yang pernah diluncurkan oleh Bayern, logo Bayern yang menampilkan motif bendera Bavaria pertama kali digunakan pada tahun 1954. Logo Bayern di tahun tersebut memiliki desain yang amat mirip dengan logo yang digunakan oleh Bayern sekarang ini.

Bedanya adalah logo Bayern di tahun 1954 menampilkan tulisan "F.C. Bayern Munchen E.V." E.V. merupakan singkatan dari "Eingetragender Verein" / "Perkumpulan Terdaftar" untuk menunjukkan status Bayern sebagai lembaga berbadan hukum.

Pasca diadopsinya logo baru di tahun 1954, logo Bayern hanya sedikit mengalami perubahan sepanjang perjalanan sejarahnya. Logo Bayern yang kita kenal sekarang pertama kali digunakan pada tahun 2017. Dibandingkan logo-logo terdahulu yang memiliki desain serupa, logo yang digunakan Bayern sejak tahun 2017 memiliki warna merah & biru yang lebih gelap.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

FC Bayern Asia Store
Flags of the World - Bavaria (Germany)
Handelsbaltt - Bayern Munich - A Disappearing Act?
Logos-World - FC Bayern Munchen Logo
Soccer365 - History of Bayern Munich’s Jersey Colors
Wikipedia - Bayernhymne

 





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.