Makna & Sejarah Logo Klub Manchester City



Logo Manchester City.

Manchester City adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Manchester, Inggris. Klub ini pada awalnya hanya dipandang sebagai klub medioker yang lebih banyak berkutat di papan tengah. Namun sejak dibeli oleh konglomerat dari Uni Emirat Arab, Manchester City kini menjelma menjadi salah satu klub terkaya di dunia. Berkat kekayaan barunya tersebut, Manchester City pun bisa memborong pemain-pemain mahal & mendominasi Liga Inggris selama 1 dekade terakhir.

Jika pengunjung sudah lama mengikuti Liga Inggris, maka pengunjung tentunya tahu kalau Manchester City pernah mengganti logo klubnya beberapa tahun yang lalu. Tepatnya pada tahun 2016. Lantas, apa makna logo Manchester City yang sekarang ini? Lalu apa penyebab mereka mau repot-repot mengganti logo klub? Jawabannya dapat pengunjung temukan dalam artikel kali ini.



MAKNA LOGO

Manchester City memiliki logo berbentuk lingkaran dengan garis tepi luar berwarna biru muda & bidang cincin berwarna putih di bawahnya. Di bidang berbentuk cincin tersebut, terdapat tulisan "Manchester" di bagian atas, "City" di bagian bawah, serta angka "18" serta "94" di bagian kiri & kanan.

Di bagian tengah logo, terdapat bidang lingkaran berwarna biru muda. Di atas bidang lingkaran tersebut, terdapat simbol tameng yang berisikan gambar kapal, mawar merah, & garis-garis diagonal tebal berwarna biru dengan tingkat kecerahan yang berselang-seling. Simbol tameng dengan desain serupa (namun dengan pemilihan warna yang berbeda) juga dapat ditemukan di lambang resmi kota Manchester.

Lambang kota Manchester, salah satu sumber inspirasi logo Manchester City. (Sumber)

Warna biru muda / biru langit menjadi warna paling dominan dalam logo Manchester City karena warna tersebut memang merupakan warna utama Manchester City. Dalam pertandingan-pertandingan kandangnya, Manchester City selalu mengenakan seragam yang atasannya berwarna biru muda. Manchester City konon sudah mengenakan seragam berunsur warna biru muda sejak abad ke-19.

Tulisan "Manchester" beserta "City" yang terdapat dalam logo jelas menunjukkan nama dari klub ini. Sementara tahun 1894 menunjukkan tahun berdirinya Manchester City. Meskipun klub yang menggunakan nama Manchester City memang baru ada pada tahun 1894, Manchester City sebenarnya memiliki sejarah yang bahkan lebih tua lagi. Manchester City aslinya merupakan hasil evolusi dari St. Mark’s Church, klub sepak bola yang sudah berdiri sejak tahun 1880 & kemudian sempat beberapa kali mengalami pergantian nama serta struktur kepengurusan.

Gambar kapal dimaksudkan untuk menyimbolkan Terusan Manchester, kanal yang menghubungkan kota Manchester dengan pantai barat Inggris. Terusan Manchester memiliki peran ekonomi yang amat penting bagi rakyat Manchester karena terusan tersebut kerap dilalui oleh kapal-kapal yang membawa komoditas ekspor & impor yang dibutuhkan oleh penduduk Manchester.

Kapal yang sedang melintasi Terusan Manchester. (Sumber)

Garis-garis diagonal yang ada di bawah gambar kapal menyimbolkan 3 sungai utama yang melewati kota Manchester : Sungai Irwell, Irk, & Medlock. Simbol mawar merah melambangkan Dinasti Lancaster, keluarga bangsawan Inggris yang di masa lampau pernah menguasai wilayah Manchester.

Dinasti Lancaster sendiri memang menggunakan simbol mawar merah untuk sebagai simbol identitas kelompoknya. Itulah sebabnya ketika Dinasti Lancaster terlibat perang melawan Dinasti York yang menggunakan lambang mawar putih, konflik antara keduanya dikenal dengan nama "Perang Mawar" (Wars of the Roses).



SEJARAH LOGO

Tahun 1880 Hingga 1997

Di awal pendiriannya, Manchester City menggunakan logo yang juga berbentuk lingkaran. Bedanya adalah logo tersebut berwarna dominan hitam dengan tulisan "St. Mark's" di bagian atas, "West Gorton" di bagian bawah, serta angka "18" & "80" di bagian kiri & kanan logo. Kemudian di bagian tengah logo, terdapat simbol salib sama sisi berwarna putih yang keempat ujungnya melebar.

Sudah disinggung di bagian sebelumnya kalau Manchester City pada awalnya didirikan oleh para anggota Gereja St. Mark. Itulah sebabnya logo ini pun menampilkan tulisan "St. Mark's" untuk menunjukkan nama sekaligus asal-usul klub ini.

Tulisan "West Gorton" (Gorton Barat) merujuk pada suatu distrik di kota Manchester yang bernama Gorton. Angka "18 serta "80" menunjukkan tahun 1880, tahun didirikannya klub ini. Sementara simbol salib yang ada di tengah-tengah logo nampaknya terinspirasi dari lambang salib dalam agama Kristen.

Tahun 1894, untuk pertama kalinya nama Manchester City digunakan sebagai nama klub. Pada tahap ini pulalah, pihak klub mengadopsi logo baru. Logo yang digunakan oleh Manchester City sejak tahun 1894 memiliki desain yang nampak amat rumit.

Secara singkat, logo Manchester City menampilkan simbol tameng, bola dunia, dedaunan, & rumput di bagian tengah. Kemudian di sisi kiri & kanannya, terdapat gambar rusa & singa yang nampak sedang memegang tameng. Di bagian paling bawah logo klub, terdapat pita bertulisan "concilio et labore" (kalimat dalam bahasa Latin yang berarti "dengan kebijaksanaan & kerja keras").

Tiga logo pertama Manchester City.

Manchester City menggunakan desain yang demikian rumit karena logonya terinspirasi langsung dari lambang kota Manchester. Dan mungkin karena logo tersebut dianggap terlalu rumit saat harus dicetak ulang di seragam klub, Manchester City pun meluncurkan logo baru pada tahun 1965.

Logo baru Manchester City menampilkan gambar tameng lambang kota Manchester dengan cincin besar berwarna biru & garis tepi berwarna kuning di sekelilingnya. Di dalam bidang cincin tersebut, terdapat tulisan "Manchester City FC".

Tahun 1972, Manchester City kembali mengadopsi logo baru yang desainnya amat mirip dengan logo Manchester City sekarang ini. Logo baru ini menampilkan cincin putih besar dengan simbol tameng kota Manchester di tengah-tengahnya.

Dengan pengecualian untuk simbol mawar merah Lancester, logo ini sekaligus menjadi logo pertama di mana logo Manchester City sama sekali tidak menyisipkan warna merah. Di kemudian hari, warna merah menjadi lebih identik dengan Manchester United, klub tetangga sekaligus rival utama Manchester City.


Tahun 1997 Hingga Sekarang

Tahun 1997, Manchester City mengadopsi logo baru yang desainnya berbeda jauh dengan logo-logo Manchester City sebelum ini. Logo tersebut menampilkan simbol tameng yang desain dasarnya terinspirasi langsung dari tameng lambang kota Manchester.

Bedanya adalah tameng yang ada pada logo baru Manchester City menampilkan warna dominan biru dengan tulisan "M.C.F.C" di bagian tengahnya. Tulisan tersebut merupakan singkatan dari nama lengkap klub : Manchester City Football Club (Klub Sepak Bola Kota Manchester).

Logo Manchester City dari tahun 1997 hingga 2016. (Sumber)

Di bagian atas & kedua sisi tameng tersebut, terdapat gambar elang yang sedang merentangkan sayapnya. Kemudian di atas kepala elang, terdapat 3 simbol bintang. Simbol-simbol bintang tersebut tidak memiliki makna apa-apa & digunakan murni supaya logo Manchester City nampak semakin menarik.

Simbol elang digunakan pada logo Manchester City karena lambang kota Manchester pernah menyertakan elang dengan desain serupa. Tepatnya pada bagian dedaunan yang terletak di atas simbol tameng. Namun karena simbol elang tersebut seringkali terlalu kecil untuk ditampilkan, lambang kota Manchester sekarang tidak lagi menampilkan simbol elang yang bersangkutan.

Simbol elang dalam lambang lama kota Manchester. (Sumber)

Menariknya, simbol elang dengan desain serupa ternyata juga pernah digunakan oleh Manchester United sebagai logo klubnya saat tampil di final Piala FA 1958. Elang tersebut ditampilkan dalam posisi hendak terbang supaya nampak serupa dengan phoenix, burung dalam mitologi Yunani Kuno yang diceritakan bangkit kembali dari kobaran api. Di masa kini, phoenix dipandang sebagai simbol reinkarnasi / kebangkitkan kembali.

Bukan tanpa alasan mengapa Manchester United sempat menggunakan logo demikian. Sebelum Piala FA ini digelar, Manchester United baru saja kehilangan sejumlah pemainnya akibat tragedi kecelakaan pesawat di bandara kota Muenchen, Jerman. Dan meskipun simbol elang tersebut pernah dipakai oleh klub rivalnya, petinggi Manchester City tetap merasa kagum dengan simbol elang tersebut, sehingga mereka kemudian mengadopsinya dalam logo klub.

Logo yang digunakan oleh Manchester United di final Piala FA 1958. (Sumber)

Kembali ke soal logo Manchester City. Di bagian bawah logo, terdapat pita putih dengan tulisan "Superbia In Proelio". Kalimat tersebut merupakan kalimat dalam bahasa Latin yang berarti "Kebanggaan Dalam Pertempuran". Penyisipan kalimat tersebut dimaksudkan sebagai slogan baru klub supaya para anggota klub selalu berjuang sebaik mungkin di setiap pertandingan.

Kendati logo yang digunakan sejak tahun 1997 nampak begitu gagah, logo tersebut bukanlah logo tanpa kontroversi. Banyak penggemar Manchester City yang tidak menyukai logo tersebut karena dianggap kurang mencerminkan sejarah klub.

Perbandingan logo lama & logo baru Manchester City.

Atas dasar itulah, pada tahun 2016 pihak klub kembali mengganti logo klubnya menjadi logo yang seperti kita kenal sekarang. Desain logo tersebut terinspirasi langsung dari desain logo di tahun 1972, namun dengan sejumlah modifikasi supaya logonya nampak lebih modern & kekininan.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

1000 Logos - Manchester City Logo
Flags of the World - Greater Manchester (England)
Football Predictions - Why Do Manchester City Wear Sky Blue?
Manchester City FC - Manchester City History
Read Everything - Why Do Manchester City Have Three Stars....
Smith, T.. 2008. "United, the Eagle and the Myth of the Phoenix". (file PDF)

 





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.