Makna & Sejarah Logo Klub Brentford FC



Logo klub Brentford yang tercetak di atas kain. (Sumber)

Brentford Footbal Club (Klub Sepak Bola Brentford) adalah nama dari klub sepak bola yang berasal dari wilayah Brentford, kota London, Inggris. Sejak pertengahan tahun 2021, klub ini tampil di Premier League, kasta tertinggi liga Inggris. Brentford berhasil lolos ke Premier League setelah pada babak final play-off divisi Championship, klub ini berhasil mengalahkan Swansea City dengan skor 2-0.

Musim 2021/22 sekaligus menjadi musim perdana klub ini di Premier League. Meskipun berstatus sebagai klub pendatang baru, Brendford sejauh ini nampak sama sekali tidak canggung. Di pertandingan perdananya, klub berjuluk "The Bees" (Si Lebah) ini secara mengesankan berhasil mengalahkan tim kuat Arsenal dengan skor 2-0.

Hal menarik dari Bentford belum berhenti sampai di sana. Klub ini menjadi satu-satunya klub di Premier League yang menggunakan gambar berunsur serangga dalam logo klubnya, tepatnya lebah. Lantas, apa sebabnya klub ini menggunakan gambar lebah dalam logonya? Artikel kali ini bakal membahas makna & sejarah dari logo yang digunakan oleh Brentford.



MAKNA LOGO

Brentford memiliki simbol berbentuk lingkaran dengan motif cincin besar berwarna merah. Di bagian tepi bidang cincin tersebut, terdapat garis luar berwarna putih & hitam. Di bagian dalam bidang cincin yang sama, terdapat beberapa buah tulisan yang menunjukkan identitas klub.

Di bidang cincin bagian atas & bawah, secara berturut-turut terdapat tulisan "Brentford" serta "Football Club". Tulisan-tulisan tersebut menunjukkan nama lengkap dari klub ini : Brentford Football Club (Klub Sepak Bola Brentford).

Di bagian kiri & kanan bidang cincin, secara berturut-turut terdapat tulisan angka "18" serta "89". Angka-angka tersebut jika dikombinasikan menunjukkan tahun berdirinya klub ini : 1889. Tulisan-tulisan yang ada di bidang cincin merah semuanya menggunakan warna putih & huruf kapial.

Di bagian tengah logo, terdapat gambar lebah besar & bersayap hitam yang sedang merentangkan sayapnya. Bagian kedua ujung sayap lebah nampak menjorok hingga ke bagian dalam bidang cincin. Di bagian latar gambar lebah tersebut, terdapat bidang lingkaran berwarna putih dengan 6 garis vertikal tipis yang berwarna agak gelap.

Logo Brentford FC. (Sumber)

Gambar lebah digunakan karena klub ini memiliki julukan "The Bees" (Si Lebah). Yang menarik, julukan lebah pada awalnya muncul secara tidak sengaja. Semuanya bermula ketika pada dekade 1890-an, Brentford masih diperkuat oleh pemain depan yang bernama Joseph Gettins.

Untuk menunjukkan dukungannya kepada Gettins, pertandingan-pertandingan Brentford pada waktu itu turut dihadiri oleh teman-teman mahasiswa Gettins. Selama pertandingan tersebut, mereka kerap bersorak "buck up B's" (berjuanglah, B) di mana kalimat tersebut diambil dari kalimat penyemangat yang biasa digunakan di Borough Road College, kampus asal Gettins.

Saat ada wartawan koran lokal yang turut menghadiri pertandingan tersebut, ia mengira kalau kata yang diucapkan oleh teman-teman Gettins adalah "bees" (lebah), bukannya huruf B. Kekeliruan tersebut turut terbawa saat ia menulis artikel mengenai Brentford di surat kabar. Sejak itulah, Brentford pun sejak itu dikenal dengan julukan "The Bees".

Pihak Brentford sendiri ternyata sama sekali tidak keberatan dengan munculnya julukan tersebut. Mereka sesudah itu justru malah menyisipkan hal-hal bertema lebah dalam logo klubnya supaya julukan "The Bees" turut tercermin pada identitas resmi klub. Maka, Brentford pun menggunakan gambar lebah dalam simbol klubnya.

Brentford menggunakan seragam atas yang bermotif garis-garis vertikal merah & putih. (Sumber)

Warna merah yang ada pada bidang cincin di sekeliling gambar lebah menyimbolkan warna merah selaku warna khas klub ini. Sementara motif lingkaran putih yang ada pada bagian tengah logo klub menyimbolkan warna putih selaku warna lain klub ini. Motif lingkaran yang sama juga dilengkapi dengan gambar garis-garis vertikal karena klub ini menggunakan seragam yang desainnya berupa garis-garis merah & putih vertikal.

Logo Brentford yang sekarang desainnya terinspirasi dari logo yang digunakan oleh kelompok suporter Brentford Football Supporters Club (BFSC) pada dekade 1960-an. Bedanya adalah logo yang digunakan oleh BFSC menampilkan bidang cincin berwarna putih & bidang lingkaran serta gambar lebah yang berwarna merah. Kemudian di bagian bawah logo, terdapat pita bertulisan "Bona-Fide" (Asli) untuk menunjukkan status organisasi ini sebagai wadah resmi pendukung klub Brentford.


Lambang organisasi suporter Brentford yang menjadi sumber inspirasi logo klub. (Sumber)


SEJARAH LOGO

Tahun 1889 Hingga 1960-an

Brentford sudah berdiri sejak tahun 1889. Namun baru pada tahun 1893, klub ini memiliki logonya sendiri. Logo Brentford yang pertama kali digunakan pada tahun 1893 menampilkan gambar tameng dengan 3 ujung runcing di bagian atasnya. Kemudian di bagian dalam simbol tameng, terdapat garis zig-zag besar berwarna ungu.

Di bagian atas garis zig-zag tadi, terdpaat huruf B & F. Sementara di bagian bawah garis, terdapat huruf C. Jika dikombinasikan, didapatlah tulisan BFC yang menyimbolkan singkatan klub ini. Sementara gambar zig-zag nampaknya digunakan untuk menyimbolkan sungai karena klub sepak bola Brentford pada awalnya didirikan sebagai cabang sepak bola dari klub dayung Brentford.

Tahun 1909, Brentford menggunakan logo baru berupa tameng berwarna merah dengan gambar mahkota & 3 buah pedang di bagian dalamnya. Simbol tersebut diambil dari simbol daerah Middlesex, daerah di London Barat yang menjadi lokasi klub Brentford.

Tiga logo pertama yang pernah digunakan oleh Brentford.

Memasuki dekade 1960-an, Brentford menggunakan logo baru yang desainnya lebih rumit. Logo baru ini menampilkan simbol tameng yang berlekuk menyerupai lencana. Di dalamnya, terdapat 4 bidang gambar / kuadran yang masing-masingnya menampilkan gambar berbeda. Kemudian di bagian atas & bawah kuadran tadi, terdapat tulisan "Brentford" serta "Football Club".

Keempat bidang gambar tadi menampilkan gambar-gambar sebagai berikut. Bidang kiri atas menampilkan warna latar belakang merah & 3 buah pedang. Bidang di pojok kanan atas & kiri bawah menampilkan garis-garis vertikal berwarna merah & putih. Bidang di pojok kanan bawah menampilkan gundukan sarang lebah & 5 ekor lebah.

Logo yang digunakan sejak dekade 1960-an sekaligus menjadi logo pertama di mana gambar berunsur lebah disisipkan pada logo resmi Brentford. Untuk menunjukkan warna khas klub & statusnya sebagai klub asal Middlesex, klub yang sama juga menyisipkan gambar garis-garis merah-putih beserta 3 simbol pedang.


Dekade 1970-an

Tahun 1972, Brentford menggunakan logo baru di mana desain logo ini berasal dari sayembara yang digelar oleh pihak klub. Logo ini menampilkan gambar lingkaran berwarna dominan putih. Di bagian tepi logo, terdapat bidang cincin raksasa berisi tulisan "Brentford F.C." serta "Founded 1888" (Didirikan pada Tahun 1888). Angka tersebut aslinya tidak akurat karena Brentford didirikan pada tahun 1889.

Di bagian dalam logo, terdapat bidang lingkaran yang terbagi menjadi 2. Bagian atas bidang lingkaran menampilkan garis-garis vertikal merah & putih yang menyimbolkan warna kebanggaan klub ini. Sementara bagian bawah bidang lingkaran menampilkan gambar lebah yang posenya serupa dengan gambar lebah di logo Brentford yang sekarang.

Logo keluaran tahun 1972 hanya digunakan selama 3 tahun karena pada tahun 1975, Brentford kembali mengadopsi logo baru. Kali ini logonya menampilkan gambar tameng dengan bagian atas yang nampak seperti buah catur Benteng.

Di dalam simbol tameng, terdapat elemen-elemen berikut : tulisan "Brentford FC" di bagian atas, bidang persegi panjang berwarna merah dengan garis-garis vertikal berwarna putih, serta bola sepak.


Logo-logo yang pernah digunakan oleh Brentford dari tahun 1972 hingga 1999.


1989 Hingga Sekarang

Tahun 1989, Brentford merayakan ulang tahunnya yang ke-100. Untuk merayakan momen tersebut, Brentford pun mengeluarkan logo baru yang menyerupai lingkaran. Logo ini menampilkan tulisan "Brentford FC" di bagian atas & "Centenary" (Ulang tahun ke-100) di bagian bawah.

Di bagian tengah logo, terdapat gambar lebah dengan wajah manusia yang sedang mengenakan topi kupluk & syal, 2 benda yang lazim dipakai oleh suporter saat menonton pertandingan dalam kondisi cuaca dingin. Di bagian kiri & kanan gambar lebah, terdapat tulisan "1889" serta "1989".

Logo bertema centenary umumnya hanya digunakan selama 1 musim untuk merayakan momen ulang tahun ke-100 klub yang bersangkutan. Namun tidak diketahui apakah logo ini hanya digunakan oleh Brentford di tahun 1989, atau logo yang sama tetap digunakan untuk musim-musim berikutnya.

Tahun 1993, Brentford meluncurkan logo baru yang desainnya amat kompleks. Logo baru ini menampilkan gambar tameng dengan 4 bidang gambar berbeda. Bidang gambar yang terletak di pojok kiri atas menampilkan garis-garis vertikal berwarna merah & putih beserta tulisan hitam "Founded 1889" (Didirikan pada Tahun 1889). Di sebelah kanan bidang gambar tadi, terdapat gambar sepasang lebah & gundukan sarang lebah.

Logo Brentford dari tahun 1993 hingga 2017.

Bidang gambar yang terletak di pojok kanan bawah menampilkan latar belakang hitam & tulisan putih "Football Club" (Klub Sepak Bola). Sementara bidang gambar di bagian pojok kiri bawah menampilkan latar belakang merah beserta gambar mahkota & 3 buah pedang. Untuk menunjukkan nama klub pemilik logo ini, bagian atas logo menampilkan bidang persegi panjang hitam dengan tulisan "Brentford" yang semua hurufnya ditulis memakai huruf kapital.

Logo ini digunakan oleh Brentford selama lebih dari 2 dekade. Namun karena logo ini dianggap terlalu rumit jika harus dibuat ulang dalam format lebih kecil (misalnya untuk stiker), Brentford pun memutuskan untuk membuat logo baru pada tahun 2017. Logo baru tersebut menampilkan gambar lingkaran merah dengan gambar lebah di dalamnya. Logo inilah yang digunakan sebagai logo resmi Brentford hingga sekarang.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

BBC Sport - Bees promoted to Premier League
Brentford FC - Introducing our new club crest
Get The Data - Where is Brentford?
Logo Design Love - Brentford FC crest redesign
Middlesbrough FC - Ken Daly's alternative look at the....

 




COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.