Constantine : City of Demons, Perang Iblis di Kota Malaikat



John Constantine saat berbicara dengan iblis miniatur dirinya.

Los Angeles adalah nama dari kota yang terletak di pantai barat Amerika Serikat (AS). Meskipun terletak di wilayah AS yang mayoritas penduduknya menggunakan bahasa Inggris, nama kota ini aslinya berasal dari bahasa Spanyol yang jika diterjemahkan memiliki arti "Para Malaikat" (The Angels). Hal yang bisa terjadi karena di masa lampau, kota Los Angeles awalnya memang termasuk dalam wilayah negara Meksiko yang mayoritas penduduknya berbahasa Spanyol.

Di ranah fiksi, Los Angeles juga menjadi setting dari film "Constantine : City of Demons" (CCoD; Constantine : Kota Para Iblis), film animasi asal AS yang dibuat oleh Warner Bros. Animation & dirilis pada tahun 2018. Selain pernah membuat film CCoD, studio animasi yang sama juga pernah & masih memproduksi film-film kartun yang menampilkan karakter DC Comis, misalnya Superman & Batman.

Film CCoD bercerita tentang John Constantine, pria asli Inggris yang diceritakan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan makhluk gaib. Setelah diminta oleh sahabatnya yang bernama Chas untuk menyembuhkan putrinya yang sedang jatuh sakit, John menemukan kalau jiwa gadis tersebut sedang diculik oleh iblis bernama Beroul yang tinggal di Los Angeles.

Saat John beserta Chas pergi ke Los Angeles untuk menemui Beroul, Beroul kemudian menjelaskan kalau ia sengaja menculik jiwa putri Chas supaya John bersedia menuruti keinginan Beroul untuk melenyapkan iblis-iblis penghuni Los Angeles yang bermusuhan dengan Beroul. Sebagai akibatnya, John pun kini harus mencari cara untuk melenyapkan iblis-iblis tersebut sembari menyelamatkan jiwa anak Chas.

Film CCoD aslinya merupakan hasil adaptasi dari komik berjudul "Hellblazer : All His Engines" (Penyulut Neraka : Semua Adalah Mesinnya). Komik tersebut pertama kali diterbitkan pada tahun 2004 oleh Vertigo Comis, anak perusahaan DC Comis yang fokus menerbitkan komik-komik dengan alur cerita berat & berbau mistis.



SEJARAH

John Constantine adalah karakter dari seri komik terbitan perusahaan DC Comic yang pertama kali muncul pada tahun 1985. Tepatnya dalam seri komik yang berjudul "The Saga of Swamp Thing" (TSST). John merupakan karakter ciptaan Alan Moore, komikus yang juga terkenal sebagai penulis cerita "Watchmen" serta "V for Vendetta".

Menurut pengakuan Alan Moore selaku penulis cerita di seri komik TSST, sumber inspirasinya saat menciptakan karakter John Constantine adalah vokalis band The Police yang bernama Sting. Itulah sebabnya karakter John Constantine ditampilkan sebagai pria asli Inggris yang berambut pirang layaknya Sting.

Alan Moore. (Getty / nypost.com)

Komik TSST selaku komik yang menampilkan karakter John sendiri bercerita mengenai sesosok monster menyerupai tumbuhan yang bernama "Swamp Thing" (Monster Rawa). Di dalam komik yang sama, John diceritakan kerap memberikan nasihat kepada Swamp Thing di saat Swamp Thing masih belajar menggunakan kekuatannya.

Usai kemunculan perdananya di seri komik TSST, John akhirnya memiliki seri komiknya sendiri yang berjudul "Hellblazer" (Penyulut Api Neraka). Di dalam komik-komiknya, John diceritakan kerap dimintai bantuan untuk menyelesaikan aneka macam insiden berbau mistis & supranatural. Seiring berjalannya waktu, John juga terlibat interaksi dengan karakter-karakter superhero seperti Superman, Batman, & masih banyak lagi.

Tahun 2004, DC melalui anak perusahaan komiknya yang bernama Vertigo menerbitkan seri baru komik "Hellblazer" dengan judul "All His Engines". Komik tersebut merupakan hasil karya dari penulis Mike Carey & komikus Leonardo Manco. Begitu dirilis, komik tersebut menerima sambutan yang cukup positif dari kalangan pembaca serta kritikus komik.

Tanggapan positif yang didapat oleh "All His Engines" lantas menarik minat Warner Bros. - perusahaan pemilik hak cipta karakter-karakter DC Comis untuk media film & game - untuk membuat film kartun panjang yang sumber ceritanya merupakan hasil adaptasi "All His Engines" Studio animasi milik Warner Bros. yang bernama Warner Bros. Animation dipercaya untuk menggarap film kartun hasil adaptasi tersebut.

Sampul komik "Hellblazer : All His Engines".

Tahun 2018, film yang dimaksud akhirnya selesai dibuat & resmi dirilis untuk publik. Film tersebut diberi judul "Constantine : City of Demons" (CCoD). Pada awalnya, CCoD dirilis dalam format serial bersambung. Belakangan, semua episode tersebut digabungkan & CCoD kemudian dirilis ulang dalam format film berdurasi 1,5 jam untuk media Blu-ray & video online.

Saat CCoD dirilis, film tersebut menerima tanggapan yang umumnya positif. Pujian utamanya diberikan untuk kualitas gambarnya yang tajam, alur ceritanya yang menarik, & kemampuan Matt Ryan - aktor pengisi suara John Constantine - dalam membawakan karakter John secara meyakinkan.

Meskipun begitu, film CCoD juga bukanlah film yang tanpa cela. Kritikan negatif pada film ini umumnya ditujukan pada alurnya yang lambat & banyaknya adegan yang hanya berisi percakapan semata. Film CCoD juga bukanlah film yang bisa dinikmati oleh mereka yang masih di bawah umur karena film ini banyak menampilkan adegan sadis seperti penyiksaan, mutilasi, hingga adegan manusia dimakan hidup-hidup.



ALUR CERITA (FILM)

John Constantine adalah seorang pria asal Inggris yang memiliki bakat alamiah untuk berkomunikasi dengan makhluk gaib. Ia memiliki sahabat karib yang bernama Chas Chandler. Suatu hari, saat John & Chas tengah menghadiri konser musik metal di sebuah kafe di Newcastle, keduanya menemukan kalau ada sekelompok penganut aliran sesat yang hendak melakukan ritual pengorbanan manusia di ruang bawah tanah kafe.

John lantas melakukan ritual untuk memanggil iblis Nergal dari dimensi lain. Hasilnya, Nergal memang berhasil membunuh para penganut aliran sesat tersebut. Namun Nergal sesudah itu ternyata tidak mau berhenti membunuh. Kini Nergal ganti membunuhi orang-orang yang sedang menghadiri konser musik di kafe tersebut sebelum kemudian kembali ke dimensi asalnya.

Peristiwa tersebut membuat John begitu trauma sehingga ia kemudian dirawat di rumah sakit jiwa (RSJ). Saat John akhirnya diperbolehkan pergi meninggalkan RSJ, John kemudian tinggal seorang diri di sebuah apartemen. Namun John tetap tidak bisa beristirahat dengan tenang karena ia masih dihantui oleh bayang-bayang tragedi di Newcastle. Jika itu masih belum cukup, John juga diserang oleh iblis-iblis kecil yang aslinya merupakan penjelmaan dari alam bawah sadar John.

Chas saat memperlihatkan foto keluarganya ke hadapan John.

Tepat setelah John berhasil membasmi iblis-iblis kecil tersebut, Chas datang menjenguk John. Chas ingin meminta bantuan John untuk menyembuhkan Trish, putri kandung Chas yang kini terbaring koma tanpa sebab di rumah sakit. Maka, setelah memeriksa tubuh Trish sambil dibantu oleh makhluk gaib yang bernama Asa, John berhasil menemukan kalau jiwa Trish sedang diculik oleh Beroul, iblis bertubuh gemuk yang kini sedang tinggal di Los Angeles, AS.

John & Chas kemudian pergi ke Los Angeles untuk menemui Beroul langsung di kediamannya. Saat itulah, John mengetahui kalau Beroul aslinya adalah wujud samaran dari Nergal. Di hadapan John, Nergal berjanji kalau jiwa Trish tidak akan ia apa-apakan. Namun sebagai gantinya, John harus membunuh 5 iblis penghuni Los Angeles yang bermusuhan dengan Nergal.

Saat tengah berjalan-jalan di kota Los Angeles untuk menemukan gerombolan iblis yang dimaksud, John berpapasan dengan Angela, makhluk supranatural yang aslinya merupakan penjelamaan dari alam bawah sadar penduduk kota Los Angeles. Berkat bantuan Angela, John berhasil mengetahui sejarah Los Angeles & wajah para iblis yang bermusuhan dengan Nergal.

Karena kota Los Angeles di masa lampau banyak dihuni oleh imigran asal Meksiko yang memuja dewa Aztec, John mendapat ide untuk memanggil dewa Aztec bernama Mictlantecuhtli yang masih bersemayam di kota tersebut. Rencana John adalah, ia bakal memanggil iblis-iblis musuh Nergal ke sebuah gereja kosong. Saat iblis-iblis tersebut sudah berkumpul di sana, mereka semua akan dibantai oleh Mictlantecuhtli.

Mictlantecuhtli (kanan) saat bertarung melawan para iblis.

Rencana tersebut berhasil. Kelima iblis tadi berhasil dibunuh oleh Mictlantecuhtli. Namun karena John merasa khawatir akan sifat haus darah yang dimiliki oleh Mictlantecuhtli, John memutuskan untuk membunuh Mictlantecuhtli saat Mictlantecuhtli masih berada dalam kondisi terluka parah. Sesudah menghabisi Mictlantecuhtli, John kemudian pergi ke rumah Nergal dengan maksud menagih janjinya untuk membebaskan jiwa Trish.

Alih-alih menuruti keinginan John, Nergal memilih untuk menahan jiwa Trish supaya ia bisa memaksa John untuk menjadi anak buahnya. John jelas merasa murka, namun ia tidak bisa mengalahkan Nergal di rumahnya sendiri karena Nergal memasang sihir perlindungan khusus di rumahnya.

John & Chas lantas pergi ke sebuah rumah sakit, di mana rumah sakit tersebut juga dihuni oleh pasien-pasien yang jiwanya diculik oleh Nergal. Sesampainya di sana, John melakukan ritual khusus supaya Nergal tidak bisa lagi memanfaatkan jiwa-jiwa mereka. Nergal spontan pergi ke rumah sakit tersebut untuk menghentikan John, namun Nergal tidak tahu kalau John melakukan hal tersebut untuk memancing Nergal meninggalkan rumahnya.

Nergal saat mencekik Chas memakai ekornya.

Pergumulan pun terjadi antara Nergal dengan John & Chas. Saat Nergal sedang mencekik Chas, John berhasil memasukkan energi sihir Camdever ke dalam tubuh Nergal. Sihir tersebut merupakan hasil transformasi dari perasaan cinta yang dimiliki oleh Chas & keluarganya.

Iblis mendapatkan sumber energinya dari perasaan-perasaan negatif manusia seperti nafsu, keputusasaan, & lain sebagainya. Namun jika energi yang memasuki tubuh iblis adalah energi dari perasaan positif (misalnya rasa cinta seorang ayah atas anaknya), energi tersebut bakal menimbulkan rasa sakit bagi iblis.

Dan hal itulah yang menimpa Nergal. Karena tubuhnya kini dipenuhi oleh energi positif dari Chas, Trish, & istri Chas, tubuh Nergal tercabik-cabik dari dalam sebelum akhirnya meledak. Dengan tewasnya Nergal, Trish & para pasien korban Nergal beramai-ramai siuman karena jiwa mereka kini sudah terbebas dari belenggu Nergal.

Jiwa Trish saat menampakkan diri di hadapan Chas & John.

Chas pada awalnya merasa gembira karena John berhasil membebaskan Trish. Namun Chas tidak tahu bahwa sihir Camdever yang memasuki tubuh Nergal bukan hanya berasal dari perasaan cinta yang dimiliki oleh Chas & anggota keluarganya, tetapi juga dari ingatan yang dimiliki oleh mereka bertiga.

Sebagai akibatnya, Chas pun secara berangsur-angsur kehilangan sebagian ingatannya sehingga ia kini tidak bisa lagi mengingat identitas orang-orang dekatnya. Chas juga tidak bisa lagi mengingat kenangan manis yang pernah ia miliki bersama mereka & tidak lagi mengingat John sebagai sahabat karibnya.

Namun John sendiri tidak ambil pusing dengan hal tersebut. Pasalnya menurut John, yang terpenting adalah ia berhasil menyelamatkan jiwa Trish. John juga merasa kalau kehidupan Chas bakal lebih baik jika Chas tidak berada dekat-dekat dengan John. Tak lama sesudah itu, John pulang kembali ke Inggris, sementara Chas memulai hidup baru di Los Angeles.



ELEMEN-ELEMEN DALAM "CONSTANTINE : CITY OF DEMONS"

John Constantine

John Constantine adalah karakter utama dalam film CCoD. Di dalam filmnya, John ditampilkan sebagai pria berambut pirang yang gemar mengenakan setelan kemeja berwarna putih, celana panjang berwarna gelap, & jaket pajang berwarna krem. Karena John merupakan orang asli Inggris, ia berbicara dalam aksen Inggris yang kental.

John memiliki sifat mudah marah & kerap mengeluarkan kata-kata kasar. Sifat tersebut muncul karena ia merasa bersalah atas peristiwa tragis yang pernah terjadi di Newcastle tepat setelah ia memanggil iblis Nergal. Sebagai akibatnya, John pun cenderung menjaga jarak dengan orang lain, termasuk dengan sahabatnya sendiri. John juga memiliki sifat kecanduan rokok & minuman keras.

John bukanlah orang yang pandai berkelahi, namun ia memiliki kemampuan luar biasa di bidang supranatural. Ia memiliki pengetahuan luas di bidang ilmu gaib. Mulai dari jenis-jenis mantera sihir, tipe-tipe makhluk supranatural, kelebihan & kelemahan masing-masing makhluk, & lain sebagainya.

John saat melakukan ritual untuk memanggil Mictlantecuhtli.

John bukan hanya tahu bagaimana caranya berkomunikasi dengan makhluk gaib. Ia juga pandai memanipulasi & memperdaya mereka. Sebagai contoh, karena John tidak mengalahkan iblis-iblis penghuni kota Los Angeles dengan kekuatannya sendiri, John kemudian membangkitkan makhluk supranatural lain supaya makhluk tersebut yang menghabisi iblis-iblis tadi.

Kehebatan John di bidang supranatural di lain pihak menjadi penyebab mengapa ada makhluk-makhluk supranatural yang ingin memanfaatkan kemampuan John untuk kepentingannya sendiri. Tidak jarang mereka menggunakan unsur paksaan supaya John mau bekerja sama dengan mereka. Karena hal ini pulalah, John cenderung menjaga jarak dengan manusia lain karena ia tidak mau kalau manusia tersebut bakal ikut terseret dalam masalah.


Dunia & Makhluk Supranatural

Dunia yang dihuni oleh John Constantine pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan dunia manusia seperti yang kita kenal. Di dunia ini, terdapat makhluk-makhluk gaib dengan wujud yang beragam. Makhluk-makhluk tersebut bisa melihat manusia, namun manusia tidak bisa melihat makhluk-makhluk tersebut (kecuali jika manusianya memiliki keahlian supranatural khusus).

Makhluk-makhluk supranatural yang muncul di kisah CCoD terdiri dari beberapa tipe. Tipe pertama sekaligus yang paling banyak muncul adalah iblis (demon). Masing-masing iblis memiliki wujud beragam. Ada iblis yang wujudnya menyerupai manusia berwajah buruk rupa. Ada iblis yang wujudnya menyerupai anjing. Ada iblis yang memiliki sayap & ekor ular. Dan lain sebagainya.

Masing-masing iblis juga memiliki kekuatan yang beragam. Mulai dari terbang, melakukan teleportasi, keluar masuk dimensi Neraka, menembakkan energi sihir berdaya rusak tinggi, menciptakan dimensinya sendiri, & masih banyak lagi. Iblis yang kuat juga bisa menciptakan iblis-iblis baru sebagai anak buahnya.

John saat berbicara dengan kawanan iblis di Los Angeles.

Makhluk tipe kedua adalah dewa (god) yang sudah lama tidak disembah oleh manusia. Mictlantecuhtli adalah contoh makhluk supranatural yang tergolong dalam tipe ini, di mana ia dulunya merupakan dewa yang disembah oleh jutaan orang Aztec & kerap menerima persembahan dari orang-orang yang menyembahnya.

Dibandingkan dengan iblis, dewa cenderung lebih kuat karena di masa lampau, ia pernah menerima sumber energi yang amat banyak dari tumbal & persembahan. Itulah sebabnya dewa tetap bisa menang meskipun dikeroyok oleh iblis yang jumlahnya lebih banyak. Kemudian jika iblis bakal merasa kesakitan jika terkena air suci (air yang digunakan dalam aktivitas keagamaan), dewa tidak menunjukkan kelemahan serupa.

Meskipun begitu, dewa juga tetap memiliki kelemahan. Karena dewa sudah terbiasa hidup dari tumbal yang dibawakan oleh manusia, dewa memiliki sifat pasif & hanya akan keluar dari persembunyiannya jika ia duluan yang didatangi oleh manusia. Jika dewa tidak lagi menerima persembahan dari manusia, dewa akan melemah & terpaksa bertahan hidup dengan cara memakan sisa-sisa daging di rumah pemotongan hewan.

Selain kedua tipe tadi, ada pula tipe makhluk gaib lain yang penggolongannya tidak jelas. Sebagai contoh, ada sosok berjulukan Nightmare Nurse (Suster Mimpi Buruk) yang memiliki kemampuan untuk menyamar menjadi manusia & menelusuri jiwa yang terpisah dari jasadnya. Asa adalah contoh dari makhluk yang tergolong dalam tipe ini.

Asa dalam wujud manusia & wujud aslinya.

Ada pula makhluk supranatural yang terbentuk dari akumulasi alam bawah sadar orang-orang yang menghuni kota yang sama. Angela adalah contoh dari makhluk macam itu & ia berasal dari alam bawah sadar penduduk kota Los Angeles.

Angela tidak bisa menyakiti makhluk lain secara langsung, namun ia bisa merasuki tubuh manusia penghuni Los Angeles. Angela juga bisa memasuki alam bawah sadar orang-orang di luar Los Angeles & menciptakan iblis kecil yang wujudnya menyerupai orang tersebut jika kebetulan orang yang bersangkutan memiliki kemampuan supranatural tinggi.



PERBEDAAN VERSI FILM & VERSI KOMIK

Layaknya film-film yang berasal dari hasil adaptasi media lain, film CCoD juga memiliki perbedaan dari komik yang menjadi sumber ceritanya. Berikut ini adalah perbedaan-perbedaan tersebut :

-  Di versi film, yang menghantui John di awal cerita adalah iblis kecil ciptaan Angela. Di versi komik, yang menghantui John di awal cerita adalah Mictlantecuhtli.

-  Di versi film, Trish berstatus sebagai anak dari Chas. Di versi komik, Trish berstatus sebagai cucu dari Chas.

-  Di versi film, yang membantu John menemukan lokasi jiwa Trish adalah makhluk supranatural bernama Asa. Di versi komik, yang membantu John menemukan lokasi jiwa Trish adalah manusia bernama Fennel.

-  Di versi film, wanita yang membantu John di Los Angeles adalah makhluk gaib yang bernama Angela. Di versi komik, wanita yang membantu John di Los Angeles adalah manusia biasa yang bernama Melosa.

-  Di versi film, Beroul adalah identitas lain dari iblis Nergal. Di versi komik, Beroul tidak memiliki identitas lain.

-  Di versi film, iblis yang muncul jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan yang muncul di versi komik.

-  Di versi film, Beroul tidak pernah bertemu langsung dengan Mictlantecuhtli. Di versi komik, Beroul bertemu langsung dengan Mictlantecuhtli & bahkan sempat membuat kesepakatan dengannya.

Mictlantecuhtli versi film & versi komik.

-  Di versi film, Beroul dibunuh oleh John. Di versi komik, Beroul dibunuh oleh Mictlantecuhtli.

-  Di versi film, John menyelamatkan Trish dengan cara membunuh Beroul / Nergal memakai sihir Camdever. Di versi komik, John menyelamatkan Trish dengan cara berpura-pura hendak menyantet Trish yang tubuhnya sedang dirasuki oleh Mictlantecuhtli. Karena Mictlantecuhtli tidak ingin dibunuh saat masih berada dalam tubuh Trish, Mictlantecuhtli buru-buru pergi meninggalkan tubuh Trish saat John sedang menyantet tubuh Trish.

-  Di versi film, John tidak lagi menjadi sahabat Chas setelah berhasil menyelamatkan Trish. Di versi komik, John & Chas tetap menjadi sahabat baik.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Goodrich, J.. 2000. "The Sting Connection".
(www.qusoor.com/hellblazer/Sting.htm)

Hurley, B.. 2020. "[Review] Constantine: City Of Demons (2018)".
(theculturednerd.org/2020/06/review-constantine-city-of-demons-2018/)

Kogod, T.. 2020. "John Constantine: 10 Times He Tried To Do The Right Thing (& Failed)".
(www.cbr.com/john-constantine-dc-comics-morality/)

Schedeen, J.. 2018. "Constantine: City of Demons Review".
(www.ign.com/articles/2018/10/10/constantine-city-of-demons-movie-review)

Weaver, J.D.. 2008. "Los Angeles". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Wikipedia. "All His Engines".
(en.wikipedia.org/wiki/All_His_Engines)

Wikipedia. "Constantine: City of Demons".
(en.wikipedia.org/wiki/Constantine:_City_of_Demons)

(Film) Murphy, D.. 2018. "Constantine: City of Demons".

(Komik) M. Carey, dkk.. 2004. "Hellblazer: All His Engines". Vertigo & DC Comics, AS.
   





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.