Tawon Pelecinid, Serangga dengan Ekor Kalajengking



Tawon pelecinid betina yang sedang bertengger di atas daun. (joebartok.blogspot.com)

Jika bicara soal tawon, maka orang-orang biasanya akan membayangkan serangga dengan pinggang yang ramping & abdomen yang besar serta berbentuk lonjng. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk tawon pelecinid. Pasalnya alih-alih memiliki abdomen berbentuk lonjong, tawon ini justru memiliki abdomen yang panjang & ramping layaknya ekor kalajengking.

Ada 3 spesies tawon yang dikategorikan sebagai tawon pelecinid & semuanya hanya dapat ditemukan di Benua Amerika. Dalam tangga klasifikasi ilmiah, semua tawon pelecinid tergabung dalam famili Pelecinidae. Artikel ini sendiri akan fokus membahas tawon pelecinid Amerika (American pelecinid wasp; Pelecinus polyturator), spesies tawon pelecinid yang berasal dari Amerika Utara.

Dengan melihat ekornya yang begitu panjang, tawon pelecinid nampak seperti serangga yang berbahaya. Faktanya, tawon pelecinid aslinya sama sekali tidak bisa menyakiti manusia karena tawon ini tidak memiliki sengat. Meskipun begitu, tawon ini bisa menakut-nakuti manusia atau hewan yang menangkapnya dengan cara memukul-mukulkan ujung ekornya ke arah musuh.

Tawon pelecinid jantan & betina bisa dibedakan dengan melihat ekor / abdomennya. Jika tawon betina memiliki abdomen yang bentuknya panjang & sempit layaknya tongkat, maka tawon jantan memiliki abdomen yang bagian ujungnya membesar layaknya ujung korek kuping.

Tawon pelecinid jantan. (Bryan E. Reynolds / bugguide.net)

Kalau dalam hal ukuran, tawon betina memiliki abdomen yang panjangnya bisa mencapai 5 kali panjang tubuh bagian depannya sendiri. Sebagai akibatnya, betina pun memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan pejantan. Jika tawon pelecinid betina panjang totalnya bisa mencapai 6 cm lebih, maka tawon jantan panjang totalnya hanya sekitar 2,5 cm.

Keunikan yang dimiliki oleh tawon pelecinid betina belum berhenti sampai di sana. Tawon pelecinid betina juga memiliki kemampuan untuk melakukan partenogenesis yang berarti tawon ini bisa menghasilkan keturunan tanpa harus kawin terlebih dahulu dengan pejantan.



EKOR PEMBELAH BUMI

Ekor panjang yang dimiliki oleh tawon betina tidak lepas dari siklus hidup yang dimilikinya. Tawon pelecinid dewasa hidup dari memakan nektar bunga & cairan manis, namun larva tawon ini hidup sebagai parasit pada hewan lain.

Hewan yang menjadi inang larva tawon pelecinid adalah larva kumbang yang hidup di bawah tanah. Di sinilah ekor panjang milik tawon betina menunjukkan fungsinya. Saat tawon betina merasakan keberadaan larva kumbang di bawah tanah, tawon betina akan menusukkan ekornya ke dalam tanah.

Saat ujung ekor tawon betina sudah bersentuhan dengan larva kumbang, tawon betina kemudian mengeluarkan telurnya supaya telur tersebut menempel pada tubuh larva. Tawon betina hanya menaruh sebutir telur pada setiap larva kumbang.

Larva kumbang, inang dari larva tawon pelecinid. (Lewis Scharpf / pbase.com)

Saat telur tawon menetas, larva kemudian akan mengebor masuk ke dalam tubuh larva kumbang. Begitu larva tawon sudah berada di dalam, larva tawon kemudian akan memakan organ-organ tubuh larva kumbang.

Saat larva tawon sudah mencapai tahap pertumbuhan tertentu, larva akan berubah menjadi kepompong. Sesudah beberapa lama, tawon dewasa akan keluar dari dalam kepompong & kemudian terbang bebas meninggalkan tanah.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Insecta
Ordo : Hymenoptera
Famili : Pelecinidae
Genus : Pelecinus
Spesies : Pelecinus polyturator



REFERENSI

BugLady. 2013. "American Pelecinid Wasp (Family Pelecinidae) - Field Station".
(uwm.edu/field-station/american-pelecinid-wasp/)

Cotinis, dkk.. 2004. "Species Pelecinus polyturator - American Pelecinid Wasp".
(bugguide.net/node/view/6945)

InsectIdentification.org. "American Pelecinid Wasp (Pelecinus polyturator)".
(www.insectidentification.org/insect-description.php?identification=American-Pelecinid-Wasp)

Trimboli, S.. 2021. "American Pelecinid Wasp: A Unique and Fascinating Critter".
(www.backyardecology.net/american-pelecinid-wasp-a-unique-and-fascinating-critter/)
  





ARTIKEL TERKAIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.