Makna Lirik Lagu Nightwish - Amaranth



Cuplikan video klip "Amaranth" yang menampilkan sesosok malaikat bersama seorang pemuda.

Amaranth adalah nama dari sejenis tanaman yang termasuk dalam genus Amaranthus. Di Indonesia, amaranth lebih dikenal dengan nama "bayam". Kalau di ranah musik, amaranth menjadi sumber inspirasi untuk judul lagu yang dibuat & dibawakan oleh Nightwish, band beraliran metal simfoni asal Finlandia.

Lagu yang dimaksud di sini berjudul "Amaranth" & pertama kali dirilis pada tahun 2007. Lagu ini dirilis sebagai bagian dari album "Dark Passion Play". Begitu dirilis, lagu ini berhasil mendapatkan tanggapan positif di sejumlah negara Eropa. Di tangga lagu Finlandia, Hongaria, & Spanyol, lagu ini bahkan sempat menempati peringkat pertama dalam rentang waktu 2008 hingga 2009.

Layaknya lagu-lagu populer lainnya, lagu "Amaranth" juga memiliki video klipnya sendiri. Video klip "Amaranth" bercerita tentang sosok gadis menyerupai malaikat yang terdampar di atas tanah & kemudian diselamatkan oleh 2 orang pemuda setempat. Namun saat malaikat tersebut sedang dirawat di rumah mereka, malaikat tersebut malah diserang & dibakar hidup-hidup oleh warga sekitar.

Alur cerita dalam video klip tersebut terinspirasi dari lukisan berjudul "Haavoittunut Enkeli" (Malaikat Terluka; The Wounded Angel), lukisan buatan seniman Hugo Simberg yang selesai dibuat pada tahun 1903. Seperti halnya video klip "Amaranth", lukisan tersebut menampilkan sesosok malaikat yang sedang ditandu oleh 2 orang pemuda.

Lukisan "Haavoittunut Enkeli" buatan seniman Hugo Simberg yang menginspirasi video klip "Amaranth".

Karena "Amaranth" menampilkan sosok malaikat dalam video klipnya, sejumlah orang pun berspekulasi kalau lagu ini aslinya bercerita tentang Lucifer, malaikat dalam kisah agama Kristen yang diusir dari Surga karena menentang perintah Tuhan. Ditambah lagi, lagu "Amaranth" memang menggunakan lirik yang kata-katanya terkesan ambigu & mengandung makna terselubung.

Meskipun begitu, karena lirik lagu "Amaranth" tidak pernah menyinggung hal-hal semisal malaikat secara eksplisit, tetap ada yang berpendapat kalau lagu ini aslinya tidak sedang ingin membicarakan soal malaikat.

Mereka yang memiliki pendapat macam ini meyakini kalau sosok malaikat ditampilkan dalam video klip untuk menyimbolkan hal lain. Misalnya soal xenofobia (kebencian akan hal-hal yang berbau asing), aksi main hakim sendiri akibat ketakutan berlebihan, matinya impian seseorang akibat tekanan lingkungan, & lain sebagainya.

Karena lirik lagu "Amaranth" tidak memiliki makna yang baku, pihak Republik mencoba membahas makna lagu ini dari sudut pandang pihak Republik. Jadi, semoga penjelasan dalam artikel ini bisa cukup diterima & dipahami oleh para pengunjung sekalian.



ANALISA LIRIK

Bagian I

Baptized with the perfect name
The doubting one by heart
Alone, without himself


Bagian ini ingin mendeskripsikan seseorang yang menjadi tokoh utama & pusat penceritaan dalam lagu ini. Saat baru lahir di dunia, orang tersebut kemudian diberi nama oleh orang tuanya sebelum kemudian dibaptis (baptized with the perfect name).

Dalam agama Kristen, adalah hal yang jamak untuk melakukan pembaptisan pada bayi untuk menunjukkan kalau bayi tersebut sudah memeluk agama Kristen. Namun kalau di luar konteks agama Kristen, kata "pembaptisan" (baptized) juga bisa dimaknai sebagai pemberian harapan baik akan bayi tersebut.

Salah satu cara untuk menunjukkan harapan baik pada bayi adalah dengan memberikan nama yang mengandung makna positif pada bayi tersebut (baptized with the perfect name). Harapannya, bayi tersebut kelak bakal tumbuh menjadi orang yang bermanfaat & penuh akan sifat-sifat baik yang dikandung oleh namanya. Mereka berharap orang tersebut bisa menjadi contoh kesuksesan & panutan bagi orang di sekitarnya.

Namun, realita menunjukkan kalau hidup tidaklah semudah kelihatannya. Semakin lama orang tersebut hidup di dunia, maka akan semakin banyak rintangan & godaan yang akan dijumpai oleh orang tersebut. Pada tahap inilah, keraguan akan mulai timbul di dalam hatinya (the doubting one by heart).

Jika ia merasa sudah begitu bimbang & gagal memenuhi harapan orang-orang yang sudah mempercayainya, tidak menutup kemungkinan orang tersebut lantas merasa malu & putus asa. Ia merasa tidak lagi memiliki tujuan hidup & lantas hidup terombang ambing seorang diri (alone). Seolah-olah ia tidak bisa lagi mengenali dirinya sendiri (without himself).


War between him and the day
Need someone to blame
In the end, little he can do alone


Saat orang tersebut sudah merasa begitu terpuruk akan hidupnya sendiri, ia pun melihat kalau rutinitas hariannya tidak ada bedanya dengan medan perang (war between him and the day). Setiap harinya, ia harus berjuang di tengah dunia yang tidak bersahabat dengan dirinya.

Orang tersebut lantas mulai berpikir, kenapa orang lain bisa sukses, namun dirinya gagal? Saat ia gagal menemukan jalan keluarnya, orang tersebut lantas merasa kalau kegagalan dirinya adalah akibat kesalahan orang lain. Maka, ia pun mulai menyalahkan orang-orang di sekitarnya setiap kali ia merasa kesla & frustrasi (need someone to blame).

Namun bak kebakaran yang ditimbulkan oleh percikan api, tindakan orang tersebut malah menyebabkan ia dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya. Mereka tidak mau dijadikan kambing hitam & pelampiasan amarah oleh orang tersebut.

Akibatnya, sang tokoh utama kini semakin kesulitan menyelesaikan masalahnya karena tidak ada orang yang mau membantunya. Padahal ia tidak bisa menyelesaikan masalah hidupnya seorang diri (in the end, little he can do alone).


Cuplikan video klip "Amaranth" yang menampilkan para personil Nightwish.


Reffrain I

You believe, but what you see?
You receive, but what you give?


Bagian ini ingin menunjukkan keputuasaan yang sedang dialami oleh sang tokoh utama. Pada awalnya, ia percaya (you believe) bahwa ia bisa mewujudkan cita-cita & harapan sesuai dengan keinginan keluarga maupun orang-orang dekatnya.

Namun saat harapan tersebut nampaknya kian sulit untuk diwujudkan, sang tokoh utama pun mulai bertanya-tanya. Kendati ia sudah bersusah payah, kenapa hasil yang didapat tidak sesuai keinginannya? Kenapa ia tidak bisa melihat hasil jerih payah yang diharapkannya (but what you see)?

Di bagian berikutnya, sang tokoh utama juga merasa kalau dunia & masyarakat mungkin sudah bersikap tidak adil padanya. Ia merasa sudah bekerja keras & memberikan segala yang ia bisa (what you give). Namun saat kehidupannya tidak berjalan sesuai dengan keinginannya, ia pun beranggapan kalau balasan yang diberikan oleh dunia (you receive) tidak sebanding dengan pengorbanan yang selama ini ia lakukan.


Reffrain II

Caress the one
The never fading rain
In your heart
To tears of snow white sorrow


Di bagian ini, sang tokoh utama memutuskan untuk melakukan introspeksi diri. Menurutnya, semua hal tidak menyenangkan yang pernah ia alami merupakan bagian dari resiko menjalani kehidupan.

Sang tokoh utama mengumpamakan kegagalan layaknya hujan yang muncul & hilang berulang kali (the never fading rain). Maka, alih-alih larut dalam keterpurukan, sang tokoh utama memutuskan untuk mulai membiasakan diri (caress the one) dengan perasaan sendu yang bakal datang & pergi di hatinya (in your heart).

Selama seseorang menjalani kehidupan, akan selalu ada masa di mana orang tersebut teringat kembali akan pengalaman kelam yang sudah tertanam dalam dirinya. Menurut sang tokoh utama, pengalaman buruk yang yang tertanam dalam memori & perasaan seseorang tidak ada bedanya dengan padang salju yang tercipta dari akumulasi perasaan sedih (tears of snow white sorrow).

Istilah salju digunakan sebagai perumpamaan karena salju membawa dampak negatif sekaligus positif. Salju membawa dampak negatif karena timbunan salju bisa menyebabkan jalanandi suatu tempat menjadi sulit dilewati. Salju juga memiliki suhu yang dingin sehingga orang yang terlalu lama terpapar salju bisa jatuh sakit & menderita demam.

Namun salju tidak selalu membawa kerugian. Hamparan salju yang berwarna putih bersih membuat pemandangan terasa indah. Kemudian di wilayah yang terletak di belahan Bumi utara, salju identik dengan momen spesial karena salju biasanya turun pada musim dingin. Sementara di kawasan tersebut, musim dingin terjadi pada periode pergantian tahun.

Demikian pula halnya dengan rentetan pengalaman buruk yang dialami oleh seseorang. Kendati pengalaman macam itu jelas bukanlah hal yang diinginkan oleh siapapun, pengalaman buruk juga bisa dijadikan pedoman oleh seseorang untuk melakukan introspeksi & memperbaiki diri. Momen keterpurukan juga bisa dijadikan titik balik oleh seseorang untuk bersikap lebih rendah hati & lebih peduli terhadap orang lain.


Caress the one
The hiding amaranth
In a land of the daybreak


Pada bagian ini, sang tokoh utama menggunakan amaranth sebagai perumpamaan atas kesulitan yang dia alami selama berjuang. Tanaman amaranth / bayam diketahui menghasilkan bunga berwarna merah layaknya mawar.

Warna merah itulah yang kemudian menjadi asal muasal munculnya sebutan warna merah amaranth. Bunga amaranth kadang juga dijuluki sebagai "bunga abadi" karena warna merah pada bunga ini tetap tidak pudar meskipun bunganya layu.

Bunga bayam / amaranth. (petalrepublic.com)

Kalau disambungkan kembali dengan lagu ini, amaranth bisa dimaknai sebagai sesuatu berwarna merah yang tersembunyi dalam tubuh (the hiding amaranth), misalnya darah. Seperti yang kita tahu, seseorang akan mengeluarkan darah ketika orang tersebut sedang sakit atau terluka.

Tidak jarang seseorang terluka karena mengalami musibah saat sedang berusaha keras. Dan hal itulah yang ingin disampaikan pada bagian lagu ini.

Saat seseorang berdarah, luka & darah tersebut tidak harus selalu dimaknai sebagai momen yang menyakitkan. Tetapi juga sebagai pengingat supaya ia bangkit kembali, namun dengan persiapan yang lebih matang supaya tidak mengalami musibah serupa.

Bagi sang tokoh utama, momen untuk bangkit dari keterpurukan tidak ada bedanya dengan momen matahari terbit (daybreak). Pasalnya saat matahari terbit, kondisi suatu lokasi yang awalnya gelap gulita secara perlahan berubah menjadi terang benderang.

Atas dasar itulah, sang tokoh utama menasihati dirinya sendiri untuk selalu menganggap musibah & luka sebagai hal yang harus dijalani ketimbang dijauhi sepenuhnya (caress the one, the hiding amaranth). Karena hidup selalu memiliki momen jatuh bangunnya sendiri. Bagi sang tokoh utama, laju kehidupan ini bisa diumpamakan sebagai tanah tempat matahari terbenam & terbit (land of the darybreak).


Bagian II

Apart from the wandering pack
In this brief flight of time
We reach for the ones, whoever dare


Di bagian ini, sang tokoh utama menyadari bahwa setiap orang di dunia memiliki lika liku & tujuannya hidup masing-masing. Layaknya sekelompok orang yang sedang mengembara (the wandering pack).

Manusia hanya memiliki rentang hidup yang singkat (in this brief flight of time). Itulah sebabnya banyak orang yang berjuang habis-habisan & mempertaruhkan segalanya supaya bisa menggapai ambisinya (we reach for the ones).

Meskipun begitu, tidak semua orang memiliki keberanian untuk mengambil resiko demi mewujudkan ambisi & impiannya. Itulah sebabnya jika memakai analogi / perumpamaan, mereka yang menempuh resiko demi meraih impiannya nampak seperti orang yang memisahkan diri dari rombongan (apart from the wandering pack) supaya bisa melaju lebih kencang / melaju lewat rute yang lebih pendek, tetapi juga lebih berbahaya.


Reffrain I
Reffrain II


(lihat kembali bagian yang berjudul serupa)


Sampul album "Dark Passion Play", album Nightwish yang memuat lagu "Amaranth".


Bagian III

Reaching, searching
For something untouched
Hearing voices of the never fading calling


Di bagian ini, sang tokoh utama menggambarkan upayanya dalam mewujudkan ambisinya. Layaknya orang yang sedang mengulurkan tangannya untuk meraba-raba menemukan sesuatu (reaching, searching).

Sang tokoh utama bahkan merasa kalau hal yang ingin diwujudkannya bukanlah hal yang bisa diwujudkan sembarang orang. Pasalnya menurut sang tokoh utama, hal yang ingin digapainya adalah sesuatu yang benar-benar baru & belum pernah diwujudkan oleh orang lain sebelumnya (for something untouched).

Bahkan bagi orang ambisius sekalipun, mereka normalnya tidak akan mencoba menepatkan impian jika hal tersebut dianggap terlalu sulit untuk diwujudkan & tidak sepadan dengan usaha kerasnya. Namun tidak demikian halnya dengan sang tokoh utama. Baginya, ia harus bisa mewujudkan ambisinya ini dengan cara apapun.

Lantas, mengapa sang tokoh utama bisa demikian ambisiusnya? Sang tokoh utama memaparkan bahwa ia melakukan hal ini karena adanya "panggilan" yang tak kunjung berhenti (hearing voices of the never fading calling).

"Panggilan" yang dimaksud di sini mungkin adalah impian masa kecilnya, atau semangat menggebu untuk mengupayakan suatu hal yang belum pernah berhasil diwujudkan oleh orang-orang sebelumnya.

Mungkin sang tokoh utama pernah mengalami kegagalan di masa silam & lantas merasa penasaran untuk mencobanya kembali. Atau mungkin sang tokoh utama pernah melakukan kesalahn besar di masa lalu, sehingga ia ditinggalkan oleh orang-orang yang dulu dekat dengannya. Jadi demi menebus kesalahannya & mendapatkan kembali kepercayaan mereka, ia pun berusaha keras untuk menaikkan kembali reputasinya.


Reffrain II

(lihat kembali bagian yang berjudul serupa)

© Rep. Eusosialis Tawon



SUMBER-SUMBER YANG MEMBANTU

SongMeanings. "Amaranth".
(songmeanings.com/songs/view/3530822107858674059/)

Wikipedia. "Amaranth".
(en.wikipedia.org/wiki/Amaranth)

Wikipedia. "Amaranth (song)".
(en.wikipedia.org/wiki/Amaranth_(song))



TAUTAN EKSTERNAL

Lirik lagu Nightwish - Amaranth

Video klip Nightwish - Amaranth
  






COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda selama tidak mengandung iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA.

Setiap komentar yang baru masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi jangan panik jika komentar anda tidak langsung muncul.

Diberdayakan oleh Blogger.