Eumillipes persephone, Kaki Seribu dengan Jumlah Kaki Terbanyak



Seekor Eumillipes persephone betina dengan jumlah kaki mencapai 1.306 buah. (P.E. Marek, dkk. / nature.com)

Kaki seribu. Itulah nama dari sejenis hewan berbentuk menyerupai ulat yang mudah dikenali dengan melihat jumlah kakinya yang amat banyak. Meskipun memiliki nama "kaki seribu", hewan yang bersangkutan normalnya tidak memiliki jumlah kaki mencapai seribu.

Hal tersebut tidak berlaku bagi kaki seribu dari spesies Eumillipes persephone. Pasalnya spesies kaki seribu yang satu ini memang memiliki jumlah kaki mencapai 1.306 kaki. Jumlah kakinya tersebut sekaligus menjadikan E. persephone sebagai spesies kaki seribu dengan jumlah kaki terbanyak di dunia.

E. persephone hanya dapat ditemukan di Australia Barat. Mereka tergolong sebagai spesies yang amat baru karena keberadaannya baru diketahui oleh ilmuwan pada tahun 2021 lalu. Selama ini, E. persephone luput dari pandangan manusia karena habitat hewan ini berada di bawah tanah, tepatnya pada kedalaman 60 meter.

Nama "Eumillipes" pada nama ilmiah hewan ini berasal dari bahasa Yunani yang secara harfiah memiliki arti "kaki seribu yang sebenarnya". Nama tersebut diberikan karena baru kali ini, ada spesies kaki seribu yang benar-benar memiliki kaki berjumlah seribu.

Seekor Eumillipes persephone jantan dengan jumlah kaki 818 buah. (Aggyrolemnoixytes / wikipedia.org)

Nama belakang pada nama ilmiah hewan ini (persephone) diambil dari nama Persephone, dewi Yunani Kuno yang tinggal di dunia bawah bersama dengan Hades, dewa penjaga alam kematian. Nama tersebut dipilih untuk menamai hewan ini karena kebetulan habitat E. persephone memang berada jauh di bawah tanah.

Keberadaan E. persephone baru diketahui oleh ilmuwan saat mereka memeriksa lubang bekas aktivitas penambangan yang berkedalaman 81 meter. Dalam pemeriksaan tersebut, ilmuwan memasang jebakan untuk menangkap hewan-hewan kecil. Total, ada 8 ekor E. persephone dalam berbagai ukuran yang berhasil ditangkap oleh ilmuwan dengan memakai teknik ini.



HEWAN PANJANG YANG TIDAK MEMILIKI MATA

Karena E. persephone memiliki kaki yang jumlahnya amat banyak, E. persephone pun memiliki fisik yang amat panjang untuk hewan seukurannya. Kendati E. persephone hanya memiliki diameter kurang dari 1 mm, panjang hewan ini diketahui mencapai 95 mm alias hampir 10 cm.

Selain jumlah kakinya, E. persephone memiliki ciri-ciri fisik yang tidak berbeda jauh dari kaki seribu pada umumnya. Penampang tubuhnya berbentuk bundar. Antenanya berukuran pendek & berjumlah sepasang. Kepalanya dilengkapi dengan mulut berbentuk paruh. Tubuhnya terbagi menjadi 330 ruas, di mana masing-masing ruas dilengkapi dengan 4 buah kaki.

Kepala Eumillipes persephone dilihat dari dekat. (P.E. Marek, dkk. / nature.com)

Karena habitat E. persephone tidak pernah tersentuh cahaya, E. persephone pun tidak memiliki mata & tidak bisa melihat. Sebagai gantinya, E. persephone mengandalkan antenanya yang berukuran besar untuk mengetahui kondisi sekelilingnya. E. persephone diduga merupakan hewan herbivora yang hidup dari memakan jamur.

E. persephone diperkirakan memiliki tubuh yang panjang & kaki berjumlah banyak sebagai bentuk adaptasi terhadap habitatnya. Supaya E. persephone bisa meliuk-liuk memasuki celah bebatuan dengan mudah, E. persephone pun memiliki tubuh yang amat panjang & lentur. Sementara kaki-kakinya yang berjumlah banyak memberikan daya dorong tambahan pada hewan ini saat harus berjalan menerobos tanah & mendaki bebatuan.

Karena habitat E. persephone berada di tempat yang sulit dijangkau, masih banyak hal yang belum diketahui oleh ilmuwan terkait hewan ini. Misalnya mengenai siklus hidup & pola reproduksinya.

Kalau melihat siklus hidup spesies kaki seribu lainnya, E. persephone mungkin berkembang biak dengan cara bertelur. Kemudian saat telurnya sudah menetas, bayi E. persephone akan berganti kulit berulang kali hingga akhirnya menjadi kaki seribu dewasa. Tidak diketahui usia maksimum dari E. persephone. Demikian pula mengenai hewan-hewan yang menjadi parasit & musuh alaminya di alam liar.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Subfilum : Myriapoda
Kelas : Diplopoda
Ordo : Polyzoniida
Famili : Siphonotidae
Genus : Eumillipes
Spesies : Eumillipes persephone



REFERENSI

P.E. Marek, dkk.. 2021. "The frst true millipede—1306 legs long".
(www.nature.com/articles/s41598-021-02447-0.pdf)

Ramel, G.. "Millipedes 101: The Many Legged World Of Class Diplopoda".
(www.earthlife.net/insects/diplopoda.html)
   





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda selama tidak mengandung iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA.

Setiap komentar yang baru masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi jangan panik jika komentar anda tidak langsung muncul.

Diberdayakan oleh Blogger.