Zodiac Killer, Pembunuh yang Gemar Meninggalkan Pesan Rahasia



Sosok Zodiac Killer seperti yang diilustrasikan dalam film "Awakening the Zodiac" (2017).

Pembunuhan adalah tindakan menghilangkan nyawa orang lain. Karena pembunuhan memiliki dampak negatif yang begitu besar bagi korban & orang-orang dekatnya, pembunuhan merupakan salah satu kasus kejahatan dengan ancaman hukuman terberat. Di sejumlah negara (termasuk Indonesia), mereka yang melakukan pembunuhan bisa dijatuhi hukuman mati.

Banyak dari kasus pembunuhan yang berhasil dipecahkan & berakhir dengan ditangkapnya pelaku oleh pihak berwajib. Namun ada pula kasus-kasus pembunuhan yang pelakunya tidak pernah berhasil ditangkap akibat kurangnya bukti & petunjuk. Kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh Zodiac Killer adalah contoh dari kasus pembunuhan yang masih belum terpecahkan hingga sekarang.

Zodiac Killer (Pembunuh Zodiac) adalah sebutan untuk pembunuh berantai yang aktif di negara bagian California, Amerika Serikat, pada akhir dekade 1960-an. Ada 5 orang yang menjadi korban pembunuhan Zodiac Killer. Namun jumlah tersebut mungkin baru sebagian karena Zodiac Killer dalam salah satu suratnya mengaku sudah membunuh 37 orang.

Zodiac Killer merupakan salah satu pembunuh berantai di era modern yang paling menarik perhatian publik. Selain karena identitas aslinya tidak pernah ketahuan, Zodiac Killer kerap mengirimkan surat yang ditulis dalam kode sandi rahasia kepada kantor-kantor surat kabar setempat.

Dalam surat yang dibuatnya, pelaku menyebut dirinya sendiri dengan nama alias "Zodiac". Sejak itulah, media-media pun menyebut pelaku dengan nama "Zodiac Killer". Karena identitas asli Zodiac Killer tidak pernah terungkap, polisi pun tidak pernah berhasil menangkap Zodiac Killer hingga sekarang.

Modus operandi Zodiac Killer yang unik menyebabkan Zodiac kerap diangkat dalam karya-karya hiburan yang bertema kriminal. Pada tahun 2007 contohnya, beredar film berjudul "Zodiac" yang dibintangi oleh Jake Gyllenhaal & Robert Downey Jr.. Film tersebut diangkat dari kisah nyata mengenai Robert Graysmith, pegawai surat kabar yang melakukan penyelidikan mendalam mengenai identitas asli Zodiac Killer.

Riddler, karakter di film "The Batman" yang terinspirasi dari Zodiac Killer.

Zodiac Killer juga menjadi sumber inspirasi untuk karakter Riddler dalam film "The Batman" yang disutradarai oleh Matt Reeves & rencananya bakal tayang di bioskop pada bulan Maret 2022 mendatang. Di film tersebut, Batman diceritakan harus memecahkan kasus pembunuhan yang dilakukan oleh Riddler.

Seperti halnya Zodiac Killer, Riddler diceritakan memiliki kebiasaan meninggalkan simbol & pesan rahasia setiap kali baru saja melakukan pembunuhan. Baik Zodiac maupun Riddler juga sama-sama mengenakan topeng & jaket dalam salah satu aksinya. Kemudian jika Zodiac memiliki simbol khas berupa lingkaran & palang, maka Riddler memiliki simbol khas berupa tanda tanya.



KRONOLOGI SEPAK TERJANG ZODIAC KILLER

Pembunuhan Pertama (Desember 1968)

Teror Zodiac Killer dimulai pada tanggal 20 Desember 1968 di Jalan Lake Herman, California. Pada awalnya, ada sepasang kekasih bernama David Arthur Faraday (17 tahun) & Betty Lou Jensen (16) yang sedang berduaan di dalam mobil pada malam hari. Mendadak, ada yang mendekati mobil mereka & kemudian menembakkan pistolnya ke arah mobil.

David & Betty jelas merasa panik. Karena khawatir mereka bakal ditembak hingga tewas jika tetap berada dalam mobil, keduanya pun bergegas keluar dari mobil. Saat David baru saja keluar dari mobilnya, pelaku langsung menembak mati David. Sesudah itu, pelaku ganti menembak mati Betty yang sedang berlari menjauhi mobil.

Suasana di lokasi pembunuhan David & Betty. (zodiacciphers.com)

Pembunuhan tersebut dengan cepat langsung menarik perhatian masyarakat sekitar. Polisi yang menangani kasus ini merasa bingung saat mencoba menebak-nebak motif pelaku. Pasalnya tidak ada benda-benda berharga milik korban yang hilang.

Polisi juga tidak menemukan tanda-tanda bekas pemerkosaan pada jasad korban perempuan. Keluarga korban tidak kalah bingung karena mereka merasa korban selama ini tidak memiliki musuh yang ingin menghabisi nyawanya.


Pembunuhan Kedua (Juli 1969)

Lepas dari identitas & motif pelaku yang masih buram, pembunuhan tersebut pada awalnya tetap dipandang sebagai pembunuhan biasa yang tidak terpecahkan. Hingga kemudian pada tanggal 4 Juli 1969, Zodiac menunjukkan kembali aksinya. Kali ini yang menjadi korban adalah Mike Renault Mageau (19) & Darlene Elizabeth Ferrin (22).

Berbeda halnya dengan kedua korban Zodiac sebelumnya, Mike & Darlene secara resmi tidak berstatus sebagai pasangan kekasih. Mike masih berstatus lajang & berprofesi sebagai buruh, sementara Darlene bekerja sebagai pramusaji & sudah menikah dengan seorang koki.

Pada hari naas tersebut, Mike & Darlene pada awalnya sedang bercakap-cakap di lapangan parkir saat suasana tengah sepi. Pada saat itulah, ada sebuah mobil yang berhenti di dekat keduanya. Pengendara mobil tersebut kemudian keluar dari mobilnya & menembaki Mike serta Darlene dengan pistol berkaliber 9 mm.

Darlene Ferrin & Mike Mageau. (Dani Escalona / haikudeck.com)

Darlene tewas dalam peristiwa tersebut, namun Mike selamat & sempat melihat sosok pelaku. Menurut kesaksiannya, pelaku adalah pria berkulit putih dengan wajah berbentuk bundar, rambut berwarna cokelat, tubuh yang gemuk, & tinggi badan sekitar 170-an cm lebih.

Sekitar 45 menit sesudah insiden penembakan ini terjadi, polisi menerima telepon dari sosok yang mengaku sebagai pelaku penembakan David, Betty, Darlene, & Mike. Untuk menegaskan klaimnya kalau memang dia yang melakukan penembakan, sang pelaku berkata kalau ia menembak Darlene & Mike dengan pistol berkaliber 9 mm.

Penyelidikan pun langsung dilakukan oleh polisi. Namun lagi-lagi polisi gagal mengungkap identitas pelaku. Salah satunya karena saat mewawancarai Mike, polisi tidak menanyakan ciri-ciri fisik orang yang menyerangnya. Polisi pada waktu itu hanya menanyakan nama-nama orang yang mungkin memiliki masalah pribadi dengan Mike.

Tahun 1991, polisi kembali menanyai Mike sambil menunjukkan sketsa wajah orang-orang yang diduga merupakan identitas asli Zodiac Killer. Saat itulah, Mike menunjuk sketsa seorang pria yang bernama Arthur Leigh Allen sambil berkata kalau orang yang dulu menyerangnya nampak sangat mirip dengan Arthur.

Sebelum polisi berhasil mengumpulkan cukup bukti untuk menahan Arthur, Arthur keburu meninggal dunia pada tahun 1992 akibat masalah jantung & diabetes. Kendati polisi secara resmi tidak pernah menetapkan Arthur sebagai identitas asli Zodiac, Arthur sekarang menjadi 1 dari sekian banyak orang yang diduga merupakan sosok asli di balik Zodiac Killer.


Surat Pertama & Kedua Zodiac (Juli - Agustus 1969)

Pada tanggal 31 Juli 1969, Zodiac mengirimkan surat ke kantor surat kabar Vallejo Times-Herald, San Francisco Examiner, & San Francisco Chronicle. Dalam surat tersebut, Zodiac mengaku kalau dirinya adalah orang yang sudah membunuh David, Betty, & Darlene. Untuk membuktikan klaimnya, Zodiac menjelaskan jenis senjata yang ia gunakan, pakaian yang dikenakan korban, & posisi tubuh korban tepat sesudah penembakan terjadi.

Dalam surat yang sama, Zodiac meminta supaya suratnya dimuat dalam koran terbitan hari berikutnya. Jika permintaannya tidak dituruti, Zodiac mengancam akan melakukan pembunuhan secara membabi buta pada akhir pekan.

Surat yang dikirimkan Zodiac ke 3 kantor berita pada tanggal 31 Juli 1969. (wikipedia.org)

Di bagian bawah surat, Zodiac membubuhkan simbol berbentuk lingkaran & palang sebagai pengganti tanda tangan. Di kemudian hari, simbol ini dikenal sebagai simbol khas Zodiac Killer. Namun pelaku sendiri pada waktu itu masih belum dikenal dengan nama Zodiac karena ia masih belum menggunakan nama tersebut dalam suratnya.

Selain mengirimkan surat, pelaku juga mengirimkan 3 lembar kertas berisi simbol-simbol yang aslinya merupakan surat yang ditulis memakai kode rahasia. Masing-masing kantor berita menerima kertas berisi simbol berbeda. Namun ketiga kertas tersebut harus dikombinasikan supaya keseluruhan isinya bisa dibaca.

Semua surat berkode tersebut berhasil dipecahkan seminggu kemudian oleh pasangan Donald & Bettye Harden yang berprofesi sebagai guru. Menurut hasil terjemahan dari surat berkode tersebut, sang pembuat surat berkode mengaku senang membunuh manusia karena menurutnya, membunuh manusia lebih mengasyikkan dibandingkan berburu hewan.

Surat berkode yang dikirim oleh Zodiac ke kantor Vallejo Times-Herald. (wikipedia.org)

Surat berkode yang dikirim oleh Zodiac ke kantor San Francisco Chronicle. (wikipedia.org)

Surat berkode yang dikirim oleh Zodiac ke kantor San Francisco Examiner. (wikipedia.org)

Tanggal 4 Agustus 1969, pelaku kembali mengirimkan surat ke kantor surat kabar San Francisco Examiner. Dalam surat inilah, untuk pertama kalinya pelaku menggunakan nama "Zodiac" untuk menyebut dirinya sendiri. Zodiac dalam suratnya menjelaskan detail penembakan yang ia lakukan kepada Mike & Darlene pada tanggal 4 Juli.

Tanggal 8 Agustus 1969, kantor San Francisco Examiner kembali menerima kiriman surat dari Zodiac. Kali ini suratnya adalah surat berkode dengan jumlah karakter simbol mencapai 340 buah. Isi dari surat tersebut baru berhasil dipecahkan pada bulan Desember 2020 oleh sekelompok pakar komputer dari berbagai negara.

Menurut hasil terjemahan dari surat berkode tersebut, Zodiac mengaku tidak takut mati. Ia bahkan mengklaim bahwa jika dirinya kelak benar-benar mati akibat dibunuh dalam kamar gas, dia akan pergi ke surga & dilayani oleh budak-budaknya di kehidupan sesudah kematian.


Surat berkode yang dikirim oleh Zodiac pada tanggal 8 November 1969. (zodiackiller.com)


Pembunuhan Ketiga (September 1969)

Tanggal 27 September 1969, Zodiac Killer kembali menebarkan teror mautnya. Pada awalnya, ada sepasang kekasih bernama Bryan Hartnell (20) & Cecelia Ann Shepard (22) yang sedang bersantai di tepi Danau Berryessa. Mendadak, keduanya didekati oleh sosok misterius yang membawa pistol sambil mengenakan jaket & topeng penutup kepala yang berwarna hitam.

Di hadapan Bryan & Cecelia, sosok tersebut berkata kalau ia adalah tahanan yang baru saja kabur dari penjara & ingin melarikan diri ke Meksiko. Sosok tersebut lalu mengikat Bryan & Cecelia dengan memakai tali, sebelum kemudian menusuk keduanya berulang kali dengan memakai pisau. Pelaku sesudah itu berjalan santai meninggalkan kedua korban.

Bryan & Cecelia sendiri ternyata masih hidup kendati berada dalam kondisi terluka parah. Setelah keduanya berteriak meminta tolong selama beberapa menit, seorang nelayan mendatangi mereka & kemudian memanggil ambulans. Nyawa Bryan berhasil diselamatkan, namun tidak demikian halnya dengan Cecelia yang meninggal 2 hari kemudian.

Menurut kesaksian Bryan, Zodiac mengenakan kostum seperti ini saat menyerang dirinya & Cecelia. (criminalminds.fandom.com)

Pintu mobil Bryan yang sudah dicoret-coret oleh Zodiac. (zodiackiller.com)

Saat polisi melakukan penyelidikan, polisi menemukan kalau pelaku sempat mencoret-coret pintu mobil Bryan dengan simbol lingkaran berpalang & tulisan berisi tanggal-tanggal terjadinya aksi pembunuhan oleh Zodiac di masa lampau. Analisa pada jejak kaki menunjukkan kalau pelaku bertubuh besar & memiliki berat badan mencapai hampir 100 kg.

Menurut laporan saksi mata, ada orang misterius yang berkeliaran di lokasi sekitar 2 jam sebelum insiden pembunuhan terjadi. Polisi kemudian menggunakan laporan para saksi untuk membuat sketsa wajah terduga pelaku. Berdasarkan skesta tersebut, pelaku nampak berwajah gemuk, berambut gelap, & memiliki potongan rambut belah pinggir.

Peristiwa yang menimpa Bryan & Cecelia sekaligus menjadi peristiwa pertama di mana Zodiac tidak menggunakan pistol untuk membunuh korbannya. Namun kasus Bryan & Cecelia sendiri ternyata bukanlah kasus terakhir yang melibatkan Zodiac Killer.


Pembunuhan Keempat & Pengiriman Surat Berdarah (Oktober 1969)

Pada tanggal 11 Oktober 1969, seorang supir taksi bernama Paul Lee Stine ditemukan tewas di dalam taksinya dengan luka tembak di bagian kepala. Peristiwa mencekam tersebut terjadi di kota San Fransisco. Selain membunuh Paul, pelaku juga merampas dompet, kunci, & sobekan baju Paul.

Orang yang diduga kuat sebagai pelaku diketahui sempat berpapasan dengan polisi tidak lama sesudah pembunuhan tersebut terjadi. Namun karena polisi pada awalnya mengira kalau pembunuhan Paul dilakukan oleh orang kulit hitam, terduga pelaku dibiarkan lewat begitu saja.

Saat polisi mengumpulkan informasi dari para saksi, barulah diketahui kalau pelaku aslinya merupakan orang kulit putih. Polisi yang sempat berpapasan dengan terduga pelaku lantas mencoba mengingat-ingat kembali ciri-ciri fisik terduga pelaku. Menurut kesaksiannya, terduga pelaku nampak bertubuh tinggi besar, mengenakan kacamata, memakai jaket berwarna biru, & berambut cepak.

Poster buronan yang menampilkan sketsa wajah Zodiac. (zodiackiller.com)

Polisi pada awalnya masih belum mengaitkan kasus pembunuhan Paul dengan kasus Zodiac Killer karena modus operandi keduanya nampak begitu berbeda. Selama ini, Zodiac hanya membunuh korbannya tanpa merampas harta bendanya. Oleh karena itulah, polisi awalnya mengira kalau Paul tewas akibat menjadi korban perampokan.

Polisi akhirnya tahu kalau Paul dibunuh oleh Zodiac setelah pada tanggal 13 Oktober 1969, kantor surat kabar San Francisco Chronicle menerima surat dari Zodiac. Dalam surat tersebut, Zodiac mengaku sebagai pembunuh Paul. Ia juga mengancam akan menyerang bus sekolah & membunuh semua penumpangnya. Namun ancaman tersebut pada akhirnya tidak pernah terjadi & tidak ada bus sekolah yang diserang.

Selain mengirimkan surat, Zodiac juga melampirkan potongan kain yang bersimbah darah untuk mendukung klaimnya kalau memang dia yang membunuh Paul. Saat darah pada kain tersebut diselidiki, ternyata darah & potongan kain tadi memang berasal dari jasad Paul.


Surat Ancaman Bom Zodiac (1970)

Kasus pembunuhan yang menimpa Paul sekaligus menjadi kasus pembunuhan terakhir yang dilakukan oleh Zodiac Killer. Namun Zodiac sendiri masih tetap mengirimkan surat-surat kepada kantor surat kabar setempat hingga tahun 1974.

Zodiac dalam surat-suratnya mengaku kalau ia masih melakukan aksi pembunuhan sepanjang periode tersebut. Namun karena polisi tidak bisa mengkonfirmasi klaim yang dibuatnya, polisi pun meyakini kalau Zodiac aslinya hanya sedang membual.

Dari sekian banyak surat yang dikirim oleh Zodiac sesudah tahun 1969, salah satu yang paling menarik perhatian adalah surat yang dikirimkan ke kantor surat kabar San Francisco Chronicle pada tanggal 20 April 1970. Dalam surat tersebut, Zodiac membuat klaim sepihak kalau ia aslinya sudah membunuh 10 orang.

Dalam surat yang sama, Zodiac juga menyisipkan tulisan "My name is___" (Nama saya adalah ___). Kemudian tepat di bawah kalimat tersebut, terdapat deretan simbol yang diyakini mengandung informasi rahasia mengenai nama asli Zodiac.

Surat & pesan bersandi yang dikirim oleh Zodiac ke kantor San Francisco Chronicle pada tanggal 20 April 1970. (zodiackiller.com)

Selain mengirimkan surat, Zodiac pada tanggal tersebut juga mengirimkan gambar diagram mengenai bom yang ia klaim sudah ia buat. Dalam surat bergambar tersebut, Zodiac menjelaskan kalau bom tersebut rencananya akan ia gunakan untuk meledakkan bus pada siang hari.

Tanggal 26 Juni 1970, Zodiac kembali mengirimkan surat ke kantor surat kabar San Francisco Chronicle. Dalam surat ini, Zodiac mengaku sudah membunuh seseorang di lapangan parkir dengan pistol berkaliber 0,38 inci. Namun polisi meyakini kalau Zodiac aslinya tidak pernah melakukan pembunuhan yang diklaimnya.

Zodiac dalam surat yang sama juga mengancam akan meledakkan bom di suatu lokasi. Untuk memberi petunjuk kepada polisi, Zodiac melampirkan peta kota San Fransisco & deretan kode rahasia dalam suratnya. Kode tersebut lagi-lagi tidak berhasil dipecahkan, namun ancaman ledakan bom dari Zodiac pada akhirnya juga tidak pernah terjadi.

Tanggal 27 Oktober 1970, Zodiac mengirimkan kartu ucapan Halloween bergambar tengkorak. Kartu ucapan tersebut dialamatkan kepada Paul Avery, wartawan koran San Francisco Chronicle yang meliput kasus Zodiac Killer.

Kartu ucapan yang sama menampilkan pesan "by fire, by knife, by gun, by rope" (dengan api, dengan pisau, dengan senjata api, dengan tali). Dugaan kalau Zodiac berniat membunuh Avery dengan salah satu metode tersebut lantas langsung merebak. Karena merasa begitu khawatir akan keselamatannya sendiri, Avery pun sejak itu selalu bepergian sambil membawa senjata api.


Kartu ucapan berisi ancaman pembunuhan yang dikirimkan oleh Zodiac kepada Paul Avery. (zodiackiller.com)


Zodiac Sudah Membunuh Sejak Tahun 1966?

Tanggal 13 Maret 1971, giliran kantor surat kabar Los Angeles Times yang menerima surat dari Zodiac. Dalam surat rersebut, Zodiac mengklaim sudah membunuh lebih dari 17 orang. Dalam surat yang sama, Zodiac juga mengaku bertanggung jawab atas kasus pembunuhan di Riverside.

Kasus pembunuhan Riverside diyakini merujuk pada kasus pembunuhan Cheri Josephine Bates, mahasiswi Riverside City College yang ditemukan tewas pada tanggal 31 Oktober 1966. Saat mayatnya diautopsi, Cheri diketahui tewas akibat ditusuk berulang kali di bagian badan & leher.

Jika Cheri memang tewas akibat dibunuh oleh Zodiac, maka itu berarti Cheri merupakan korban pertama Zodiac. Selama ini, Zodiac diketahui baru mulai membunuh pada tahun 1968.

Sebelum Zodiac mengirimkan surat pada tanggal 13 Maret, Paul Avery dalam artikelnya sudah menduga kalau Cheri mungkin tewas akibat dibunuh oleh Zodiac. Dasarnya adalah karena sekitar sebulan sesudah Cheri ditemukan tewas, pelaku mengirimkan surat ke kantor polisi Riverside & kantor surat kabar Press-Enterprise. Surat tersebut berisi detail pembunuhan Cheri yang belum diungkap oleh polisi ke publik.

Meskipun begitu, tetap ada yang meragukan pendapat kalau Zodiac adalah pembunuh Cheri. Pasalnya kendati Zodiac mengklaim kalau dirinyalah yang membunuh Cheri, Zodiac tidak memberikan detail lebih jauh mengenai hal-hal di lokasi pembunuhan yang tidak diketahui khalayak umum. Dampaknya, mereka yang meragukan klaim Zodiac lantas berkesimpulan kalau Zodiac aslinya hanya sedang membual & mencari perhatian.


Zodiac & Misteri Raibnya Donna Lass

Tanggal 22 Maret 1971, kantor surat kabar San Francisco Chronicle menerima kartu pos dari Zodiac. Kartu pos tersebut ditujukan kepada Paul Avery, namun Zodiac salah menuliskan namanya menjadi "Paul Averly".

Dalam kartu pos yang sama, terdapat gambar iklan perumahan di tepi Danau Tahoe beserta tulisan "sought victim 12" (korban yang dicari 12). Gambar pada kartu pos tersebut diyakini merujuk pada kasus Donna Lass, gadis berusia 25 tahun yang menghilang secara misterius pada bulan bulan September 1970.

Kartu pos yang dikirim oleh Zodiac pada tanggal 22 Maret 1971. (zodiackiller.com)

Danau Tahoe, lokasi hilangnya Donna Lass. (audleytravel.com)

Donna sejak bulan Mei 1970 tinggal di sebelah selatan Danau Tahoe & bekerja sebagai perawat di hotel setempat. Suatu hari pada bulan September 1970, pemilk apartemen tempat Donna tinggal menerima pesan dari seorang pria yang berkata kalau Donna harus pergi ke luar kota akibat urusan mendesak terkait keluarganya.

Keluarga Donna membantah kalau mereka sedang berada dalam situasi mendesak. Dugaan pun langsung merebak kalau pria misterius tersebut aslinya adalah orang yang menculik Donna. Hingga sekarang, nasib & keberadaan Donna tidak pernah diketahui. Demikian juga mengenai dugaan apakah memang benar kalau Donna diculik & dibunuh oleh Zodiac.


Surat-Surat Terakhir Zodiac (1974)

Kartu pos yang dikirim oleh Zodiac pada tahun 1971 sekaligus menjadi pesan terakhir dari Zodiac yang menggunakan simbol lingkaran berpalang. Tanggal 29 Januari 1974, kantor San Francisco Chronicle kembali menerima kiriman surat tanpa identitas. Kendati surat ini sama sekali tidak menampilkan nama maupun simbol khas Zodiac, surat ini diyakini berasal dari Zodiac karena gaya bahasa & tulisannya nampak serupa.

Dalam surat tersebut, pengirim mengaku kalau film horor "The Exorcist" adalah film komedi satir terbaik yang pernah ia tonton. Kemudian di bagian pojok kanan bawah surat, terdapat tulisan "Me - 37, SFPD - 0" (Aku - 37, Departemen Kepolisian San Francisco - 0).

Surat yang dikirim oleh Zodiac pada tanggal 29 Januari 1974. (zodiackiller.com)

Polisi meyakini kalau tulisan "37" merujuk pada jumlah korban yang diklaim sudah dibunuh oleh Zodiac. Namun tidak diketahui apakah Zodiac memang sudah membunuh sebanyak itu karena berdasarkan catatan polisi, baru ada 5 orang yang dikonfirmasi tewas akibat dibunuh oleh Zodiac.

Tanggal 8 Juli 1974, San Francisco Chronicle kembali menerima kiriman surat dengan gaya bahasa serupa Zodiac. Dalam surat tersebut, pengirim menyebut dirinya dengan nama "The Red Phantom" (Si Hantu Merah). Jika surat ini memang dikirim oleh Zodiac, maka surat ini sekaligus menjadi surat terakhir yang dikirim oleh Zodiac. Pasalnya sesudah itu, sepak terjang Zodiac tidak pernah terdengar lagi.



MISTERI IDENTITAS ASLI ZODIAC KILLER

Dengan melihat modus operandi Zodiac, karakteristik para korban, & laporan dari para saksi mata, sosok asli Zodiac diperkirakan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

-  Pernah bertugas dalam militer. Pasalnya Zodiac diketahui ahli mengoperasikan senjata api, memiliki postur tinggi (hampir 180 cm), & paham mengenai seluk beluk sandi serta kode rahasia.

-  Bertubuh gemuk & berjenis kelamin pria. Dasarnya adalah karena berdasarkan laporan para saksi & analisa pada jejak kaki yang ditinggalkannya, orang yang diduga kuat sebagai Zodiac dilaporkan memiliki penampilan demikian.

-  Tinggal lama di negara bagian California. Dasarnya tidak lain aksi-aksi pembunuhan Zodiac semuanya terjadi di California. Zodiac juga sangat lihai menentukan momen & lokasi yang tepat untuk membunuh korbannya.

-  Tidak sedang menikah / menjalin hubungan asmara. Pasalnya korban-korban Zodiac umumnya merupakan sepasang kekasih. Diduga karena merasa iri melihat kemesraan orang lain, Zodiac pun melampiaskannya dengan cara membunuh mereka.

-  Memiliki masalah pribadi dengan pekerjaan & orang-orang di sekitarnya. Karena merasa frustrasi, Zodiac pun melampiaskannya dengan cara membunuh sembarang orang & membanggakan aksinya melalui surat-suratnya.

-  Memiliki arloji merek Zodiac, atau sebatas merasa tertarik akan arloji tersebut. Pasalnya ada merek arloji yang bernama Zodiac, di mana arloji tersebut memiliki simbol bergambar lingkaran & palang layaknya simbol khas Zodiac Killer.

Logo khas Zodiac Killer (kiri) memiliki kemiripan dengan logo arloji merek Zodiac (kanan). (zodiackiller.com) (hodinkee.com)

Gambar sasaran pada keker senapan juga berbentuk menyerupai logo Zodiac Killer. (Jellocube27 / wikipedia.org)

Gambar lingkaran & palang juga nampak serupa dengan gambar sasaran pada keker / teropong senapan, sehingga penggunaan simbol demikian secara tidak langsung juga menunjukkan kemauan Zodiac untuk membunuh memakai senjata api. Jadi jika simbol Zodiac Killer tidak terinspirasi dari arloji Zodiac, mungkin dia aslinya terinspirasi dari keker senjata api.

-  Memiliki ketertarikan akan hal-hal seputar dunia kriminal, khususnya mengenai kasus-kasus kejahatan yang tak terpecahkan. Pasalnya Zodiac sangat lihai membunuh tanpa meninggalkan jejak yang mudah ditelusuri.


Dengan merujuk pada hal-hal tersebut, polisi lantas mengumpulkan nama-nama yang dicurigai sebagai identitas asli Zodiac Killer. Total, ada ribuan orang yang diduga merupakan identitas asli Zodiac Killer. Berikut ini adalah sebagian di antaranya yang memiliki kemungkinan tertinggi.


Arthur Leigh Allen

Dari sekian banyak orang yang dispekulasikan sebagai Zodiac, Arthur adalah kandidat terkuat. Pasalnya ada begitu banyak hal terkait Arthur yang cocok dengan karakteristik Zodiac. Sebagai contoh, menurut kesaksian korban selamat Zodiac yang bernama Mike Mageau, orang yang menyerangnya memiliki ciri-ciri yang serupa dengan Arthur.

Arthur diketahui juga memiliki latar belakang militer. Ia sempat bertugas selama 2 tahun di Angkatan Laut sebelum kemudian dikeluarkan pada tahun 1958. Sesudah itu, Arthur sempat bekerja sebagai guru SD. Namun ia dipecat pada tahun 1968 akibat ketahuan melakukan pelecehan pada anak didiknya sendiri.

Arthur sesudah itu tinggal bersama orang tuanya & bekerja serabutan. Pada bulan Desember 1968, Arthur menerima bingkisan arloji merek Zodiac dari ibunya sebagai hadiah Natal. Jika Arthur memang merupakan identitas asli Zodiac, mungkin dari arloji itulah Arthur mendapat ide untuk membuat nama samaran Zodiac & simbol lingkaran berpalang sebagai simbol identitas samarannya.

Arthur Leigh Allen (tengah) pada tahun 1972. (zodiackiller.com)

Bulan September 1974, Arthur ditangkap & dipenjara hingga tahun 1977 atas tuduhan pelecehan seksual di bawah umur. Menariknya, sejak Arthur ditangkap, Zodiac tidak pernah lagi mengirimkan surat kepada kantor-kantor surat kabar setempat. Zodiac terakhir kali mengirimkan surat pada bulan Juli 1974.

Wawancara dengan teman-teman Arthur  juga menunjukkan indikasi kuat kalau Arthur adalah identitas asli Zodiac Killer. Sebagai contoh, pada tahun 1968 Arthur pernah berkata kepada sahabatnya yang bernama Philip kalau ia merasa tertarik akan ide memburu manusia. Zodiac dalam surat bersandi di bulan Juli 1969 mengklaim kalau berburu manusia lebih mengasyikkan ketimbang berburu hewan

Pada tanggal 10 Oktober 1969, Arthur pernah membual kepada Ralph Spinelli kalau ia ingin membunuh supir taksi di San Francisco. Keesokan harinya, seorang supir taksi yang bernama Paul Stine ditemukan tewas di San Francisco.

Tahun 1971, Arthur diinterogasi oleh polisi. Di hadapan polisi, Arthur mengaku sebagai penggemar buku cerita yang berjudul "The Most Dangerous Game" (Permainan Paling Berbahaya). Buku tersebut bercerita mengenai seorang bangsawan yang menggunakan pulau pribadi miliknya untuk berburu manusia.

Lepas dari semua hal tersebut, polisi tidak pernah menangkap Arthur karena tidak memiliki cukup bukti. Pada tahun 1971, polisi membandingkan tulisan tangan Arthur dengan tulisan tangan dalam surat-surat Zodiac. Usai melakukan pembandingan, polisi menyimpulkan kalau gaya tulisan tangan Arthur tidak cocok dengan gaya tulisan tangan Zodiac.

Perbandingan tulisan tangan Zodiac Killer & Arthur. (zodiackiller.com)

Tahun 2002, polisi melakukan tes DNA pada perangko surat Zodiac & membandingkannya dengan DNA milik Arthur. Tes DNA itu sendiri dilakukan karena Arthur dikabarkan memiliki kebiasaan menempel perangko pada amplop dengan cara menjilatinya terlebih dahulu. Hasilnya, DNA pada surat tidak menunjukkan kecocokan dengan DNA milik Arthur.

Belakangan diketahui kalau polisi tidak menemukan kecocokan antara DNA pada perangko dengan DNA Arthur karena polisi aslinya tidak mengambil sampel dari bagian perangko, melainkan dari bagian sekitar perangko. Akibatnya, saat dilakukan tes DNA, DNA yang diuji sudah bercampur dengan DNA orang-orang yang pernah memegang amplop surat Zodiac.

Tanggal 26 Agustus 1992, Arthur meninggal dunia dalam usia 58 tahun. Sebelum meninggal, Arthur diketahui memang sudah lama memiliki masalah kesehatan akibat kecanduan minuman keras.

Polisi secara resmi tidak pernah menetapkan Arthur sebagai identitas asli Zodiac. Namun dari sekian banyak orang yang dispekulasikan sebagai identitas asli Zodiac, Arthur-lah yang menjadi kandidat terkuat.


Richard Gaikowski

Richard Gaikowski adalah pria kelahiran tahun 1936 yang sempat menjadi anggota Angkatan Bersenjata AS pada dekade 1950-an. Sejak tahun 1963, Richard tinggal di negara bagian California. Tempat tinggal Richard diketahui hanya berjarak 5 mil dari lokasi pembunuhan David & Betty di tahun 1968.

Richard diketahui memendam kebencian pada polisi. Pada tahun 1969 hingga 1971, Richard pernah aktif dalam surat kabar independen Good Times yang kerap memuat pemberitaan-pemberitaan yang memojokkan polisi. Sementara Zodiac seperti yang kita tahu memiliki kebiasaan mengejek polisi melalui surat-suratnya.

Richard Gaikowski di tahun 1965. (zodiackiller.com)

Pada tahun 1969, Good Times memuat cerpen mengenai sekelompok orang yang berhasil mempermalukan polisi dengan cara mengirimkan pesan ancaman bom. Zodiac pada tahun 1970 sempat 2 kali mengirimkan surat berisi ancaman kalau ia bakal meledakkan bom.

Dalam artikel-artikel yang dibuatnya pada tahun 1969, Richard memiliki kebiasaan menggunakan nama singkat "Gaik" atau "Gike" untuk menyebut dirinya sendiri. Sementara dalam surat berkode yang dikirim oleh Zodiac pada akhir Juli 1969, ada tulisan "GYKE" yang terselip di antara deretan simbol dalam surat tersebut.

Tulisan "GYKE" pada surat bersandi Zodiac. (wikipedia.org)

Pada bulan Juli 1969, tepat sesudah Paul Stine tewas dibunuh, seorang polisi sempat berbicara dengan seseorang yang belakangan diketahui sebagai terduga pelaku pembunuhan Paul. Menurut pengakuan polisi tersebut, suara Richard terdengar serupa dengan suara terduga pelaku. Kemudian seperti halnya Richard, terduga pelaku juga memakai kacamata.

Bulan Maret 1971, Zodiac mengirimkan surat ke kantor surat kabar Los Angeles Times. Sesudah itu, Zodiac sempat berhenti mengirimkan surat selama 3 tahun lamanya. Yang menarik, Richard sejak tahun 1971 juga sempat dirawat di RSJ Mount Zion usai didiagnosis memiliki gangguan mental.

Saat Zodiac kembali mengirim surat pada tahun 1974, Richard sudah tidak lagi menjalani perawatan di RSJ. Surat-surat Zodiac pada tahun 1974 juga semakin sering menyinggung hal-hal seputar film. Sementara Richard pada tahun tersebut bekerja sebagai staf bioskop di San Francisco.

Tanggal 30 April 2004, Richard meninggal dunia di San Francisco dalam usia 68 tahun akibat kanker. Sekarang, Richard menjadi salah satu orang yang dispekulasikan sebagai identitas asli Zodiac Killer.


Richard "Rick" Marshall

Richard Marshall lahir pada tanggal 13 Maret 1926 di Texas dengan nama Joe Don Dickey. Memasuki usia 18 tahun, Richard sempat bertugas selama beberapa tahun dalam Angkatan Laut AS. Sejak dekade 1960-an, Richard tinggal di negara bagian California.

Pada bulan Juli 1969, Paul Stine tewas ditembak oleh Zodiac. Menurut sketsa yang dirilis oleh polisi, pelaku pembunuhan digambarkan memiliki tubuh yang gemuk & memakai kacamata. Gambaran tersebut serupa dengan ciri-ciri fisik Marshall.

Richard Marshall. (zodiacciphers.com)

Marshall sejak dekade 1960-an bekerja di teater film bisu. Zodiac pada tahun 1974 sempat mengirimkan sejumlah surat yang menyinggung hal-hal seputar film.

Marshall memiliki kegiatan sampingan sebagai penyiar radio amatir. Polisi pada awalnya tidak mencurigai Marshall. Namun sejak tahun 1976, Marshall menjadi kandidat baru identitas asli Zodiac setelah ia membuat pernyataan kontroversial mengenai Zodiac dalam siaran radionya.

Entah ada hubungannya secara langsung atau tidak, sejak periode tersebut Zodiac tidak pernah lagi mengirimkan surat ke kantor-kantor surat kabar setempat. Zodiac terakhir kali mengirimkan surat pada tahun 1974. Jika memang benar kalau Zodiac adalah Marshall, ia diduga melakukan hal tersebut supaya tidak lagi dicurigai polisi.

Tanggal 8 September 2008, Marshall meninggal akibat komplikasi penyakit syaraf Parkinson. Menjelang akhir hayatnya, Marshall diketahui kerap bertingkah aneh & emosional jika ada yang mengaitkan kasus Zodiac dengan dirinya.


Louis Myers

Louis Myers adalah seorang pria yang meninggal dunia pada tahun 2002 akibat sirosis organ hati. Menjelang kematiannya, Louis mengaku ke hadapan sahabat dekatnya yang bernama Bob Robitalle kalau ia merupakan identitas asli Zodiac Killer. Louis mengaku melakukan pembunuhan karena benci melihat pasangan kekasih.

Bob kemudian memberitahukan pengakuan sahabatnya tersebut ke polisi. Namun polisi tidak mempercayai klaim Bob. Pasalnya Zodiac digambarkan memiliki fisik yang gemuk, sementara Louis memiliki fisik yang kurus.

Louis Myers. (dailymail.co.uk)

Meskipun begitu, ada sejumlah hal yang membuat klaim Louis nampaknya bisa dipercaya. Ia diketahui tinggal di Vallejo, sebelah utara San Francisco, pada tahun 1965 hingga 1971. Zodiac diketahui melakukan pembunuhan berantai pada tahun 1968 hingga 1969.

Louis bekerja di toko perlengkapan militer, sementara ayahnya bertugas di pangkalan Angkatan Laut. Dengan melihat hal tersebut, Louis diyakini memiliki akses akan senjata api & memiliki pemahaman akan kode rahasia. Louis juga sempat berulang kali berpapasan dengan Darlene Ferrin, korban Zodiac pada bulan Juli 1969.

Bulan Oktober 1969, Zodiac membunuh seorang supir taksi & mengambil dompetnya. Menurut pengakuan Louis, ia melakukan pembunuhan tersebut karena membutuhkan uang untuk membeli narkoba.

Pada tahun 1971 hingga 1973, Louis ditempatkan di pangkalan militer milik AS di Jerman. Secara kebetulan, Zodiac terakhir kali mengirimkan surat pada tahun 1971 & baru melakukannya lagi pada tahun 1974.


Lawrence "Larry" Kane

Lawrence Kane lahir pada tanggal 29 April 1924 di New York dengan nama Lawrence Klein. Pada tahun 1943, ia sempat bertugas dalam Angkatan Laut AS. Kemudian pada tahun 1962, Lawrence kecelakaan lalu lintas. Ia selamat dalam kecelakaan tersebut, namun ia juga harus mengalami gegar otak.

Psikolog yang menangani Lawrence menyimpulkan pada tahun 1965 kalau Lawrence sesudah ini tidak akan bisa menahan hasrat pribadinya akibat kerusakan pada otaknya. Sejak itu, Lawrence pun semakin sering berurusan dengan polisi akibat aneka macam kasus, misalnya menguntit perempuan.

Lawrence Kane. (zodiackillerfacts.com)

Bulan Agustus 1968, Lawrence ditangkap oleh polisi negara bagian California akibat bertingkah mencurigakan. Hanya berselang 4 bulan kemudian, Zodiac melakukan pembunuhan pertamanya di negara bagian tersebut.

Darlene Ferrin adalah korban pembunuhan Zodiac pada bulan Juli 1969. Menurut kesaksian saudari Darlene yang bernama Pam Huckaby, Lawrence sempat menguntit Darlene selama berbulan-bulan.

Bulan September 1970, Donna Lass menghilang dari apartemennya di sebelah selatan Danau Tahoe. Zodiac dicurigai sebagai pelaku penculikan Donna karena ia pernah mengirimkan kartu pos bergambar Danau Tahoe pada bulan Maret 1971. Yang menarik, Lawrence diketahui bekerja di tempat yang sama dengan Donna.

Lawrence meninggal pada tanggal 20 Mei 2010 di negara bagian Nevada. Selain menjadi salah satu orang yang dicurigai sebagai identitas asli Zodiac Killer, Lawrence juga dikaitkan dengan sejumlah kasus penculikan wanita.

Peta lokasi negara bagian California & Nevada. (lizardpoint.com)

Pada tanggal 22 Maret 1970 misalnya, Kathleen Johns & anaknya diculik oleh pria misterius yang mengendarai mobil. Namun keduanya berhasil melarikan diri. Saat polisi menunjukkan sejumlah sketsa ke hadapan Kathleen, Kathleen kemudian menunjuk sketsa yang menampilkan sosok menyerupai Lawrence.

Yang menarik, pada tanggal 24 Juli 1970, Zodiac sempat mengirimkan surat berisi klaim kalau ia pernah membawa paksa seorang wanita beserta bayinya dengan memakai mobil. Karena deskripsi dalam surat tersebut serupa dengan detail percobaan penculikan yang menimpa Kathleen, dugaan kalau Zodiac adalah orang yang mencoba menculik Kathleen pun langsung timbul.

Tanggal 24 April 1974, seorang pria misterius mencegat mobil yang dinaiki oleh Dana Lull & Roy Tophigh. Sambil menodongkan pistol, pria tersebut memaksa Dana masuk ke dalam mobilnya & kemudian membunuh Dana di tempat lain. Insiden tersebut terjadi di Las Vegas, Nevada. Namun mayat Dana ditemukan di negara bagian California. Menurut kesaksian Roy, pelaku memiliki ciri-ciri fisik yang serupa dengan Lawrence.

Lantas, apakah Lawrence memang merupakan pelaku asli dari kasus-kasus penculikan tersebut? Tidak ada yang bisa memastikan. Demikian juga mengenai teka teki mengenai identitas asli Zodiac. Kendati kasus-kasus pembunuhan yang dilakukan oleh Zodiac sudah lama berlalu, tabir misterinya masih tetap membekas hingga sekarang.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Bauer, C.P.. 2017. "The Zodiac Ciphers: What We Know".
(www.history.com/news/the-zodiac-ciphers-what-we-know)

Butterfield, M.. 2017. "The Zodiac Killer: A Timeline".
(www.history.com/news/the-zodiac-killer-a-timeline)

Dimuro, G.. 2018. "Paul Avery — The Journalist Who Got A Cryptic Note From The Zodiac Killer".
(allthatsinteresting.com/paul-avery)

Entwistle, B.. 2022. "The Batman Director Details How The Zodiac Killer Inspired The Riddler".
(screenrant.com/the-batman-riddler-zodiac-killer-character-inspiration-explained/)

Fraga, K.. 2021. "This Amateur Sleuth Says He Just Cracked The Zodiac Killer’s Unsolved Ciphers — And Uncovered His Identity".
(allthatsinteresting.com/zodiac-killer-cipher-solved)

Goldstein, S.. 2014. "Is Louis Myers the Zodiac Killer? Man says now-dead buddy confessed to being Bay Area murderer".
(www.nydailynews.com/news/crime/man-now-dead-buddy-confessed-zodiac-killer-article-1.1703245)

Grinell, R.. "Lawrence Kane".
(www.zodiacciphers.com/lawrence-kane.html)

IMDb. "Zodiac (2007) - FAQ".
(www.imdb.com/title/tt0443706/faq?ref_=tt_faq_2)

Lawrence "Kane" Kaye (1924-2010). "The Murder of Dana Lull (Las Vegas, 1974)".
(lawrencekane.wordpress.com/dana-lull/)

Voigt, T.. "Cecelia Shepard & Bryan Hartnell".
(zodiackiller.com/confirmed-zodiac-killer-victims-cecelia-shepard-and-bryan-hartnell/)

Voigt, T.. "Cheri Josephine Bates".
(zodiackiller.com/zodiac-killer-victim-cheri-jo-bates/)

Voigt, T.. "Darlene Ferrin & Mike Mageau".
(zodiackiller.com/zodiac-killer-victims-darlene-ferrin-and-mike-mageau/)

Voigt, T.. "David Faraday & Betty Lou Jensen".
(zodiackiller.com/zodiac-killer-victims-david-faraday-and-lou-jensen/)

Voigt, T.. "Paul Stine".
(zodiackiller.com/zodiac-killer-victim-paul-stine/)

Voigt, T.. "Ray Davis".
(zodiackiller.com/possible-zodiac-victim-ray-davis/)

Voigt, T.. "The Arthur Leigh Allen File".
(www.zodiackiller.com/AllenFile.html)

Voigt, T.. "Zodiac Killer Suspect Arthur Leigh Allen".
(zodiackiller.com/zodiac-killer-suspect-arthur-leigh-allen/)

Voigt, T.. "Zodiac Killer Suspect Richard Gaikowski".
(zodiackiller.com/zodiac-killer-suspect-richard-gaikowski/)

Voigt, T.. "Zodiac Killer Suspect Richard Rick Marshall".
(zodiackiller.com/zodiac-killer-suspect-richard-rick-marshall/)

Voigt, T.. "Zodiac Killer Suspect Lawrence Kane".
(zodiackiller.com/zodiac-killer-suspect-lawrence-kane/)

Voigt, T.. "Zodiac Letters and Ciphers".
(zodiackiller.com/Letters.html)
  





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda selama tidak mengandung iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA.

Setiap komentar yang baru masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi jangan panik jika komentar anda tidak langsung muncul.

Diberdayakan oleh Blogger.