Makna & Sejarah Logo Klub Tottenham Hotspur



Logo Tottenham Hotspur.

Sepak bola merupakan salah satu olah raga terpopuler di negara Inggris. Oleh karena itulah, negara yang bersangkutan memiliki begitu banyak klub & perkumpulan sepak bola. Di ibukota London saja, ada sejumlah klub yang diketahui ambil bagian dalam Liga Premier, kompetisi tertinggi dalam piramida sepak bola Inggris.

Satu dari sekian banyak klub asal London yang diketahui bermain di Liga Premier Inggris adalah Tottenham Hotspur. Selama beberapa tahun terakhir, klub berjulukan "The Spurs" ini dikenal sebagai salah satu klub terkuat di Inggris & kerap menempati peringkat atas Liga Premier. Pada tahun 2019, Tottenham bahkan pernah melaju hingga babak final Liga Champions Eropa.

Tottenham bermarkas di Stadion Tottenham Hotspur yang berlokasi di wilayah utara kota London. Selain Tottenham, di kota London utara juga terdapat klub sepak bola lain yang bernama Arsenal. Oleh karena itulah, pertemuan antara kedua klub tersebut kerap dijuluki sebagai "derby London Utara" (North London derby).

Tottenham juga mudah dikenali dengan melihat logo klubnya yang khas. Klub tersebut menggunakan logo yang menampilkan sesosok burung di atas bola. Lantas, apa maksud dari logo yang digunakan oleh Tottenham tersebut? Jika pengunjung termasuk salah 1 yang penasaran, artikel kali ini akan membahas makna yang dikandung dalam logo Tottenham, lengkap dengan perjalanan sejarahnya.


Patung logo Tottenham di atas stadion Tottenham. (spurs-web.com)


MAKNA LOGO

Logo Tottenham menampilkan sesosok burung berkepala putih dengan badan berwarna biru tua & kaki yang bertaji. Burung tersebut nampak menghadap ke arah kiri sambil berdiri di atas bola berwarna biru tua. Kemudian di bawah bola tersebut, terdapat tulisan "Tottenham Hotspur" yang ditulis memakai huruf kapital.

Burung yang ada dalam logo Tottenham tersebut aslinya adalah ayam jago / ayam jantan. Penggunaan ayam jago dalam logo Tottenham memiliki sejarah yang panjang karena bisa ditelusuri sejak berabad-abad yang lalu.

Pada abad ke-14, saat Inggris sedang terlibat Perang 100 Tahun melawan Perancis, ada seorang ksatria bangsawan Inggris yang bernama Henry Percy. Oleh musuh-musuhnya, Henry dijuluki sebagai "Harry Hotspur" (Harry Si Taji Panas) karena Henry dikenal sebagai sosok yang lincah & agresif di medan perang. Layaknya ayam jago aduan yang juga memiliki taji di kakinya.

Patung Henry Percy / Harry Hotspur. (manorialcounselltd.co.uk)

Henry meninggal dunia pada tahun 1403. Namun sebelum meninggal, ia sempat menikah & memiliki keturunan. Pada tahun 1740-an, keturunan Henry yang bernama Hugh Smithson membangun rumah bangsawan di kota London utara.

Untuk menghormati leluhurnya, rumah tersebut ia beri nama "Rumah Percy" (Percy House). Sekarang, Rumah Percy menjadi markas dari Tottenham Hotspur Foundation, yayasan amal yang masih memiliki kaitan dengan klub Tottenham.

Rumah Percy terletak di distrik Tottenham, London utara. Dari distrik itulah, klub Tottenham Hotspur mendapatkan namanya. Sementara nama "Hotspur" terinspirasi dari nama julukan yang pernah disandang oleh Henry Percy. Karena "Hotspur" juga bisa diartikan sebagai taji, klub Tottenham pun menggunakan gambar ayam jago bertaji sebagai logo klubnya.

Ayam jago dalam logo Tottenham nampak memiliki kepala berwarna putih & badan berwarna biru tua karena kebetulan Tottenham memang menggunakan baju berwarna putih & celana berwarna biru tua sebagai warna utama seragam klubnya.

Warna putih & biru dalam logo Tottenham diambil dari warna seragam klubnya. (Tom Jenkins / theguardian.com)

Ayam jago yang sama nampak sedang berdiri di atas bola. Bola tersebut adalah bola sepak & dimaksudkan untuk menyimbolkan status Tottenham Hotspur sebagai klub sepak bola. Kemudian di bawah gambar bola, terdapat tulisan "Tottenham Hotspur" untuk menunjukkan nama lengkap dari klub pemilik logo ini.



SEJARAH LOGO

1882 - 1967


Tottenham merupakan salah satu klub sepak bola tertua di Inggris & bahkan dunia karena klub ini sudah berdiri sejak tahun 1882. Tottenham pada awalnya berdiri dengan mengusung nama "Hotspur Football Club" (Klub Sepak Bola Hotspur). Namun karena di London ada klub lain yang juga menggunakan nama Hotspur, klub tersebut kemudian mengganti namanya menjadi "Tottenham Hotspur" pada tahun 1884.

Saat baru berdiri, Hotspur / Tottenham menggunakan simbol tameng dengan tambahan huruf H sebagai logo klubnya. Huruf tersebut diambil dari huruf depan nama Hotspur. Dalam kesempatan lain, Tottenham tidak menggunakan logo khusus & hanya menggunakan huruf HFC dalam seragam klubnya. Tulisan HFC merupakan singkatan dari Hotspur Football Club (Klub Sepak Bola Hotspur).

Tahun 1921, untuk pertama kalinya Tottenham menggunakan logo berunsur gambar ayam jago. Logo Tottenham sejak tahun tersebut menampilkan gambar tameng yang berwarna putih & memiliki 2 lekukan di bagian atasnya. Kemudian di dalam tameng tersebut, terdapat siluet ayam jago berwarna biru tua.

Berbeda dengan logo Tottenham sekarang yang menampilkan gambar ayam jago yang tidak berjengger & posisi kepalanya lebih tinggi dibandingkan ekornya, logo Tottenham di tahun 1921 menampilkan gambar ayam jago berjengger dengan posisi kepala & ekor yang sejajar.

Logo-logo yang pernah digunakan oleh Tottenham hingga tahun 1950-an.

Ayam jago dalam logo Tottenham versi tahun 1921 nampak tidak memiliki taji. Mungkin karena hal itulah, Tottenham memutuskan untuk mengganti logonya pada tahun 1951. Logo Tottenham dalam logo tahun 1951 memiliki desain dasar yang serupa dengan logo versi tahun 1921, namun dengan gambar ayam jago yang berbeda.

Ayam jago dalam logo tahun 1951 nampak tidak memiliki jengger. Sebagai gantinya, ayam tersebut memiliki taji yang terlihat jelas & bulu ekor yang lebih pendek.


1967 - 1997

Tahun 1967, Tottenham kembali mengganti logonya, di mana logo Tottenham sejak tahun tersebut tidak lagi menampilkan gambar tameng. Sebagai gantinya, ayam dalam logo Tottenham nampak sedang berdiri di atas bola sepak yang berukuran besar.

Tahun 1983, Tottenham kembali melakukan penggantian logo. Dalam logo yang 1 ini, untuk pertama kalinya logo Tottenham menggunakan warna-warna selain warna putih & biru tua. Di dalam logo Tottenham versi tahun 1983, terdapat ayam jago berwarna biru & kuning yang sedang berdiri di atas lingkaran berwarna putih.

Di dalam lingkaran putih tersebut, terdapat huruf T, H, F, & C yang tersusun secara tumpang tindih. Huruf-huruf tersebut menyimbolkan singkatan dari nama lengkap klub ini : Tottenham Hotspur Football Club (Klub Sepak Bola Tottenham Hotspur).

Logo-logo yang pernah digunakan oleh Tottenham sejak tahun 60-an hingga pertengahan 90-an.

Di sebelah kiri & kanan gambar lingkaran tersebut, terdapat sepasang singa berwarna merah yang sedang mengangkat kaki depannya. Singa nampaknya digunakan karena singa merupakan hewan yang amat lazim dijumpai dalam lambang-lambang Inggris.

Kedua singa tersebut nampak sedang berdiri di atas pita kuning bertulisan "Audere Est Facere". Tulisan tersebut berasal dari bahasa Latin yang kurang lebih berarti "Lakukanlah Jika Ingin Jadi Pemberani" (To Dare Is To Do). Tulisan berbahasa Latin tersebut sekarang menjadi semboyan resmi dari klub ini.

Tahun 1995, Tottenham kembali melakukan penggantian pada logo klubnya. Logo Tottenham sejak tahun tersebut nampak seperti gabungan antar logo tahun 1951 & logo tahun 1983. Dalam logo Tottenham versi tahun 1995, terdapat gambar ayam jago yang sedang berdiri di atas lingkaran bertulisan THFC.

Kemudian di sekelilingnya, terdapat gambar tameng dengan bidang berwarna putih & garis tepi tebal yang berwarna biru tua.


1997 & Sesudahnya

Tahun 1997, Tottenham mengadopsi logo baru, di mana logo ini merupakan logo paling "ramai" yang pernah digunakan oleh klub yang bersangkutan. Di dalam logo ini, ayam jago Tottenham nampak berdiri di atas bola sepak berwarna kuning. Kemudian di bawahnya, terdapat tameng bertulisan THFC & sepasang singa berwarna merah di kedua sisinya.

Di sisi kiri gambar ayam jago, terdapat gambar benteng berwarna kuning yang nampak menyerupai pion catur Benteng (Rook). Kemudian di sebelah kanannya, terdapat 7 gambar pohon kecil yang berwarna hijau.

Kesemua simbol tersebut berada di dalam bidang tameng berwarna biru dengan garis tepi berwarna kuning. Kemudian di bawah tameng tersebut, terdapat pita berwarna biru dengan garis tepi luar yang menampilkan slogan resmi klub ini : Audere Est Facere.

Mungkin karena logo ini terlalu rumit & membuat simbol ayam jagonya kurang jelas terlihat, logo Tottenham versi ini tidak bertahan lama. Pada tahun 1999, Tottenham menggunakan logo baru tapi lama, di mana logo Tottenham versi tahun 1999 aslinya merupakan logo versi tahun 1983 yang kembali digunakan.

Logo-logo Tottenham sejak tahun 90-an.

Tahun 2006, Tottenham menggunakan logo baru yang lebih sederhana. Logo ini menampilkan gambar ayam jago yang sedang berdiri di atas bola sepak. Kemudian di bawahnya, terdapat tulisan "Tottenham Hotspur" untuk menunjukkan nama lengkap klub ini.

Logo ini nampaknya digunakan supaya orang awam yang baru melihat logonya sambil lalu bisa langsung tahu, siapa klub pemilik logo ini. Logo inilah yang digunakan sebagai logo resmi klub Tottenham hingga sekarang.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

1000 Logos. "Tottenham Hotspur Logo".
(1000logos.net/tottenham-hotspur-logo/)

Dave, dkk.. "Tottenham Hotspur".
(www.historicalkits.co.uk/Tottenham_Hotspur/Tottenham_Hotspur.htm)

F3 Architects LLP. "Percy House".
(www.f3architects.com/percy-house-the-newly-renovated-base-for-the-tottenham-hotspur-foundation/)

Tottenham Hotspur. "Percy House Heritage".
(www.tottenhamhotspur.com/the-club/foundation/about-us/percy-house-heritage/)

Wikipedia. "Henry Percy (Hotspur)".
(en.wikipedia.org/wiki/Henry_Percy_(Hotspur))
  





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.