Makna Lirik Lagu Lynyrd Skynyrd - Sweet Home Alabama



Papan selamat datang yang menampilkan tulisan "Sweet Home Alabama". (AevanStock / shutterstock.com)

Lynyrd Skynyrd (baca : Linerd Skinerd) adalah band beraliran rock yang berasal dari negara bagian Florida, Amerika Serikat (AS). Band ini tergolong sebagai band yang lawas karena puncak aktivitas band ini berlangsung pada dekade 1960 hingga 70-an. Karena alasan itulah, band ini bukanlah band yang banyak dikenal oleh mereka yang tinggal di Indonesia.

Kendati band ini bukanlah band yang populer di Indonesia, salah satu lagu buatan band ini cukup sering disinggung di ranah internet Indonesia. Khususnya oleh komunitas penggemar meme / karikatur internet. "Sweet Home Alabama" (SWH; Alabama Rumah yang Nyaman) adalah judul dari lagu tersebut.

SWH adalah lagu Lynyrd Skynyrd yang pertama kali dirilis pada tahun 1974 sebagai bagian dari album "Second Helping" (Pertolongan Kedua). Uniknya, lagu ini populer bukan karena melodi ataupun lirik lagu yang digunakannya, melainkan karena lagu ini kerap disinggung setiap kali ada yang membahas topik soal hubungan romantis antara saudara kandung.



ALABAMA & HUBUNGANNYA DENGAN PERNIKAHAN SEDARAH

Sebelum kita membahas makna dari lirik lagu SHA, ada baiknya kita bahas sedikit mengenail penyebab kenapa judul lagu ini lumayan populer di internet. Di kalangan penikmat meme / karikatur internet, Alabama kerap diklaim sebagai negara bagian AS yang penduduknya gemar menikahi saudaranya sendiri (incest).

Faktanya, hukum negara bagian Alabama aslinya melarang pernikahan antara sesama saudara kandung. Lantas, mengapa Alabama diidentikkan sebagai sarangnya orang-orang yang menikah dengan saudara kandungnya?

Stereotype itu sendiri awalnya muncul karena AS merupakan negara di mana penduduknya banyak yang menganut pola pikir liberal & sekuler. Di lain pihak, banyak penduduk Alabama yang berasal dari golongan penganut agama Kristen & menjalankan gaya hidup konservatif.

Peta lokasi negara bagian Alabama. (worldatlas.com)

Karena kaum liberal kerap menganggap agama sebagai simbol keterbelakangan, muncullah pandangan kalau penduduk Alabama adalah orang-orang yang kolot & terbelakang. Dikombinasikan dengan fakta bahwa Alabama merupakan negara bagian termiskin ke-5 di AS, beredarlah anggapan bahwa Alabama memiliki tingkat kemiskinan tinggi akibat ulah penduduknya sendiri.

Sebagai cara untuk menyindir orang-orang Alabama & gaya hidup konservatif yang mereka jalani, muncullah lelucon kalau rakyat Alabama adalah  gerombolan orang udik yang gemar menikahi saudara kandungnya sendiri. Saat lelucon tersebut beredar di internet, stereotype kalau penduduk Alabama gemar menikahi saudara kandungnya sendiri hanya semakin meluas.

Reputasi negatif yang dimiliki oleh Alabama di mata rakyat AS yang lain bukan semata-mata karena wilayah tersebut banyak dihuni oleh kaum religius & konservatif. Di masa lampau, Alabama juga pernah menyandang reputasi sebagai salah satu negara bagian yang paling rasis & paling getol menolak upaya persamaan hak antara golongan kaum kulit putih & kulit hitam.

Sebagai contoh, ketika AS dilanda perang saudara, Alabama merupakan 1 dari sekian banyak negara bagian AS yang memisahkan diri secara sepihak supaya tetap bisa menjalankan perbudakan. Saat perbudakan akhirnya benar-benar dihapuskan di seluruh wilayah AS, kaum kulit hitam di Alabama kerap menjadi sasaran diskriminasi & pembunuhan oleh warga lokal hingga abad ke-20.

Reputasi Alabama sebagai negara bagian AS yang tidak bersahabat bagi kaum kulit hitam tidak lepas dari fakta bahwa di negara bagian ini, pernah ada organisasi ekstrimis kulit putih Ku Klux Klan (KKK) yang kerap melakukan pengeroyokan kepada orang-orang kulit hitam. Kendati KKK juga aktif di negara-negara bagian AS yang lain, Alabama merupakan negara bagian AS dengan jumlah anggota KKK terbanyak, khususnya pada dekade 1960-an.

Anggota KKK yang sedang menggelar parade di Montgomery, Alabama. (Jim Peppler / digital.archives.alabama.gov)

Kombinasi dari hal-hal tadi lantas berujung pada timbulnya sterotype & reputasi negatif terhadap segala hal yang berkaitan dengan Alabama. Saat ada orang Alabama yang berkata kalau dia merasa bangga akan daerah & leluhurnya, orang tersebut bakal diejek sebagai orang udik yang mendukung rasisme & hal-hal buruk terkait Alabama.

Oke, itu tadi sedikit mengenai Alabama & stereotype yang mengikutnya. Sekarang mari kita bahas soal makna dari lirik lagu SHA itu sendiri. Kendati lagu SHA kerap disinggung setiap kali ada yang membahas soal pernikahan sedarah, lagu SHA sendiri aslinya sama sekali tidak menyinggung pernikahan sedarah sama sekali. Berikut ini adalah penjelasan mengenai makna asli yang dikandung oleh lagu SHA.



ANALISA LIRIK

Bagian I


Big wheels keep on turnin'
Carry me home to see my kin
Singin' songs about the south-land
I miss Alabamy once again and I think it's a sin, yes


Bagian ini menceritakan sang pelantun lagu yang sedang mengemudikan kendaraan beroda besar (big wheels keep on turnin'), misalnya mobil atau truk. Ia diceritakan sedang menaiki kendaraan tersebut untuk pulang menuju kampung halamannya & menengok sanak familinya (carry me home to see my kin).

Sembari mengemudikan kendaraannya tersebut, sang pelantun lagu bernyanyi-nyanyi mengenai kampung halamannya yang terletak di sebelah selatan (singin' songs about the south-land). Kampung halaman dari sang pelantun lagu diketahui sebagai Alabama, negara bagian AS yang terletak di sebelah selatan.

Sang pelantun lagu kemudian mengekspresikan betapa rindunya ia akan Alabama & segala hal yang berkaitan dengan negara bagian tersebut (I miss Alabamy once again). Ia kemudian menambahkan bahwa karena Alabama cenderung memiliki reputasi negatif, maka rasa rindunya akan Alabama di mata orang lain mungkin bakal terlihat sebagai hal yang hina & penuh dosa (I think it's a sin, yes).


Cuplikan video klip "Sweet Home Alabama" yang menampilkan para personil band Lynyrd Skynyrd di depan bendera Konfederasi Amerika. (youtube.com)


Well I heard Mister Young sing about her
Well I heard ol' Neil put her down
Well I hope Neil Young will remember
A southern man don't need him around anyhow


Di bagian ini, sang pelantun lagu bercerita kalau ada seorang penyanyi bernama Neil Young yang pernah menyanyikan lagu seputar Alabama (well I heard Mister Young sing about her). Namun tidak seperti lagu SHA yang mencitrakan Alabama secara positif, lagu yang dinyanyikan oleh Yong justru menggambarkan Alabama secara negatif (I heard ol' Neil put her down).

Lagu Young yang dimaksud oleh sang pelantun lagu adalah "Alabama", lagu Young yang pertama kali dirilis pada tahun 1972. Di dalam lagu "Alabama", Alabama digambarkan sebagai negara bagian AS dengan kondisi yang terbelakang & masa lalu yang kelam.

Masih di dalam lagu "Alabama", Young mencitrakan dirinya sebagai orang yang datang ke Alabama untuk membantu memperbaiki negara bagian tersebut. Karena pelantun lagu SHA tidak terima dengan cara Young menggambarkan Alabama dalam lagunya, sang pelantun lagu pun menyanyikan lagu SHA untuk menyindir balik Young.

Sang pelantun lagu berkata bahwa rakyat Alabama tidak membutuhkan sosok Young karena kehidupan mereka bakal tetap baik-baik saja dengan / tanpa ikut campurnya Young (a southern man don't need him around anyhow). Ia kemudian menambahkan bahwa karena Young tidak akan diterima oleh rakyat Alabama, maka Young sebaiknya mengingat baik-baik penolakan tersebut (I hope Neil Young will remember).


Reffrain I

Sweet home Alabama
Where the skies are so blue
Sweet home Alabama
Lord I'm comin' home to you


Di bagian ini, sang pelantun lagu menceritakan bagaimana bahagianya ia akan kondisi Alabama. Ia menggambarkan Alabama sebagai kampung halaman yang indah (sweet home Alabama) dengan langit yang senantiasa cerah (where the skies are so blue).

Sang pelantun lagu juga turut mengucapkan rasa syukurnya kepada Tuhan (Lord) karena Tuhan sudah menciptakan daerah seindah Alabama, lengkap dengan orang-orangnya yang agamis. Saking kuatnya rasa rindu yang dimilikinya terhadap Alabama, sang pelantun lagu pun memutuskan untuk pulang kampung ke Alabama saat ia akhirnya memiliki kesempatan (I'm comin' home to you).


Bagian II

In Birmingham they love the governor, boo boo boo
Now we all did what we could do


Birmingham adalah nama dari sebuah kota yang terletak di negara bagian Alabama. Pada tahun 1963, gereja kulit hitam di kota ini sempat menjadi sasaran pemboman oleh kelompok ekstrimis kulit putih KKK.

Saat pemboman tersebut terjadi, Alabama sedang dipimpin oleh Gubernur George Wallace. Wallace merupakan sosok yang kontroversial karena ia memiliki keinginan mempertahankan kebijakan pemisahan murid-murid kulit putih & kulit hitam di sekolah-sekolah Alabama.

George Wallace, gubernur Alabama pada dekade 1970-an. (washingtonpost.com)

Sekarang mari kita bicara soal makna dari lirik pada bagian lagu ini. Ada 2 versi mengenai apa makna sebenarnya dari bagian ini. Menurut versi pertama seperti yang diutarakan oleh Gary Rossington (gitaris Lynyrd Skynyrd), bagian ini dimaksudkan untuk membantah klaim bahwa rakyat Alabama merupakan orang-orang rasis yang mendukung segala macam tindak kekerasan terhadap orang kulit hitam.

Dalam pemaknaan versi ini, sejumlah rakyat Birmingham diceritakan sebagai pendukung Gubernur George Wallace & kebijakan-kebijakan rasisnya (in Birmingham they love the governor).

Namun oleh Rossington & orang-orang yang sejalan dengannya, sikap orang-orang Birmingham tersebut dipandang sebagai hal yang memalukan. Itulah sebabnya di kalimat yang sama, terdapat kata-kata "boo".

Kata "boo" dalam bahasa Inggris kurang lebih memiliki makna yang sama dengan kata "huu" di Indonesia, di mana kedua kata tersebut biasanya diteriakkan di tempat umum untuk menunjukkan kebencian.

Sang pelantun lagu kemudian menambahkan bahwa lagu ini dibuat untuk menunjukkan kalau mereka tidak sama dengan orang-orang Birmingham yang mendukung praktik diskriminasi ras. Lagu ini merupakan salah satu cara yang bisa mereka lakukan untuk menunjukkan penolakan mereka (now we all did what we could do).

Kalau menurut pemaknaan versi kedua, bagian pada lagu ini justru dimaksudkan sebagai bentuk dukungan kepada Gubernur George Wallace. Pemaknaan versi ini dilontarkan oleh Ed King, pemain bass Lynyrd Skynyrd.

Menurut King, ia & orang-orang yang sejalan dengannya mendukung kepemimpinan Wallace karena ia memandang Wallace sebagai pejuang hak-hak kaum kulit putih. Sementara kata "boo" yang ada dalam kalimat pertama bagian ini merujuk pada rakyat AS yang bakal beramai-ramai mencemooh para pendukung Wallace

Namun cemoohan tersebut tetap tidak akan mengubah pendirian para pendukung Wallace. Mereka bakal melakukan segala hal yang mereka bisa supaya Wallace bisa memenangkan pemilihan gubernur & memimpin negara bagian yang mereka tinggali (now we all did what we could do).

Klaim kalau lagu SHA merupakan lagu pro-Wallace & pro-diskriminasi turut diakui oleh Gary Rossington secara tidak langsung. Kendati ia mengaku kalau ia bukanlah pendukung Wallace & tidak mendukung praktik diskriminasi, ia tidak membantah kalau masing-masing orang memiliki cara pandangnya masing-masing, sehingga lagu ini pada gilirannya bisa dimaknai secara berbeda pula.


Now Watergate does not bother me
Does your conscience bother you? Tell the truth


Watergate adalah nama dari sebuah bangunan hotel merangkap kantor yang terletak di ibukota AS, Washington D.C.. Di bangunan inilah, pernah terjadi salah satu skandal politik paling menghebohkan di AS.

Pada tahun 1972, sekelompok orang menerobos masuk ke dalam bangunan Watergate yang sedang digunakan sebagai kantor oleh Partai Demokrat. Belakangan diketahui kalau orang-orang tersebut adalah anak buah Partai Republikan yang hendak melakukan penyadapan & mencuri dokumen rahasia milik Partai Demokrat.

Kendati Skandal Watergate pada waktu sangat menghebohkan publik & banyak diliput oleh media, sang pelantun lagu memilih untuk tidak mengikuti arus. Alih-alih ikut terlibat dalam histeria Skandal Watergate, sang pelantun lagu memilih untuk bersikap cuek (now Watergate does not bother me) karena menurutnya, ada masalah lain yang lebih penting & lebih menyita perhatiannya.

Masalah yang ia maksud tersebut tidak lain seputar apa yang terjadi di negara bagian Alabama, negara bagian yang menjadi kampung halamannya. Sang pelantun lagu kemudian meminta kepada orang lain untuk bertanya kepada hati nuraninya sendiri & bersikap jujur (does your conscience bother you? Tell the truth), jika seseorang ingin memperjuangkan hak-haknya sendiri di tanah asalnya sendiri, apakah itu merupakan hal yang salah?


Para personil band Lynyrd Skynyrd di tahun 1975. (gettyimages.com)


Reffrain II

Sweet home Alabama
Where the skies are so blue
Sweet home Alabama (oh yeah)
Lord I'm comin' home to you
Here I come, Alabama


Bagian ini pada dasarnya memiliki makna yang sama dengan Reffain I, namun dengan tambahan kalimat "here I come, Alabama" (aku datang, Alabama) di bagian akhirnya. Kalimat tersebut merupakan pernyataan dari sang pelantun lagu kalau ia sebentar lagi bakal tiba di kampung halamannya. Sekaligus sebagai penegasan bahwa ia bakal melakukan segalanya demi membela Alabama & penduduknya.


Bagian III

Now Muscle Shoals has got the Swampers
And they've been known to pick a song or two, yes they do
Lord they get me off so much
They pick me up when I'm feelin' blue
Now how about you?


Muscle Shoals adalah nama dari sebuah kota di negara bagian Alabama yang kerap digunakan oleh band-band setempat untuk melakukan perekaman musik. Untuk memudahkan proses pembuatan & perekaman lagu, tidak jarang mereka menyewa jasa band lain yang sudah berpengalaman.

Muscle Shoals Rhythm Section (MSRS) adalah contoh dari band yang bergerak di bidang tersebut. Sepanjang karirnya, band yang juga dijuluki sebagai "The Swampers" (Penghuni Rawa) tersebut sudah terlibat dalam perekaman lebih dari 500 lagu. Musisi-musisi lawas terkenal seperti The Rolling Stones, Cat Stevens, hingga Lynyrd Skynyrd diketahui pernah bekerja sama dengan MSRS.

Bagian ini pada dasarnya ingin merefleksikan pengalaman sang pelantun lagu saat bekerja sama dengan MSRS. Pada awalnya, ia bercerita kalau di kota Muscle Shoals, terdapat band bernama MSRS yang juga dikenal dengan julukan "The Swampers" (now Muscle Shoals has got the Swampers).

Sang pelantun lagu kemudian bercerita lebih jauh kalau MSRS / The Swampers memiliki kebiasaan mengambil lagu-lagu milik musisi lain untuk dimodifikasi & disempurnakan sebelum dirilis secara resmi (they've been known to pick a song or two, yes they do).

Sang pelantun lagu menambahkan kalau ia merasa begitu bahagia karena bisa bekerja sama dengan MSRS (Lord they get me off so much). Pasalnya selain karena para anggota MSRS pada dasarnya memang sangat mahir dalam hal bermusik, MSRS membantu menyemangati sang pelantun lagu di saat ia sedang bersedih (they pick me up when I'm feelin' blue).

Sang pelantun lagu lantas menganjurkan kepada para penggemarnya untuk berkenalan dengan MSRS, atau sekalian berbagi pengalaman jika kebetulan pendengarnya pernah bekerja sama dengan mereka (now how about you?).


Reffrain I

(lihat kembali bagian berjudul serupa)


Reffrain III

Sweet home Alabama (oh, sweet home)
Where the skies are so blue
And the governor's true
Sweet home Alabama (lordy)
Lord I'm comin' home to you, yeah, yeah
Montgomery's got the answer


Bagian ini secara garis besar memiliki kemiripan dengan Reffain I, namun dengan sejumlah modifikasi. Di bagian ini, sang pelantun lagu pada dasarnya ingin menegaskan kembali kecintaannya akan Alabama sebagai kampung halaman yang nyaman (sweet home Alabama) dengan pemandangan yang indah & penuh akan harapan baik (where the skies are so blue).

Kalimat-kalimat berikutnya menunjukkan bahwa seburuk apapun reputasi yang dimiliki oleh Alabama, negara bagian tersebut tetap menjalankan segalanya berdasarkan sistem demokrasi yang berlaku. Di 1 sisi, terdapat gubernur Alabama yang mengklaim dirinya sebagai sosok yang benar (the governor's true).

Namun sebelum gubernur tersebut bisa menjalankan kebijakannya yang mungkin bakal membantik kontroversi, ia tetap harus melakukan pembicaraan dengan orang-orang pemerintahan di Montgomery (ibukota Alabama).

Di Montgomery pulalah, terdapat gerakan Civil Rights Movement yang memperjuangkan perbaikan hak-hak kaum kulit hitam AS. Dengan melihat hal-hal tersebut, sang pelantun lagu lantas berkesimpulan bahwa apapun masalah yang sedang mendera Alabama, penduduk Montgomery yang notabene berasal dari beragam golongan pasti bisa menemukan jalan keluarnya (Montgomery's got the answer).  -  © Rep. Eusosialis Tawon



SUMBER-SUMBER YANG MEMBANTU

 - . 2008. "Civil Rights Movement". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

 - . 2008. "Watergate Scandal". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Alabama Possible. 2020. "2020 Barriers to Prosperity Data Sheet: 800,000 Alabamians live in poverty; Alabama fifth poorest state".
(alabamapossible.org/2020/05/21/4480/)

Anti-Defamation League. 2001. "Emergence of the UKA".
(www.adl.org/issue_combating_hate/uka/rise.asp)

Chairman Meow. "Sweet Home Alabama Lyrics: What Does “Muscle Shoals Has Got the Swampers” Mean?".
(believe.art/sweet-home-alabama-lyrics-muscle-shoals-got-swampers/)

Contreras, F.. 2018. "Unfurling 'Sweet Home Alabama,' A Tapestry Of Southern Discomfort".
(www.npr.org/2018/12/17/676863591/sweet-home-alabama-lynyrd-skynyrd-southern-discomfort-american-anthem)

Discogs. "Lynyrd Skynyrd – Second Helping".
(www.discogs.com/master/70584-Lynyrd-Skynyrd-Second-Helping)

Genius Lyrics. "Alabama - Neil Young".
(genius.com/Neil-young-alabama-lyrics)

IDCA. "Governor George Wallace Attempting to Block Integration at the University of Alabama, June 11, 1963".
(iowaculture.gov/history/education/educator-resources/primary-source-sets/school-desegregation/governor-george)

King, E.. 2009. "Secong Helping".
(edking.proboards.com/thread/87/secong-helping)

LawInfo. "Alabama Family Law: An Overview".
(www.lawinfo.com/resources/family-law/alabama/)

Snopes. 2019. "Did Alabama Bless ‘Incest’ Marriages Between Brothers and Sisters, Uncles and Nieces?".
(www.snopes.com/fact-check/alabama-bless-incest-marriage/)

Summers, S.. 2016. "10 Ways You’ll Be Stereotyped for Living in Alabama".
(matadornetwork.com/life/10-ways-youll-stereotyped-living-alabama/)



TAUTAN EKSTERNAL

Lirik lagu Lynyrd Skynyrd - Sweet Home Alabama

Video klip Lynyrd Skynyrd - Sweet Home Alabama
  






COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.