Kelabang Berkaki Panjang



Kelabang berkaki panjang dari spesies Scutigera coleoptrata. (Christopher Shaw / work.colum.edu)

Siapa yang tidak tahu kelabang? Kelabang / lipan adalah sejenis hewan kecil yang mudah dikenali karena tubuhnya yang panjang seperti cacing, namun memiliki kaki berjumlah banyak & antena yang panjang di bagian depan serta belakang tubuhnya.

Diperkirakan di dunia ini ada sekitar 8.000 spesies kelabang & di dalam tangga klasifikasi ilmiah, semuanya termasuk ke dalam kelas Chilopoda. Nah, artikel kali ini ingin membahas soal Scutigeromorpha, jenis kelabang yang lain daripada yang lain. Ingin tahu bedanya dibanding kelabang jenis lain? Yuk, dilanjut bacanya...

Scutigeromorpha atau bisa juga disebut sebagai "kelabang berkaki panjang" adalah salah satu tingkatan ordo dalam klasifikasi ilmiah kelabang di mana kelabang-kelabang yang termasuk ke dalam anggota ordo ini memiliki kaki-kaki berjumlah - umumnya - 15 pasang yang berukuran lebih panjang bila dibandingkan dengan kelabang-kelabang pada umumnya.

Ordo Scutigeromorpha lebih lanjut dalam tangga klasifikasi ilmiah terbagi lagi menjadi 3 famili utama : Psellioididae, Scutigeridae, & Scutigerinidae. Artikel kali ini sendiri akan fokus membahas salah satu anggota Scutigeromorpha yang dikenal sebagai kelabang rumah (house centipede, Scutigera coleoptrata).

Layaknya kelabang-kelabang lainnya, kelabang berkaki panjang adalah hewan nokturnal yang berarti mereka melakukan aktivitasnya di malam hari. Di siang hari, mereka lebih banyak bersembunyi di tempat yang gelap semisal di bawah batu atau di celah pohon. Bukan tanpa alasan mengapa kelabang memiliki pola hidup demikian.

Kelabang tidak memiliki semacam penutup pada lubang pernapasannya (spirakel) sehingga kelabang mudah kehilangan cairan dalam bentuk uap saat beraktivitas. Untuk mencegah dehidrasi akibat suhu lingkungan yang tinggi & pengeluaran uap air secara berlebihan, kelabang pun selalu berusaha menghindari cahaya yang intensitasnya berlebihan.


Kepala kelabang berkaki panjang dilihat dari dekat. (Kevincollins123 / wikipedia.org)


PEMBURU CEKATAN YANG BERKAKI BANYAK

Dengan kaki-kakinya yang panjang & tubuhnya yang pendek, kelabang berkaki panjang bisa bergerak dengan sangat cepat. Baik itu di atas permukaan yang datar (misalnya lantai) maupun di atas permukaan yang tegak lurus (misalnya tembok). Spesies Scutigera coleoptrata alias kelabang rumah misalnya, diketahui bisa bergerak dengan kecepatan 0,4 meter per detik.

Saat bergerak, kelabang berkaki panjang akan terlihat menggelombangkan tubuh & kakinya dengan cepat, berdiam sebentar (mungkin untuk mengumpulkan kembali tenaga mengingat kelabang adalah hewan berdarah dingin & tidak bisa bergerak cepat terus menerus), lalu kembali bergerak.

Cukup menarik untuk melihat bagaimana kelabang berkaki panjang bisa bergerak cepat tanpa khawatir kaki-kakinya akan tersangkut satu sama lain. Rahasianya terletak pada kelihaian kelabang berkaki panjang dalam mengatur rentang panjang & pendek kaki-kakinya. Saat bergerak, sebagian kakinya akan diangkat dalam posisi lurus sambil diayun ke depan, sementara sebagian lainnya tetap berada di atas tanah dalam posisi ditekuk.

Pola gerakan kaki macam itu dilakukan oleh kelabang secara teratur & bergantian. Singkatnya, bagian kaki kelabang yang digerakkan akan selalu berada di atas bagian kaki yang tidak digerakkan sehingga kaki-kakinya tidak akan saling bertabrakan.

Kelabang berkaki panjang merupakan hewan karnivora di mana makannya mencakup hewan-hewan kecil seperti serangga, kutu, laba-laba, & cacing. Ada 2 cara bagi kelabang berkaki panjang untuk berburu. Cara pertama adalah dengan bergerak cepat mengejar mangsanya dengan memanfaatkan kecepatannya. Cara kedua adalah dengan diam menunggu & kemudian menyergap mangsa yang kebetulan lewat.

Kelabang berkaki panjang juga memperlihatkan semacam kecerdikan saat berburu. Ketika ia menghadapi calon mangsa yang bisa membahayakan dirinya semisal tawon, ia akan menggigit calon mangsanya tersebut untuk meracuninya sebelum kemudian pergi menjauh selama beberapa waktu hingga calon mangsanya lumpuh & tak bisa lagi melawan.

Kelabang berkaki panjang yang sedang makan. (arthurevans.wordpress.com)

Bila kelabang berkaki panjang sudah berhasil mendapatkan mangsanya, ia akan melumpuhkan mangsanya dengan cara menyuntikkan racun. Tidak seperti kelabang pada umumnya yang menyuntikkan racun dari bagian taring, kelabang berkaki panjang menyuntikkan racun dari kaki-kaki depannya.

Kelabang ini menggunakan taringnya untuk menggigit & menahan posisi mangsanya saat makan. Hal berikutnya yang dilakukan oleh kelabang berkaki panjang sesudah makan hanyalah segera pergi bersembunyi di tempat yang aman agar makanan dalam perutnya bisa tercerna lebih lanjut.



MONSTER KECIL YANG PENUH RASA KEIBUAN

Musim kawin dari kelabang berkaki panjang berlangsung setiap tahun pada bulan-bulan bersuhu hangat, misalnya musim semi jika habitatnya adalah wilayah 4 musim. Selama periode musim kawin tersebut, kelabang berkaki panjang akan aktif mencari calon pasangannya dengan cara mendeteksi rangsangan bau & suara.

Bila seekor kelabang jantan sudah menemukan calon pasangannya, maka keduanya akan mulai saling melingkari & pejantan akan membuat semacam kantong sutra yang berisi persediaan spermanya. Kantong sutra itu kemudian diambil oleh sang betina yang memakai persediaan sperma dalam kantong tersebut untuk membuahi sel telurnya.

Kelabang betina yang sudah kawin selanjutnya akan mengeluarkan telur-telurnya pada permukaan tanah - lengkap dengan semacam lapisan berlendir untuk melindunginya. Jumlah telur yang dihasilkan oleh kelabang berkaki panjang sendiri bisa mencapai 150 butir lebih, namun pada umumnya jumlah telur yang dihasilkan kurang dari setengahnya.

Di balik penampilan seramnya, kelabang berkaki panjang ternyata merupakan induk yang sangat peduli karena usai mengeluarkan telur-telurnya, ia akan menjaganya dengan cara melingkari & menjilati telur-telurnya tersebut untuk mencegah terjadinya pembusukan akibat jamur.

Bila tidak ada masalah, maka telur-telur tersebut akan menetas di mana larva yang baru menetas bentuknya sangat mirip dengan kelabang dewasa, namun hanya memiliki 4 pasang kaki. Larva tersebut kemudian akan melakukan pergantian kulit beberapa kali di mana selama berganti kulit, kakinya juga sedikit demi sedikit akan terus bertambah hingga mencapai jumlah maksimal 15 pasang.

Pada periode ini, sang induk masih menunjukkan kepedulian pada anak-anaknya dengan cara menjaga mereka hingga usia 2 minggu. Seekor kelabang berkaki panjang sendiri diketahui mulai mencapai periode kematangan seksual pada usia 3 tahun & memiliki usia maksimum 5 tahun, dengan panjang tubuh maksimum mencapai 6 cm.


Seekor kelabang berkaki panjang di atas tangan manusia.


KORBAN PARANOID MANUSIA

Kelabang berkaki panjang - khususnya spesies kelabang rumah - adalah hewan yang cukup akrab bagi manusia karena mereka sering ditemukan di lokasi-lokasi yang lembab & gelap dalam rumah. Misalnya di ruang bawah tanah atau di kamar mandi. Mereka sendiri pada dasarnya bukanlah hewan yang berbahaya karena kendati memiliki kelenjar racun, namun racunnya tidak mematikan bagi manusia & kaki depan penghasil racunnya seringkali tidak cukup kuat untuk melukai kulit manusia.

Kelabang berkaki panjang sendiri pada dasarnya merupakan hewan yang sangat bermanfaat bagi manusia karena mereka suka memakan hama-hama kecil semisal kecoa & kutu pemakan kertas. Kendati demikian, mereka masih sering dibunuh oleh manusia yang sudah takut duluan oleh penampilannya.

Hal yang menarik sekaligus melegakan - atau mungkin menyebalkan bagi mereka para pembenci kelabang - adalah kelabang berkaki panjang juga memiliki banyak cara untuk melindungi dirinya. Teknik pertahanan diri yang paling sering digunakan tentunya adalah dengan bersembunyi di tempat-tempat gelap.

Kalaupun berada di tempat terbuka, kelabang berkaki panjang bisa memakai penglihatannya yang tajam untuk mengamati kondisi sekitarnya & kemudian memanfaatkan kecepatannya yang nyaris secepat kecoa untuk melarikan diri. Tak hanya itu, sebagai metode pertahanan lebih lanjut, kelabang berkaki panjang juga bisa memutuskan sebagian kakinya untuk mengalihkan perhatian.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Chilopoda
Ordo : Scutigeromorpha



REFERENSI

Ricks, W.. 2001. "Scutigera coleoptrata".
(animaldiversity.org/site/accounts/information/Scutigera_coleoptrata.html)

Shaw, C.. 2010. "Animalia arthropoda chilopoda scutigeromorpha scutigeridae scutigera coleoptrata".
(work.colum.edu/~cshaw/scutigera.php)

Wikipedia. "Centipede".
(en.wikipedia.org/wiki/Centipede)

Wikipedia. "Scutigera coleoptrata".
(en.wikipedia.org/wiki/Scutigera_coleoptrata)



TAUTAN EKSTERNAL

Video mengenai cara bergerak kelabang berkaki panjang
 





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



52 komentar:

  1. Wiw.. ngeri ah ngeliatya.. hehe

    BalasHapus
  2. hmmmm aneh keliatannya dengan kaki panjangnya itu.
    dulu pernah liat lipan panjang 1,5 jengkal di kampus
    gedhe amaaat

    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Taqabbalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa Shiyamakum .
    Ja’alanallaahu Minal Aidin wal Faidzin
    attayaya mengucapkan
    Selamat Idul Fitri 1432 H
    Sekalian Memohon maaf lahir bathin
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    BalasHapus
  3. sangat menarik saya tidak tahu tentang serangga ini

    BalasHapus
  4. Thank u infonya.. Saya baru dapet hewan ini di rumah. Pertama binggung ini binatang apa.

    BalasHapus
  5. Nih barusan aja nemu ditempat kerja. Ada yang mau???

    BalasHapus
  6. ih geli syereemm

    BalasHapus
  7. Aq bru aj dapet gue peliihara de
    Soalx gue pecinta hewan

    BalasHapus
  8. Tempo hari ketemu di kamar mandi, karna takut jadi saya siram pake cairan wipol, trs dia ngelepasin sebagian besar kakinya, krna panik dia gak mati2 akhirnya disemprot pake baygon, tp tetep gak mati, akhirnya dialirin ke saluran air.kalo tau menguntungkan pasti waktu itu dibiarin aja. nyesel deh.. lmyn kan kl gak ada kecoa dkmr mandi.

    BalasHapus
  9. Saya baru saja membunuh kelabang ini dgn cara menyemprotkan "force magic"..td gak tau kirain berbahaya hehe

    BalasHapus
  10. Barusan ketemu hewan ini untuk kedua kalinya.. saya rendam di alkohol 70%, setelah satu hari air alkoholnya brubah jd pink.. jd saya buang karena takut.

    BalasHapus
  11. barusan ja saya nginjak hewan ini gk tau krn gelap.. kaget bngt krn ada yg aneh ditelapak kaki.. langsung lompat ane.. huufft... stelah saya liat trnyata bentuknya serem bngt, baru prtama kali jumpa hiii... saat gua nyalakan lampu sebagian kaki danantena panjangnya putus.. langsung ane buang hewannya.. gk ane bunuh krn takut ada sesuatu nantinya :D tapi alhamdulillah telapak kaki ane kagak digigit..

    BalasHapus
  12. ane pernah nemuin tuh hewan di kamar mandi, tp hewannya keburu kabur

    BalasHapus
  13. Baru liat ni serangga.ada dirumah saya.saya masukin plastik.ngeri gigit

    BalasHapus
  14. Tadi pertama kalinya liat ini serangga, rada2 merinding liatnya..

    BalasHapus
  15. tadi pagi sy jg baru matiin ni hewan pake HIT spray,kirain kecoa tp kog kurus...g taunya g berbahaya....wkwkwkwk

    BalasHapus
  16. Saya malah tertarik untuk budidaya. Kali ada yg punya informasi tentang cara ternaknya tolong hubungi 0856 1157 699

    BalasHapus
  17. ini nih yang sering mondar-mandir di kamar mandi saya, dan barusan nempel di kaki tadi pagi.. untung kaga berbahaya.. kasian jg nih little buddy kaga dibunuh deh, cukup disirem aer aja

    BalasHapus
  18. yupp hampir sama ketemunya di kamar mandi.. hii. ngeri waktu itu langsung ane kill pake pentungan.. matii langsung..

    BalasHapus
  19. Saya menemukan kelabang ini

    BalasHapus
  20. kelabang di dapur saya banyak kang!!!

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah ternyata saya akhirnya dapat informasi ini,, karena begitu takut melihat serangga ini tadi pagi di tempat kerja,,, aku cari di Google jenis kelabang akhirnya nongol ,, jadi lega dengan segala informasi ini jadi gak stres lagi jalau nanti berjumpa di tempat kerja karena gak berbahaya 😄

    BalasHapus
  22. kemarin gua liat tuh serangga di kamar karna gue ngeri liatnya trus gue injek ampe tewas habis aneh banget bentuknya

    BalasHapus
  23. kalau tahu baik gak saya bunuh, ini baru saja ada tuh kelabang dirumah saya, wkwkwk.. bentuknya aneh, larinya cepat banget.. seram lihatnya.. takut gigit anak - anak dirumah... tapi tq ya.. atas ilmunya.. :)

    BalasHapus
  24. Sempat bingung pas ketemu di rumah..
    Sudah dalam kondisi mati, aq amati dg seksama, nampak taringnya spt kelabang..
    Langsung cari info, ketemu situs ini..
    Terima kasih, sangat informatif..

    BalasHapus
  25. Desy mulyani potenzie23 Januari, 2017 20:38

    Makasih banget atas info nya, barusan ada binatang ini, sempat ku fotoin, tapi pas mau dibuang, lgsg hilang, msh was2 kemana tu binatang, beneran gpp kan... soalnya aq paling takut sama laba2 yg kakinya hampir sama dgn binatang ini...bisa share foto ga ya, pengen liatin gambar kelabang yg q foto barusan

    BalasHapus
  26. ini bru nemu, dy msk ke kamar, larinya cpt skali,alhasil ditutup pk gelas dan kaki nya sempat trputus, persis yg dikatakan di atas. Sempet takut, krn bru kali prtma lihat hewan jenis ini. Langsung buru2 cari info di mbh gugel. Mkasii info nya

    BalasHapus
  27. Jazakumullah atas informasinya..ini sangat membantu 😊 karena beberapa hari yg lalu di kmr mndi saya terdapat hewan itu..tpi tidak saya bunuh saya biarkan.. Alhamdulillah ternyata Bermanfaat..😊

    BalasHapus
  28. Br saja kelabang ne masuk k kamar. Krn takut gigit anak yg Lg tidur langsung saya buru pakai sapu, e malah lari kebelakang lemari. alhasil g berani tidur lg,takut klabangx nyamperin anak. Krn penasaran saya buka google. Alhamdulillah jd tau kl g berbahaya. Makasih infonya,,tenang jadix n bs lanjut tidur Lg 😊

    BalasHapus
  29. tadi sore gua liat ini hewan. suerr jerit jerit gua. ya karna gua emang takut ama serangga semut sekalipun gua takut. lagi mandi eh dia lari larian. gemeter banget gua. penasaran gua googling dan ternyata dia baik. lain kali jangan sampe ketemu lagi karna gua bisa pingsan kaku kl sampe ketemu hewan hewan kaya begini

    BalasHapus
  30. Nyesel gue bunuh seyelah nrmuin hewan itu di bawah kursi kamar tamu, takut gigit anak kirain bahaya ternyata banyak manfaatnya..lain kali klo ketemu tak ksh makan he

    BalasHapus
  31. barusan saya liat di kamar,langsung ku obrak abrik kamarku,saking gelinya sampe gak mau akubtidur di kamarku lg

    BalasHapus
  32. Aku baru aja nemu hewan ini di kamar, karena baru pertama lihat jadi kelihatan aneh. Trus brosing cari tau hewan tersebut.

    BalasHapus
  33. Terima kasih informasinya. Blog yg sangat bermanfaat.saya menemukan seperti ini bentuknya ada di kamar mandi tapi kakinya hitam seperti rambut banyak sekali dan panjang2. Ngeriii banget.

    BalasHapus
  34. Komennya ada yg imut jd seneng bacanya...
    Artikel bakal bertahan sepanjang masa, krn banyak yg phobia sama hewan yg satu ini 😂

    BalasHapus
  35. Di rmh g sering ada nih ginian. .G kira bahaya..larinya cepet ngumpet ke tempat gelap.

    BalasHapus
  36. pas lagi nonton.liat cicak kejar2an sama serangga ini. Gua kira kecoa soalnya cepet banget larinya. Trus masuk kekamar. Gua biarin. Jadi pas mau tidur liat lagi nih serangga sekilas mirip kecoa tapi kok lebih kecil? karna cepet larinya jadi ga jelas liatnya.gua tinggal tidur deh. Eh tengah malam malah gigit istri. Dipukul deh dan mati trus darahnya merahhhh dan kakinya pada byk putus heranlah gua. Gara2 kejadian ini saya kuatir takut kenapa2 sama istri dan anak Trus googling subuh2 saat ini juga. Istri ngomong kok malam2 malah googling? Haha. Eh ternyata ga berbahaya... makasih infonya ya.

    BalasHapus
  37. Orang Jawa menyebutnya Kolomenje, Pak. Ini binatang nggigit lho. Lumayan sakit. Kalau org dewasa mungkin tahan sakitnya, dan tak berlangsung lama. Tapi kalau yg digigit anak kecil ya bisa nangis gero-gero. Untungnya biasanya binatang ini lbh suka menghindari manusia, pilih lari dan larinya cepat sekali. Racunnya juga masih toleran kok, di bwh kelabang dan kalajengking. Kalau nemu mending diusir saja, Pak, jangan dibunuh. Lumayan buat mengendalikan kecoa.

    BalasHapus
  38. Barusan ada hewan ini di kmr lg merambat ke tembok lmyn besar,anak2 pd kabur krn tkt ,br liat bgtuan ,mlh adek kecilny di tinggalin di kmr ,cepat2 ku pukul pake sapu kubunuh alhasil kakinya berceceran kmn2....parno juga stlh itu ngga bisa tdr, dan g berani padamkan lampu. .

    BalasHapus
  39. Tadi pagi saya nemuin serangga ini, krna takut jadi dibunuh aja pake sapu, ngeri krna baru pertama kali liat

    BalasHapus
  40. Baru liat td pagi dihalaman rumah pas nyapu,spontan kaget sy pukul pake sapu sampe mati. Trs ada tukang sayur lewat liat mayatnya si kelabang td katanya si bapak sayur prnh digigit sampe bengkak kakinya dan tenggorokan kering ada 2 harian lbh kaya gitu. Jd ngeri jg kan kl kena gigit😓

    BalasHapus
  41. Waktu malam malam kebangun karena nggak tau digigit apa,tapi bengkaknya agak besar.karena kemarin liat hewan ini,takut kenapa-napa ,jadi digoogling ternyata gak bahaya😀.tapi saya digigit apa ya?😓😓

    BalasHapus
  42. Saya nemu ini serangga td pagi dikamar dalam keadaan mati sih tp tetep parno liatnya serem, awalnya sy kira spesies baru/langka ternyata tdk seperti itu jg 😜 tp gk apa2lh jd menambah wawasan 😉

    BalasHapus
  43. Barusan aj liat klabang ni.. mau nempel di kpala anak gw pasa lg tdur. Untung aj klabangnya lari lg. Krn panik mw gw bunuh tp susah krn larinya kenceng buanget. Untung aja ada info ini jadinya dah gk khawatir lg

    BalasHapus
  44. Kemarin malem liat serangga ini di kamar mandi. Parno banget soalnya kamar kos saya banyak serangga dari selokan depan rumah kos (kecoak, kelabang). Karena kaget dan belum tahu itu serangga apa, jadi langsung saya semprot pake obat anti serangga. Entah mati atau enggak, trus langsung saya guyur pake air.....Meskipun ga berbahaya tetep serem juga ya

    BalasHapus
  45. barusan liat lagi lari di karpet ruang tv, langsung panik karena bentuknya menyeramkan dan baru kali ini liat binatang yg ky begitu, langsung aja sy bunuh pake sendal, ngeri digigit atau masuk kuping, jadi parno deh

    BalasHapus
  46. Gimana Gak jadi korban Paranoid orang , bentuknya aja bikin merinding makannya langsung gw bunuh pas pertama kali Nge lihat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya aja udh puluhan kyknya yg udah sy bunuh. Sy kira berbahaya jadi tak bunuh aja. Maaf sebelumnya bagi para pecinta hewan.

      Hapus
  47. Oawalah, makasih infonya, barusan nangkep di kamar mandi, baru pertama kali liat soalnya... Nggak sengaja antenanya putus satu, maap 😭

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.