SEJARAH        FAUNA         HIBURAN          Cari Artikel  →

Serangga yang Benar-Benar Mirip Daun



(Sumber)

Salah satu serangga paling unik sekaligus aneh adalah serangga daun (leaf insect) dari ordo Phasmatodea. Nama "serangga daun" diberikan jelas karena penampilannya yang benar-benar mirip daun. Serangga daun hidup di daerah pepohonan di Benua Asia & Australia. Ukuran mereka bisa sebesar telapak tangan orang dewasa, namun pada umumnya mereka berukuran lebih kecil lagi. Selain serangga daun, hewan yang masih berkerabat dengan mereka adalah belalang tongkat yang juga merupakan penyamar ulung karena penampilannya yang mirip ranting.

Serangga daun adalah hewan yang lemah sehingga ia mengandalkan keahliannya berkamuflase untuk menghindar dari pemangsa. Tubuhnya, terutama di daerah sayap & kakinya, benar-benar menyerupai daun lengkap dengan urat daunnya. Jika ia merasakan ada pemangsa, ia akan diam tak bergerak sehingga pemangsa tidak bisa melihatnya.

Penyamaran serangga daun begitu sempurna sehingga tidak tertutup kemungkinan jika hewan pemakan daun tidak sengaja menyerangnya karena tidak bisa membedakannya dengan daun asli. Hebatnya lagi, kemampuan kamuflase serangga daun bukan hanya dimiliki oleh serangga dewasa. Telurnya mirip dengan biji tumbuhan, sementara anakan yang baru menetas sudah memiliki pola daunnya sendiri.

Nimfa serangga daun. (Sumber)
Serangga daun masih berkerabat dengan belalang sehingga mereka mengalami metamorfosis tidak sempurna, yaitu proses pertumbuhan tanpa melalui fase kepompong. Serangga daun biasa meletakkan telurnya yang berukuran 1 mm & berbentuk menyerupai biji tumbuhan di antara dedaunan tempatnya hidup agar anaknya bisa langsung mendapat makanan begitu menetas.

Nimfa yang baru menetas memiliki penampilan yang sangat mirip induknya, namun mereka masih belum memiliki sayap. Nimfa ini selanjunya akan mengalami pergantian kulit beberapa kali hingga menjadi dewasa. Karena serangga daun sangat rapuh, kadang-kadang ia kehilangan kakinya saat berganti kulit atau saat udara terlalu kering. Bila ini terjadi, ia bisa menumbuhkan lagi kakinya lewat pergantian kulit berikutnya.

Dikarenakan penampilannya yang unik, di beberapa negara banyak orang yang memelihara serangga ini. Memelihara serangga daun pada dasarnya mudah. Mereka cukup diletakkan di aquarium yang berisi potongan ranting & dedaunan makanannya. Disarankan untuk selalu menjaga suhu di kandangnya tetap sedang agar ia tidak mengalami kehilangan kaki saat berganti kulit. Dan karena ia sangat lemah, sebaiknya ia tidak boleh terlalu banyak dipegang dengan tangan manusia. Mereka juga bisa dibiakkan dalam kandang, namun hal ini agak sulit & membutuhkan perawatan ekstra.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Insecta
Ordo : Phasmatodea
Superfamili : Phyllioidea
Famili : Phylliidae (Redtenbacher, 1906)



REFERENSI 

Amateur Entomologists' Society - Leaf Insect caresheet
Wikipedia - Leaf insect





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Download PDF

12 komentar:

  1. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Insek yang unik banget, ki

    OOT: Fasilitas komen dg NAME/URL diaktifkan, dong... biar enak kalau mo komeng di sini
    http://alamendah.wordpress.com

    BalasHapus
  2. @alamendah
    Hehehe, boleh, tapi dikomen juga ya artikelnya

    Oke, sudah saya aktifkan tuh. Terima kasih atas sarannya

    BalasHapus
  3. Wah betul bagus postinganya sob ada juga ya sayuran hidup ,,,hehe..

    BalasHapus
  4. Wah bunglon bisa tertipu juga kalo begitu ha...ha...ha

    BalasHapus
  5. terimakasih atas informasinya
    di tunggu postingan selanjutnya

    BalasHapus
  6. makasih gan info nya sangat bermanfaat
    saya tunggu info lain nya

    BalasHapus
  7. sip matab deh info nya
    seringsering update aja gan

    BalasHapus
  8. Refrensi yang bagus buat orang2 yang belum tahu, biar gak dikira hewan jadi2an dan dikaitkan dengan mistis.

    BalasHapus
  9. Selain mirip daun, ada juga serangga yang mirip batang/ranting pohon.

    BalasHapus
  10. Request belalang tongkat dong min

    BalasHapus
  11. Saya punya belalang daun apakah ada yg ingin memeliharanya, karna saya tidak tahu cara memeliharanya

    BalasHapus


Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi silakan tinggalkan komentar anda selama tidak berisi spam, iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, silakan tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.