FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Attack on Titan, Perang antara Raksasa melawan Umat Manusia




(Sumber)

Attack on Titan / Shingeki no Kyoujin adalah judul dari seri manga (komik khas Jepang) buatan Hajime Isayama yang pertama kali terbit pada tahun 2009 & masih berlanjut hingga sekarang. Manga itu sendiri bercerita tentang umat manusia yang sedang menghadapi kepunahan akibat serangan makhluk raksasa bernama Titan. Namun manusia akhirnya mulai bisa melawan balik setelah salah satu manusia yang bernama Eren Jaeger menunjukkan kemampuannya untuk berubah menjadi Titan & berkelahi dalam wujud tersebut.

Berkat respon positif & popularitas luar biasa yang berhasil direngkuhnya, manga Attack on Titan (AoT) lantas mulai diadaptasi ke media-media hiburan lain seperti serial animasi (anime), novel tipis, video game, & film dengan pemeran manusia yang rencananya akan dirilis pada tahun 2015 mendatang. Karena cerita dari versi manganya masih berlanjut hingga sekarang, maka dalam artikel ini pihak Republik akan memakai musim pertama dari versi animenya sebagai sumber rujukan utama.



SEJARAH (VERSI DUNIA NYATA)

Hajime Isayama. (Sumber)
Kreator dari seri manga AoT adalah Hajime Isayama. Menurut pria yang hobi menghabiskan waktu luangnya dengan bermain internet ini, sumber inspirasi untuk menulis manga AoT muncul saat dirinya masih bekerja sebagai operator shift malam warung internet di Tokyo. Saat itu, seorang pelanggan secara tiba-tiba mencengkeram kerah baju Isayama.

Insiden tersebut membuat Isayama begitu takut, namun rasa takut itu pula yang memberinya ide untuk membuat manga mengenai makhluk-makhluk raksasa yang menebarkan rasa takut atas manusia. Niat Isyama tersebut ditunjang oleh bakat menggambarnya karena ia sudah hobi menggambar sejak TK. Lalu ketika menginjak bangku sekolah menengah, Isayama juga sudah mulai membuat manga & mengirimkan hasil karyanya ke penerbit-penerbit setempat.

Saat mendesain penampilan karakter raksasa (Titan) untuk cerita AoT, Isayama menggunakan tokoh-tokoh di dunia nyata sebagai modelnya. Sebagai contoh, Titan hasil transformasi karakter Eren Jaeger dibuat dengan memakai tokoh bela diri Yushin Okami sebagai modelnya. Sementara mengenai kota berdinding raksasa yang dalam cerita AoT ditampilkan sebagai tempat tinggal terakhir umat manusia, Isayama mengaku kalau ide mengenai kota berdinding terinspirasi dari fenomena sebagian rakyat Jepang yang gemar mengasingkan diri (hikkikomori).

Sampul dari volume pertama
buku manga AoT. (Sumber)
Tahun 2006, Isayama menulis komik strip (one shot) AoT setebal 65 halaman. 3 tahun kemudian atau tepatnya pada bulan September 2009, AoT akhirnya mulai diterbitkan secara berkala oleh majalah bulanan Bessatsu Shonen. Setahun kemudian, versi buku / tankobon dari AoT akhirnya dirilis ke pasaran di mana isinya merupakan kompilasi dari bab-bab manga AoT yang pernah dimuat di majalah. Seiring berjalannya waktu, manga AoT berhasil menyita perhatian para penggemar manga & meledak menjadi fenomena baru. Hingga bulan Desember 2013, manga AoT dilaporkan sudah terjual hingga 28 juta kopi di Jepang.

Sudah menjadi semacam kewajiban tak terlulis kalau suatu manga bisa meraih popularitas tinggi, maka manga tersebut akan diadaptasi ke media lain. Hal yang sama juga berlaku untuk AoT. Tahun 2011, novel tipis AoT dengan judul "Attack on Titan : Before the Fall" diterbitkan di mana novel tersebut mengambil setting waktu sebelum cerita dalam manganya bermula. Bulan April 2013, giliran versi anime dari AoT yang ditayangkan dengan alur cerita yang tidak berbeda jauh dari versi manganya.

Banyak yang memuji AoT berkat unsur ketegangan & misteri yang berhasil ditampilkan oleh kreatornya. Ada pula yang menyebut AoT bisa sukses karena ceritanya menyimbolkan keputus asaan yang dialami oleh para remaja. Namun, AoT juga tidak lepas dari kontroversi. Salah satu majalah yang berbasis di Korea Selatan (Korsel) menyebut AoT sebagai karya fiksi yang mempropagandakan ide-ide militerisme perdana menteri Jepang. Bulan Juli 2013, Isayama selaku kreator AoT bahkan mendapat ancaman pembunuhan dari orang-orang Korsel karena salah satu karakter buatannya yang bernama Dot Pixis dianggap menyerupai salah satu tokoh militer Jepang di era sebelum Perang Dunia II.



SEJARAH (VERSI FIKSI / ANIME)

Dunia yang menjadi setting dari AoT awalnya memiliki populasi manusia yang melimpah. Namun hal tersebut seketika berubah ketika makhluk raksasa berkaki 2 yang bernama Titan menampakkan diri & memakan setiap manusia yang mereka temui. Umat manusia mencoba melawan, namun mereka bukanlah tandingan dari para Titan yang berjumlah banyak & sulit dibunuh. Populasi manusia pun mengalami penurunan tajam & manusia yang masih tersisa kemudian membangun kota yang dilindungi oleh 3 lapis tembok raksasa setinggi puluhan meter.

Seorang prajurit yang sedang berhadap-
hadapan dengan Titan. (Sumber)
Dibangunnya kota berdinding tersebut membuat umat manusia yang masih tersisa bisa bertahan hidup dari amukan para Titan. Namun 100 tahun kemudian, sebuah peristiwa besar terjadi. Seorang(?) Titan Kolosal setinggi puluhan meter menampakkan diri secara tiba-tiba & menjebol tembok terluar dari kota manusia. Titan-Titan lainnya yang berukuran lebih kecil lalu berkeriapan masuk ke dalam kota sehingga manusia terpaksa mengungsi ke balik tembok lapis kedua. Eren Jaeger, Mikasa Ackerman, & Armin Arlert adalah 3 dari sekian banyak pengungsi tersebut.

Eren menyimpan perasaan dendam luar biasa kepada para Titan karena ibunya tewas dimakan oleh Titan. Maka, saat menginjak usia remaja, Eren yang ditemani oleh Mikasa & Armin lalu bergabung dalam sekolah militer supaya memiliki kesempatan untuk membunuh para Titan. Seusai menempuh pendidikan militernya, Eren lalu ditempatkan di tembok lapis kedua. Pada saat itulah, Eren kembali bertemu Titan Kolosal yang dulu menjebol tembok kota ketika Eren masih kecil. Kali ini, Titan Kolosal tersebut mendobrak tembok lapis kedua sehingga kota di baliknya mulai diserbu oleh para Titan.

Para tentara yang sedang berada di dekat tembok mencoba menghentikan para Titan, namun gagal. Di tengah situasi genting inilah, seorang Titan misterius muncul & mengalahkan Titan-Titan lainnya. Ketika Titan misterius tersebut berhasil menghabisi sejumlah Titan yang menyerbu kota, Titan tersebut jatuh tersungkur ke tanah & menyembulkan sosok Eren dari tengkuknya. Pihak militer pun kini sadar kalau Eren memiliki kemampuan untuk berubah menjadi Titan sehingga mereka sempat mencoba membunuh Eren. Namun berkat intervensi seorang petinggi militer senior yang bernama Don Pixis, Eren tidak jadi dibunuh.

Titan Wanita (kiri) saat bertarung
melawan Titan hasil perubahan
Eren. (Sumber)
Eren lalu belajar memanfaatkan kekuatan Titannya untuk menutup lubang pada tembok lapis kedua sebelum kemudian ditempatkan dalam Korps Peninjau pimpinan Levi. Bersama dengan anggota Korps Peninjau lainnya, Eren dikirim untuk misi di luar kota berdinding di mana mereka kemudian bertemu dengan Titan Wanita yang jauh lebih lincah & lebih cerdik daripada Titan kebanyakan. Korps Peninjau lalu memikat Titan Wanita tersebut ke dalam hutan untuk menjebaknya di sana. Rencana tersebut berhasil, namun wujud manusia dari sang Titan Wanita berhasil melarikan diri berkat bantuan Titan-Titan lainnya.

Walaupun gagal meringkus Titan Wanita, Korps Peninjau berhasil mengungkap kalau Annie Leonhart - salah satu anggota Brigade Polisi Militer - adalah identitas asli dari sang Titan Wanita. Maka, dengan berkedok kunjungan ke ibukota, Eren & kawan-kawannya lalu mencoba menangkap Annie. Sayang, Annie berhasil mengendus rencana tersebut & ia pun mengubah dirinya menjadi Titan Wanita. Eren lantas meresponnya dengan ikut berubah menjadi Titan sehingga pertarungan sengit antara sesama Titan di dalam ibukota pun tak bisa dihindari.

Pertarungan antara kedua Titan tersebut berakhir dengan kemenangan Eren. Namun sebelum kalah, Annie sempat menghasilkan kristal super keras untuk menyelubungi wujud manusianya sehingga pihak militer jadi tidak bisa menginterogasi Annie. Umat manusia berhasil mendapatkan pengetahuan baru kalau para Titan bukanlah makhluk tanpa akal & bahkan sudah menyusupkan salah satu anggotanya (Annie) untuk memata-matai umat manusia. Namun perang melawan para Titan masih jauh dari kata berakhir & masih banyak yang belum diketahui oleh manusia seputar para Titan. Termasuk rencana mereka di masa depan...



ELEMEN-ELEMEN DALAM "ATTACK ON TITAN"

Kota Berdinding & Umat Manusia

Peta & simbol dari 3 dinding utama yang
melindungi pemukiman manusia. (Sumber)
Pasca kemunculan para Titan, populasi manusia mengalami penurunan tajam & mereka yang masih selamat terpaksa membangun kota berdinding raksasa supaya bisa bertahan hidup. Ada 3 lapis dinding utama yang menyusun kota : dinding Maria yang terletak paling luar, dinding Rose yang merupakan dinding lapis kedua, & dinding Sina yang melindungi kompleks ibukota. Masing-masing dinding memiliki tinggi puluhan meter & antar dinding dipisahkan oleh jarak ratusan kilometer. Di wilayah-wilayah yang terletak di antara dinding inilah, umat manusia yang masih tersisa mendirikan kompleks pemukiman.

Untuk keperluan pertahanan, masing-masing tembok dilengkapi dengan meriam. Bagian sisi luar dari masing-masing tembok juga memiliki 4 buah dinding berbentuk setengah lingkaran di mana area dalam tembok setengah lingkaran tersebut biasanya merupakan area padat penduduk. Karena Titan tertarik akan kerumunan manusia, keberadaan tembok-tembok setengah lingkaran tersebut berguna untuk memancing Titan berkumpul di sekitarnya sehingga pasukan bisa dikonsentrasikan di area tersebut jika serangan Titan terjadi.

Ada 2 jalur transportasi utama di kota berdinding : jalur darat & jalur air. Jalur darat pada dasarnya adalah jalanan tanah biasa yang berlokasi di antara rumah-rumah penduduk. Manusia bisa menempuh jalur ini dengan berjalan kaki atau dengan menunggang hewan ternak (misalnya kuda). Jika manusia ingin pergi ke wilayah di balik dinding yang lain, maka mereka harus melewati lorong raksasa antar tembok yang dilengkapi dengan pintu gerbang. Jalur air di lain pihak merupakan kanal atau sungai kecil yang cukup lebar untuk dilewati oleh kapal. Kapal yang ada di jalur air sendiri menggunakan putaran kabel yang tertambat di bagian atas kapal sebagai penggeraknya.

Eren yang sedang berakrobat di udara
menggunakan perangkat manuver
3D-nya. (Sumber)
Tugas untuk melindungi umat manusia dari para Titan merupakan tanggung jawab dari militer. Berdasarkan tugasnya, militer bisa dibagi ke dalam 3 divisi utama : Garnisun, Brigade Polisi Militer, & Korps Peninjau. Garnisun memiliki logo sepasang mawar & bertugas mempertahankan tembok berikut kota di dalamnya jika terjadi serangan Titan. Brigade Polisi Militer memiliki logo kepala kuda & bertugas menjadi pengawal raja serta menjaga ketertiban kota. Korps Peninjau memiliki logo sepasang sayap yang tumpang tindih & merupakan divisi militer dengan tugas paling berbahaya karena harus melakukan pengintaian di luar kota berdinding yang notabene penuh dengan Titan.

Masing-masing prajurit memiliki perangkat manuver 3D sebagai perlengkapan wajibnya saat bertempur melawan Titan. Dengan perangkat manuver 3D, prajurit bisa bergelayutan memakai kabel berpengait sambil menggunakan meriam berpendorong gas sebagai pendorong sekaligus pengubah arah ketika sedang berayun. Perangkat manuver 3D juga dilengkapi dengan pedang yang bagian tajamnya bisa diganti-ganti sebagai senjata utama prajurit untuk menebas anggota tubuh Titan, terutama bagian tengkuk yang merupakan titik lemah Titan. Selain perangkat manuver 3D, militer juga memiliki senjata jarak jauh semi modern seperti meriam & senapan.


Titan

Titan adalah sebutan untuk makhluk rasasa bipedal yang menjadi antagonis utama dalam kisah AoT. Semua Titan berukuran lebih besar dari manusia, namun dengan ukuran yang bervariasi antar individu. Titan terkecil diketahui hanya memiliki tinggi 3 m, namun Titan terbesar memiliki tinggi yang mencapai 60 m (Titan Kolosal). Secara umum, Titan memiliki fisik menyerupai manusia tanpa busana, namun dengan beraneka ciri fisik yang tidak lazim. Mulai dari yang berkepala besar, yang memiliki kaki lebih pendek daripada bagian atas tubuhnya, hingga yang tubuhnya tidak ditutupi oleh kulit.

Titan hanya tertarik untuk memakan manusia & tidak tertarik akan makhluk hidup lainnya. Menariknya, Titan sendiri sebenarnya tidak bisa mencerna manusia karena selain esofagus & kantung di dalam perut, Titan tidak memiliki sistem pencernaan. Itulah sebabnya setelah memakan beberapa manusia, Titan akan memuntahkan kembali isi perutnya supaya bisa memakan manusia-manusia lain yang masih hidup. Hal tersebut lantas melahirkan teori kalau Titan aslinya adalah semacam senjata biologis yang dibuat khusus untuk memusnahkan manusia.

Perbandingan ukuran beberapa tipe Titan & manusia. (Sumber)

Titan memerlukan sinar matahari untuk beraktivitas & akan mengalami penurunan metabolisme jika tidak terpapar oleh sinar matahari dalam jangka waktu lama. Sebagai akibatnya, Titan pun hanya melakukan serangan ke pemukiman manusia pada siang hari. Titan juga memiliki cairan tubuh yang bersuhu tinggi & bisa melepuhkan kulit manusia. Jika Titan mati, maka tubuhnya akan menguap hingga tidak meninggalkan bekas. Tubuh Titan tersusun oleh material organik yang sangat ringan sehingga Titan bisa bergerak dengan lincah untuk makhluk seukurannya.

Titan termasuk makhluk yang rapuh & mudah kehilangan anggota tubuhnya, namun Titan bisa meregenerasi anggota tubuhnya yang rusak dengan mudah sehingga Titan pun menjadi sangat sulit untuk dibunuh. Satu-satunya cara untuk mengalahkan Titan secara permanen adalah dengan cara melukai bagian tengkuknya sehingga Titan tidak bisa beregenerasi & akhirnya mati. Beberapa manusia yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi Titan menyimpan wujud manusianya di bagian tengkuk Titan sehingga ketika bertarung, mereka berusaha agar bagian tengkuknya selalu terlindungi.

Mayoritas Titan memiliki kecerdasan yang terbatas & cenderung bertindak tanpa akal. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk Titan hasil transformasi manusia karena mereka bisa bertindak dalam wujud Titan sambil tetap mempertahankan kecerdasan manusianya. Manusia-manusia yang dibekali dengan kemampuan spesial itu sendiri bisa berubah menjadi Titan dengan cara melukai diri sambil memikirkan sesuatu yang bisa memotivasi dirinya. Titan hasil transformasi manusia juga dibekali dengan kemampuan unik yang tidak dimiliki oleh Titan lainnya. Titan Wanita hasil transformasi Annie misalnya, memiliki kemampuan untuk menciptakan lapisan kristal super keras.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

AJW - 'Attack on Titan' author expresses fears through popular boys' manga
Liputan 6 - Pengarang Shingeki no Kyojin Dapat Ancaman Pembunuhan
MTV Geek - Interview with Attack on Titan Creator Hajime Isayama
Shingeki no Kyojin Wiki - Military
Shingeki no Kyojin Wiki - Titans
Wikipedia - Attack on Titan
(Serial Animasi). 2013. "Attack on Titan". Wit Studio & Production I.G.


      

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

22 komentar:

  1. tanggal terbit manganya kapan min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang anda maksud penerbitan manga versi cetaknya di Indonesia, anda bisa menghubungi Elex Media selaku penerbit resminya. Kalau yang versi online berbahasa Inggris, anda bisa mengeceknya di situs-situs penyedia manga online semisal MangaPanda atau MangaFox.

      Hapus
  2. Ada info gak gan soal kapan lanjutan animenya akan kembali tayang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demi apa tahun 2016?! O.O

      Hapus
    2. jadi penasaran kapan lanjutannya

      Hapus
  3. Kalo gak salah sekarang sudah sampai chapter 70 ya

    BalasHapus
  4. gara-gara lihat live action nya, jadi pengin lihat yang anime

    BalasHapus
  5. Belom ada ya keterangan tentang identitas asli titan kolosal dan titan lapis baja -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di versi manga, identitas asli mereka udah ketahuan. Tapi karena saya membuat artikel ini dari yang versi anime, saya tidak menulis soal identitas keduanya.

      Hapus
  6. Penasaran lagi karena ada titan yang kayak monyet.. Seru abis deh ceritanya

    BalasHapus
  7. Min yang Live action ad part2 nya ngga.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang anda maksud adalah link download, silakan anda cari di situs-situs penyedia torrent.

      Hapus
  8. Iyaa identitas titan kolosal siapa yaa?? Dan titan lais baja itu siapa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. titan lapis baja itu si reiner rambut kuning
      kalo colossal itu bertolt

      Hapus
  9. uhm kalo filmnya udah sampe episode berapa ya...?

    BalasHapus
  10. Pengen liat filmnya download di mana

    BalasHapus
  11. kalau di lihat-lihat 3d manuper mirim sama spiderman yah :D

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.