FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Kaki Seribu, Si Kaki Banyak Korban Salah Kaprah Manusia




Kaki seribu dari spesies Trigoniulus corallinus. (Sumber)

Semua orang pasti tahu hewan yang namanya kaki seribu. Hewan yang juga dikenal dengan nama luwing ini memiliki penampilan khas yang membuatnya mudah dibedakan dari hewan-hewan lain. Tubuhnya berbentuk panjang seperti cacing, namun dilengkapi dengan kaki-kaki kecil di bagian bawah tubuhnya. Sebagai akibat dari penampilanya tersebut, orang awam kerap salah membedakan antara kaki seribu dengan lipan yang kebetulan memiliki penampilan serupa.

Kaki seribu memiliki sejumlah perbedaan penting jika dibandingkan dengan lipan / kelabang. Perbedaan pertama adalah kaki seribu memiliki penampang tubuh yang bentuknya bundar, sementara lipan memiliki penampang tubuh yang bentuknya agak pipih. Perbedaan lain, kaki seribu memiliki 4 buah kaki di setiap ruas tubuhnya, sementara lipan hanya 2. Ketika berjalan, kaki seribu mengombakkan kaki-kakinya secara simetris layaknya perahu dayung. Lipan di lain pihak mengangkat kaki kiri & kananya secara bergantian.

Penampilan fisik & cara bergerak yang dimiliki lipan pada gilirannya membuat lipan bisa bergerak lebih cepat daripada kaki seribu. Namun perbedaan antara keduanya belum sampai di situ. Jika kaki seribu mayoritasnya adalah herbivora, maka lipan adalah hewan karnivora yang berburu dengan mengandalkan racunnya. Baik kaki seribu maupun lipan juga sama-sama memiliki sepasang antena di bagian depan kepalanya, namun lipan memiliki sepasang antena tambahan di bagian belakang tubuhnya.

Archispirostreptus gigas. (Sumber)
Ada sekitar 10.000 spesies kaki seribu yang sudah diketahui oleh manusia & semuanya termasuk dalam kelas Diplopoda. Kaki seribu (atau "millipede" kalau dalam bahasa Inggris) memiliki jumlah kaki yang bervariasi. Namun tidak seperti namanya, tidak ada spesies kaki seribu yang jumlah kakinya mencapai seribu. Masing-masing spesies juga memiliki panjang tubuh yang bervariasi di mana spesies kaki seribu terbesar di dunia adalah kaki seribu raksasa Afrika (Archispirostreptus gigas) yang panjangnya bisa mencapai 30 cm.



PEMAKAN SAMPAH ORGANIK

Mayoritas kaki seribu adalah dekomposer yang berarti mereka hidup dari memakan sisa-sisa tumbuhan. Kaki seribu memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan lantai hutan & meningkatkan kesuburan tanah karena kotoran yang dikeluarkannya membantu meningkatkan kandungan zat-zat hara dalam tanah yang pada gilirannya bisa dimanfaatkan oleh tumbuhan. Selain sisa-sisa tumbuhan, kaki seribu juga mau memakan lumut & jamur. Beberapa spesies kaki seribu juga memiliki sifat omnivora alias pemakan tumbuhan & daging di mana daging yang dimakannya merupakan daging hewan-hewan kecil semisal serangga.

Kaki seribu menggunakan spirakel alias lubang-lubang di sisi tubuhnya untuk bernapas yang berjumlah 4 buah di setiap ruas tubuhnya. Karena kaki seribu tidak bisa menutup spirakelnya, kaki seribu bisa kehilangan banyak uap air dari dalam tubuhnya & mati kekurangan cairan jika suhu lingkungannya terlampau tinggi. Untuk menghindari hal tersebut, kaki seribu pun memilih habitat yang lembab sebagai tempat tinggalnya, misalnya di lantai hutan. Sebagai bentuk antisipasi lebih jauh, kaki seribu juga lebih sering keluar pada malam hari.

Kaki seribu yang sedang
menggulung diri. (Sumber)
Seperti halnya hewan-hewan kecil yang hidup di atas tanah, kaki seribu juga rentan dimangsa oleh hewan-hewan lainnya. Beberapa contoh hewan predator dari kaki seribu adalah burung, tikus, katak, kura-kura, lipan, & kumbang. Namun, kaki seribu bukanlah hewan yang tidak berdaya sama sekali. Sebagai bentuk pertahanan diri yang paling dasar, kaki seribu mengandalkan warnanya yang mirip dengan warna tanah agar sulit ditemukan. Ketika sedang beristirahat, kaki seribu akan bersembunyi di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh musuhnya semisal celah pohon.

Jika musuh sudah terlanjur memergoki dirinya, kaki seribu akan menggulung diri menjadi seperti bola & menggunakan kulit tubuhnya yang keras sebagai perisai. Namun jika musuh masih bersikeras menyerang, kaki seribu akan mengeluarkan cairan. Efek dari cairan tersebut bervariasi, mulai dari yang sebatas berbau menyengat hingga yang bisa melepuhkan serangga. Cairan itu sendiri tidak berbahaya bagi manusia selama tidak terkena mata. Beberapa spesies kaki seribu yang hidup di Amerika Tengah hidup bersama koloni semut serdadu & mendapatkan perlindungan dari para anggota koloninya. Sebagai gantinya, kaki seribu yang bersangkutan membantu memakan jamur-jamur parasit yang bisa membahayakan semut.



BERKAKI BANYAK, BERTELUR BANYAK

Kaki seribu adalah hewan berumah 2 yang berarti seekor kaki seribu hanya bisa memiliki 1 macam jenis kelamin : jantan atau betina. Kaki seribu jantan memiliki kaki khusus yang bernama "gonopod" yang fungsinya adalah untuk menampung & menyalurkan sperma ke dalam lubang kelamin kaki seribu betina. Sesudah melakukan perkawinan, kaki seribu betina lalu menaruh telur-telurnya ke dalam tanah di mana jumlah telur yang dikeluarkan bisa mencapai 2.000 butir. Sebagian spesies kaki seribu betina bisa kawin & bertelur berkali-kali, sementara sebagian lainnya hanya bisa bertelur sekali & sesudah itu mati.

Bayi kaki seribu. (Sumber)
Kaki seribu yang baru menetas tubuhnya berwarna pucat & hanya memiliki kaki berjumlah 3 - 4 pasang. Namun seiring dengan pertumbuhannya, bayi kaki seribu tersebut akan mengalami pergantian kulit & pertambahan jumlah kaki. Makanan dari bayi kaki seribu pada dasarnya tidak berbeda dengan kaki seribu dewasa. Kaki seribu muda juga kerap memakan kulitnya sendiri sesudah melakukan pergantian kulit. Karena kaki seribu memiliki ukuran yang bervariasi antar spesies, usia maksimalnya pun bervariasi pula. Spesies A. gigas selaku spesies kaki seribu terbesar di dunia memiliki usia maksimal 7 tahun.

Kaki seribu bukanlah hewan yang mematikan bagi manusia & sebaiknya dibiarkan hidup jika tidak mengganggu karena peran pentingnya dalam menjaga kesuburan lingkungan. Namun kenyataannya, hewan ini masih kerap dibunuh secara sengaja. Entah karena manusia merasa takut & jijik dengan penampilannya, atau karena manusia yang membunuhnya tidak bisa membedakan kaki seribu dengan lipan yang memang beracun. Di rumah-rumah yang memiliki pekarangan, kaki seribu kadang-kadang terlihat berkeriapan di dalam rumah karena mereka menghindari hujan & mencari tempat teduh.

Beberapa spesies kaki seribu dianggap sebagai hama pertanian karena mereka kerap merusak tanaman. Sebagai contoh, kaki seribu dari genus Spirostreptids dilaporkan bertanggung jawab atas rusaknya tanaman kacang & kapas di Afrika. Dalam kasus lain, kaki seribu dianggap membahayakan kegiatan transportasi darat karena ketika mereka mengalami ledakan populasi, kerumunan dari kaki seribu menutupi jalur rel setempat sehingga kereta yang lewat di atasnya bisa tergelincir & mengalami kecelakaan. Kasus tersebut pernah dialami oleh negara-negara maju seperti Jepang, Perancis, & Jerman.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Subfilum : Myriapoda
Kelas : Diplopoda



REFERENSI

Animal Diversity Web - Diplopoda : Information
Emporia State University - Centipedes and Millipedes with...
Oregon Zoo - Giant African millipede
The Earth Life Web - The Diplopoda (Millipedes)
- . 1996. "Hamparan Dunia Ilmu Time-Life : Dunia Serangga". PT Tira Pustaka, Jakarta.


    

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

34 komentar:

  1. ihh serem banget ya kaki seribu . . .

    BalasHapus
  2. kaki seribu memang bikin banyak korban ya

    BalasHapus
  3. jual anak murah15 Juni 2014 07.42

    ihh bisa begitu ya kaki seribu tante aya

    BalasHapus
  4. Aku takut tadi kelabang msk kmrku hiiiie...seram bngt

    BalasHapus
  5. Dimana aku bisa beli giant african millipede?? Aku tunggu tawarannya di 7DC2BC92

    BalasHapus
  6. hm.....geli nih ngeliat begitu banyak kakinya......

    BalasHapus
  7. merinding liat kaki seribu..

    BalasHapus
  8. Gmna cara mncegah kakiseribu masuk k rumah..Akhir akhir ini kaki seribu msuk k ruang tegah trus..Bkin aq resah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya, coba anda tutup setiap celah sempit yang mengarah masuk ke rumah agar kaki seribu tidak bisa masuk ke dalam. Lalu sering-sering bersihkan bagian kolongperabotan, karena kaki seribu biasanya betah ada di dalam rumah jika tempatnya lembab & banyak dipenuhi sisa-sisa material organik. Anda juga bisa coba memelihara ayam di halaman rumah, supaya mereka memakan kaki seribu yang bersembunyi di dalam tanah.

      Hapus
  9. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    BalasHapus
  10. kasihan, banyak orang yg membunuhnya, padahal kalau ada dan menutup diri dengan menggulungkan tubuhnya
    kita tinggal buang keluar aja tanpa membunuhnya

    BalasHapus
  11. Dirumah banyak ada dua jenis kaki seribu. Yang hitam garis putih dan merah polos. Sama2 melindungi diri dengan Cara melingkar. Geli kalau sudah ada yang masuk ke rumah. Lebih sering si merah polos itu melata ke lantai,di tembok kamar mandi dan di tembok kamar. Depan Dan belakang rumah kami ada taman, yang saat ini sedang musim hujan. Ternyata dari situ asal mula mereka berkembang biak Dan bertahan hidup sangat lama. Selama musim penghujan terus ada, selama itu Pula mereka pasti bisa jadi tamu tak diundang di dalam rumah kami. Mungkin tidak menjinikan untuk jenis yang hitam garis putih, karna tubuhnya agak terlihat kasar Dan lebih besar. Tapi saya selalu jijik dengan yang warna merah polos dan takut masuk ke telinga saat kami tidur malam. Bentuknya lebih halus, kaki kakinya tidak terlihat jelas, kepalanya lebih lonjong dan tubuhnya lebih terlihat basah. Aduhhh, sampai harus browsing untuk cari tahu bagaimana menghadapi hewan tersebut. Artikel ini membantu saya. Terima kasih. Minimal saya lega Dan tahu spesies hewan apakah yang selalu datang dirumah saya saat musim hujan ini. Walaupun sudah diantisipasi menutup lubang pintu, mungkin karna fisiknya halus, hewan itu tetap bisa masuk. Alhasil, Mata dan kaki harus Jeli, ketemu, tangkap dengan kertas dan digulung2, lalu sy buang ke tempat sampah biar musnah. Sangat menyeramkan. Sehari bisa kedatangan lebih dari Lima ekor kaki seribu merah halus yang menjijikkan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhir akhir ini juga saya sering banget banget banget nemuin kaki seribu warna merah tapi kecil kecil itu di mana mana sumpah saya bener bener geli ngeliatnya .. dan barusan bener bener bikin saya muak saya pengen nyerah pas saya lagi tiduran di kasur ada yg jalan di lengan saya pas saya tengok ternyata itu kaki seribu ..

      Hapus
    2. Saya juga banyak aku malah berfikir ini adalah hewan goib

      Hapus
    3. kita senasib om. takutnya masuk ke telinga aja sih pas lagi tidur. apalagi sekarang lagi punya bayi

      Hapus
  12. Saya mau beli keluwing dan laba laba besar dimana saya bisa beli ya di daerah jakarta saya mau praktek biologi tolong saya ,, saya kesusahan untuk dapat keluwing dan laba laba yang menjual itu tolong beritahu saya ya id line @dimaschaidir

    BalasHapus
  13. Luwing suka ganti kulit juga ya?

    BalasHapus
  14. T.T help di kamar aku ada di tembok di semprot baygon malah ngelingker goyang2 kaya ular kasian sih tapi yaampun geli takut ngerayap :'( ya Alloh cepet kemarau ga kuat :'(

    BalasHapus
  15. Di rumah saya sering banyak luwing, gimana ya mengatasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lihat komentar yang dibuat saudara/i wida iswadi. Di sana saya sudah memberikan komentar balasan mengenai cara yang bisa dicoba untuk mencegah atau setidaknya mengurangi jumlah luwing yang masuk ke dalam rumah.

      Hapus
  16. Rumah klu jarang disapu, apalagi dipel.., maka luwing akan suka mondar-mandir di depan kita..

    BalasHapus
  17. Saya sbnrnya ga mslh dgn keluwing dlm kmr tp bru2 ini saya alami sndri kluwingnya sdh merayap dilengan dan ada lg yg sdh naik ke leher untung saya lgsg terbangun. Mksh infonya

    BalasHapus
  18. Kelabang ataupun lipan kalo ketemu pengenya ngusir aja, orang bukan tempat tinggalnya, dirumah juga jd risih kalo ngelihat gituan mah

    BalasHapus
  19. Luwing itu seperti hantu menurut saya.yg awalnya ga ada eh tibA2 nongol aja. Barusan aja ada dbawah kaki anak saya yg berusia 9bln dan tak sengaja terinjak.alhasil bekas darahnya tidak hilang . .info bagaimna mnghilangkan bekas luwing dkulit kaki anak saya? Mohon info

    BalasHapus
  20. Kata siapa tdk berbahaya.. sy n suami pernah digigit kaki seribu pas tidur.. saat bangun kulit sya jadi ada bercak hitam yang besar gosong, terasa panas.. sangat mengganggu penampilan.. apalagi itu tdk bsa hilang kecuali kita kelupas sendiri.. klo ga percaya bsa anda coba d rumah.. sya skrg phobia kaki seribu.. klo ada psti tak bunuh.. tips cara bunuh yg ampuh adl pencet kepalanya agar terlepas dr badannya dgn peralatan seadanya n jangan pakai tangan kosong.. ni kisah nyata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaki seribu tidak menggigit. Yang bisa menggigit cuma kelabang. Tapi kalau kebetulan penyebab bercak hitam anda memang karena dari kaki seribu, berarti kemungkinan karena pas tidur anda tidak sengaja menindihi kaki seribunya & kaki seribunya mati sambil mengeluarkan cairan asam.

      Hapus
  21. Saya pobia sama kaki seribu suka datang tiba2 saat lagi tidur, saya blakangan ini tidak nyenyak tidur nya karna takuk kaki seribu datang lagi di badan saya.

    BalasHapus
  22. Iyah kaki seribu memang bikin resah'tiap mlam ajah slalu ada di tangan suamiku tu kaki seribu, aduh sampe trauma dech, mana sya punya baby lagi nich. pernah ada kejadian keluarga sya, waktu masih kecil sekitaran umur 9 blan makan kaki seribu, al hasil lidahnya menjadi biru kehitam hitaman.. Masya Allah ngerinya tu kaki seribu, qlo sampai masuk ke telinga wah gak tau dech, sama sampe kemakan .. Bsa goooo iiiichhh serreeemmmmm

    BalasHapus
  23. kok tempatku justru kemarau kluaran smua dr tanah masuk dalam rumh,,masuk kamar,,dan parahnya naik d kasur jga,
    bkin gak nyaman tidur siang apalgi tdur mlm, biar hbis di pell tetap aja masuk lagi. gmn tuh ih serreeeem bnget

    BalasHapus
  24. klo pemakan tumbuhan,berarti hewan ini termasuk yg tdk berbahaya ya gan?

    BalasHapus
  25. Tidak apa2 membunuh kaki seribu yg masuk rumah toh kl cm membunuh puluhan ga mengurangi populasiny krn sekali beranak bs ribuan.kl udh msuk rmh berbhaya terutama yg pnya anak2 kecil.bisa kemakan,bisa msuk telinga,bs ngigit jg.tetangga sy bbrp hr lalu kegigit dan bdn pegel2 smua lgsg kedokter.cerita nyata dr desa sebelah bayi bbrp bln meninggal gr2 hewan ini.si bayi dipakein topi yg didalamny trnyta ad kk seribu.si bayi nangis2 terus smpe ortunya lihst darah keluar dr kepalany.wktu dibuka ternyta kk setibu udh msuk ke ubun2 bayi hny tggl kelihatan ekornya.bayi tak tertolong lg.

    BalasHapus
  26. Sy semalam tidur, mnindih kaki seribu....hasilnya tangan sy gosong dan nyeri sekali....kaki seribu sy lempar, tp tdk mati.....sy rasa kaki seribu memang mengeluarkan racun...sampai sekarang masih nyeri dan bekas gosong...

    BalasHapus
  27. Saya jg tiap hari minimal 2x temuin kaki seribu di ruang tamu. Binatang goib ini,datang tiba2 entah dr mana.ap ad tips jitu biar ni binatang gk msuk2 rmh lgi?

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.