Kaki Seribu, Si Kaki Banyak Korban Salah Kaprah Manusia



Kaki seribu dari spesies Trigoniulus corallinus. (nadiplochilo.com)

Semua orang pasti tahu hewan yang namanya kaki seribu. Hewan yang juga dikenal dengan nama luwing ini memiliki penampilan khas yang membuatnya mudah dibedakan dari hewan-hewan lain. Tubuhnya berbentuk panjang seperti cacing, namun dilengkapi dengan kaki-kaki kecil di bagian bawah tubuhnya. Sebagai akibat dari penampilanya tersebut, orang awam kerap salah membedakan antara kaki seribu dengan lipan yang kebetulan memiliki penampilan serupa.

Kaki seribu memiliki sejumlah perbedaan penting jika dibandingkan dengan lipan / kelabang. Perbedaan pertama adalah kaki seribu memiliki penampang tubuh yang bentuknya bundar, sementara lipan memiliki penampang tubuh yang bentuknya agak pipih.

Perbedaan lain, kaki seribu memiliki 4 buah kaki di setiap ruas tubuhnya, sementara lipan hanya 2. Ketika berjalan, kaki seribu mengombakkan kaki-kakinya secara simetris layaknya perahu dayung. Lipan di lain pihak mengangkat kaki kiri & kananya secara bergantian.

Penampilan fisik & cara bergerak yang dimiliki lipan pada gilirannya membuat lipan bisa bergerak lebih cepat daripada kaki seribu. Namun perbedaan antara keduanya belum sampai di situ. Jika kaki seribu mayoritasnya adalah herbivora, maka lipan adalah hewan karnivora yang berburu dengan mengandalkan racunnya.

Baik kaki seribu maupun lipan juga sama-sama memiliki sepasang antena di bagian depan kepalanya, namun lipan memiliki sepasang antena tambahan di bagian belakang tubuhnya.

Ada sekitar 10.000 spesies kaki seribu yang sudah diketahui oleh manusia & semuanya termasuk dalam kelas Diplopoda. Kaki seribu (atau "millipede" kalau dalam bahasa Inggris) memiliki jumlah kaki yang bervariasi.

Namun tidak seperti namanya, tidak ada spesies kaki seribu yang jumlah kakinya mencapai seribu. Masing-masing spesies juga memiliki panjang tubuh yang bervariasi, di mana spesies kaki seribu terbesar di dunia adalah kaki seribu raksasa Afrika (Archispirostreptus gigas) yang panjangnya bisa mencapai 30 cm.


Archispirostreptus gigas. (Trollhassel / reptiler.ifokus.se)


PEMAKAN SAMPAH ORGANIK

Mayoritas kaki seribu adalah dekomposer yang berarti mereka hidup dari memakan sisa-sisa tumbuhan. Kaki seribu memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan lantai hutan & meningkatkan kesuburan tanah karena kotoran yang dikeluarkannya membantu meningkatkan kandungan zat-zat hara dalam tanah yang pada gilirannya bisa dimanfaatkan oleh tumbuhan.

Selain sisa-sisa tumbuhan, kaki seribu juga mau memakan lumut & jamur. Beberapa spesies kaki seribu juga memiliki sifat omnivora alias pemakan tumbuhan & daging di mana daging yang dimakannya merupakan daging hewan-hewan kecil semisal serangga.

Kaki seribu menggunakan spirakel alias lubang-lubang di sisi tubuhnya untuk bernapas. Ada 4 buah spirakel di masing-masing ruas tubuh kaki seribu. Karena kaki seribu tidak bisa menutup spirakelnya, kaki seribu bisa kehilangan banyak uap air dari dalam tubuhnya & mati kekurangan cairan jika suhu lingkungannya terlampau tinggi.

Untuk menghindari hal tersebut, kaki seribu pun memilih habitat yang lembab sebagai tempat tinggalnya, misalnya di lantai hutan. Sebagai bentuk antisipasi lebih jauh, kaki seribu juga lebih sering keluar pada malam hari.

Seperti halnya hewan-hewan kecil yang hidup di atas tanah, kaki seribu juga rentan dimangsa oleh hewan-hewan lainnya. Beberapa contoh hewan predator dari kaki seribu adalah burung, tikus, katak, kura-kura, lipan, & kumbang. Namun, kaki seribu bukanlah hewan yang tidak berdaya sama sekali.

Sebagai bentuk pertahanan diri yang paling dasar, kaki seribu mengandalkan warnanya yang mirip dengan warna tanah agar sulit ditemukan. Ketika sedang beristirahat, kaki seribu akan bersembunyi di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh musuhnya semisal celah pohon.

Kaki seribu yang sedang menggulung diri.

Jika musuh sudah terlanjur memergoki dirinya, kaki seribu akan menggulung diri menjadi seperti bola & menggunakan kulit tubuhnya yang keras sebagai perisai. Namun jika musuh masih bersikeras menyerang, kaki seribu akan mengeluarkan cairan. Efek dari cairan tersebut bervariasi, mulai dari yang sebatas berbau menyengat hingga yang bisa melepuhkan serangga.

Beberapa spesies kaki seribu yang hidup di Amerika Tengah hidup bersama koloni semut serdadu & mendapatkan perlindungan dari para anggota koloninya. Sebagai gantinya, kaki seribu yang bersangkutan membantu memakan jamur-jamur parasit yang bisa membahayakan semut.



BERKAKI BANYAK, BERTELUR BANYAK

Kaki seribu adalah hewan berumah 2 yang berarti seekor kaki seribu hanya bisa memiliki 1 macam jenis kelamin : jantan atau betina. Kaki seribu jantan memiliki kaki khusus yang bernama "gonopod" yang fungsinya adalah untuk menampung & menyalurkan sperma ke dalam lubang kelamin kaki seribu betina.

Sesudah melakukan perkawinan, kaki seribu betina lalu menaruh telur-telurnya ke dalam tanah di mana jumlah telur yang dikeluarkan bisa mencapai 2.000 butir. Sebagian spesies kaki seribu betina bisa kawin & bertelur berkali-kali, sementara sebagian lainnya hanya bisa bertelur sekali & sesudah itu mati.

Kaki seribu yang baru menetas tubuhnya berwarna pucat & hanya memiliki kaki berjumlah 3 - 4 pasang. Namun seiring dengan pertumbuhannya, bayi kaki seribu tersebut akan mengalami pergantian kulit & pertambahan jumlah kaki. Makanan dari bayi kaki seribu pada dasarnya tidak berbeda dengan kaki seribu dewasa.

Bayi kaki seribu. (geneseo.edu)

Kaki seribu muda juga kerap memakan kulitnya sendiri sesudah melakukan pergantian kulit. Karena kaki seribu memiliki ukuran yang bervariasi antar spesies, usia maksimumnya pun bervariasi pula. Spesies A. gigas selaku spesies kaki seribu terbesar di dunia memiliki usia maksimum 7 tahun.

Kaki seribu bukanlah hewan yang berbahaya bagi manusia & sebaiknya dibiarkan hidup jika tidak mengganggu karena peran pentingnya dalam menjaga kesuburan lingkungan. Namun kenyataannya, hewan ini masih kerap dibunuh secara sengaja. Entah karena manusia merasa takut & jijik dengan penampilannya, atau karena manusia yang membunuhnya tidak bisa membedakan kaki seribu dengan lipan yang memang beracun.

Meskipun cairan yang dikeluarkan oleh kaki seribu normalnya tidak berbahaya bagi manusia, cairan tersebut kadang-kadang meninggalkan bekas pada kulit manusia jika tidak segera dicuci. Bagi sebagian orang yang kebetulan memiliki alergi, cairan yang dikeluarkan kaki seribu juga bisa menimbulkan rasa gatal & perih.

Di rumah-rumah yang memiliki pekarangan, kaki seribu kadang-kadang terlihat berkeriapan masuk ke dalam rumah karena mereka menghindari hujan & mencari tempat teduh. Beberapa spesies kaki seribu juga dianggap sebagai hama pertanian karena mereka kerap merusak tanaman. Sebagai contoh, kaki seribu dari genus Spirostreptids dilaporkan bertanggung jawab atas rusaknya tanaman kacang & kapas di Afrika.

Dalam kasus lain, kaki seribu juga bisa membahayakan kegiatan transportasi darat karena saat mereka mengalami ledakan populasi, kerumunan kaki seribu dapat menutupi jalur rel setempat sehingga kereta yang lewat di atasnya bisa tergelincir & mengalami kecelakaan. Kasus tersebut pernah dialami oleh negara-negara maju seperti Jepang, Perancis, & Jerman.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Subfilum : Myriapoda
Kelas : Diplopoda



REFERENSI

 - . 1996. "Hamparan Dunia Ilmu Time-Life: Dunia Serangga". PT Tira Pustaka, Jakarta.

Cherney, K.. 2019. "Do Millipedes Bite and Are They Poisonous?".
(www.healthline.com/health/millipede-bite)

Myers, P.. 2001. "Diplopoda".
(animaldiversity.org/accounts/Diplopoda/)

Oregon Zoo. "Giant African millipede".
(www.oregonzoo.org/discover/animals/giant-african-millipede)

Ramel, G.. "Millipedes 101: The Many Legged World Of Class Diplopoda".
(www.earthlife.net/insects/diplopoda.html)

Shelley, R.M.. 1999. "Centipedes and Millipedes with Emphasis on North America Fauna".
(www.emporia.edu/ksn/v45n3-march1999/)
 





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



64 komentar:

  1. ihh serem banget ya kaki seribu . . .

    BalasHapus
  2. kaki seribu memang bikin banyak korban ya

    BalasHapus
  3. jual anak murah15 Juni, 2014 07:42

    ihh bisa begitu ya kaki seribu tante aya

    BalasHapus
  4. Aku takut tadi kelabang msk kmrku hiiiie...seram bngt

    BalasHapus
    Balasan
    1. lain kali kamarnya dirapikan, biar kelabangnya gak masuk

      Hapus
  5. Dimana aku bisa beli giant african millipede?? Aku tunggu tawarannya di 7DC2BC92

    BalasHapus
  6. hm.....geli nih ngeliat begitu banyak kakinya......

    BalasHapus
  7. merinding liat kaki seribu..

    BalasHapus
  8. Gmna cara mncegah kakiseribu masuk k rumah..Akhir akhir ini kaki seribu msuk k ruang tegah trus..Bkin aq resah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya, coba anda tutup setiap celah sempit yang mengarah masuk ke rumah agar kaki seribu tidak bisa masuk ke dalam. Lalu sering-sering bersihkan bagian kolongperabotan, karena kaki seribu biasanya betah ada di dalam rumah jika tempatnya lembab & banyak dipenuhi sisa-sisa material organik. Anda juga bisa coba memelihara ayam di halaman rumah, supaya mereka memakan kaki seribu yang bersembunyi di dalam tanah.

      Hapus
  9. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    BalasHapus
  10. kasihan, banyak orang yg membunuhnya, padahal kalau ada dan menutup diri dengan menggulungkan tubuhnya
    kita tinggal buang keluar aja tanpa membunuhnya

    BalasHapus
  11. Dirumah banyak ada dua jenis kaki seribu. Yang hitam garis putih dan merah polos. Sama2 melindungi diri dengan Cara melingkar. Geli kalau sudah ada yang masuk ke rumah. Lebih sering si merah polos itu melata ke lantai,di tembok kamar mandi dan di tembok kamar. Depan Dan belakang rumah kami ada taman, yang saat ini sedang musim hujan. Ternyata dari situ asal mula mereka berkembang biak Dan bertahan hidup sangat lama. Selama musim penghujan terus ada, selama itu Pula mereka pasti bisa jadi tamu tak diundang di dalam rumah kami. Mungkin tidak menjinikan untuk jenis yang hitam garis putih, karna tubuhnya agak terlihat kasar Dan lebih besar. Tapi saya selalu jijik dengan yang warna merah polos dan takut masuk ke telinga saat kami tidur malam. Bentuknya lebih halus, kaki kakinya tidak terlihat jelas, kepalanya lebih lonjong dan tubuhnya lebih terlihat basah. Aduhhh, sampai harus browsing untuk cari tahu bagaimana menghadapi hewan tersebut. Artikel ini membantu saya. Terima kasih. Minimal saya lega Dan tahu spesies hewan apakah yang selalu datang dirumah saya saat musim hujan ini. Walaupun sudah diantisipasi menutup lubang pintu, mungkin karna fisiknya halus, hewan itu tetap bisa masuk. Alhasil, Mata dan kaki harus Jeli, ketemu, tangkap dengan kertas dan digulung2, lalu sy buang ke tempat sampah biar musnah. Sangat menyeramkan. Sehari bisa kedatangan lebih dari Lima ekor kaki seribu merah halus yang menjijikkan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhir akhir ini juga saya sering banget banget banget nemuin kaki seribu warna merah tapi kecil kecil itu di mana mana sumpah saya bener bener geli ngeliatnya .. dan barusan bener bener bikin saya muak saya pengen nyerah pas saya lagi tiduran di kasur ada yg jalan di lengan saya pas saya tengok ternyata itu kaki seribu ..

      Hapus
    2. Saya juga banyak aku malah berfikir ini adalah hewan goib

      Hapus
    3. kita senasib om. takutnya masuk ke telinga aja sih pas lagi tidur. apalagi sekarang lagi punya bayi

      Hapus
    4. Saya sekarang terbangun karena ada bintang itu ditempat tidur saya

      Hapus
  12. Saya mau beli keluwing dan laba laba besar dimana saya bisa beli ya di daerah jakarta saya mau praktek biologi tolong saya ,, saya kesusahan untuk dapat keluwing dan laba laba yang menjual itu tolong beritahu saya ya id line @dimaschaidir

    BalasHapus
  13. Luwing suka ganti kulit juga ya?

    BalasHapus
  14. T.T help di kamar aku ada di tembok di semprot baygon malah ngelingker goyang2 kaya ular kasian sih tapi yaampun geli takut ngerayap :'( ya Alloh cepet kemarau ga kuat :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. tendang aja keluar kalo lagi ngegulung gitu atau diaspu... ehh disapu

      Hapus
  15. Di rumah saya sering banyak luwing, gimana ya mengatasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lihat komentar yang dibuat saudara/i wida iswadi. Di sana saya sudah memberikan komentar balasan mengenai cara yang bisa dicoba untuk mencegah atau setidaknya mengurangi jumlah luwing yang masuk ke dalam rumah.

      Hapus
  16. Rumah klu jarang disapu, apalagi dipel.., maka luwing akan suka mondar-mandir di depan kita..

    BalasHapus
  17. Saya sbnrnya ga mslh dgn keluwing dlm kmr tp bru2 ini saya alami sndri kluwingnya sdh merayap dilengan dan ada lg yg sdh naik ke leher untung saya lgsg terbangun. Mksh infonya

    BalasHapus
  18. Kelabang ataupun lipan kalo ketemu pengenya ngusir aja, orang bukan tempat tinggalnya, dirumah juga jd risih kalo ngelihat gituan mah

    BalasHapus
  19. Luwing itu seperti hantu menurut saya.yg awalnya ga ada eh tibA2 nongol aja. Barusan aja ada dbawah kaki anak saya yg berusia 9bln dan tak sengaja terinjak.alhasil bekas darahnya tidak hilang . .info bagaimna mnghilangkan bekas luwing dkulit kaki anak saya? Mohon info

    BalasHapus
  20. Kata siapa tdk berbahaya.. sy n suami pernah digigit kaki seribu pas tidur.. saat bangun kulit sya jadi ada bercak hitam yang besar gosong, terasa panas.. sangat mengganggu penampilan.. apalagi itu tdk bsa hilang kecuali kita kelupas sendiri.. klo ga percaya bsa anda coba d rumah.. sya skrg phobia kaki seribu.. klo ada psti tak bunuh.. tips cara bunuh yg ampuh adl pencet kepalanya agar terlepas dr badannya dgn peralatan seadanya n jangan pakai tangan kosong.. ni kisah nyata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaki seribu tidak menggigit. Yang bisa menggigit cuma kelabang. Tapi kalau kebetulan penyebab bercak hitam anda memang karena dari kaki seribu, berarti kemungkinan karena pas tidur anda tidak sengaja menindihi kaki seribunya & kaki seribunya mati sambil mengeluarkan cairan asam.

      Hapus
    2. Masuk akal nih jawabannya, karna memang kaki seribu mengeluarkan asam untuk pertahanan. Setuju 100%. Soalnya saya kmaren nemu d rumah yg ukuran besar, malah ga sengaja saya pegang2 n mainin tp ga knapa2 sampe sekarang.

      Hapus
  21. Saya pobia sama kaki seribu suka datang tiba2 saat lagi tidur, saya blakangan ini tidak nyenyak tidur nya karna takuk kaki seribu datang lagi di badan saya.

    BalasHapus
  22. Iyah kaki seribu memang bikin resah'tiap mlam ajah slalu ada di tangan suamiku tu kaki seribu, aduh sampe trauma dech, mana sya punya baby lagi nich. pernah ada kejadian keluarga sya, waktu masih kecil sekitaran umur 9 blan makan kaki seribu, al hasil lidahnya menjadi biru kehitam hitaman.. Masya Allah ngerinya tu kaki seribu, qlo sampai masuk ke telinga wah gak tau dech, sama sampe kemakan .. Bsa goooo iiiichhh serreeemmmmm

    BalasHapus
  23. kok tempatku justru kemarau kluaran smua dr tanah masuk dalam rumh,,masuk kamar,,dan parahnya naik d kasur jga,
    bkin gak nyaman tidur siang apalgi tdur mlm, biar hbis di pell tetap aja masuk lagi. gmn tuh ih serreeeem bnget

    BalasHapus
  24. klo pemakan tumbuhan,berarti hewan ini termasuk yg tdk berbahaya ya gan?

    BalasHapus
  25. Tidak apa2 membunuh kaki seribu yg masuk rumah toh kl cm membunuh puluhan ga mengurangi populasiny krn sekali beranak bs ribuan.kl udh msuk rmh berbhaya terutama yg pnya anak2 kecil.bisa kemakan,bisa msuk telinga,bs ngigit jg.tetangga sy bbrp hr lalu kegigit dan bdn pegel2 smua lgsg kedokter.cerita nyata dr desa sebelah bayi bbrp bln meninggal gr2 hewan ini.si bayi dipakein topi yg didalamny trnyta ad kk seribu.si bayi nangis2 terus smpe ortunya lihst darah keluar dr kepalany.wktu dibuka ternyta kk setibu udh msuk ke ubun2 bayi hny tggl kelihatan ekornya.bayi tak tertolong lg.

    BalasHapus
  26. Sy semalam tidur, mnindih kaki seribu....hasilnya tangan sy gosong dan nyeri sekali....kaki seribu sy lempar, tp tdk mati.....sy rasa kaki seribu memang mengeluarkan racun...sampai sekarang masih nyeri dan bekas gosong...

    BalasHapus
  27. Saya jg tiap hari minimal 2x temuin kaki seribu di ruang tamu. Binatang goib ini,datang tiba2 entah dr mana.ap ad tips jitu biar ni binatang gk msuk2 rmh lgi?

    BalasHapus
  28. hari ini juga ada kaki seribu nyasar diatas kasur, mana malam malam punya anak kecil takutnya masuk ke kuping anakku, dan ini juga bukan yang pertama naik diatas kasur, gimana cara membasminya ya? padahal rumah gak lembab udah dipel tiap hari rumah juga tertutup tapi tiba tiba suka datang itu kaki seribu secara goib ih ngeri agh

    BalasHapus
  29. Yaa memang geli ..klo di perkotaan mungkin tdk ada ya hehe..klo ulet yang hitam kecil tpi kakinya banyak itu nmanya apa yaa..tpi tdk gatal cmn baunya ga enak...klo di sni nmanya ulet gagak hehe...ada yang tau..

    BalasHapus
  30. Nanti di neraka banyak lagi kelabangnya

    BalasHapus
  31. dikamar mandi kos saya banyak kaki seribu yg keluar dari sela sela lantai keramik, lubang yg sering kluar kaki seribu sudah sy semen. mungkin karena lembab, kaki seribu tetap muncul dikamar mandi. sy bingung bgaimana cara menangani nya. setiap yg keluar lebih dari 3 kdang campai 8. namun ukurannya kecil. bgaimna cara supaya gk dtng lg?

    BalasHapus
  32. Mohon info donk..kemaren anak umur 1th seneng masukin apa z ke mulut. Pas waktu itu kuwing dy masukan ke mulut dy nangis luwingnya di buang tp dimulutnya keluar darah...ampe sekarang gx mau makan..trus jd rewel...udah di bawa kemana2 tetep rewel..ada yg tau aq harus gmna..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sampai berdarah sih, tebakan saya yang dimasukkan oleh anak anda ke mulut itu bukan kaki seribu / luwing, tapi kelabang yang memang bisa menggigit. Jika anak anda masih menangis sesudah dibawa ke dokter, kemungkinan itu karena dia masih merasa sakit akibat luka gigitan di mulutnya.

      Hapus
  33. Di kebun belakang rumah saya dulu banyak sekali. Tapi setelah saya rajin bersihkan rumput pakai dengan racun rumput round-up, lama-lama hilang sendiri,mungkin ikut keracunan. Hanya kadang-kadang munculnya. Cara basminya,semprot dengan pembersih keramik porstek,pake handspray,dia akan mati. Klo cuma baygon,mental dia,ga akan mati.

    BalasHapus
  34. kemarin otong saya digigit sama luwing

    BalasHapus
  35. Saya paling ngeri lihat keluwing, baik kecil maupun besar. Pernah waktu praktek lapangan ketemu yang kakinya kuning tapi badan hitam, pendek, pokoknya aneh bentuknya.

    BalasHapus
  36. sekarang sulit cari hewan ginian, ditempat saya sekarang kebanyakan jalan pavling , udah gak kaya dulu lagi

    BalasHapus
  37. I like your article for information. thank you for admin

    BalasHapus
  38. Informasinya bermanfaat banget. Kaki seribu banyak terdapat di kebun saya.....cara mengatasinya gimana ya min ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kaki seribunya masih ada di halaman & belum sampai masuk ke rumah, saran saya coba anda pelihara ayam di halaman rumah anda, supaya ada yang memakan kaki seribunya. Lalu sering-sering bersihkan halaman rumah anda dari sampah kayu & daun. Anda juga bisa menggunakan insektisida, asalkan tidak terlalu sering & sesuai instruksi di labelnya.

      Hapus
  39. kalau digigit sama luwing....sakit apa ngeri ya ????

    BalasHapus
  40. Banyak yg bertanya cara untuk basmi kluing yg suka muncul di rumah ttp blm ada jawabannya yg bagus...saya jg perlu tau nih.....

    BalasHapus
  41. I like your article…..Thanks for sharing rules of survival

    BalasHapus
  42. Tadi hbis subuhan pas masuk kamar udh ada kaki seribu di tengah2 kasur saya. Astghfirullah hal adziimm... ∑( ̄□ ̄;)
    Pdahal kasur saya udh tinggi loh.. Jadi harus singkirin buku2 dan buat kamar jdi lebih minimalis dan terang ya? Bismillah...

    Jazakumullah hu khairan.

    BalasHapus
  43. Adakah hubungan kaki seribu dgn ilmu santet dan mistis

    BalasHapus
  44. Padahal udh baca khn semua itu gk berbahaya bahkan baik untuk tanah dan tanaman, apa komentar tanpa baca, jijik, geli ??? Tggl ambil sapu gk usah di bunuh buang aja, kalo msh ada peduli lingkungan bisa buang ke tanah yg kurang subur, thx atas berita yg menarik dan bermanfaat ini admint, minimal org yg menyayangi lingkungan,binatang dan alam jd tau knp bumi mkin rusak jg, yg bermanfaat untuk bumi dianggap menjijikan yg merusak bumi dianggap keren, hmmm... 😩😩😩

    BalasHapus
  45. ngeri sekali artikel nya tentang kaki seribu ini.

    BalasHapus
  46. Gmna Cara menghilangkan noda berupa bercak hitam akibat cairan lendir luwing/kaki seribu yg tdk sengaja keinjak?
    Soalnya warnanya kyk gumpalan darah mati dan sulit hilanginnya....

    BalasHapus
  47. Saya baru saja menyiram tanaman dr biji alpukat yg tumbuh di pot kompos organik dan saya pindah ke tanah,lalu keluar banyak sekali keluing dari yg besar smp kecil. Saya lalu cari artikel ttg millipede dan makin paham, millipede adlh dekomposer bhn2 organik. Berguna utk kesuburan tanah dg menjaga unsur hara. Terimakasih admin..

    BalasHapus
  48. Pengalaman saya ini binatang paling suka ke bawah tumpukan pakaian yg nda di lipat rapi dalam lemari.

    BalasHapus
  49. Saya baru saja nemuin kaki seribu di atas kasur,,heran datangnya dari mana,,geli banget ihh,,untung ga masuk ke telinga anak saya...

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.