FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Asal-Usul Nama-Nama Negara di Benua Amerika




Peta hitam putih yang menampilkan Benua Amerika. (Sumber)

Amerika. Itulah nama benua yang terletak di antara Samudera Pasifik & Samudera Atlantik. Berdasarkan posisinya, Benua Amerika bisa dibagi ke dalam 3 daerah utama : Amerika Utara, Amerika Tengah yang juga mencakup Kepulauan Karibia, & Amerika Selatan. Sementara kalau berdasarkan kulturnya, daerah Amerika Tengah & Selatan kerap juga dipanggil dengan sebutan "Amerika Latin" karena negara-negara yang terletak di daerah tersebut hampir semuanya menggunakan bahasa Spanyol & Portugis sebagai bahasa utamanya.

Nama "Amerika" pada benua yang bersangkutan diambil dari nama Amerigo Vespucci, pelaut Italia yang memetakan Benua Amerika di awal abad ke-16. Total, ada lebih dari 30 negara yang terletak di Benua Amerika. Karena masing-masing negara memiliki karakteristik & perjalanan sejarahnya sendiri-sendiri, masing-masing negara pun memiliki asal-muasal nama yang berbeda. Dan sesuai judulnya, artikel kali ini akan membahas asal-usul nama dari negara-negara yang terletak di benua yang oleh orang Eropa juga dikenal dengan julukan "Dunia Baru" (New World) ini.


AMERIKA SERIKAT berasal dari gabungan 2 kata, yaitu Amerika & Serikat. Nama "Amerika" jelas merujuk pada benua asal negara ini, sementara "Serikat" merujuk pada bentuk pemerintahan negara terkait yang merupakan perserikatan dari sejumlah negara bagian.


ANTIGUA & BARBUDA merupakan negara kecil yang tersusun oleh 2 pulau : Pulau Antigua & Pulau Barbuda. Nama "Antigua" berasal dari bahasa Spanyol yang bermakna "kuno", sementara "Barbuda" juga berasal dari bahasa Spanyol yang berarti "berjanggut". Bahasa Spanyol digunakan karena yang memberi nama kepada 2 pulau tadi adalah rombongan pelaut Spanyol pimpinan Christopher Columbus.


Peta lokasi dari Antigua &
Barbuda. (Sumber)
ARGENTINA berasal dari bahasa Latin "argentum" yang berarti "perak". Nama tersebut diperkirakan terinspirasi dari Rio de la Plata, muara besar di perbatasan Argentina & Uruguay. Nama "Rio de la Plata" sendiri dalam bahasa Spanyol berarti "sungai perak".


BAHAMA memiliki asal-usul nama yang bervariasi. Teori versi pertama menyebut kalau nama "Bahama" berasal dari bahasa Spanyol "baja mar" yang berarti "lautan rendah". Versi kedua menyebut kalau nama "Bahama" berasal dari bahasa Lucayan (bahasa penduduk asli Bahama) "ba ha ma" yang jika diterjemahkan berarti "kepulauan atas tengah yang besar".


BARBADOS berasal dari bahasa Spanyol yang berarti "si janggut". Sebutan "janggut" diperkirakan terinspirasi dari sulur-sulur pohon ara banyak yang tumbuh di Barbados.


BELIZE berasal dari bahasa Maya "belix" yang berarti "berlumpur". Sebutan tersebut digunakan untuk menyebut Sungai Belize & kemudian diadopsi menjadi nama negara lokasi sungainya.


BOLIVIA diambil dari nama Simon Bolivar, tokoh pejuang kemerdekaan negara-negara Amerika Selatan pada abad ke-18.


BRAZIL berasal dari nama kayu brazil / pernambuco, pohon yang banyak diperdagangkan oleh orang-orang Eropa di wilayah negara yang bersangkutan pada abad ke-16.


CHILI berasal dari nama lokal "chili" yang kurang lebih berarti "ujung daratan". Sebutan yang muncul karena wilayah Chili berada di tepi laut.

Peta Pulau Hispaniola, lokasi negara
Haiti & Republik Dominika. (Sumber)

DOMINIKA (PERSEMAKMURAN) berasal dari bahasa Latin "dies Dominica" yang berarti "hari Minggu". Nama tersebut dipilih karena ketika rombongan pelaut pimpinan Columbus mendarat di Pulau Dominika, mereka mendarat pada hari Minggu.


DOMINIKA (REPUBLIK) merupakan modifikasi dari Santo Domingo, ibukota negara yang bersangkutan. Nama "Santo Domingo" sendiri diambil dari Santo Dominic, pemuka agama Spanyol yang mendirikan Ordo Katolik Dominika.


EKUADOR namanya terinspirasi dari garis ekuator / khatulistiwa, garis lintang 0 derajat yang melintasi wilayah negara yang bersangkutan.


EL SALVADOR dalam bahasa Spanyol berarti "Sang Juru Selamat". Nama tersebut diberikan oleh penjelajah Spanyol sebagai bentuk penghormatan kepada sosok Yesus Kristus dalam agama Kristen.


GRENADA diadopsi dari nama "Granada", kota yang terletak di Spanyol bagian selatan.


GUYANA berasal dari bahasa pribumi "guiana" yang berarti "tanah yang banyak airnya".


HAITI berasal dari bahasa lokal Taino "ayiti" yang berarti "tanah pegunungan tinggi". Nama yang muncul sebagai akibat dari kondisi geografis Haiti yang memang bergunung-gunung.


Peta Amerika Tengah. (Sumber)
HONDURAS dalam bahasa Spanyol berarti "dalam". Nama tersebut awalnya digunakan oleh Columbus untuk menyebut perairan laut di sebelah timur daerah yang bersangkutan.


JAMAIKA berasal dari bahasa lokal Taino "xaymaca" yang kurang lebih berarti "tanah kayu & air" untuk menggembarkan kondisi subur pulau yang bersangkutan.


KANADA berasal dari bahasa lokal Iroquoian "kanata" yang berarti "pemukiman".


KOLOMBIA diambil dari nama Christopher Columbus (tidak perlu dijelaskan lagi kan siapa orang ini?).


KOSTA RIKA dalam bahasa Spanyol berarti "pantai kaya". Nama tersebut digunakan oleh para penjelajah Spanyol karena awalnya mereka pikir daratan yang bersangkutan adalah daratan yang kaya akan emas.


KUBA berasal dari bahasa lokal Taino "cubao" yang berarti "di mana tanah subur bertebaran".


MEKSIKO diadopsi dari lembah bernama sama yang di masa lalu menjadi pusat pemerintahan Kekaisaran Aztek.


Terusan Panama, kanal penghubung
Samudera Atlantik & Pasifik. (Sumber)
NIKARAGUA merupakan gabungan dari 2 kata, yaitu "Nicarao" (nama penguasa pribumi setempat di abad ke-16) & "agua" (bahasa Spanyol untuk "air"). Kenapa ada embel-embel kata air, karena di Nikaragua terdapat 2 danau besar, yaitu Danau Nikaragua & Danau Managua.


PANAMA diambil dari nama sebuah desa nelayan yang disinggahi oleh penjelajah Spanyol pada abad ke-16. Dalam bahasa pribumi, "Panama" berarti "tempat yang banyak ikannya".


PARAGUAY dalam bahasa lokal Guarani berarti "tempat yang banyak sungainya". Nama yang merujuk pada Sungai Rio Paraguay yang melintas tepat di tengah-tengah negara yang bersangkutan.


PERU merupakan hasil modifikasi dari "Biru", nama bangsawan pemilik wilayah cikal-bakal Peru pada abad ke-16.


SAINT KITTS & NEVIS merupakan negara kecil yang terdiri dari 2 pulau : Pulau St. Kitts & Pulau Nevis. "Kitts" merupakan versi panggilan singkat dari Christopher (Columbus), orang Eropa penemu pulau yang bersangkutan. Sementara "Nevis" dalam bahasa Spanyol berarti "salju". Nama yang digunakan karena awan pada Puncak Nevis terlihat seperti salju yang mengapung.


SAINT LUCIA namanya diambil dari Santa Lucy, martir dalam agama Katolik. Nama Santa Lucy dipilih karena Santa Lucy adalah orang Perancis, sementara orang Eropa pertama yang mendarat di Pulau Saint Lucia adalah pelaut Perancis.


SAINT VINCENT & GRENADINES adalah negara kepulauan kecil yang namanya merupakan gabungan dari 2 kata : Saint (Santo) Vincent & Grenada. Nama "Saint Vincent" berasal dari Hari Santo Vincent, hari suci bagi penganut Katolik Eropa sekaligus hari di mana Christopher Columbus menemukan pulau yang bersangkutan (22 Januari 1498). Sementara nama "Grenada" berasal dari "Granada", kota yang terletak di Spanyol bagian selatan.


Christopher Columbus. (Sumber)
SURINAME diadopsi dari nama "Surinen", penduduk pribumi pertama wilayah cikal-bakal Suriname.


TRINIDAD & TOBAGO merupakan negara kecil yang terdiri dari 2 pulau : Pulau Trinidad & Pulau Tobago. Nama "Trinidad" dalam bahasa Spanyol berarti "Trinitas" (konsep 3 wujud Tuhan dalam agama Kristen) di mana nama tersebut diberikan oleh Christopher Columbus. Sementara nama "Tobago" dalam bahasa Spanyol berarti "tembakau" karena Pulau Tobago memiliki bentuk menyerupai cerutu tembakau.


URUGUAY dalam bahasa lokal Guarani bermakna "sungai di mana burung bercat hidup".


VENEZUELA dalam bahasa Italia berarti "Venezia kecil" di mana Venezia merupakan nama dari kota di Italia yang terkenal berkat jalur transportasi airnya. Nama tersebut diberikan oleh pelaut Amerigo Vespucci yang teringat dengan tata kota Venezia ketika dia melihat rumah-rumah penduduk pribumi di Danau Maracaibo.  -  © Rep. Eusosialis Tawon


REFERENSI

Online Etymology Dictionary
Wikipedia
Encyclopaedia Britannica


Catatan :
Karena ada begitu banyak pustaka dari situs yang sama yang dirujuk untuk membuat artikel ini, maka pihak Republik tidak mencantumkan tautan detail halaman situs yang menjadi referensinya. Tapi hanya sebatas mencantumkan tautan utama situsnya.



COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

1 komentar:




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.