SEJARAH  •  FAUNA  •  HIBURAN





26 Oktober 2010


Tawon Inggris, Malaikat & Iblis bagi Ekosistem



(Sumber)

Tawon Inggris (Vespula vulgaris) adalah nama dari tawon sosial yang habitat aslinya berada di Inggris & Eropa daratan. Di Inggris sendiri, saking seringnya tawon ini terlihat, tawon yang bersangkutan lebih dikenal dengan nama "tawon biasa" (common wasp). Tapi berhubung definisi "biasa" antara di sini dengan di Inggris berbeda, maka kita panggil saja tawon ini dengan nama "tawon Inggris". Tawon ini bisa dikenali dengan melihat warnanya yang hitam kuning, permukaan tubuhnya yang diselubungi bulu-bulu halus & kebiasaannya melipat semua kakinya ketika sedang terbang.

21 Oktober 2010


Persenjataan Rayap



(Sumber)

Apa yang kita pikirkan bila kita mendengar kata rayap? Orang umumnya hanya tahu bahwa rayap adalah serangga kecil & lemah yang sukanya merusak kayu. Karena perilakunya itu pula, rayap seringkali dipandang miring & remeh oleh kebanyakan orang. Padahal sebagai salah satu serangga sosial, rayap merupakan salah satu hewan dengan perilaku paling kompleks yang pernah ada.

18 Oktober 2010


Scrin, Serangga-Serangga Logam yang Haus Kekayaan Bumi



(Sumber)

Para penggemar game komputer - khususnya genre strategi atau RTS - pasti tahu soal game berseri Command & Conquer alias C&C (sering juga disebut C&C versi Tiberian atau C&C orisinal untuk membedakannya dari game C&C versi lain). Sejak kemunculan pertamanya tahun 1995, game itu telah menarik perhatian banyak orang dengan konsep permainan & ceritanya yang rumit soal perebutan mineral misterius bernama Tiberium. Salah satu pihak dalam game tersebut yang juga berkonflik karena Tiberium adalah Scrin, suatu kelompok alien yang memiliki fisik mirip serangga logam. Nah, Scrin inilah yang akan dibahas dalam artikel kali ini.

15 Oktober 2010


Lemming, Hewan yang Melakukan Bunuh Diri Massal



(Sumber)

Lemming adalah nama sejenis hewan pengerat kecil mirip hamster yang banyak ditemukan di wilayah sekitar kutub utara, terutama daerah tundra (semacam padang rumput daerah dingin). Ada beberapa spesies hewan yang diketahui sebagai lemming, namun pembahasan di artikel ini akan difokuskan pada lemming Norwegia (Lemmus lemmus), spesies lemming paling populer yang banyak ditemukan di daerah Skandinavia (Swedia, Norwegia, Finlandia) & Rusia barat laut.

11 Oktober 2010


Lebah yang Tidak Bersengat



Seekor lebah tak bersengat yang sedang membawa
serbuk sari di kaki belakangnya. (Sumber)

Lebah. Siapa yang tidak kenal serangga ini? Serangga yang masih berkerabat dengan tawon & semut ini dikenal karena perilakunya hidup beramai-ramai & kemampuannya menghasilkan madu dari sari-sari tanaman yang dihisapnya. Ada banyak spesies lebah di dunia ini, namun umumnya orang hanya mengenal lebah madu. Nah, biar pengetahuan kita ga cuma sebatas soal lebah madu, maka kali ini saya akan membahas soal spesies yang lain daripada yang lain : lebah tak bersengat.


Zerg, Alien yang Mengubah Dunia Game Strategi



(Sumber)

Zerg. Mereka yang menyukai game real-time strategi atau RTS - game yang menitik beratkan pada pengumpulan sumber daya untuk membangun kota & pasukan untuk mengalahkan musuh - pasti pernah mendengar kata tersebut. Zerg merupakan ras koloni alien fiktif dari serial game Starcraft yang memiliki penampilan mirip monster & serangga berukuran besar yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan dirinya melalui aneka mutasi. Selain Zerg, ras lain dalam game Starcraft adalah ras manusia Terran & ras Protoss yang merupakan alien berteknologi tinggi

5 Oktober 2010


Perang India-Pakistan (1965), Ketika Asia Selatan Kembali Bergolak



(Sumber)

India & Pakistan adalah 2 negara yang masing-masing terletak di wilayah Asia Selatan & Barat.  Karena sama-sama memiliki wilayah luas serta SDM & SDA melimpah, kedua negara tersebut dianggap sebagai calon negara yang bakal berpengaruh besar bagi dunia, terutama India yang belakangan ini digadang-gadang sebagai calon adidaya (superpower) di Asia. Sayang, kelebihan serta ambisi yang dimiliki kedua negara tersebut sering memancing keduanya untuk saling bersaing & berkonflik. Salah satu dari sekian banyak konflik tersebut adalah Perang India-Pakistan tahun 1965.

3 Oktober 2010


Laba-Laba Bel Penyelam, Laba-Laba yang Hidup di Bawah Air



(Sumber)

Coba sebutkan di mana saja kita bisa menemukan laba-laba. Di hutan, di gurun pasir, atau di rumah-rumah? Semuanya benar karena laba-laba bisa hidup di tempat manapun selama tempat tersebut memiliki iklim yang tidak terlalu ekstrim & dihuni oleh mangsa-mangsanya. Tapi kalau laba-laba yang hidup di dalam air, ada yang pernah dengar? Belum ada? Kalau belum, silakan lanjutkan bacanya biar tidak penasaran lagi.