Makna Bendera Negara-Negara Pecahan Yugoslavia



Peta dari Yugoslavia & negara-negara bagian penyusunnya.

Yugoslavia adalah negara yang dulu pernah berdiri di Eropa Tenggara. Awalnya dikenal berkat keberagaman penduduk & netralitasnya di dunia internasional, negara tersebut di akhir hayatnya lebih dikenal dengan perang yang diwarnai aksi saling bantai antar etnis.

Dulu, pihak Republik pernah membahas soal Yugoslavia dari awal berdiri hingga keruntuhannya. Silakan menengok kembali artikelnya di sini jika ada pengunjung yang penasaran dengan sejarah mantan negara terbesar di Semenanjung Balkan tersebut.

Ada 6 negara yang dulunya berstatus sebagai bagian dari Yugoslavia. Keenam negara tersebut adalah Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Serbia, Slovenia, Makedonia, & Montenegro. Selain keenam negara tadi, ada pula Kosovo yang status internasionalnya masih diperdebatkan hingga sekarang. Dan sesuai dengan judulnya, dalam kesempatan kali ini pihak Republik akan membahas makna bendera dari negara-negara yang bersangkutan.



BOSNIA-HERZEGOVINA

Bendera Bosnia & Herzegovina.

Negara pecahan Yugoslavia yang terkenal karena menjadi lokasi pembantaian Srebrenica, salah satu aksi kejahatan kemanusiaan terbesar di Eropa semenjak berakhirnya Perang Dunia II.

Ada banyak etnis yang menghuni Bosnia, namun dari sekian banyak etnis tersebut, etnis dengan populasi terbesar berturut-turut adalah etnis Muslim Bosnia (Bosniak), Serb, & Kroat. Supaya bendera nasionalnya bisa diterima oleh semua golongan etnis di Bosnia, PBB pun sampai harus turun tangan untuk membuatkan desain bendera Bosnia.

Bendera nasional Bosnia memiliki warna biru dengan segitiga kuning siku-siku & beberapa bintang berwarna putih di sisi kiri segitiganya. Warna biru & deretan bintang menyimbolkan Eropa, sementara warna kuning berarti harapan. Motif segitiga menyimbolkan 3 etnis utama di Bosnia.

Bintang di sisi atas & bawah bendera ditampilkan secara tidak utuh untuk menggambarkan kalau bintang dalam deretan memiliki jumlah yang tidak terbatas. Sebuah penyimbolan dari sesuatu yang berjalan secara terus-menerus.

Bendera Bosnia dari tahun 1992 hingga 1995.

Selain bendera 3 warna di atas, negara Bosnia di era Perang Yugoslavia juga memiliki bendera dengan warna dasar putih & simbol berbentuk tameng di bagian tengahnya. Simbol tameng tersebut adalah simbol dari raja-raja Bosnia sebelum ditaklukkan oleh Kesultanan Ottoman.

Karena bendera tersebut dianggap terlalu berbau Bosniak, bendera tersebut tidak lagi digunakan sebagai bendera resmi sejak tahun 1995. Namun bendera yang bersangkutan masih kerap dikibarkan oleh orang-orang Bosnia dalam beberapa kesempatan, misalnya dalam pertandingan sepak bola yang menampilkan tim nasional Bosnia.



KROASIA

Bendera Kroasia.

Negara pecahan Yugoslavia dengan garis pantai terpanjang. Bendera Kroasia memiliki warna latar belakang merah-putih-biru dengan simbol tameng bermotif papan catur merah-putih di bagian tengahnya.

Warna merah-putih-biru menyimbolkan kerajaan-kerajaan yang pernah berkuasa di wilayah Kroasia, yaitu Kerajaan Kroasia (merah-putih), Kerajaan Slavonia (putih-biru), & Kerajaan Dalmatia (merah-biru).

Di bagian atas simbol "tameng papan catur" bendera Kroasia, terdapat 5 simbol segi lima dengan gambar bagian dalam yang berbeda-beda. Kelima simbol segi lima tersebut menyimbolkan lambang dari negara- negara yang dulu pernah berkuasa di wilayah Kroasia pada masa lalu.

Makna simbol-simbol tersebut dari kiri ke kanan adalah lambang kuno negara Kroasia, Republik Ragusa, Dalmatia, Istria, & Kerajaan Slavonia. Simbol tameng papan catur beserta 5 perisai kecil tersebut juga digunakan sebagai lambang resmi negara Kroasia.



SERBIA

Bendera Serbia.

Negara pecahan Yugoslavia dengan wilayah terluas. Serbia memiliki bendera dengan warna latar belakang merah-biru-putih & lambang perisai bermahkota serta bergambar elang berkepala 2 di bagain kirinya.

Warna merah-biru-putih merupakan varian dari bendera Kekaisaran Rusia, negara yang memiliki kedekatan sosial budaya dengan Serbia. Gambar elang berkepala 2 terinspirasi dari lambang Kekaisaran Byzantium yang memiliki kesamaan agama mayoritas dengan rakyat Serbia : Kristen Ortodoks. Mahkota menyimbolkan tahta raja-raja Serbia saat negara tersebut masih berbentuk kerajaan.



SLOVENIA

Bendera Slovenia.

Negara pecahan Yugoslavia yang terletak paling utara. Bendera Slovenia memiliki warna latar belakang putih-biru-merah dengan simbol tameng kecil bergambar pegunungan, bintang, & garis bergelombang di bagian kiri atas bendera. Warna latar belakang bendera Slovenia pertama kali muncul saat wilayah tersebut masih diperintah oleh Kekaisaran Romawi Suci sejak abad ke-14.

Warna biru & putih berasal dari lambang dinasti bangsawan Andechs yang menampilkan perisai biru bergambar elang putih, sementara warna merah berasal dari lambang dinasti Sponheim yang menampilkan perisai bermotif papan catur merah-putih.

Simbol tameng kecil yang bergambar pegunungan, bintang, & air mengalir diambil dari lambang negara Slovenia. Pegunungan menyimbolkan Gunung Triglav, gunung tertinggi di Slovenia. Bintang berjumlah 3 buah diambil dari lambang dinasti bangsawan Celje. Garis bergelombang menyimbolkan Laut Adriatik yang berbatasan langsung dengan Slovenia di sebelah barat daya.



MAKEDONIA UTARA

Bendera Makedonia Utara.

Negara pecahan Yugoslavia yang berlokasi paling selatan. Bendera Makedonia Utara menampilkan warna merah dengan lingkaran kecil & 8 garis kuning. Warna merah digunakan karena warna tersebut merupakan warna khas orang-orang etnis Slav di wilayah Makedonia. Lingkaran & garis kuning menyimbolkan matahari & lahirnya Makedonia sebagai negara merdeka.

Namun kuat dugaan kalau simbol matahari tersebut aslinya juga menyimbolkan Matahari Vergina, lambang Kerajaan Makedonia Kuno, kerajaan dari masa Sebelum Masehi yang wilayah kekuasaannya pernah membentang hingga ke Afrika Utara & Asia Barat. Tetapi akibat masalah sengketa budaya dengan Yunani, pemerintah Makedonia Utara tidak bisa menyebut simbol tersebut sebagai Matahari Vergina.

Bendera Makedonia Utara dari tahun 1992 hingga 1995.

Bendera Makedonia Utara seperti yang kita kenal sekarang baru digunakan secara resmi sejak tahun 1995. Sebelum itu, Makedonia Utara mengibarkan bendera berwarna merah dengan simbol Matahari Vergina berwarna kuning & bersudut 16 di tengah-tengahnya.

Namun akibat adanya penolakan dari Yunani - negara tetangga Makedonia Utara di sebelah selatan - yang mengklaim Matahari Vergina sebagai bagian dari budayanya, akhirnya desain bendera Makedonia Utara diganti menjadi seperti sekarang.



MONTENEGRO

Bendera Montenegro.

Negara pecahan Yugoslavia dengan garis pantai terpanjang kedua sesudah Kroasia. Montenegro memiliki bendera berwarna merah dengan batas luar berwana emas & simbol elang berkepala 2 di tengah-tengah bendera. Desain bendera itu sendiri diambil dari desain salah satu bendera Kerajaan Montenegro pada akhir abad ke-19. Seperti halnya bendera & lambang negara Serbia, simbol elang berkepala 2 dalam bendera Montenegro juga terinspirasi dari lambang Kekaisaran Byzantium.



KOSOVO

Bendera Kosovo.

Negara pecahan Yugoslavia dengan status internasional paling kontroversial hingga sekarang. Bendera resmi Kosovo memiliki warna dasar biru dengan peta Kosovo berwarna emas di bagian tengah & 6 bintang putih di bagian atasnya.

Seperti halnya bendera Bosnia, bendera Kosovo juga didesain oleh PBB. Warna biru diambil dari warna bendera PBB. 6 bintang putih menyimbolkan 6 etnis terbesar yang menghuni Kosovo : Albania, Serb, Turk, Gorani, Romani, & Bosniak.

Sebelum mendeklarasikan kemerdekaannya secara sepihak pada tahun 2008, etnis Albania selaku etnis mayoritas di Kosovo menggunakan bendera nasional Albania yang berwarna merah dengan gambar elang hitam berkepala 2 sebagai bendera tidak resmi dari Kosovo.

Desain bendera Albania sendiri dibuat berdasarkan lambang Skanderbeg, penguasa Albania yang sukses menahan laju invasi Ottoman pada abad ke-15. Di masa kini, komunitas Albania di Kosovo kerap mengibarkan bendera Kosovo & Albania secara berdampingan.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

I. Sache, dkk.. "Bosnia and Herzegovina".
(www.crwflags.com/fotw/flags/ba.html)

I. Sachek, dkk.. "Croatia : Coat of Arms".
(www.crwflags.com/fotw/flags/hr).html)

I. Sache, dkk.. "Montenegro".
(www.fotw.info/flags/me.html)

I. Sache, dkk.. "Serbia".
(www.fotw.info/flags/rs.html)

I. Sache, dkk.. "Slovenia".
(www.fotw.info/flags/si.html)

Smith, W.. 2008. "Albania, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.

Smith, W.. 2008. "Bosnia and Herzegovina, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.

Smith, W.. 2008. "Macedonia, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.

Visit-Montenegro.com. "Montenegro Coat of Arms".
(visit-montenegro.com/montenegro-coat-of-arms.htm)

Wikipedia. "Duchy of Carniola".
(en.wikipedia.org/wiki/Duchy_of_Carniola)

Wikipedia. "Flag of Kosovo".
(en.wikipedia.org/wiki/Flag_of_Kosovo)
  





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



9 komentar:

  1. boleh usul tidak, makna bendera negara skandinavia (swedia, denmark, norwegia, finlandia dan islandia) yang memiliki salib pada benderanya

    BalasHapus
  2. Tooppp mas bro,...bkin nmbah ilmu artikelnya,...

    BalasHapus
  3. Lebih suka bendera negara-negara Yugoslavia yang lama

    BalasHapus
  4. Nambah ilmu pengetahuan...terima kasih

    BalasHapus
  5. Artikel yang sangat menarik, terus buat artikel yang bagus 👍

    BalasHapus
  6. Sebuah pengetahuan yg berharga.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.