Makna & Sejarah Bendera Bangladesh



Bendera Bangladesh.

Bangladesh adalah nama dari sebuah negara yang terletak di Asia Selatan. Sebelum menjadi negara merdeka pada tahun 1971, Bangladesh berstatus sebagai wilayah Pakistan. Itulah sebabnya Bangladesh pada periode tersebut juga dikenal dengan nama "Pakistan Timur".

Layaknya negara-negara berdaulat lainnya, Bangladesh juga memiliki bendera nasionalnya sendiri. Menariknya, bendera Bangladesh yang sekarang memiliki desain yang berbeda dibandingkan bendera Bangladesh saat baru merdeka. Seperti apakah perbedaannya? Artikel di bawah ini akan menjawab rasa penasaran pengunjung sekalian.



MAKNA BENDERA

Sebelum kita membahas perbedaan antara bendera Bangladesh yang dulu & sekarang, maka ada baiknya kita bahas dulu elemen-elemen yang terkandung dalam bendera Bangladesh sekarang. Bendera Bangladesh menampilkan warna latar belakang hijau dengan simbol lingkaran merah di tengahnya.

Simbol lingkaran merah dalam bendera Bangladesh tidak benar-benar berada di bagian tengah bendera, tetapi agak condong ke arah kiri. Hal tersebut sengaja dimaksudkan supaya simbol lingkaran merah tersebut bisa tetap terlihat dalam kondisi tidak ada angin yang membuat bendera melambai-lambai.

Peta negara Bangladesh. (whatsanswer.com)

Warna hijau digunakan karena Bangladesh merupakan negara berpenduduk mayoritas Muslim, sementara hijau merupakan warna yang lazim digunakan dalam bendera negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim.

Namun karena Bangladesh secara resmi adalah negara sekuler & bukan negara berbasis agama, pemerintah Bangladesh secara resmi menyatakan kalau warna hijau dalam bendera menyimbolkan tanah Bangladesh yang subur & harapan akan generasi muda.

Warna merah menyimbolkan darah orang-orang Bangladesh yang gugur dalam perang memperjuangkan kemerdekaan. Sementara simbol lingkaran menyimbolkan matahari terbit & harapan akan masa depan yang lebih baik.

Bendera Bangladesh sepintas bakal mengingatkan kita akan bendera Jepang karena desain keduanya yang mirip. Kemiripan itu sendiri merupakan hasil kebetulan semata karena kebetulan Bangladesh & Jepang sama-sama menggunakan bendera berunsur simbol matahari. Kemudian tidak seperti bendera Bangladesh yang memiliki warna latar hijau, bendera Jepang memiliki latar berwarna putih.



SEJARAH BENDERA

Bendera Bangladesh merupakan buah karya dari para aktivis pejuang kemerdekaan Bangladesh yang dipimpin oleh Serajul Alam Khan. Semuanya bermula ketika pada bulan Juni 1970, para aktivis yang tergabung dalam gerakan mahasiswa Chhatra League (CL; Liga Chhatra) melakukan pertemuan rahasia pada malam hari.

Salah satu topik dalam pertemuan tersebut adalah mengenai desain yang hendak digunakan sebagai simbol kemerdekaan Bangladesh. Setelah melakukan perundingan, para anggota CL sepakat untuk menggunakan bendera berwarna hijau yang menampilkan lingkaran merah di tengahnya. Kemudian di dalam lingkaran merah tersebut, terdapat gambar peta Bangladesh berwarna kuning emas.

Bendera Bangladesh saat baru merdeka.

Bulan Maret 1971, politikus Sheikh Mujibur Rahman melakukan pidato di hadapan jutaan penduduk Dhaka, Bangladesh. Rahman dalam pidatonya meminta kepada rakyat Dhaka untuk melakukan aksi mogok massal & memperjuangkan kemerdekaan Bangladesh. Dalam pidato ini pulalah, untuk pertama kalinya bendera Bangladesh nampak berkibar di muka umum.

Tak lama setelah Rahman mengumandangkan pidatonya, pasukan Pakistan (Barat) menginvasi wilayah Bangladesh / Pakistan Timur. Perang pun timbul antara pasukan Pakistan melawan para pejuang kemerdekaan Bangladesh. Namun berkat campur tangan pasukan India, pasukan Pakistan mengalami kekalahan dalam perang ini sehingga Pakistan terpaksa membiarkan Bangladesh menjadi negara merdeka pada akhir tahun 1971.

Lautan massa yang sedang mengibarkan bendera pertama Bangladesh. (daily-bangladesh.com)

Dengan dicapainya kemerdekaan Bangladesh, bendera Bangladesh yang menampilkan warna hijau, merah, & kuning secara otomatis menjadi bendera nasional negara muda tersebut. Namun masalah kemudian muncul karena gambar peta kuning yang ada dalam bendera menyebabkan bendera Bangladesh sulit untuk dibuat & diperbanyak.

Untuk mengatasi masalah tersebut, bendera Bangladesh pun kemudian dimodifikasi. Pada tanggal 13 Januari 1972, gambar peta kuning dalam bendera Bangladesh dihilangkan. Yang tersisa kemudian adalah bidang berwarna hijau dengan simbol lingkaran merah. Bendera inilah yang menjadi bendera nasional Bangladesh hingga sekarang.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Khan, R.A.. 2021. "Making the first flag of Bangladesh".
(www.dhakatribune.com/bangladesh/2022/01/05/making-the-first-flag-of-bangladesh)

Smith, W.. 2008. "Bangladesh, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Tinker, H.R.. 2008. "Bangladesh". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Wikipedia. "7 March Speech of Bangabandhu".
(en.wikipedia.org/wiki/7_March_Speech_of_Bangabandhu)
  




COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.