Makna & Sejarah Logo Klub Bayer Leverkusen



Logo Bayer Leverkusen. (wallpapercave.com)

Bayer Leverkusen, atau lengkapnya Bayer 04 Leverkusen Fussball GmbH (Perusahaan Sepak Bola Bayer 04 Leverkusen) adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Leverkusen, Jerman. Klub dengan warna khas merah hitam ini menjadikan Stadion BayArena sebagai stadion kandangnya.

Leverkusen sekarang bermain di Bundesliga, kasta tertinggi dalam liga sepak bola Jerman. Bersama dengan klub-klub lain seperti Muenchen & Dortmund, Leverkusen dikenal sebagai salah satu klub elit Jerman karena klub ini kerap menempati peringkat atas di liga & kerap lolos ke turnamen Eropa secara berkala.

Ironisnya, meskipun Leverkusen memiliki reputasi yang cukup disegani, klub ini belum pernah memenangkan kompetisi Bundesliga hingga sekarang. Pada tahun 2002 misalnya, Leverkusen secara dramatis gagal memenangkan Bundesliga, Piala Jerman, & Liga Champions Eropa di hari terakhir masing-masing kompetisi.

Para pemain Leverkusen (baju merah hitam) saat bertanding melawan Muenchen. (okezone.com)

Seperti klub-klub sepak bola lainnya, Bayer Leverkusen juga memiliki logo klubnya sendiri. Logo yang dimiliki oleh Leverkusen terbilang khas karena menampilkan lingkaran putih & 2 tulisan "Bayer" yang posisinya saling bersilangan.

Mereka yang tidak pernah mengikuti sepak bola Jerman sekalipun harusnya pernah melihat logo serupa. Pasalnya logo yang desainnya mirip juga dapat ditemukan di aneka macam produk pertanian & obat-obatan. Misalnya di tablet vitamin CDR, obat sakit kepala Aspirin, racun serangga Decis, & masih banyak lagi.

Kemiripan itu ternyata bukanlah hasil kebetulan semata. Pasalnya Bayer Leverkusen memang memiliki kaitan dengan perusahaan yang memproduksi produk-produk tadi. Jadi dalam artikel kali ini, pihak Republik bakal membahas mengenai makna logo Bayer Leverkusen & sejarah singkat klub yang bersangkutan.



MAKNA LOGO

Logo Bayer Leverkusen menampilkan gambar lingkaran berwarna putih di bagian tengahnya. Di bagian dalam lingkaran, terdapat 2 tulisan "Bayer" yang posisinya mendatar & menurun. Kedua tulisan tersebut saling bersilangan di bagian tengahnya, tepatnya pada huruf "y".

Logo lingkaran ini juga menjadi logo resmi Bayer, perusahaan asal Jerman yang bergerak di bidang farmasi & produk kimia. Karena tulisan "Bayer" yang ada pada logo lingkaran ini terlihat berbentuk menyerupai palang atau salib sama sisi, logo yang bersangkutan juga dikenal dengan nama "Salib Bayer" (Bayer Cross).

Logo perusahaan Bayer seperti yang terlihat pada bagian pojok kiri atas bungkus CDR. (shopee.co.id)

Bayer Leverkusen bisa menggunakan logo lingkaran yang serupa dengan logo Bayer karena Bayer Leverkusen pada awalnya memang didirikan oleh para pekerja perusahaan Bayer di kota Leverkusen, kota yang kebetulan juga menjadi lokasi markas pusat perusahaan Bayer.

Di bagian kiri & kanan lingkaran, terdapat sepasang singa berwarna merah yang saling berhadapan sambil mengangkat kaki depannya. Gambar singa tersebut diambil dari lambang kota Leverkusen yang menampilkan sosok singa berwarna merah.

Logo klub Bayer Leverkusen & lambang kota Leverkusen.

Kedua singa yang ada pada logo Leverkusen nampak sedang memegang papan berwarna kuning dengan tulisan "1904". Tulisan angka tersebut menunjukkan tahun berdirinya klub ini. Karena alasan yang sama, Bayer Leverkusen juga dikenal dengan nama lengkap "Bayer 04 Leverkusen".

Di bagian bawah singa, terdapat pita panjang berwarna kuning bertulisan "Leverkusen". Nama tersebut menunjukkan kota asal klub ini. Jika dikombinasikan dengan tulisan "Bayer" yang ada pada simbol lingkaran, didapatlah nama lengkap klub ini : Bayer Leverkusen.



SEJARAH LOGO

Klub Bayer Leverkusen pada awalnya berdiri pada tahun 1904 sebagai bagian dari klub olah raga multicabang "Turn und Spielverein Bayer Leverkusen" (TUS; Klub Permainan & Senam Bayer Leverkusen). Itulah sebabnya Bayer Leverkusen menggunakan logo dengan tulisan demikian pada tahun-tahun awal pembentukannya.

Klub TUS Bayer Leverkusen menampilkan gambar singa bersayap yang kaki depan kanannya berada di atas bola dunia, sementara kaki depan kirnya memegang semacam tongkat. Tongkat tersebut adalah Tongkat Asclepius yang di masa kini jamak digunakan sebagai simbol oleh lembaga-lembaga yang bergerak di bidang kesehatan.

Dalam mitologi Yunani Kuno, Asclepius adalah sosok setengah dewa dengan kemampuan penyembuhan. Asclepius kerap digambarkan sedang memegang tongkat yang dililit ular. Tongkat itulah yang menjadi cikal bakal simbol Tongkat Asclepius.

Logo TUS Bayer Leverkusen & logo perusahaan Bayer pada awal abad ke-20.

Lambang singa bersayap yang sedang memegang tongkat digunakan sebagai logo klub TSV Bayer Leverkusen karena lambang serupa pada awalnya juga digunakan oleh perusahaan Bayer pada permulaan abad ke-20.

Tahun 1928, atlet-atlet sepak bola yang awalnya tergabung dalam TUS Bayer Leverkusen memutuskan untuk memisahkan diri & membentuk klubnya sendiri. Klub baru tersebut mengusung nama Sportvereinigung Bayer 04 Leverkusen (Asosiasi Olah Raga Bayer 04 Leverkusen).

SV Bayer Leverkusen memiliki logo berbentuk tameng berwarna hitam dengan garis-garis putih yang mengarah ke bagian tengah. Di bagian tengah simbol tameng, terdapat simbol lingkaran merah yang menampilkan Salib Bayer.

Logo Bayer Leverkusen yang pertama kali digunakan pada tahun 1928.

Dalam logo iniah, untuk pertama kalinya logo Salib Bayer ditampilkan dalam logo Bayer Leverkusen. Bagian sekeliling simbol lingkaran merah pada Salib Bayer nampak dipenuhi oleh garis-garis putih untuk menggambarkan sinar matahari.

Tahun 1948, SV Bayer Leverkusen mengadopsi logo baru berbentuk segitiga. Bagian atas segitiga menampilkan bidang berwarna jingga dengan tulisan "S.V. Leverkusen". Sementara bagian bawah segitiga menampilkan bidang berwarna hitam dengan lingkaran & tulisan Salib Bayer berwarna putih.

Tahun 1965, Leverkusen kembali mengganti logonya. Kali ini Leverkusen menggunakan logo lingkaran putih dengan cincin tebal berwarna di bagian luarnya. Di bagian cincin, terdapat tulisan "Bayer Leverkusen" berwarna putih. Sementara di bagian lingkaran putih, terdapat tulisan Salib Bayer beserta tulisan angka "0" & "4".

Tahun 1970, Leverkusen menggunakan logo tameng yang desain dasarnya serupa dengan logo versi tahun 1948. Bedanya pada logo versi tahun 1970, tidak ada garis-garis putih & tulisan di bagian atas tameng. Tulisan "04" pada logo ini juga nampak lebih besar & menyentuh simbol lingkaran merah di bagian tengah.

Logo-logo Bayer Leverkusen hingga permulaan dekade 1970-an.

Tahun 1976, Leverkusen mengadopsi logo baru yang terdiri dari 2 persegi yang sudut-sudutnya terlihat membulat. Persegi bagian atas menampilkan lingkaran Salib Bayer berwarna putih dengan latar merah-hitam-merah berbentuk diagonal.

Persegi bagian bawah menampilkan bidang berwarna putih beserta tulisan "04 Leverkusen" berwarna hitam. Supaya tidak nampak terlalu panjang, logo Leverkusen yang tercetak pada seragam biasanya hanya menampilkan logo persegi yang bawah.

Tahun 1984, Leverkusen kembali mengadopsi logo baru yang konsepnya serupa dengan logonya sebelum ini. Persegi bagian atas menampilkan lingkaran Salib Bayer berwarna hitam dengan latar merah-putih-merah berbentuk diagonal.

Persegi bagian bawah menampilkan bidang berwarna putih dengan tulisan "TSV Bayer 04 Leverkusen" yang berwarna hitam. Tulisan "TSV" merupakan singkatan dari "Turn und Sportverein" (Klub Senam & Olah Raga). Penggunaan tulisan TSV dimaksudkan untuk menunjukkan status Leverkusen sebagai klub olah raga profesional.

Tiga logo terakhir yang pernah digunakan oleh Bayer Leverkusen.

Tahun 1996, Leverkusen mengadopsi logo baru yang berbeda jauh dari logo-logo sebelum ini. Logo baru Leverkusen menampilkan gambar sepasang singa yang sedang mengapit simbol lingkaran Salib Bayer. Kemudian di bagian atas & bawah Salib Bayer, terdapat pita yang menampilkan tulisan "1904" & "Leverkusen". Logo inilah yang digunakan sebagai logo klub Bayer Leverkusen hingga sekarang.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Bayer 04 Leverkusen. 2017. "History - Fascinating journey into our past".
(www.bayer04.de/en-us/news/bayer04/history-fascinating-journey-into-our-past)

Bayer Global. "The Bayer Cross – Logo and Landmark".
(www.bayer.com/en/history/logo-history)

Cartwright, M.. 2013. "Asclepius".
(www.worldhistory.org/Asclepius/)

K. Schneider, dkk.. "City of Leverkusen (Germany)".
(www.crwflags.com/fotw/flags/de-nw-lv.html)

Logos-World. "Bayer 04 Leverkusen Logo".
(logos-world.net/bayer-04-leverkusen-logo/)
 





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda selama tidak mengandung iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA.

Setiap komentar yang baru masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi jangan panik jika komentar anda tidak langsung muncul.

Diberdayakan oleh Blogger.