Makna & Sejarah Logo Klub Real Madrid



Logo Real Madrid. (wallpapercave.com)

Real Madrid adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Madrid, Spanyol. Klub dengan warna seragam putih-putih ini merupakan salah satu klub sepak bola tersukses di dunia. Pasalnya Real Madrid merupakan klub yang paling banyak memenangkan trofi La Liga Spanyol & Liga Champions Eropa.

Sepanjang perjalanan sejarahnya, Real Madrid pernah diperkuat oleh pemain-pemain berlabel bintang. Mulai dari Alfredo Di Stefano, Hugo Sanchez, Roberto Carlos, Zinedine Zidane, Cristiano Ronaldo, & masih banyak lagi. Saking banyaknya pemain bintang yang pernah & masih memperkuat klub ini, Real Madrid pun mendapatkan julukan "Los Galacticos" (Sang Penguasa Galaksi).

Untuk menunjukkan statusnya sebagai klub yang bermarkas di ibukota Spanyol & memiliki hubungan dengan raja Spanyol di masa lampau, Real Madrid pun menggunakan lambang yang menyisipkan unsur-unsur kerajaan. Apa sajakah unsur yang dimaksud? Jawabannya dapat pengunjung temukan pada bagian berikutnya artikel ini.



MAKNA LOGO

Real Madrid menampilkan logo berbentuk lingkaran dengan gambar mahkota di bagian atasnya. Gambar mahkota tersebut baru digunakan pada logo klub pada tahun 1920 alias sekitar 18 tahun setelah Real Madrid pertama kali didirikan.

Gambar mahkota dipasang pada logo klub karena pada tahun 1920, Alfonso XIII selaku raja Spanyol memberikan gelar "Real" (Kerajaan / Royal) untuk klub Madrid. Untuk menunjukkan status Real Madrid sebagai klub yang sudah dianugerahi gelar secara langsung dari raja Spanyol, Real Madrid pun memiliki gambar mahkota pada logo klubnya.

Mahkora raja Spanyol. (quora.com)

Karena Spanyol merupakan negara berpenduduk mayoritas Kristen, maka bukan hal yang aneh jika kemudian ada gambar salib pada mahkota raja Spanyol & logo Real Madrid. Gambar salib tersebut berukuran kecil & terletak di bagian atas mahkota.

Real Madrid juga memiliki logo alternatif yang tidak menyertakan gambar salib di bagian atas mahkotanya. Logo ini sejak tahun 2017 dapat ditemukan di baju seragam Real Madrid yang dijual di negara-negara Jazirah Arab. Kebetulan mayoritas penduduk di kawasan tersebut menganut agama Islam & memiliki gaya hidup konservatif.

Logo asli Real Madrid (kiri) & logo Real Madrid untuk kawasan Jazirah Arab (kanan). (asianews.it)

Di bagian bawah gambar mahkota, terdapat gambar lingkaran putih dengan garis tepi berwarna kuning. Kemudian di dalam lingkaran tersebut, terdapat huruf-huruf yang disusun secara tumpang tindih. Huruf-huruf tersebut adalah M, C, & F. Lalu di bagian latar huruf-huruf tadi, terdapat garis diagonal tebal berwarna ungu.

Warna putih digunakan karena itulah warna yang digunakan dalam seragam utama Real Madrid. Sementara warna kuning dimaksudkan untuk menyimbolkan emas & kultur Kerajaan Spanyol. Huruf M, C, & F menyimbolkan singkatan dari nama lengkap klub ini : Madrid Club de Futbol (Klub Sepak Bola Madrid).

Warna ungu digunakan karena terinspirasi dari warna ungu dalam bendera Kerajaan Castilla / Castile, salah satu kerajaan yang merintis berdirinya Kerajaan Spanyol modern. Sebelum kota Madrid & sekitarnya dijadikan daerah tersendiri, kota Madrid awalnya juga termasuk dalam daerah otonomi Castile & Leon.


Bendera Castile & Leon.


SEJARAH LOGO

Saat pertama kali didirikan pada tahun 1902, Madrid menggunakan logo yang terdiri dari kombinasi huruf M, C, & F yang diposisikan secara tumpang tindih. Tidak seperti logo Madrid yang sekarang, logo Madrid pada masa itu menampilkan huruf M yang bentuknya "ramping". Huruf-huruf yang ada pada logo perdana Madrid juga tidak menggunakan warna kuning, melainkan biru.

Tahun 1908, Madrid menggunakan logo baru yang konsep dasarnya serupa dengan logo Madrid yang sekarang. Logo Madrid sejak tahun 1908 menampilkan gambar lingkaran dengan garis tepi biru. Di bagian dalam lingkaran, terdapat huruf-huruf berwarna biru yang diposisikan secara tumpang tindih.

Tahun 1920, menyusul penganugerahan gelar dari raja Spanyol kepada Madrid, klub yang bersangkutan mengganti namanya menjadi "Real Madrid". Sejak periode ini pulalah, gambar mahkota ditambahkan pada bagian atas logo.

Tiga logo perdana Real Madrid.

Tahun 1931, Spanyol berubah menjadi negara dengan sistem pemerintahan republik. Karena pemerintah republik Spanyol bersikap antipati terhadap segala hal yang berbau kerajaan, Madrid pun terpaksa mengganti logonya pada periode ini.

Logo Madrid sejak tahun 1931 tidak lagi dilengkapi dengan mahkota. Sebagai gantinya, garis diagonal berwarna ungu terang ditambahkan pada bagian dalam lingkaran.

Tahun 1936 hingga 1939, Spanyol dilanda perang saudara antara kubu republikan & komunis melawan kubu nasionalis & konservatif. Seusai perang, Spanyol berubah menjadi negara kediktatoran yang dipimpin oleh Francisco Franco. Di bawah kepemimpinannya, hal-hal berbau kerajaan yang tadinya dilarang kini bisa digunakan kembali dalam lambang-lambang organisasi.

Hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Real Madrid untuk melakukan penggantian logo. Pada tahun 1941, Real Madrid mengadopsi logo baru yang desainnya amat mirip dengan logo Madrid yang sekarang. Bedanya adalah dalam logo Madrid yang digunakan sejak tahun 1941, ada garis tipis berwarna kuning pada bagian tepi garis diagonal ungu.

Logo-logo Real Madrid sejak dekade 1930-an.

Tahun 1997, Madrid menghilangkan garis tepi kuning pada bagian garis diagonalnya. Kemudian pada tahun 2001, huruf-huruf yang ada pada bagian dalam logo dimodifikasi supaya nampak menyatu. Logo inilah yang digunakan sebagai logo resmi Real Madrid hingga sekarang.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

1000 Logos. "Real Madrid Logo".
(1000logos.net/real-madrid-logo/)

Don Quijote. "Spanish Civil War (1936-1939)".
(www.donquijote.org/spanish-culture/history/spanish-civil-war/)

Don Quijote. "The Second Spanish Republic".
(www.donquijote.org/spanish-culture/history/second-spanish-republic/)

I. Sache, dkk.. "Castilla y Leon (Autonomous Community, Spain)".
(www.crwflags.com/fotw/flags/es-cl.html)

I. Sache, dkk.. "Historical Flags (Castile and Leon, Spain)".
(www.crwflags.com/fotw/flags/es-cl_hi.html)

Real Madrid. "1911-1920".
(www.realmadrid.com/en/about-real-madrid/history/football/1911-1920-madrid-comes-together-and-receives-the-title-of-real)

Reuters. 2017. "Christian cross dropped from Real Madrid logo in Middle East clothing deal".
(english.alarabiya.net/sports/2017/01/24/Christian-cross-dropped-from-Real-Madrid-logo-in-Middle-East-clothing-deal)
  





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda selama tidak mengandung iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA.

Setiap komentar yang baru masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi jangan panik jika komentar anda tidak langsung muncul.

Diberdayakan oleh Blogger.