Makna & Sejarah Logo Klub Liverpool



Logo klub Liverpool. (besthqwallpapers.com)

Liverpool adalah nama dari kota pelabuhan yang terletak di pantai barat Pulau Britania, Inggris Raya. Bagi penggemar musik lawas, kota Liverpool terkenal sebagai kota asal grup band legendaris The Beatles. Kalau untuk penggemar sepak bola, Liverpool terkenal karena di kota inilah terdapat klub sepak bola yang bernama Liverpool F.C..

Liverpool terkenal karena klub yang bermarkas di Stadion Anfield ini merupakan salah satu klub tersukses di Inggris & juga Eropa. Pasalnya Liverpool merupakan klub Inggris dengan jumlah trofi Liga Champions terbanyak. Klub ini juga merupakan salah satu klub yang paling banyak memenangkan gelar Liga Inggris.

Liverpool menyandang julukan "The Reds" (Si Merah) karena klub ini menggunakan warna merah sebagai warna utama seragam timnya. Selain warna seragamnya yang khas, Liverpool juga memiliki logo yang tak kalah terkenal karena menampilkan sosok burung dengan postur yang khas beserta elemen-elemen yang menampilkan perjalanan sejarah klub ini.



MAKNA LOGO

Logo Liverpool menampilkan gambar bidang berbentuk menyerupai tameng dengan 2 cekungan di bagian sisi atasnya. Di bagian atas bidang tameng ini, terdapat tulisan "Liverpool" berwarna putih dengan latar berwarna merah serta hijau. Kemudian di bawah tulisan tadi, terdapat tulisan "Football Club" berwarna merah dengan latar belakang putih.

Tulisan "Liverpool Football Club" (Klub Sepak Bola Liverpool) menunjukkan nama lengkap Liverpool selaku klub pemilik logo ini, sekaligus status Liverpool sebagai klub sepak bola. Warna merah & putih digunakan karena kedua warna tersebut merupakan warna utama seragam klub Liverpool.

Di setiap pertandingan kandangnya, Liverpool selaku menggunakan seragam dengan warna atasan & bawahan merah. Namun sebelum 1965, para pemain Liverpool menggunakan seragam dengan atasan berwarna merah & bawahan berwarna putih.

Kendati warna putih kini tidak lagi digunakan sebagai warna utama dalam seragam klub Liverpool, warna tersebut masih sering digunakan dalam sebagai warna seragam alternatif dalam pertandingan tandang.

Kembali ke soal logo. Di bawah tulisan "Football Club", terdapat gambar burung berwarna merah yang sedang merentangkan sayapnya sambil memegang rumput laut di paruhnya. Burung tersebut adalah burung pecuk / kormoran, sejenis burung air yang memang banyak dijumpai di Liverpool.

Gambar burung dalam logo Liverpool.

Burung kormoran dari spesies Phalacrocorax carbo. (pixabay.com)

Burung kormoran yang ada dalam logo Liverpool juga dikenal dengan sebutan "burung liver" (liver bird) karena burung tersebut sekarang dipandang sebagai burung simbol khas kota Liverpool. Atas sebab itulah, simbol burung tersebut sekarang juga dapat dijumpai dalam lambang kota Liverpool. Kemudian di atas gedung Royal Liver Building (salah satu bangunan terbesar di kota Liverpool), terdapat sepasang patung burung liver raksasa.

Di bawah gambar tameng pada logo Liverpool, terdapat pita berwarna kelabu dengan tulisan putih "Est. 1892". Tulisan tersebut merupakan kepanjangan dari "established in 1892" (didirikan pada tahun 1892) & menunjukkan tahun berdirinya Liverpool.

Di sisi kiri & kanan gambar pita tadi, terdapat sepasang simbol api. Simbol api tersebut menyimbolkan para suporter Liverpool yang tewas dalam Tragedi Hillsborough, peristiwa tewasnya lebih dari 90 orang di Stadion Hillsborough, Sheffield, pada bulan April 1989.

Tragedi Hillsborough dipicu oleh terlalu banyaknya orang yang memadati tribun stadion hingga melebihi kapasitas. Sebagai akibatnya, sebagian di antara mereka ada yang terjatuh & kemudian terinjak-injak hingga tewas oleh penonton lainnya. Tragedi ini sekarang dikenang sebagai salah satu peristiwa paling mematikan dalam sejarah sepak bola Inggris.

Di atas gambar tameng pada logo Liverpool, terdapat motif ornamen rumit berwarna kelabu beserta tulisan putih "You'll Never Walk Alone" (Anda Takkan Pernah Berjalan Sendirian). Tulisan tersebut diambil dari judul lagu mars pendukung Liverpool, serta semboyan klub Liverpool supaya para punggawa klub senantiasa berjuang bersama-sama.

Motif ornamen yang ada pada bagian atas logo Liverpool diambil dari ornamen logam yang terdapat di atas Shankly Gates (Gerbang Shankly), pintu pagar besi yang terdapat di kompleks Stadion Anfield. Bill Shankly adalah salah satu pelatih tersukses dalam sejarah Liverpool karena di bawah kepemimpinannya, Liverpool yang tadinya berkubang di divisi bawah berhasil naik ke divisi atas & kemudian menjuarai Liga Inggris.

Motif ornamen di bagian atas logo Liverpool yang terinspirasi dari Shankly Gates.

Pintu gerbang Shankly Gates. (liverpoolecho.co.uk)

Selain berjasa mengubah peruntungan Liverpool di atas lapangan, Shankly juga disanjung karena ia memiliki hubungan yang amat dekat dengan para suporter & penduduk kota Liverpool. Saat Shankly akhirnya meninggal dunia pada tahun 1981, gerbang khusus yang bernama Shankly Gates kemudian didirikan di kompleks Stadion Anfield pada tahun 1982.

Selain logo ini, Liverpool sejak tahun 2012 juga memiliki logo alternatif yang desainnya lebih sederhana. Logo alternatif ini menampilkan simbol burung liver berwarna kuning atau merah dengan tulisan "L.F.C." di bawahnya. Tulisan tersebut merupakan singkatan dari nama lengkap klub ini : Liverpool Football Club. Logo alternatif ini digunakan pada seragam klub.


Cuplikan seragam Liverpool yang menampilkan logo alternatif.


SEJARAH LOGO

Saat baru berdiri, Liverpool menggunakan logo yang desainnya amat mirip dengan lambang kota Liverpool. Bedanya adalah logo Liverpool nampak lebih sederhana karena sosok manusia & burung yang ada dalam logo Liverpool tidak ditampilkan secara detail, melainkan hanya sebatas siluet.

Perbedaan lainnya adalah logo Liverpool menampilkan kalimat "Liverpool Football Club" di bagian bawah & kalimat "Deus Nobis Haec Otia Fecit" di bagian atas. Kalimat kedua merupakan kalimat dalam bahasa Latin yang kurang lebih memiliki arti "Tuhan sudah memberikan kita kenyamanan".

Tulisan Latin tersebut diambil dari semboyan kota Liverpool. Lambang kota Liverpool juga menampilkan kalimat Latin yang sama, namun kalimatnya ditempatkan di bagian atas.

Logo pertama klub Liverpool.

Lambang kota Liverpool.

Memasuki dekade 1940-an, Liverpool meluncurkan logo baru yang menampilkan gambar tameng & burung liver di bagian tengah. Kemudian di bagian atas & bawah tameng, terdapat bidang berbentuk busur.

Busur bagian atas dilengkapi dengan tulisan "Liverpool", sementara busur bagian bawah menampilkan tulisan "Football Club". Di bagian ujung masing-masing busur, terdapat gambar bola serta umbul-umbul. Logo ini berfungsi sebagai logo alternatif hingga tahun 1980-an.

Tahun 1950, Liverpool mengadopsi logo baru yang desainnya merupakan versi lebih sederhana dari logo sebelumnya. Logo Liverpool yang satu ini menampilkan gambar tameng berwarna merah & gambar burung liver berwarna putih. Logo ini juga tidak menggunakan tulisan sama sekali.

Logo yang bersangkutan hanya digunakan selama 5 tahun. Pada tahun 1955, Liverpool menggunakan logo baru yang menampilkan bidang lonjong berwarna putih dengan gambar burung liver di tengah-tengahnya. Logo ini juga dilengkapi dengan tulisan "L.F.C." untuk menunjukkan inisial Liverpool selaku klub pemilik logo ini.

Logo Liverpool pada periode sesudah Perang Dunia II.

Tahun 1968, Liverpool menggunakan logo baru yang desainnya serupa dengan desain logo sebelumnya, namun tanpa dilengkapi dengan bidang oval. Logo ini amat mirip dengan logo alternatif yang terdapat pada seragam Liverpool sekarang ini.

Tahun 1987, Liverpool memutuskan untuk kembali menambahkan gambar tameng & pita pada logo klubnya. Logo Liverpool yang 1 ini menampilkan gambar tameng berwarna putih dengan logo burung liver berwarna merah di dalamnya. Di bawah gambar tameng, terdapat pita berwarna merah beserta tulisan "Liverpool Football Club" yang ditata sedemikian rupa supaya sesuai dengan lekukan tamengnya.

Tahun 1992 yang juga bertepatan dengan ulang tahun ke-100 klub ini, Liverpool meluncurkan logo baru yang desain dasarnya serupa dengan logo Liverpool yang sekarang. Dalam logo inilah, untuk pertama kalinya ornamen Shankly Gates beserta tulisan "You'll Never Walk Alone" dapat ditemukan di bagian atas logo.

Logo Liverpool pada dekade 80 hingga 90-an.

Tahun 1993, Liverpool meluncurkan logo baru yang desainnya serupa dengan logo Liverpool yang sekarang, namun dengan sejumlah perbedaan pada bagian tameng & pita bawah logonya. Dalam logo ini pulalah, untuk pertama kalinya simbol api untuk memperingati Tragedi Hillsborough dapat dijumpai pada logo klub.

Tahun 1999, Liverpool kembali melakukan perubahan pada logonya supaya terlihat lebih kekinian. Logo inilah yang digunakan sebagai logo resmi Liverpool hingga sekarang. Kemudian memasuki tahun 2012, Liverpool juga meluncurkan logo kedua untuk digunakan pada seragam klubnya. Logo kedua Liverpool hanya menampilkan gambar burung liver beserta tulisan inisial "L.F.C" di bawahnya.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

1000 Logos. "Liverpool Logo".
(1000logos.net/liverpool-logo/)

Ajjam. "The story of the Liverpool FC crest".
(www.lfchistory.net/Articles/Article/3188)

BBC. 2021. "Hillsborough: Timeline of the 1989 stadium disaster".
(www.bbc.com/news/uk-england-merseyside-47697569)

Dave. "Liverpool".
(www.historicalkits.co.uk/Liverpool/Liverpool.htm)

LFChistory. "Shankly Gates".
(www.lfchistory.net/Articles/Article/2592)

Liverpool FC. "Crests".
(www.liverpoolfc.com/history/crests)

Wikipedia. "Bill Shankly".
(en.wikipedia.org/wiki/Bill_Shankly)
  





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.