Makna & Sejarah Logo Klub Manchester United



Logo Manchester United. (pixelstalk.net)

Manchester United (MU) adalah nama dari klub sepak bola yang berasal dari kota Manchester, Inggris. Klub yang bermarkas di Stadion Old Trafford ini merupakan salah satu klub sepak bola paling terkenal di dunia. Saking terkenalnya, orang yang tidak pernah mengikuti sepak bola pun pasti bakal langsung tahu apa itu MU saat hanya mendengar namanya sekilas.

Tingginya popularitas MU tidak lepas dari fakta bahwa klub ini merupakan salah satu klub sepak bola paling berprestasi di Inggris, terutama saat masih dilatih oleh pelatih legendaris Sir Alex Ferguson. Ketika Ferguson akhirnya pensiun pada tahun 2013, MU sesudah itu memang belum pernah lagi menjuarai Liga Inggris hingga sekarang. Namun MU masih tetap konsisten dipandang sebagai tim papan atas yang disegani.

MU juga terkenal karena klub ini menggunakan gambar setan pada logo klubnya. Lantas, apa sebabnya MU sampai menggunakan logo setan yang notabene memiliki konotasi negatif? Jawabannya dapat pengunjung temukan dalam artikel ini. Selain membahas makna dari logo setan MU, artikel ini juga bakal membahas logo MU dari masa ke masa.



MAKNA LOGO

Logo MU menampilkan gambar tameng berbentuk segi lima di bagian tengah. Di bagian atas tameng, terdapat bidang persegi panjang berwarna merah. Di dalam bidang merah tersebut, terdapat gambar siluet kapal layar berwarna kuning.

Warna merah & kuning dipilih karena warna tersebut terinspirasi dari warna-warna dalam lambang kota Manchester. Kebetulan MU juga menggunakan warna merah sebagai warna utama seragam klubnya. Dalam pertandingan-pertandingan kandang, para pemain MU biasanya menggunakan seragam dengan atasan berwarna merah.

Simbol kapal yang ada pada tameng logo MU menyimbolkan Terusan Manchester, jalur air buatan yang menghubungkan kota Manchester dengan pantai barat Pulau Britania. Kanal Manchester memiliki peran amat penting bagi penduduk kota Manchester karena lewat kanal itulah, kapal-kapal niaga bisa keluar masuk pelabuhan Manchester.

Gambar kapal layar pada logo MU.

Kapal yang sedang melintasi Terusan Manchester. (Parrot of Doom / wikipedia.org)

Sejak masa Revolusi Industri, kota Manchester dikenal sebagai pusatnya tekstil Inggris. Kapal-kapal yang mengangkut kapas & bahan mentah akan masuk ke Manchester melalui terusan. Kemudian saat bahan mentah tadi sudah diolah menjadi kain & pakaian, sandang hasil olahannya akan diangkut keluar Manchester melalui terusan yang sama.

Di bawah simbol kapal yang ada pada tameng logo MU, terdapat bidang berwarna kuning & gambar setan berwarna merah yang sedang memegang trisula. Gambar setan digunakan dalam logo MU karena klub yang bersangkutan memiliki julukan "Setan Merah" (Red Devils).

Julukan "setan" disematkan untuk MU pada dekade 1960-an saat klub tersebut masih dilatih oleh Sir Matt Busby, pelatih tersukses MU sebelum era Sir Alex Ferguson. Busby mengaku terinspirasi untuk menggunakan julukan bertema setan karena ada klub rugby dari kawasan Salford, Manchester, yang mendapat julukan “Les Diables Rouges” (Setan Merah) saat menjalani tur di Perancis pada tahun 1934.

Pada dekade 1960-an, MU sedang dalam proses memulihkan diri sesudah mengalami insiden kecelakaan pesawat di Muenchen, Jerman, pada tahun 1958. Akibat peristiwa kecelakaan tersebut, banyak pemain MU yang meninggal dunia & klub tersebut sempat memasuki masa-masa sulit.

Untuk menunjukkan kalau MU siap menyongsong era baru pasca tragedi Muenchen, Busby pun memutuskan kalau sudah waktunya MU memiliki nama julukan baru. Dan "Setan Merah" adalah nama julukan tersebut.

Gambar setan pada logo MU.

Alasan lain kenapa setan dipilih sebagai julukan baru MU adalah karena setan memiliki kesan menyeramkan. Jadi dengan mengadopsi julukan yang terkesan menakutkan, Busby ingin supaya MU kembali ditakuti oleh lawan-lawannya. Sebelum tragedi Muenchen sendiri, MU lebih dikenal dengan julukan "Busby Babes" (Bayi-Bayi Busby). Julukan yang dianggap kurang memiliki kesan menakutkan.

Di atas & bawah gambar tameng logo MU, terdapat bidang berbentuk busur berwarna dominan merah. Pada busur bagian atas, terdapat tulisan "Manchester". Sementara pada busur bawah, terdapat tulisan "United". Jika tulisan pada kedua busur tersebut dikombinasikan, didapatlah tulisan "Manchester United". Tulisan yang tidak lain menunjukkan nama klub pemilik logo ini.

Pada bagian kiri & kanan logo MU, terdapat simbol bola berwarna kuning. Bola tersebut menunjukkan status MU sebagai klub sepak bola. Bola yang ada pada logo MU memiliki motif menyerupai bola voli karena di masa lampau, bola sepak memang memiliki pola jahitan menyerupai bola voli.


Bola sepak yang menjadi sumber inspirasi gambar bola pada logo MU. (onekingslane.com)


SEJARAH LOGO

MU tergolong sebagai salah satu klub sepak bola tertua di Inggris & bahkan dunia karena klub ini sudah dibentuk pada tahun 1878. Saat baru terbentuk, klub yang bersangkutan masih belum menggunakan nama "Manchester United", melainkan "Newton Heath L&YR Football Club".

Nama "Newton Heath" diambil dari kawasan di kota Manchester yang bernama Newton Heath. Sementara "L&YR" merupakan singkatan dari "Lanchasire & Yorkshire Railway" (Kereta Api Yorkshire & Lanchasire), nama dari sebuah perusahaan kereta api.

Klub Newton Heath kebetulan memang didirikan oleh para pekerja di perusahaan kereta api L&YR. Karena alasan itu pulalah, klub Newton Heath di awal berdirinya menggunakan logo berunsur lokomotif kereta api.

Memasuki tahun 1900-an, klub Newton Heath mengalami kesulitan keuangan. Klub tersebut kemudian dibeli oleh para pebisnis lokal. Untuk menandai bergantinya kepemilikan klub, nama "Newton Heath" pun sejak tahun 1902 diubah menjadi "Manchester United" (Serikat Manchester).

Selain mengalami perubahan nama, klub yang bersangkutan juga mengalami perubahan logo. Klub MU menggunakan logo tameng berwarna dominan merah yang diapit oleh serigala bertanduk & singa. Kemudian di bagian atas tameng, terdapat simbol-simbol menyerupai dedaunan & bola dunia.

Dua logo pertama MU.

Logo MU yang satu ini diambil dari lambang kota Manchester. Yang menarik, logo ini pada periode tersebut bukan hanya digunakan oleh MU, tetapi juga oleh klub rival sekotanya yang bernama Manchester City. Hal yang bisa dimungkinkan karen baik MU maupun City sama-sama berstatus sebagai klub yang mewakili kota Manchester.

Tahun 1958 atau tepatnya dalam final Piala FA 1958, MU menggunakan logo khusus yang menampilkan gambar elang & mahkota batu. Lambang elang tersebut diambil dari gambar elang kecil yang terdapat pada lambang kota Manchester.

Logo MU di final Piala FA 1958. (Danny Nazareth / sportskeeda.com)

Simbol elang dalam lambang lama kota Manchester. (munich58.co.uk)

Alasan lain mengapa MU menggunakan lambang elang adalah untuk menyimbolkan kemauan para punggawa MU untuk bangkit kembali dari keterpurukan. Layaknya burung phoenix yang bangkit kembali dari kobaran api. Kebetulan di tahun tersebut, MU baru saja mengalami tragedi kecelakaan pesawat yang menewaskan sejumlah pemainnya.

Memasuki dekade 1960-an, MU menggunakan logo baru yang desain dasarnya serupa dengan desain logo MU yang sekarang. Bedanya adalah logo MU pada dekade 1960-an menggunakan warna merah, putih, & hitam. Pada bagian tameng logo, terdapat simbol kapal & 3 garis diagonal yang menyimbolkan Terusan Manchester serta 3 sungai yang membelah kota Manchester.

Di atas simbol tameng, terdapat bidang berbentuk busur berwarna merah dengan tulisan "Manchester United". Sementara di bawah simbol tameng, terdapat bidang berbentuk busur berwarna putih yang bertuliskan "Football Club" (Klub Sepak Bola). Pada masing-masing ujung busur, terdapat 2 simbol mawar yang menyimbolkan Mawar Lancaster, simbol khas bangsawan penguasa wilayah Manchester & sekitarnya di Abad Pertengahan.

Logo MU pada dekade 1960-an & sesudahnya.

Tahun 1973, MU menggunakan logo baru yang desainnya amat mirip dengan desain logo yang sekarang. Pada logo inilah, untuk pertama kalinya MU menyematkan gambar setan berwarna merah.

Tidak seperti logo MU sekarang yang hanya menampilkan tulisan "Manchester United", logo MU di tahun 1973 menampilkan tulisan "Manchester United Football Club". Logo MU di tahun 1973 juga tidak menampilkan gambar kapal kuning di depan latar merah, melainkan gambar kapal kuning di depan latar putih.

Tahun 1998, MU sedikit memodifikasi logonya supaya hanya menampilkan tulisan "Manchester United". Logo inilah yang digunakan oleh MU sebagai logo klubnya hingga sekarang.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

1000 Logos. "Manchester United Logo".
(1000logos.net/manchester-united-logo/)

Dhar, D.. 2013. "Know your club - Why Manchester United are called the 'Red Devils'".
(www.sportskeeda.com/football/know-your-club-why-manchester-united-are-called-the-red-devils)

FootballHistory.org. "Manchester United FC".
(www.footballhistory.org/club/manchester-united.html)

Smith, T.. 2008. "United, the Eagle and the Myth of the Phoenix".
(munich58.co.uk/downloads/1958badge.pdf)

Wikipedia. "Manchester Ship Canal".
(en.wikipedia.org/wiki/Manchester_Ship_Canal)
 





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.