Sejarah Evolusi Logo Klub Leeds United



Logo Leeds United di dinding luar Stadion Elland Road. (independent.co.uk)

Leeds United adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Leeds, Inggris. Klub dengan warna kebanggan putih ini merupakan salah satu klub sepak bola dengan perjalanan sejarah yang paling berwarna-warni, khususnya dalam rentang periode 3 dekade terakhir.

Leeds pada dekade 90-an pernah menjadi langganan papan atas Liga Premier Inggris & lolos ke turnamen Eropa secara berkala. Namun akibat terlalu banyak menghabiskan uang untuk membeli pemain-pemain berharga mahal, Leeds mengalami krisis keuangan parah sejak tahun 2002.

Akibat krisis tersebut, Leeds terpaksa menjual pemain-pemain pentingnya & mengalami penurunan performa yang tajam. Pada tahun 2007, Leeds bahkan sempat terdegradasi ke League One, kasta ketiga dalam turnamen sepak bola Inggris. Namun seiring dengan semakin membaiknya kondisi keuangan Leeds United, klub tersebut akhirnya berhasil kembali ke Liga Premier pada tahun 2020.

Leeds dikenal memiliki rivalitas sengit dengan Manchester United (MU). Persaingan antara kedua klub tersebut sampai dijuluki sebagai "Wars of the Roses" (Perang Mawar). Julukan itu sendiri terinspirasi dari Perang Mawar, perang saudara yang benar-benar pernah terjadi di Inggris pada abad ke-15. Perang tersebut membenturkan aliansi bangsawan York melawan aliansi bangawan Lancaster.

Sebutan "Perang Mawar" digunakan untuk menamai rivalitas antara Leeds & MU karena jika Leeds berasal dari daerah Yorkshire (basis utama bangsawan York di masa lampau), maka MU berasal dari daerah Lanchasire (basis utama bangsawan Lancester).

Simbol mawar merah Lancaster & mawar putih York. (educationquizzes.com)

Dalam hal logo klub, Leeds hingga sekarang masih menyisipkan gambar mawar putih (simbol bangsawan York) pada logo klubnya. Di lain pihak, MU tidak lagi menyisipkan gambar mawah merah (simbol bangsawan Lancaster) pada logo klubnya. Namun gambar mawar merah masih dapat dijumpai hingga sekarang pada logo Manchester City & lambang kota Manchester.

Penggunaan mawar putih dalam logo Leeds sendiri terbilang sebagai hal yang relatif baru dalam perjalanan sejarah Leeds. Pasalnya kendati Leeds sudah berdiri pada tahun 1919, logo mawar putih baru digunakan secara konsisten dalam logo Leeds sejak dekade 1980-an. Berikut ini adalah sejarah perubahan logo klub Leeds United dari masa ke masa.



BERAWAL DARI LAMBANG KOTA

Walaupun Leeds United sudah berdiri sejak tahun 1919, klub tersebut baru memiliki logo klubnya sendiri pada tahun 1934. Logo yang digunakan Leeds sejak tahun 1934 aslinya adalah lambang kota Leeds.

Bedanya adalah jika lambang kota Leeds merupakan kombinasi dari beragam warna, logo klub Leeds hanya menggunakan warna kuning. Warna kuning digunakan sebagai warna logo karena warna kuning, biru, & putih merupakan warna-warna yang digunakan seragam Leeds sejak tahun 1934.

(Kiri-kanan) Logo pertama Leeds United & lambang kota Leeds. (DJDirrtyDogg / oldfootballshirts.com) (Oosoom / wikipedia.org)

Lambang kota Leeds menampilkan gambar sepasang burung hantu yang memakai mahkota. Kedua burung hantu tersebut nampak bertengger di atas pita bertulisan "Pro Rege et Lege". Tulisan tersebut dalam bahasa Latin berarti "Demi Raja & Tegaknya Aturan". Tulisan yang dimaksudkan untuk menyimbolkan kesetiaan rakyat Leeds kepada raja Inggris.

Tidak diketahui apa makna dari burung hantu dalam lambang kota Leeds, selain fakta bahwa lambang kota Leeds merupakan hasil pengembangan lebih jauh dari lambang keluarga bangsawan Savile.

Keluarga bangsawan Savile adalah keluarga bangsawan yang aslinya berasal dari Perancis utara, namun diberi tanah kekuasaan di Leeds oleh William the Conqueror - pendiri dinasti Inggris modern - sebagai balas jasa karena Savile sudah mendukung William dalam upayanya menaklukkan Inggris.

Keluarga bangsawan Savile menggunakan tameng bergambar 3 ekor burung hantu sebagai lambang kelompoknya. Tidak diketahui apa alasan ia menggunakan burung hantu. Namun keluarga Savie diduga terinspirasi untuk menggunakan gambar burung hantu karena dalam mitologi Romawi Kuno, burung hantu melambangkan kebijaksanaan. Atau mungkin juga gambar burung hantu digunakan karena kebetulan saja mereka menyukai burung hantu.

Lambang kota Leeds sendiri menampilkan gambar 3 ekor burung hantu, yaitu di bagian kiri, bagian kanan, & bagian atas. Di bagian tengah lambang kota Leeds, terdapat gambar tameng dengan 3 simbol bintang di bidang bagian atasnya. Kemudian di bawah simbol 3 bintang tersebut, terdapat domba yang sedang tergantung pada rantai di atasnya.

Gambar domba digunakan karena peternakan & wol domba merupakan salah satu sektor ekonomi terpenting di Leeds. Sementara gambar 3 bintang diambil dari lambang milik Thomas Danby, walikota pertama Leeds.


Peta lokasi kota Leeds. (britannica.com)


DARI BURUNG HANTU KE BURUNG MERAK

Tahun 1964, Leeds menggunakan logo baru yang desainnya lebih sederhana. Logo Leeds sejak tahun tersebut menampilkan gambar lingkaran putih dengan garis tepi berwarna biru. Di dalam gambar lingkaran, terdapat gambar burung hantu berwarna biru & putih yang sedang bertengger sendirian.

Tahun 1971, Leeds kembali mengganti logo klubnya. Kali ini logo Leeds nampak jauh lebih sederhana karena hanya menampilkan tulisan LUFC yang tersusun secara diagonal. Tulisan LUFC merupakan singkatan dari nama lengkap klub ini : Leeds United Football Club (Klub Sepak Bola Serikat Leeds).

Logo Leeds United pada dekade 60-an hingga awal 70-an.

Tahun 1973, Leeds mengadopsi logo baru yang nampak lebih artistik dibandingkan logo sebelumnya. Logo Leeds sejak tahun 1973 menampilkan gambar lingkaran biru. Kemudian di dalamnya, terdapat huruf L & U berwarna kuning yang bentuknya membulat. Logo ini juga dikenal sebagai logo smiley karena bentuknya serupa dengan smiley / emoji wajah tersenyum.

Tahun 1977, logo Leeds sedikit dimodifikasi. Logo Leeds sejak tahun tersebut masih menampilkan logo versi smiley, namun dengan tambahan bidang cincin besar berwarna biru di sekelilingnya. Bidang cincin tersebut juga dilengkapi dengan tulisan "Leeds United A.F.C." berwarna putih. Tulisan "A.F.C." merupakan singkatan dari "Association Football Club" (Klub Sepak Bola).

Tahun 1978, logo Leeds lagi-lagi mengalami perubahan. Kali ini bagian tengah logo tidak lagi menampilkan logo smiley, tapi gambar burung merak biru yang berekor kuning.

Gambar merak digunakan dalam logo Leeds karena klub Leeds juga dikenal dengan julukan "The Peacocks" (Si Merak). Julukan itu sendiri muncul karena di dekat stadion Elland Road (stadion markas Leeds), terdapat kedai minuman bernama "The Old Peacocks" (Si Merak Tua) yang sudah beroperasi sejak tahun 1826.


Logo Leeds versi "smiley" & merak.


MUNCULNYA MAWAR PUTIH DALAM LOGO KLUB

Tahun 1984, Leeds menggunakan lambang biru yang menampilkan gambar lingkaran biru & simbol mawar putih di dalamnya. Mawar tersebut dilengkapi gambar bola sepak berwarna putih & kuning di tengahnya. Kemudian di sekelling gambar bola sepak, terdapat tulisan "Leeds United AFC".

Gambar mawar putih digunakan karena terinspirasi dari lambang mawar putih keluarga bangsawan York. Tulisan "Leeds United AFC" menunjukkan nama lengkap klub pemilik logo ini. Sementara gambar bola sepak menyimbolkan status Leeds United sebagai klub sepak bola.

Logo-logo Leeds United yang menampilkan gambar mawar putih York.

Tahun 1998, Leeds lagi-lagi mengubah logo klubnya. Kali ini logo klub Leeds menampilkan gambar tameng berwarna dominan kuning. Di bidang atas tameng, terdapat bidang berwarna biru & gambar mawar putih bangsawan York.

Di bawahnya, terdapat 2 baris garis-garis diagonal tebal berwarna biru. Kemudian di antara kedua baris garis diagonal tersebut, terdapat bidang berbentuk persegi panjang berwarna putih yang posisinya tegak / vertikal. Di dalam bidang putih tersebut, terdapat tulisan "LUFC" yang ditulis secara menurun. Logo inilah yang digunakan oleh Leeds sebagai logo resminya hingga sekarang.



LOGO BARU YANG BATAL DIGUNAKAN

Tahun 2018, Leeds sebenarnya berencana untuk kembali mengganti logonya. Logo tersebut rencananya bakal mulai digunakan pada tahun 2019 untuk memperingati ulang tahun Leeds United yang ke-100. Logo yang hendak digunakan tersebut menampilkan gambar tameng dengan bidang atas berwarna biru & tulisan "Leeds United" berwarna putih.

Di bawah bidang biru tadi, terdapat bidang latar berwarna kuning & gambar orang yang sedang mengenakan baju berwarna putih. Orang tersebut nampak sedang mengepalkan tangan kanannya sambil menempelkan kepalan tangannya di dada kiri. Pose orang tersebut dimaksudkan untuk menyimbolkan salam khas suporter Leeds (Leeds Salute).

Logo baru Leeds yang batal digunakan. (footyheadlines.com)

Begitu gambar calon logo baru tersebut diumumkan di internet, para suporter Leeds beramai-ramai menunjukkan penolakannya. Mereka beranggapan kalau calon logo baru tersebut nampak amat buruk & sama sekali tidak mencerminkan sejarah klub. Mereka juga membuat petisi online supaya pihak klub membatalkan rencananya mengganti logo. Hanya dalam kurun waktu 2 jam, petisi tersebut sudah didukung oleh 16.000 orang.

Beruntung bagi para suporter, petinggi klub Leeds bersedia mendengarkan protes mereka. Pihak klub memutuskan untuk membatalkan rencananya mengganti logo. Dampaknya, logo yang sudah digunakan oleh Leeds sejak tahun 1998 pun tetap digunakan sebagai logo resmi klub hingga sekarang.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

1000 Logos. "Leeds United Logo".
(1000logos.net/leeds-united-logo/)

BBC. 2020. "Championship: Leeds United promoted to Premier League after 16-year absence".
(www.bbc.com/sport/football/53449068)

Dave. "Leeds United".
(www.historicalkits.co.uk/Leeds_United/Leeds_United.htm)

GlobalSecurity.org. "War of the Roses, Great Britain, 1455-1485".
(www.globalsecurity.org/military/world/war/war-of-the-roses.htm)

Leeds Owl Trail. "What's the connection between owls and the Leeds Coat-of-Arms?".
(www.leedsowltrail.com/leeds-coat-of-arms/)

Wilson, C.. "Club Crests".
(myleeds100.com/history/club-crests/)

Wilson, C.. 2021. "Leeds United and Elland Road pub The Old Peacock set for exciting makeover".
(www.leeds-live.co.uk/news/leeds-news/leeds-united-elland-road-pub-20955891)

Young, R.D.W.. "Yorkshire Region".
(www.civicheraldry.co.uk/yorkshire.html)
    





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda selama tidak mengandung iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA.

Setiap komentar yang baru masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi jangan panik jika komentar anda tidak langsung muncul.

Diberdayakan oleh Blogger.