Pari Gitar, Ikan Berbadan Hiu & Berwajah Manusia



Seekor pari gitar dengan tubuh bagian bawah yang terlihat jelas. (thelivingplanet.com)

Pari gitar / ikan gitar (guitarfish) adalah nama dari sejenis ikan laut yang wujudnya memang terlihat menyerupai alat musik gitar. Sirip depan & tubuh bagian depan ikan ini berbentuk lebar layaknya badan gitar, sementara ekornya panjang & sempit layaknya leher gitar.

Pari gitar juga terkenal karena tubuh ikan ini terlihat seperti gabungan antara ikan pari & ikan hiu. Seperti ikan pari pada umumnya, pari gitar memiliki sirip depan yang lebar. Namun seperti halnya ikan hiu, pari gitar memiliki sirip punggung & tubuh layaknya ikan hiu.

Keunikan pari gitar belum berhenti sampai di sana. Di Indonesia pada tahun 2009 lalu, ikan ini sempat menimbulkan kehebohan karena muncul dalam sebuah video hoax. Dalam video tersebut, seorang anak diklaim berubah berubah wujud menjadi pari gitar saat meninggal karena ia pernah bertindak durhaka saat masih hidup.

Cuplikan video hoax yang menampilkan pari gitar. (turnbackhoax.id)

Video tersebut sempat dipercaya oleh banyak orang karena ikan pari yang muncul dalam video tersebut memiliki mata & mulut yang amat mirip dengan manusia. Faktanya, ikan pari di dalam video tersebut memiliki wajah menyerupai manusia karena pari gitar memang sudah dari sananya memiliki bagian tubuh yang bentuknya menyerupai wajah manusia.

Apa yang terlihat menyerupai mata & mulut manusia pada pari gitar aslinya adalah lubang hidung & mulutnya. Mata pari gitar sendiri aslinya terletak di bagian atas tubuhnya. Pari gitar memiliki fisik seperti itu karena hewan ini menghabiskan banyak waktunya di dasar laut.



PENUNGGU DASAR LAUT

Makanan utama pari gitar terdiri dari hewan-hewan penghuni dasar laut seperti kerang, kepiting, cacing laut, & ikan kecil. Saat mencari makan, pari gitar menggunakan indra penciuman pada hidungnya untuk menemukan lokasi mangsanya.

Saat sudah berhasil menemukan makanan, pari gitar kemudian akan mencaplok mangsanya tersebut dengan memakai mulutnya yang dipenuhi oleh deretan gigi kuat. Karena mata pari gitar terletak di sisi atas tubuhnya, pari gitar tidak akan berada dalam kondisi lengah saat sedang makan & hewan pemangsa tidak akan bisa menyerang pari gitar tanpa ketahuan.

Pari gitar yang sedang berada di dasar laut. (Posterazzi / amazon.com)

Selain memiliki lubang hidung & mulut yang terletak di bawah tubuh, pari gitar juga memiliki garis-garis menyerupai tulang rusuk manusia pada bagian dadanya. Garis-garis tersebut aslinya adalah celah insang.

Ikan normalnya bernafas dengan cara menghisap air melalui mulut & mengeluarkannya lewat celah insang. Namun karena mulut pari gitar terhalang oleh dasar laut, pari gitar bernafas dengan cara menghisap air melalui lubang spirakel di belakang matanya. Jika oksigen dalam air sudah selesai disaring, air tersebut kemudian bakal dikeluarkan melalui celah insang pari gitar.



BERTELUR TAPI HAMIL

Pari gitar terdiri dari banyak spesies. Dalam klasifikasi ilmiah sendiri, semua pari gitar tergolong ke dalam famili Rhinobatidae. Karena terdiri dari banyak spesies, pari gitar pun memiliki wujud yang berbeda-beda.

Ada pari gitar yang kepalanya berbentuk runcing (misalnya pari gitar Pasifik / Pseudobatos planiceps). Namun ada juga pari gitar yang kepalanya berbentuk bundar (misalnya pari gitar mulut busur / Rhina ancylostoma).

Pari gitar mulut busur, jenis pari gitar yang moncongnya berbentuk bundar. (GeorgiaAquarium / twitter.com)

Karena terdiri dari banyak spesies, pari gitar pun memiliki ukuran yang berbeda-beda. Sebagai contoh, pari gitar moncong putih (Pseudobatos leucorhynchus) panjang tubuhnya hanya sekitar 0,7 meter. Namun pari gitar raksasa dari spesies Rhynchobatus djiddensis diketahui bisa tumbuh hingga sepanjang 3 meter lebih.

Pari gitar memiliki persebaran habitat yang luas karena mereka dapat ditemukan di Samudera Hindia, Pasifik, Atlantik, beserta laut-laut kecil yang berbatasan dengan samudera tadi (misalnya perairan laut di wilayah Indonesia). Mereka paling menyukai perairan dangkal yang dasar lautnya berpasir dengan kedalaman rata-rata 50 meter.

Pari gitar adalah hewan ovovivipar yang berarti hewan ini bertelur, namun telurnya akan disimpan di dalam tubuh induknya hingga menetas. Saat telurnya sudah menetas, bayi pari gitar akan tetap tinggal di dalam tubuh induknya & baru keluar saat tubuhnya sudah cukup kuat untuk berenang sendiri.

Spesies pari gitar Atlantik (Rhinobatos lentiginosus) diketahui bisa mengandung 6 bayi sekaligus di dalam tubuhnya. Bayi pari gitar yang sudah keluar dari tubuh induknya sesudah itu sudah harus hidup mandiri. Pari gitar diketahui bisa hidup hingga usia 16 tahun.

Tidak seperti ikan pari yang memiliki duri beracun pada ekornya, pari gitar tidak memiliki alat pertahanan diri macam itu. Untuk melindungi diri dari hewan pemangsa (misalnya hiu), pari gitar akan mengandalkan warna punggungnya yang menyerupai warna dasar laut untuk bersembunyi. Supaya kamuflase yang dilakukannya makin sempurna, pari gitar akan mengubur sebagian tubuhnya di dalam pasir.


Perbandingan ukuran manusia dengan pari gitar raksasa. (Pete Thomas / petethomasoutdoors.com)


TERANCAM OLEH MANUSIA

Pari gitar bukanlah hewan yang berbahaya bagi manusia. Di lain pihak, manusia justru menjadi ancaman terbesar bagi hewan ini karena manusia kerap menangkap pari gitar untuk berbagai alasan.

Di Abad Pertengahan, para pelaut Eropa kerap menangkap pari gitar & kemudian mengolahnya menjadi "Jenny Haniver", sejenis boneka berbentuk aneh yang dipercaya mengandung kekuatan ajaib. Pari gitar banyak digunakan untuk membuat Jenny Haniver karena hidung & mulut ikan ini terlihat menyerupai wajah manusia.

Kalau di masa modern, pari gitar banyak ditangkap oleh nelayan karena sirip punggungnya bisa diolah menjadi hidangan sirip ikan hiu. Saat pari gitar berhasil ditangkap oleh nelayan, nelayan tersebut akan memotong sirip punggungnya, lalu membuangnya ke laut.

Kendati nelayan hanya mengambil sirip punggung pari gitar & kemudian mengembalikannya ke laut, pari gitar akan tetap mati sesudah sirip punggungnya diambil akibat infeksi & pendarahan pada luka di punggungnya. Akibat terlalu sering ditangkap, sejumlah spesies pari gitar (salah satunya Rhinobatos productus yang hidup di pantai timur Amerika Utara) sekarang dikategorikan sebagai hewan yang terancam punah.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Chondrichthyes
Ordo : Rhinopristiformes
Famili : Rhinobatidae



REFERENSI

Aquarium of the Pacific. "Bowmouth Guitarfish".
(www.aquariumofpacific.org/onlinelearningcenter/species/bowmouth_guitarfish)

C.B. Binohlan, dkk.. "Rhynchobatus djiddensis (Forsskal, 1775)".
(www.fishbase.se/summary/5503)

Grundhauser, E.. 2018. "The Long, Strange Legacy of One of the World’s Earliest Fake Mermaids".
(www.atlasobscura.com/articles/jenny-haniver-history-fake-mermaid)

Joseph JG. 2014. "Guitarfish".
(www.realmonstrosities.com/2014/05/guitarfish.html)

Martin, R.A.. "Batoids : Ordo Rhynchobatiformes".
(www.elasmo-research.org/education/shark_profiles/rhynchobatiformes.htm)

N. Robert & C. Victoria. 2012. "Rhinobatos productus".
(animaldiversity.org/accounts/Rhinobatos_productus/)

Snow, J.. "Whitesnout Guitarfish".
(mexican-fish.com/whitesnout-guitarfish/)

Sullivan, T.. "Rhinobatos lentiginosus".
(www.floridamuseum.ufl.edu/discover-fish/species-profiles/rhinobatos-lentiginosus/)
  





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



1 komentar:

Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda selama tidak mengandung iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA.

Setiap komentar yang baru masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi jangan panik jika komentar anda tidak langsung muncul.

Diberdayakan oleh Blogger.