Sturgeon, Ikan Raksasa Penghasil Hidangan Kaviar



Seekor sturgeon beluga (Huso huso). (scubadiverlife.com)

Sturgeon adalah nama dari ikan yang mungkin terbilang asing bagi anda yang tinggal di Indonesia. Hal yang sungguh wajar karena ikan ini bukanlah ikan asli Indonesia & hanya dapat ditemukan di kawasan belahan bumi utara yang bersuhu dingin. Tepatnya di Eropa, Rusia, Asia Tengah, & Amerika Utara.

Di habitat aslinya, sturgeon menyandang reputasi sebagai ikannya orang-orang kaya. Pasalnya dari ikan inilah, manusia bisa mendapatkan hidangan kaviar yang terkenal sebagai hidangan mewah & berharga mahal. Namun sebelum kita membahas kaviar, ada baiknya kita membahas dulu seputar ikan ini.

Sturgeon mudah dikenali dengan melihat wujudnya yang khas. Ikan ini memiliki moncong yang panjang dengan mulut yang terletak di sisi bawah tubuhnya layaknya hiu. Namun berbeda halnya dengan hiu, sturgeon tidak memiliki gigi. Sturgeon juga memiliki kumis di depan mulutnya.

Ciri khas lain dari sturgeon adalah ikan ini memiliki deretan tonjolan yang keras di bagian punggung & kedua sisi tubuhnya. Sturgeon tergolong sebagai ikan yang berukuran amat besar karena ikan ini bisa tumbuh hingga sepanjang 7 meter. Namun pada umumnya, sturgeon yang dijumpai oleh manusia memiliki panjang rata-rata 4 meter.

Perbandingan ukuran manusia dengan ikan sturgeon dari spesies Acipenser transmontanus. (Erin Stoddard / hakaimagazine.com)

Ada 28 spesies ikan sturgeon yang sudah diketahui oleh manusia. Dalam klasifikasi ilmiah, semua spesies sturgeon digolongkan dalam famili Acipenseridae.

Sturgeon memiliki pola hidup menyerupai ikan salmon karena sturgeon dewasa hidup di laut & pantai. Namun saat sudah waktunya untuk berkembang biak, sturgeon bakal pergi ke perairan tawar seperti sungai & danau. Namun ada juga sturgeon yang menghabiskan seumur hidupnya di air tawar tanpa pernah pergi ke laut.

Sturgeon adalah hewan karnivora yang makannya terdiri dari ikan kecil & hewan-hewan penghuni dasar perairan. Untuk menemukan mangsanya, sturgeon mengandalkan kumisnya yang peka terhadap bau & getaran. Jika sturgeon sudah berhasil menemukan mangsanya, sturgeon kemudian akan mencaplok mangsanya tersebut & menelannya bulat-bulat.

Karena sturgeon merupakan ikan yang berukuran besar, ikan ini pun memiliki laju pertumbuhan yang lambat. Sturgeon dikabarkan baru mengalami kedewasaan & kematangan seksual pada usia sekitar 10 - 20 tahun. Sturgeon juga tergolong sebagai ikan yang berusia amat panjang karena ikan ini bisa hidup hingga usia 100 tahun!


Kepala sturgeon dilihat dari dekat. (fraserriversturgeon.com)


REPRODUKSI & SIKLUS HIDUP

Sudah disinggung sebelumnya kalau sturgeon yang hidup di laut memiliki kebiasaan pergi ke perairan tawar untuk kawin & bertelur. Musim kawin sturgeon biasanya terjadi pada musim panas waktu setempat alias sekitar pertengahan tahun. Perkawinan sturgeon terjadi secara eksternal alias di luar tubuh.

Mula-mula, betina akan mengeluarkan telur-telurnya. Pejantan kemudian akan melepaskan sperma ke arah telur-telur tersebut sehingga terjadilah pembuahan. Telur yang sudah dibuahi selanjutnya akan tenggelam & menempel ke dasar perairan yang berpasir.

Jumlah telur yang dilepaskan oleh sturgeon ditentukan oleh ukuran induknya. Sturgeon betina yang berukuran 2 meter bisa melepaskan 400.000 butir telur. Namun sturgeon yang ukurannya lebih besar bisa melepaskan 4 juta butir telur sekaligus!

Waktu yang dibutuhkan telur sturgeon untuk menetas adalah sekitar 7 hari. Semakin dingin suhu air, maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan oleh telur untuk menetas. Larva sturgeon yang baru menetas belum memerlukan makan karena ia memiliki kuning telur yang menempel pada tubuhnya. Kuning telur tersebut nantinya akan menghilang saat bayi sturgeon sudah berusia 2 minggu.

Bayi sturgeon dengan kuning telur yang masih menempel. (usgs.gov)

Memasuki usia 1 bulan, bayi sturgeon sudah berubah wujud hingga menyerupai sturgeon dewasa versi kecil. Pada tahap inilah, anak sturgeon secara perlahan pergi menuju muara sebelum kemudian melanjutkan hidupnya di laut.



KAVIAR, HARTA KARUN DARI STURGEON

Sekarang mari kita bicara soal produk sturgeon yang paling terkenal : kaviar. Kaviar aslinya adalah telur sturgeon yang sudah diolah sedemikian rupa supaya bisa dimakan. Kaviar memiliki harga yang amat mahal karena makanan ini memiliki rasa yang khas & tidak bisa didapatkan dengan mudah.

Mendapatkan telur sturgeon dalam jumlah yang cukup bukanlah hal yang mudah karena sturgeon merupakan ikan yang langka dengan laju pertumbuhan yang amat lambat. Kemudian saat sturgeon betina sudah berada dalam usia yang cukup matang untuk bertelur, sturgeon betina biasanya hanya akan pergi ke air tawar untuk berkembang biak setiap 3 - 6 tahun sekali.

Telur sturgeon diambil dengan cara menangkap ikan betina & membiusnya. Sesudah itu, perut sturgeon betina akan dibedah & telur-telur yang ada pada indung telurnya diambil. Pengambilan telur sturgeon harus dilakukan dengan amat hati-hati karena jika tidak, telur tersebut akan hancur & teksturnya menjadi rusak saat dimakan.

Kaviar, hidangan yang terbuat dari telur sturgeon. (expressnews.com)

Perut sturgeon betina yang baru saja dibelah & penuh dengan telur. (aquaculturenorthamerica.com)

Telur tersebut selanjutnya akan digarami & kemudian disegel. Setelah beberapa lama, telur tersebut akan berubah menjadi kaviar yang siap untuk disantap /  dikemas untuk dijual. Satu gram kaviar harga jualnya bisa mencapai 65 dollar (sekitar 1 juta rupiah). Selain telur, daging sturgeon juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan.

Tingginya minat manusia akan telur & daging sturgeon di lain pihak menjadi penyebab mengapa ikan ini sekarang menghadapi ancaman kepunahan. Selain akibat penangkapan berlebihan, sturgeon juga terancam oleh pencemaran air & aktivitas pembangunan bendungan yang menyulitkan ikan ini saat hendak mencari tempat yang cocok untuk berkembang biak.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Acipenseriformes
Famili : Acipenseridae



REFERENSI

 - . 2008. "Sturgeon". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

British Columbia Ministry of Environment. "Fish & Habitats– White Sturgeon (Acipenser transmontanus) in British Columbia".
(www.env.gov.bc.ca/wld/fishhabitats/sturgeon/)

Digital Fish Library. 2009. "Acipenseridae (Sturgeons)".
(www.digitalfishlibrary.org/library/ViewFamily.php?id=155)

Gourmet Food Store. "How To Make Caviar".
(www.gourmetfoodstore.com/how-to-make-caviar-15833)

HSBC Fraser River Sturgeon Education Program. "HSBC Fraser River Sturgeon Education Program".
(hsbc.frasersturgeon.com/rhspsec/Lesson1/Articles/Article1.pdf)

Oceana. "Beluga Sturgeon".
(oceana.org/marine-life/beluga-sturgeon/)

Sutton, R.. 2018. "How to Order Caviar Without Going Totally Broke".
(www.eater.com/2018/12/27/18156538/how-to-order-caviar-restaurants-dining-out-caviar-differences-beluga-osetra)
  






COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.