Makna & Sejarah Logo Klub Arsenal



Logo Arsenal di dinding luar Stadion Emirates. (wallpapercave.com)

Arsenal adalah nama dari sebuah klub sepak bola yang berasal dari kota London, Inggris. Pada akhir dekade 1990 hingga awal dekade 2000-an, klub ini merupakan klub yang amat disegani di Inggris. Pasalnya Arsenal kerap terlibat dalam persaingan memperebutkan trofi Liga Inggris maupun piala domestik.

Pada tahun 2004, Arsenal bahkan berhasil memenangkan Liga Premier Inggris tanpa menelan kekalahan sama sekali. Prestasi tersebut menyebabkan Arsenal pada musim tersebut memperoleh julukan "The Invincibles" (Mereka yang Tak Terkalahkan).

Di kancah Eropa, Arsenal memang belum pernah memenangkan Liga Champions. Namun Arsenal pernah berhasil mencapai babak final di tahun 2006. Sayang, Arsenal gagal memenangkan Liga Champions di tahun tersebut akibat dikalahkan Barcelona.

Oleh media & fans sepak bola, Arsenal kerap dijuluki sebagai "The Gunners" (Sang Penembak) karena klub ini menggunakan gambar meriam dalam logo klubnya. Lantas, apa alasan Arsenal menggunakan senjata dalam logo klubnya? Artikel kali ini akan menjelaskan apa makna di balik logo Arsenal, beserta perjalanan sejarah yang mengiringinya.



MAKNA LOGO

Logo Arsenal menampilkan gambar tameng berwarna merah, di mana warna merah di sisi kanan sedikit lebih gelap dibandingkan warna merah di sisi kiri. Di sebelah kiri & kanan bidang merah tersebut, terdapat garis tebal berwarna putih, biru tua, & emas.

Di bagian atas bidang tameng, terdapat tulisan "Arsenal" berwarna putih yang menunjukkan nama klub pemilik logo ini. Kemudian di bawah tulisan "Arsenal", terdapat gambar siluet meriam beroda & berwarna emas yang menghadap ke arah kanan.

Nama "Arsenal" dipilih sebagai nama klub karena klub ini didirikan oleh para pekerja gudang senjata Royal Arsenal di distrik Woolwich, kota London. Dalam bahasa Inggris, kata "Arsenal" memang memiliki arti "gudang senjata".Karena alasan itu pulalah, Arsenal menggunakan elemen-elemen berunsur persenjataan seperti tameng & meriam di dalam logonya.

Halaman depan bekas pabrik senjata Royal Arsenal. (visitgreenwich.org.uk)

Jika ditelusuri lebih jauh, logo Arsenal juga memiliki banyak kemiripan dengan lambang distrik Woolwich, kawasan di kota London yang menjadi lokasi gudang senjata Royal Arsenal. Lambang distrik Woolwich menampilkan gambar tameng berwarna merah dengan 3 simbol meriam & kepala singa di dalamnya. Kebetulan sebelum tahun 1914, klub ini pada awalnya memang menggunakan nama "Woolwich Arsenal".

Warna merah & putih digunakan dalam logo Arsenal karena warna-warna itulah yang menjadi warna utama klub ini. Dalam pertandingan-pertandingan kandangnya, klub yang bermarkas di Stadion Emirates ini biasanya mengenakan baju berwarna merah dengan lengan & celana berwarna putih.

Menurut salah satu teori, warna merah digunakan sebagai warna seragam Arsenal karena terinspirasi dari Nottingham Forest, klub Inggris yang kebetulan juga menggunakan seragam berwarna merah. Kebetulan salah satu tokoh pendiri Arsenal diketahui sebagai orang asli Nottingham yang bernama Fred Beardsley.

Warna biru tua digunakan karena pada tahun 1889 hingga 1897, Arsenal sempat menggunakan baju merah & celana biru sebagai seragam utamanya. Warna biru tua juga sudah digunakan dalam logo Arsenal sejak dekade 1990-an.



SEJARAH LOGO

Sebelum Perang Dunia II

Klub Arsenal pertama kali didirikan pada tahun 1886 oleh para pekerja gudang senjata Royal Arsenal dengan mengusung nama "Dial Square". Nama tersebut tidak bertahan lama & setahun kemudian, klub yang bersangkutan mengganti namanya menjadi "Royal Arsenal".

Karena didirikan oleh para pekerja Royal Arsenal yang bermarkas di distrik Woolich, klub Royal Arsenal menggunakan lambang distrik Woolich sebagai logo klubnya sejak tahun 1888, namun dengan tambahan helai daun. Memasuki tahun 1914, klub Royal Arsenal mengganti namanya menjadi Arsenal saja & nama tersebut terus terus bertahan hingga sekarang.

Logo pertama Arsenal & perbandingannya dengan lambang distrik Woolwich.

Tahun 1922, Arsenal menggunakan logo baru di mana dalam logo ini, untuk pertama kalinya gambar meriam beroda yang menghadap ke arah kanan digunakan sebagai logo klub. Logo ini menampilkan gambar meriam yang dikelilingi oleh bidang oval.

Di sebelah kiri gambar meriam, terdapat tulisan "The Gunners" (Sang Penembak) untuk menunjukkan kalau klub ini didirikan oleh para pekerja gudang senjata. Itulah sebabnya Arsenal sekarang juga dikenal dengan julukan "The Gunners".

Tahun 1925, Arsenal melakukan sedikit perubahan pada logonya. Jika awalnya Arsenal menggunakan gambar meriam yang menghadap ke arah kanan, logo Arsenal sejak tahun 1925 menampilkan gambar meriam berwarna hitam yang menghadap ke arah kiri. Tulisan "The Gunners" yang tadinya ada di sebelah kiri juga dipindahkan ke sebelah kanan.

Logo Arsenal pada dekade 1920-an.

Tahun 1930, Arsenal kembali mengganti logonya. Dalam logo kali ini, gambar meriam yang menghadap ke arah kiri masih tetap digunakan. Namun kali ini gambar meriamnya ditempatkan di dalam bidang tameng berwarna putih dengan garis tepi berwarna merah.

Di bawah gambar meriam tersebut, terdapat tulisan "A.F.C" serta "1930" yang menggunakan warna merah selaku warna utama klub ini. Kata "A.F.C" merupakan singkatan dari "Arsenal Football Club" (Klub Sepak Bola Arsenal), sementara tulisan "1930" menunjukkan tahun di mana logo ini pertama kali digunakan.

Tahun 1936, untuk pertama kalinya Arsenal sama sekali tidak menggunakan gambar meriam dalam logo klubnya. Logo Arsenal sejak tahun tersebut menampilkan bidang segi enam / heksagonal berwarna putih dengan garis tepi berwarna merah.

Di dalam bidang tersebut, terdapat tulisan "AC" (Arsenal Club) yang diposisikan secara tumpang tindih. Kemudian di tengah-tengah logo, terdapat gambar bola sepak berwarna merah untuk menyimbolkan status Arsenal sebagai klub sepak bola.


Logo Arsenal pada dekade 1930-an.


Sesudah Perang Dunia II

Tahun 1949 alias 4 tahun sesudah berakhirnya Perang Dunia Kedua, Arsenal mengganti logonya menjadi lebih rumit. Logo Arsenal yang satu ini menggunakan gambar bidang tameng berwarna putih dengan garis tepi berwarna merah. Di dalam bidang tameng tersebut, terdapat tulisan "Arsenal" & meriam berwarna merah yang menghadap ke arah kiri.

Di bawah gambar meriam, terdapat garis horizontal berwarna merah & simbol tameng kecil yang disertai tulisan "Deus Per Omnia". Simbol tameng kecil tersebut aslinya adalah lambang distrik Islington, kota London.

Di bawah gambar tameng yang berukuran besar, terdapat pita bertulisan "Victoria Concordia Crescit". Kalimat dalam bahasa Latin yang berarti "Kemenangan Berasal dari Kekompakan". Tulisan Latin tersebut sekarang menjadi slogan resmi klub ini.

Logo Arsenal sejak tahun 1949 hingga dekade 1990-an.

Karena logo Arsenal sejak tahun 1949 tergolong rumit jika harus sering-sering dicetak pada seragam klub, logo yang bersangkutan tidak selalu digunakan dalam seragam klub. Sebagai gantinya, Arsenal sepanjang periode tersebut biasanya hanya menggunakan gambar meriam & bola-bola meriam dengan tambahan huruf AFC sebagai lambang pada seragam klubnya.

Tahun 1994, Arsenal menggunakan logo baru yang desain dasarnya serupa dengan logo Arsenal versi tahun 1949. Bedanya adalah dalam logo kali ini, warna merah & kuning menjadi jauh lebih dominan dibandingkan sebelumnya. Kemudian bidang tameng merah tersebut ditempatkan dalam bidang tameng yang berukuran lebih besar & berwarna biru tua.

Dalam logo ini pulalah, untuk pertama kalinya kalimat "The Gunners" serta "Victoria Concordia Crescit" ditempatkan secara berdampingan. Jika tulisan "The Gunners" ditempatkan di bagian atas, maka tulisan "Victoria Concordia Crescit" ditempatkan di bagian bawah.

Logo-logo Arsenal sejak dekade 1990-an.

Logo Arsenal versi tahun 1994 sempat dimodifikasi sedikit pada tahun 1996 untuk menghilang garis berbentuk tameng & berwarna kuning di dalam logonya. Lalu pada tahun 2001, gambar tameng biru tua & tulisan "The Gunners" pada logo Arsenal juga turut dihilangkan, sehingga yang tersisa kini tinggal bidang tameng merah & simbol-simbol yang menyertainya.

Tahun 2002, Arsenal mengganti logonya menjadi lebih sederhana. Logo Arsenal sejak tahun tersebut menampilkan gambar tameng yang berbentuk agak cembung. Gambar meriam yang tadinya menghadap ke arah kiri diubah jadi menghadap ke arah kanan. Logo inilah yang digunakan sebagai logo resmi klub Arsenal hingga sekarang.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

1000 Logos. "Arsenal Logo".
(1000logos.net/arsenal-logo/)

Dave. "Arsenal".
(www.historicalkits.co.uk/Arsenal/Arsenal.htm)

Hartemink, R.. 2019. "Islington".
(www.heraldry-wiki.com/heraldrywiki/wiki/Islington)
  






COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.