FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Tawon Inggris, Malaikat & Iblis bagi Ekosistem




(Sumber)

Tawon Inggris (Vespula vulgaris) adalah nama dari tawon sosial yang habitat aslinya berada di Inggris & Eropa daratan. Di Inggris sendiri, saking seringnya tawon ini terlihat, tawon yang bersangkutan lebih dikenal dengan nama "tawon biasa" (common wasp). Tapi berhubung definisi "biasa" antara di sini dengan di Inggris berbeda, maka kita panggil saja tawon ini dengan nama "tawon Inggris". Tawon ini bisa dikenali dengan melihat warnanya yang hitam kuning, permukaan tubuhnya yang diselubungi bulu-bulu halus & kebiasaannya melipat semua kakinya ketika sedang terbang.

Seperti spesies serangga lainnya, tawon Inggris juga memiliki tubuh yang terbagi ke dalam 3 bagian : kepala, dada, & abdomen (perut). Di antara dada & abdomen, terdapat sendi kecil yang lentur sehingga tawon Inggris bisa membengkokkan abdomennya ke bawah. Dadanya berwarna dominan hitam dengan 3 pasang kaki yang berwarna kuning. Sementara bagian abdomennya berwarna kuning dengan garis-garis hitam yang melintang. Kombinasi warna tersebut berguna untuk memperingatkan musuh-musuh tawon agar tidak mendekat, atau mereka akan menghadapi resiko disengat.

Bicara soal disengat, perlu saya beri tahu 1 hal dulu. Hanya lebah madu yang mati sesudah menyengat hewan besar, sementara tawon & lebah spesies lainnya bisa menyengat berkali-kali. Sengatan tawon Inggris sendiri bagi manusia walaupun tergolong menyakitkan, namun secara umum tidak sampai mematikan. Hal yang perlu diperhatikan adalah beberapa orang memiliki kecenderungan alergi terhadap sengatan tawon & bila orang tersebut terkena sengatan, akibatnya bisa fatal bila tidak ditangani dengan cepat.



CARA HIDUP & REPRODUKSI

Sarang tawon Inggris. (Sumber)
Tawon Inggris merupakan hewan eusosial yang berarti mereka hidup dalam suatu kelompok yang terorganisasi atau biasa disebut koloni. Satu koloni bisa mencapai 10.000 ekor tawon yang tinggal bersama-sama dalam suatu sarang yang melekat di puncak pohon, namun biasanya jumlahnya kurang dari itu. Sarang tawon Inggris berbentuk pipa-pipa sialang (hive) yang menghadap ke bawah & dilindungi semacam lapisan mirip kertas sehingga sepintas mirip tembikar yang menggantung. Bahan mirip kertas itu dibuat dengan cara mengunyah potongan kayu dengan air liur & kemudian membentuknya menjadi lembaran-lembaran.

Ada 2 kasta utama dalam koloni tawon, yaitu kasta ratu & pekerja. Tugas ratu hanyalah bertelur, sementara pekerja sesuai namanya melakukan pekerjaan-pekerjaan sarang seperti memperbesar sarang & mencari makan. Hal yang menarik dalam kasta tawon adalah semua pekerja pada tawon Inggris merupakan tawon betina, namun betina mandul yang tidak bisa bereproduksi. Tawon jantan baru ditelurkan oleh ratu menjelang musim dingin di mana biasanya saat itu kondisi sarang sudah terlalu padat - bersamaan dengan tawon betina subur sebagai calon ratu koloni berikutnya.

Tawon betina yang subur tersebut kemudian akan kawin dengan pejantan. Sesudah perkawinan, pejantan mati, sementara calon ratu tersebut pergi ke tempat yang aman untuk berhibernasi. Tidak seperti lebah madu, tawon Inggris tidak pernah menimbun makanannya sehingga ketika musim dingin tiba, semua anggota koloni tawon akan mati. Ketika musim dingin sudah berlalu, calon ratu tawon Inggris tersebut keluar dari tempat hibernasinya untuk mendirikan sarang & memulai koloninya dari awal. Tawon Inggris memiliki panjang tubuh maksimal kurang dari 2 cm.



MALAIKAT & IBLIS BAGI EKOSISTEM

Tawon Inggris yang sedang
menggigit lebah. (Sumber)
Tawon vulgaris bisa dibilang sebagai malaikat sekaligus iblis bagi ekosistem setempat. Di habitat aslinya di Eropa, tawon Inggris merupakan hewan yang menguntungkan karena mereka membantu menyerbuki bunga & menangkap serangga perusak tumbuhan seperti ulat. Tawon Inggris dewasa memakan makanan yang manis seperti nektar bunga, namun larvanya memakan daging serangga sehingga tawon pekerjanya secara rutin mencari ulat untuk ditangkap & diberikan kepada larvanya.

Larva tawon Inggris sendiri tidak bisa menelan daging bulat-bulat, namun mereka bisa menghisap cairan dalam daging sehingga sebelum diberikan kepada larva, tawon akan memotong-motong daging ulat terlebih dahulu. Dengan melihat aneka manfaatnya bagi alam, maka bisa disimpulkan bahwa tawon Inggris merupakan "malaikat" bagi ekosistem setempat karena tanpa keberadaannya, hama ulat perusak tumbuhan akan tumbuh tak terkendali & perkembangbiakan massal tumbuhan melalui penyerbukan menjadi terhambat.

Lalu, kapan tawon Inggris berubah menjadi "iblis" yang merusak? Tawon Inggris menjadi masalah baru ketika mereka secara tidak sengaja terbawa ke Australia & Selandia Baru oleh para penjelajah & imigran dari Eropa. Di tempat barunya, mereka merebut makanan dari hewan-hewan setempat sehingga mereka menjadi spesies invasif yang mengganggu ekosistem setempat. Tawon Inggris juga merugikan usaha peternakan lebah madu setempat karena tawon Inggris suka menyerang sarang lebah madu untuk mencuri madunya. Bisa dilihat di sini bahwa ketika manusia melakukan hal-hal remeh yang mengganggu keseimbangan alam, maka dampaknya dalam jangka panjang bisa berakibat besar.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Insecta
Ordo : Hymenoptera
Subordo : Apocrita
Famili : Vespidae
Genus : Vespula
Subgenus : Paravespula
Spesies : Vespula vulgaris (Linnaeus, 1758)



REFERENSI

issg Database - Ecology of Vespula vulgaris
issg Database - Impact Information for Vespula vulgaris
OzAnimals - English Wasp (Vespula vulgaris)
PiedPiper - Wasps
Wikipedia - Common Wasp


         

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

4 komentar:

  1. Makasih Infonya mas sekarang saya jadi lebih tau... ^_^

    BalasHapus
  2. Kita tukeran link ya. :)

    BalasHapus
  3. poin yg terakhir bgs jg tuh kata2 nya.
    memang benar semua harus seimbang, kalau tidak seimbang ada dampak yg tidak akan di inginkan untuk ke depannya.

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.