FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Makna Video Logo Klub Liga Rusia 2014/15




Logo resmi Liga Primer Rusia 2014/15.

Well, sebagai penyegaran, pihak Republik kali ini ingin membuat artikel yang sedikit berbeda dari artikel yang sudah-sudah. Artikel kali ini akan membahas soal Liga Rusia musim 2014/15. Bukan soal kompetisinya, tapi soal video pembukanya yang menampilkan logo klub-klub peserta. Pihak Republik merasa video tersebut menarik bukan hanya karena penyajiannya yang menganimasikan logo klub-klub peserta, tapi juga karena video yang bersangkutan menampilkan ciri khas dari masing-masing daerah asal klub secara implisit.

Sebelum kita masuk ke inti pembahasannya, pihak Republik ingin menjelaskan sedikit soal Liga Rusia. Liga Rusia atau lengkapnya Liga Sepak Bola Primer Rusia adalah kasta tertinggi dalam kompetisi sepak bola resmi Rusia. Tidak seperti liga di Indonesia & AS yang menggunakan format pembagian wilayah untuk mengakali luasnya wilayah masing-masing negara, Liga Rusia menggunakan format turnamen 1 wilayah di mana klub-klub yang berpartisipasi dalam liga semuanya bermarkas di Rusia bagian barat. Total, ada 16 klub yang terlibat dalam Liga Primer Rusia musim 2014/15.

Sekarang kita masuk ke topik pembahasan. Supaya bisa mengikuti penjelasan dari pihak Republik, silakan para pengunjung menyimak videonya dengan cara mengklik gambar di bawah. Pihak Republik juga menampilkan menit per menit dari adegan yang dimaksud supaya para pengunjung mudah mengikutinya.


https://www.youtube.com/watch?v=Vu8iGpeDuGA



MENIT 00.00 - 00.01 : LIGA RUSIA 2014/15

Bagian ini menampilkan stadion yang tribunnya terisi penuh dengan logo resmi Liga Rusia di bagian tengah layar. Secara singkat, bagian ini ingin menceritakan antusiasme terhadap Liga Rusia sebagai kompetisi sepak bola resmi negara tersebut. Tulisan besar yang ada di bagian tengah logo liga adalah "SOGAZ", perusahaan asuransi yang menjadi sponsor utama Liga Rusia.



MENIT 00.01 - 00.02 : LOKOMOTIV MOSCOW

Bagian ini menampilkan gambar stadion di latar belakang dengan logo klub Lokomotiv di bagian tengah & 2 kereta yang sedang melaju di sebelah kiri & kanannya. Gambar stadion jelas ada untuk menggambarkan status Lokomotiv sebagai klub sepak bola, sementara animasi kereta diambil dari logo klub yang bersangkutan. Lokomotiv sendiri memakai logo lokomotif kereta api karena di era Uni Soviet, Lokomotiv dikelola oleh Kementerian Perhubungan Uni Soviet.



MENIT 00.03 - 00.04 : AMKAR PERM

Bagian ini menampilkan logo klub Amkar di bagian depan dengan latar belakang struktur senyawa atom & rumus-rumus kimia (salah satunya NH4OH / amonium hidroksida). Penggunaan rumus & struktur kimia dipilih karena Amkar dikelola oleh industri yang bergerak di bidang kimia, tepatnya pupuk anorganik. Nama "Amkar" juga menunjukkan keterkaitan kuat antara klub yang bersangkutan dengan hal-hal yang berbau kimia karena nama tersebut merupakan akronim dari 2 kata : "AMmiak" (amoniak) & "KARbamid" (urea).



MENIT 00.05 - 00.06 : MORDOVIA SARANSK

Bagian ini menampilkan pemandangan yang terlihat seperti kompleks pabrik dengan logo klub Mordovia di bagian depannya. Penggunaan latar pabrik dipilih karena Saransk merupakan salah satu kota industri Rusia karena di sini terdapat banyak pabrik raksasa, misalnya pabrik produk kimia & barang-barang elektronik.



Cuplikan video pembuka Liga Rusia
yang menampilkan logo klub Ufa.
MENIT 00.06 - 00.07 : UFA

Bagian ini menampilkan lebah-lebah yang beterbangan keluar dari logo klub Ufa. Sementara di latar belakangnya, terdapat pemandangan yang nampak seperti rumput lapangan sepak bola. Gambar latar belakang demikian jelas ada untuk menunjukkan status Ufa sebagai klub sepak bola. Sementara lebah merupakan simbolisasi dari ciri khas Bashkortostan, negara bagian tempat Ufa berada. Salah satu komoditas yang terkenal dari Bashkortostan adalah madu lebah liar yang diambil langsung dari hutan setempat.



MENIT 00.07 - 00.08 : TEREK GROZNY

Bagian ini menampilkan logo klub Terek dengan latar belakang pegunungan & suara elang. Terek adalah klub yang bermarkas di Chechnya, negara bagian Rusia yang terletak di kawasan Kaukasus yang memang dipenuhi pegunungan akibat lokasinya di dataran tinggi. Sementara suara elang disisipkan karena salah satu hewan yang terkenal dari daerah Kaukasus adalah elang emas, spesies elang terbesar di dunia.



MENIT 00.09 - 00.10 : URAL

Bagian ini menampilkan logo Ural dengan pemandangan pegunungan bersalju di latar belakangnya. Pegunungan bersalju tersebut adalah Pegunungan Ural, pegunungan raksasa yang terletak di perbatasan Benua Asia & Eropa. Klub sepak bola Ural sendiri bermarkas di kota Yekaterinburg yang berlokasi di sebelah timur Pergunugan Ural.



MENIT 00.11 - 00.13 : SPARTAK MOSCOW

Bagian ini menampilkan latar belakang Colosseum dengan barisan perisai & tombak di era Romawi Kuno. Lalu di bagian depannya, terdapat logo klub Spartak dengan belati di belakang logonya. Spartak adalah salah satu Moskow sisa-sisa era Uni Soviet. Karena perusahaan swasta berskala besar tidak diakui keberadaannya, maka yang memiliki hak untuk mengelola klub olah raga sendiri adalah institusi milik pemerintah. Jika Lokomotiv dulunya dikelola oleh Kemenhub, maka Spartak dikelola oleh serikat pekerja.

Penggunaan hal-hal yang berbau Romawi Kuno di latar belakang bukan tanpa alasan. Nama "Spartak" diambil dari Spartacus, seorang mantan gladiator yang sempat memimpin pemberontakan melawan pemerintah Romawi Kuno di tahun 71 sesudah Masehi. Alasan kenapa nama Spartacus yang digunakan adalah karena dia dianggap sebagai pejuang kaum kelas bawah - sesuai dengan misi serikat pekerja sebagai pejuang kepentingan kaum pekerja Uni Soviet.



Cuplikan video pembuka Liga Rusia yang
menampilkan logo klub Arsenal Tula.
MENIT 00.14 - 00.15 : ARSENAL TULA

Bagian ini menampilkan latar belakang pemandangan kota Tula & lahan hijau yang terlihat seperti rumput lapangan sepak bola. Sementara di bagian depannya, terdapat logo klub Arsenal Tula dengan pedang-pedang yang tersembul dari balik logonya. Latar belakang demikian jelas digunakan untuk menunjukkan status Arsenal Tula sebagai klub sepak bola yang berasal dari kota Tula. Sementara pedang ditampilkan karena sejak berabad-abad silam, Tula terkenal sebagai kota penghasil senjata. Untuk mempertegas status Tula sebagai kota penghasil senjata, klub dari kota tersebut menggunakan nama "Arsenal" yang berarti "gudang senjata".



MENIT 00.16 - 00.17 : TORPEDO MOSCOW

Bagian ini menampilkan latar belakang stadio dengan logo klub Torpedo di bagian tengah & roda-roda gigi bagian tepi layar. Lalu di depan logo klub, terdapat animasi mobil sport yang sedang melintas cepat. Latar belakang stadion jelas digunakan untuk menunjukkan status Torpedo sebagai klub sepak bola. Sementara roda gigi & mobil ditampilkan dalam video ini untuk menunjukkan kalau pendiri klub Torpedo adalah ZiL, perusahaan yang bergerak di bidang perakitan kendaraan bermotor, khususnya mobil.



MENIT 00.18 - 00.19 : RUBIN KAZAN

Bagian ini menampilkan pemandangan stadion dengan logo klub Rubin di bagian tengah & batu-batu delima berwarna merah di sekelilingnya. Penggunaan latar stadion jelas digunakan untuk menunjukkan status Rubin sebagai klub sepak bola. Sementara batu delima ditampilkan karena dalam bahasa Rusia, "rubin" berarti "batu rubi / delima".



MENIT 00.20 - 00.21 : CSKA MOSCOW

Bagian ini menampilkan latar belakang barisan tank, kapal perang, & pesawat tempur dengan logo klub CSKA di bagian depan pemandangannya. Latar belakang yang menampilkan kendaraan-kendaraan militer digunakan karena di era Uni Soviet, CSKA dikelola oleh badan militer Uni Soviet, tepatnya Kementerian Pertahanan. Nama "CSKA" sendiri merupakan singkatan dari Centralnyi Sportivnyi Klub Armiy (Klub Olah Raga Pusat milik Tentara).



MENIT 00.22 - 00.23 : KUBAN KRASNODAR

Bagian ini menampilkan latar belakang ladang gandum dengan logo klub Kuban di bagian depannya. Latar belakang macam itu digunakan karena Kuban berasal dari kota Krasnodar, kota yang komoditas utamanya adalah hasil pertanian.



MENIT 00.24 - 00.26 : ROSTOV
Cuplikan video pembuka Liga Rusia yang
menampilkan logo klub Zenit.

Bagian ini menampilkan latar belakang stadion dengan logo klub Rostov di bagian tengah & kendaraan pemanen gandum di bagian kiri serta kanan logo klub. Latar belakang stadion digunakan untuk menunjukkan status Rostov sebagai klub sepak bola. Sementara kendaraan pemanen gandum ditampilkan di bagian video yang sama karena Rostov dulu dikelola oleh Rostselmash, perusahaan yang bergerak di bidang industri pertanian di mana salah satu hasil produksinya adalah kendaraan pemanen gandum.



MENIT 00.26 - 00.28 : ZENIT SAINT PETERSBURG

Bagian ini menampilkan kapal perang yang sedang menembakkan meriam dengan latar belakang kota St. Petersburg. Lalu sesudah itu, keberadaan kapal digantikan oleh logo dari klub Zenit itu sendiri. Kota St. Petersburg digunakan sebagai latar belakang karena di kota itulah klub Zenit bermarkas. Sementara keberadaan kapal menunjukkan status kota St. Petersburg sebagai kota pelabuhan terbesar di Rusia.



MENIT 00.29 - 00.30 : DYNAMO MOSCOW

Bagian ini menampilkan latar belakang stadion dengan logo klub Dynamo di bagian tengah & sepasang sirine yang bergerak mengelilingi logonya. Latar belakang stadion digunakan untuk menunjukkan status Dynamo sebagai klub sepak bola. Sementara sirine ditampilkan karena di era Uni Soviet, Dynamo dikelola oleh badan intelijen / polisi rahasia Uni Soviet (KGB). Jadi penggunaan sirine bisa dimaknai sebagai keterkaitan antara klub Dynamo dengan badan keamanan Uni Soviet di masa lalu.



MENIT 00.31 - 00.33 : KRASNODAR

Bagian ini menampilkan latar belakang stadion dengan logo klub Kranodar di bagian tengah, kain panjang bermotif kotak-kotak putih hijau di belakangnya, & 2 banteng yang saling berhadapan di sebelah kiri serta kanan logo klub. Penggunaan latar stadion bertujuan untuk menunjukkan status Krasnodar sebagai klub sepak bola, sementara kain panjang & banteng merupakan versi gambar bergerak dari logo klub yang bersangkutan. Klub Krasnodar sendiri memilih banteng sebagai logonya karena sektor ekonomi andalan Krasnodar selain pertanian adalah industri pengolahan daging & peternakan.



MENIT 00.34 - SELESAI : NASH FUTBOL

Bagian ini menampilkan latar belakang stadion & percikan kembang api dengan logo Nash Futbol di bagian tengah. Nash Futbol (bahasa Rusia dari "Sepak Bola Kita") adalah saluran pemilik hak siar resmi Liga Rusia. Secara singkat, bagian ini ingin menggambarkan kemeriahan kompetisi resmi sepak bola Rusia beserta pihak penyiarnya.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

FC Torpedo Moscow - About FC Torpedo Moscow
Football Top - Rostov
Get West London - Names aside, Fulham face significant challenge
Google Translate - Rubin
News Histories - More Than Just A Game: Football Behind the Iron Curtain
Official Website of FC Lokomotiv - Walk Of Fame
Portal of Krasnodar Region - Agriculture of Krasnodar Region
RFPL - Sponsors and Partners
The Free Dictionary - CSKA
The Free Dictionary - Saransk
The Moscow Times - CSKA Within a Whisker of History
The Moscow Times - Ufa : Soviet Cafeterias and IKEA Furniture
Wikipedia - Golden eagle
Wikipedia - 2014–15 Russian Premier League
Wikipedia Rusia - Наш футбол
Wonderful Engineering - Inside The Russian TULA State Arms....


COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

2 komentar:

  1. artikel menarik sekaligus yang membuat kagum ialah kota moskow memiliki lima klub sekaligus

    BalasHapus
  2. Terimakasih Bang sudah membahas tentang negara kesukaan saya...saya doakan agar koloni ini terus berjaya...hidup Rusia,terus boleh gak request sejarah berdirinya koloni Rusia di Alaska!


    Salam dari Kevin

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.