FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Bandicoot Hidung Panjang, Hewan Berkantung yang Mirip Tikus




(Sumber)

Bandicoot (baca : bandikut) adalah nama dari sejenis hewan yang memiliki penampilan menyerupai tikus.  Tubuhnya diselubungi oleh bulu / rambut dengan pewarnaan yang bervariasi antar spesies. Ekornya berbentuk seperti kabel & mengerucut di bagian ujungnya. Kepalanya berbentuk panjang dengan sepasang daun telinga berbentuk segitiga. Ada sekitar 22 spesies hewan yang dikategorikan sebagai bandicoot & semuanya termasuk dalam famili Peramelidae. Dan sesuai dengan judulnya, artikel kali ini akan fokus membahas spesies bandicoot hidung panjang (long nosed bandicoot; Perameles nasuta).

Walaupun penampilannya mirip tikus, bandicoot bukanlah tikus. Jika tikus adalah hewan berplasenta, maka bandicoot adalah hewan marsupial. Apa itu marsupial? Marsupial adalah sebutan untuk hewan mamalia berkantung yang tidak memiliki plasenta / tali pusar saat masih berwujud janin. Sebagai gantinya, marsupial memiliki periode kehamilan yang sangat pendek & bayi yang baru lahir ukurannya masih sangat kecil. Bayi tersebut lalu akan merangkak ke dalam kantung / kantong induknya & tetap tinggal di sana sambil menghisap air susu induknya. Adapun selain bandicoot, hewan-hewan yang juga digolongkan sebagai marsupial adalah kanguru, wombat, & setan Tasmania.

Kembali ke soal bandicoot hidung panjang. Hewan ini mendapatkan nama demikian sebagai akibat dari moncongnya yang memang berbentuk panjang. Rambut yang menyelubungi bagian atas tubuhnya berwarna cokelat kehijauan, sementara tubuh bagian bawahnya berwarna putih. Panjang tubuh maksimalnya adalah 42 cm, panjang ekornya adalah sekitar 15 cm, sementara beratnya bisa mencapai 1,5 kg. Bandicoot jantan ukurannya sedikit lebih besar daripada betina. Semua bandicoot hidung panjang hanya ditemukan di wilayah timur Australia.

Bayi bandicoot di dalam kantung
induknya. (Sumber)
Bandicoot hidung panjang adalah hewan omnivora alias pemakan segala. Makanannya terdiri dari serangga, hewan kecil, akar tanaman, & jamur. Ketika mencari makan, bandicoot menggunakan kaki depannya untuk menggali & menemukan hewan-hewan yang bersembunyi di dalam tanah. Bandicoot memiliki perilaku nokturnal yang berarti hewan ini baru aktif beraktivitas & mencari makan pada malam hari. Sementara di siang hari, bandicoot hidung panjang bersembunyi di dalam liang yang tersembunyi di antara rerumputan.

Tidak diketahui bagaimana perilaku reproduksi bandicoot hidung panjang di alam liar. Pun dengan periode musim kawinnya. Pemahaman manusia mengenai perilaku reproduksi bandicoot hidung panjang selama ini diketahui dari mengamati bandicoot hidung panjang yang hidup dalam penangkaran. Sesudah melakukan perkawinan, bandicoot betina mengalami periode kehamilan selama 12 hari. Sesudah itu, bayi bandicoot yang baru keluar akan ditampung dalam kantung betina yang terletak di bawah ekor & tetap tinggal di sana sambil menghisap puting susu induknya hingga usia 2 bulan. Bandicoot hidung panjang mengalami usia kematangan seksual pada usia 4 bulan & diperkirakan bisa hidup hingga usia 5 tahun.

Bandicoot hidung panjang adalah hewan yang berperan penting bagi ekosistem setempat. Perilaku makan dari hewan ini membantu mengontrol populasi serangga di habitatnya. Di sisi lain, bandicoot menjadi mangsa dari hewan-hewan predator Australia seperti dingo & ular. Bagi manusia sendiri, bandicoot kadang-kadang dianggap sebagai hewan yang mengganggu karena hewan ini kerap membuat lubang galian di halaman rumah & taman. Namun tidak selamanya manusia memandang bandicoot secara negatif. Sebagai contoh, bandicoot merupakan sumber inspirasi utama dari "Crash Bandicoot", seri game untuk beragam konsol yang pertama kali muncul pada tahun 1996.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Mammalia
Ordo : Peramelemorphia
Famili : Peramelidae
Genus : Perameles
Spesies : Perameles nasuta



REFERENSI

Animal Diversity Web - Perameles nasuta : Information
OzAnimals.com - Long-nosed Bandicoot (Perameles nasuta)
MobyGames - Crash Bandicoot series
 - . 2008. "Bandicoot". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
 - . 2008. "Marsupial". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.


COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

1 komentar:

  1. Ane pertama kali ngerti bandicoot dr game crash. Kirain hewan aslinya kayak rubah, ternyata aslinya kayak tikus.

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.