FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Daftar Kelompok Bersenjata dalam Perang Narkoba Meksiko




Timbunan kokain hasil sitaan aparat Meksiko. (Sumber)

Meksiko. Itulah nama dari negara yang berada tepat di sebelah selatan Amerika Serikat (AS). Negara ini memiliki banyak hal yang membuatnya terkenal di dunia. Mulai dari seri telenovelanya yang sempat menjadi tren di Indonesia, makanan khasnya yang terkenal pedas, topi khasnya yang bernama sombrero, hingga tim sepak bolanya yang menyandang reputasi sebagai salah satu tim terbaik Amerika Utara. Belakangan, ada hal lain yang membuat Meksiko semakin termahsyur di dunia, namun bukan dalam hal yang positif. Meksiko sekarang dikenal sebagai negara yang sedang dilanda kekacauan akibat ulah kartel-kartel narkobanya.

Sebagai kelompok yang orientasi utamanya adalah memperkaya dirinya sendiri, tidak jarang kartel-kartel narkoba di Meksiko terlibat konflik 1 sama lain ketika memperebutkan daerah yang sama. Ketika kartel-kartel tersebut bertindak semakin beringas & terkesan menjadikan daerah kekuasaannya sebagai "negara dalam negara", pemerintah Meksiko pun sejak tahun 2006 menerjunkan militer untuk membantu menumpas kartel-kartel narkoba. Diterjunkannya militer Meksiko sekaligus menjadi awal dari periode yang dikenal dengan sebutan "Perang Narkoba Meksiko" (Mexican Drug War; Guerra Contra el Narcotrafico en Mexico). Hingga tahun 2013, jumlah korban tewas dalam Perang Narkoba Meksiko dilaporkan mencapai 120.000 jiwa.

Secara garis besar, pihak-pihak yang terlibat dalam Perang Narkoba Meksiko bisa digolongkan ke dalam 3 kubu utama (harap diperhatikan kalau pengkubuan ini tidak bersifat mutlak karena persekutuan antar kartel sangat ditentukan oleh kepentingan masing-masing kartel) :
 - kubu pemerintah Meksiko & anti-kartel
 - kubu Sinaloa Cartel & sekutunya
 - kubu Los Zetas & sekutunya



LATAR BELAKANG PERANG NARKOBA MEKSIKO

1. Lokasi Meksiko yang Strategis

Meksiko terletak di antara AS (negara konsumen narkoba terbesar di Benua Amerika) & Kolombia (negara produsen utama narkoba di Benua Amerika). Lokasi Meksiko tersebut lalu dimanfaatkan oleh kartel-kartel narkoba Kolombia untuk menyelundupkan narkoba ke AS dengan memanfaatkan Meksiko sebagai lokasi transitnya. Salah satu kartel narkoba yang pertama kali terbentuk di Meksiko adalah Guadalajara Cartel yang berdiri pada awal dekade 1980-an & mengambil namanya dari kota Guadalajara, Meksiko tengah. Ketika Guadalajara tumbuh semakin besar, kartel tersebut lalu membentuk kelompok-kelompok cabang yang kemudian berkembang menjadi kartel-kartel baru yang beroperasi secara mandiri.


2. Lemahnya Penegakan Hukum di Meksiko

Meksiko memiliki masalah yang kronis seputar korupsi, kolusi, & nepotisme (KKN). Sebagai akibat dari banyaknya uang yang dimiliki para kartel & iming-iming untuk mendapatkan tambahan uang dengan cara yang mudah, banyak pejabat & polisi Meksiko yang menerima sogokan dari para kartel supaya bersedia melakukan pembiaran terhadap aktivitas para kartel. Tidak jarang pemberian sogokan tersebut juga mengandung unsur paksaan terselubung karena jika ada polisi yang menolak menerima sogokan, maka kartel yang bersangkutan akan langsung beralih ke metode kekerasan & ancaman pembunuhan.


Peta Meksiko. (Sumber)

3. Maraknya Kesenjangan Sosial di Meksiko

Layaknya negara-negara berpenduduk padat di belahan bumi lain, Meksiko juga memiliki masalah seputar kesenjangan sosial & kemiskinan. Ketika mereka yang berasal dari golongan kurang mampu mencoba mencari cara supaya bisa segera lepas dari kondisi serba terbatas yang membelitnya, mereka pun bergabung ke dalam kartel narkoba. Mereka juga berharap kalau bergabung dengan kartel membantu mereka mendapatkan perlindungan & rasa gentar dari lingkungan sekitarnya.


4. Adanya Kolaborasi dengan Intelijen AS di Masa Perang Dingin

Tahun 1979, kelompok Sandinista yang mengusung ideologi kiri berhasil menggulingkan rezim Somoza yang selama ini dikenal dekat dengan AS. Peristiwa tersebut jelas tidak disukai oleh AS yang khawatir kalau revolusi kaum kiri yang terjadi di Nikaragua kelak bakal menjalar ke negara-negara tetangganya d Benua Amerika. Maka, AS pun berusaha melengserkan Sandinista dengan cara mendukung milisi-milisi penentang rezim Sandinista yang bernama Contra. Supaya AS tidak perlu mengeluarkan uang terlampau banyak untuk melatih & mempersenjatai Contra, intelijen AS meminta bantuan Guadalajara Cartel untuk mendanai aktivitas Contra. Sebagai gantinya, AS membiarkan Guadalajara Cartel beroperasi di wilayah AS.


5. Munculnya Kartel-Kartel Baru

Tahun 1989, Gallardo ditangkap oleh aparat Meksiko. Pasca penangkapannya, para anggota Guadalajara Cartel membentuk kartel baru atau bergabung dengan kartel lain. Sebagai contoh, Joaquin Loera membentuk kartel baru yang bernama Sinaloa Cartel & kelak tumbuh menjadi salah satu kartel terbesar di Meksiko. Ketika kartel-kartel yang muncul jumlahnya semakin banyak & mereka memperebutkan daerah yang sama, perang antar kartel pun timbul di mana intensitasnya semakin lama semakin parah. Tidak jarang pula sesama anggota kartel terlibat konflik untuk menjadi pemimpin baru ketika pemimpin lamanya tewas atau ditangkap aparat.



KUBU PEMERINTAH MEKSIKO

(Sumber)
Mexican Armed Forces

Terjemahan : Angkatan Bersenjata Meksiko
Nama lain : Fuerzas Armadas de Mexico, Mexican military
Tahun berdiri : 1884

Militer resmi negara Meksiko. Berdasarkan spesialisasi & ruang lingkup operasinya, angkatan bersenjata (AB) Meksiko bisa dibagi ke dalam 3 cabang utama : angkatan darat, laut, & udara. Awalnya dibuat untuk melindungi Meksiko dari ancaman nasional seperti perang & bencana alam, sejak tahun 2006 AB Meksiko akhirnya ikut diturunkan untuk memerangi kartel-kartel narkoba yang tindak tanduknya dianggap semakin berbahaya & tak bisa lagi ditangani oleh institusi kepolisian sendirian. Jumlah personil aktif militer Meksiko adalah sekitar 267.000 orang.


Federal Police

(Sumber)
Terjemahan : Polisi Federal
Nama lain : Policia Federal, Federales
Tahun berdiri : -

Badan kepolisian tertinggi negara Meksiko. Seperti halnya institusi kepolisian di negara lain, fungsi utama polisi Meksiko adalah untuk menjaga ketertiban & menangani kasus-kasus kejahatan. Kombinasi dari minimnya stok persenjataan yang dimiliki kepolisian & banyaknya polisi Meksiko yang menerima sogokan serta ancaman pembunuhan membuat polisi Meksiko kewalahan menghentikan sepak terjang para kartel narkoba yang semakin merajarela. Untuk mengatasinya, pemerintah Meksiko sempat beberapa kali melakukan perombakan struktur kepolisian & menaikkan jumlah anggaran.


Autodefensas

(Sumber)
Terjemahan : Pembela Diri
Nama lain : Community Police, People's Police
Tahun berdiri : 2011

Kelompok-kelompok milisi yang dibentuk oleh penduduk lokal untuk melindungi diri dari ancaman kartel-kartel yang aktif di daerah tempat mereka tinggal. Di mata pemerintah Meksiko, Autodefensas dipandang sebagai kelompok yang membawa dampak positif sekaligus negatif. Positif karena Autodefensas membantu meringankan beban aparat untuk memerangi kartel. Negatif karena jika dibiarkan tumbuh terlampau kuat, Autodefensas dikhawatirkan bakal bertransformasi menjadi kelompok bersenjata yang bertindak semaunya sendiri. Pemerintah Meksiko juga curiga kalau ada sebagian kelompok Autodefensas yang bersekutu dengan kartel tertentu secara diam-diam.



KUBU SINALOA & SEKUTUNYA

Sinaloa Cartel

(Sumber)
Terjemahan : Kartel Sinaloa
Nama lain : Cartel del Sinaloa, Pacific Cartel, Blood Alliance
Tahun berdiri : dekade 1980-an

Kartel narkoba yang berasal dari Sinaloa, negara bagian Meksiko yang terletak di pesisir barat & berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik. Sekarang Sinaloa Cartel / CDS merupakan salah satu kartel narkoba terbesar di Meksiko dengan daerah operasi yang sudah mencapai Asia Pasifik. Tidak seperti kartel lainnya yang memiliki struktur kepemimpinan sentralistik, CDS aslinya merupakan gabungan dari beberapa kelompok gangster yang memiliki hubungan darah. Menurut laporan yang pernah diangkat oleh BBC, CDS bisa menjadi sebesar sekarang karena mereka "dilindungi" oleh pemerintah Meksiko & AS yang memanfaatkan CDS untuk mengorek informasi rahasia mengenai kartel-kartel rival CDS.


Gulf Cartel

(Sumber)
Terjemahan : Kartel Teluk
Nama lain : Cartel del Golfo, Golfos
Tahun berdiri : dekade 1980-an

Salah satu kartel narkoba tertua di Meksiko yang masih aktif hingga sekarang. Nama "Teluk" pada kartel ini muncul karena Gulf Cartel / CDG bermarkas di Tamaulipas, negara bagian Meksiko yang berbatasan langsung dengan Teluk Meksiko di sebelah timur. Bersama dengan Los Zetas, CDG dikenal sebagai salah satu kartel paling sadis & ditakuti. CDG didirikan oleh Juan Garcia Abrego yang memulai bisnisnya dengan cara mengimpor narkoba dari Kolombia & kemudian menyelundupkannya ke Meksiko serta AS. CDG awalnya bermusuhan dengan CDS, namun konflik dengan Los Zetas membuat kedua kartel tersebut sepakat untuk bekerja sama.


Jalisco New Generation Cartel

(Sumber)
Terjemahan : Kartel Generasi Baru Jalisko
Nama lain : Cartel de Jalisco Nueva Generacion, CJNG, Matazetas
Tahun berdiri : 2009

Kartel narkoba yang berasal dari Jalisco, negara bagian Meksiko yang terletak di pesisir barat negara tersebut. CJNG awalnya terbentuk ketika pemimpin Milenio Cartel ditangkap polisi, sehingga sebagian anggotanya kemudian meninggalkan kartel tersebut untuk membentuk CJNG. Hanya dalam waktu singkat sejak pendiriannya, CJNG berhasil tumbuh menjadi salah satu kartel terbesar Meksiko. CJNG memiliki hubungan yang kompleks dengan CDS. Dalam suatu kesempatan, mereka bekerja sama karena sama-sama memusuhi kartel Los Zetas. Namun dalam kesempatan lain, keduanya justru terlibat konflik karena memperebutkan daerah Tijuana, Meksiko barat laut.


Kartel-Kartel Lain yang Sudah Bubar

 - Tijuana Cartel (1989 - 2012)
 - La Familia Michoacana (2006 - 2011)



KUBU LOS ZETAS & SEKUTUNYA

Los Zetas

(Sumber)
Terjemahan : (mereka yang bernama) Z
Nama lain : -
Tahun berdiri : 2010

Kartel narkoba Meksiko yang terkenal dengan sepak terjangnya yang begitu brutal & sadis. Modus operandi Zetas mencakup penculikan & pembunuhan, di mana para korbannya kerap dimutilasi & kemudian mayatnya disebar di jalanan. Los Zetas awalnya merupakan personil militer Meksiko yang direkrut oleh Gulf Cartel / CDG untuk menjadi pasukan keamanan mereka. Seiring berjalannya waktu, CDG juga merekrut personil militer dari AS & pasukan spesial Guatemala untuk mengisi keanggotaan Zetas. Memasuki tahun 2010, Zetas memisahkan diri dari CDG pasca timbulnya kontak senjata antara para anggota Zetas dengan CDG yang khawatir kalau Zetas kelak bakal menguasai CDG dari dalam. Markas utama Zetas terletak di Tamaulipas, negara bagian Meksiko yang juga menjadi markas utama CDG.


Juarez Cartel

Jose Antonio Acosta (tengah),
salah satu pemimpin Juarez
Cartel. (Sumber)
Terjemahan : Kartel Juarez
Nama lain : Cartel del Juarez, Vicente Carrillo Fuentes Organization
Tahun berdiri : dekade 1980-an

Kartel narkoba yang berasal dari kota Juarez, negara bagian Chihuahua, Meksiko utara. Lokasi Juarez yang berada tepat di sebelah selatan perbatasan AS & Meksiko membuat kelompok ini bisa memanfaatkan posisi strategisnya untuk menyelundupkan narkoba & komoditas ilegal lainnya ke wilayah AS. Awalnya merupakan salah satu kartel terkuat di Meksiko, kartel ini mengalami penurunan kekuatan yang signifikan usai terlibat konflik dengan CDS sejak tahun 2004. Supaya bisa tetap mempertahankan eksistensinya, Juarez Cartel lantas menjalin aliansi dengan Los Zetas.


Barrio Azteca

(Sumber)
Terjemahan : Kampung Aztec
Nama lain : Los Aztecas
Tahun berdiri : 1986

Kelompok gangster yang aslinya berasal dari Texas, AS, namun ikut terlibat Perang Narkoba di Meksiko. Barrio Azteca (BA) didirikan oleh orang-orang Meksiko yang ditahan di penjara Texas & menargetan imigran ilegal Meksiko yang ditangkap aparat AS sebagai rekrutan barunya. Sumber pendapatan utama BA berasal dari aktivitas perdagangan narkoba, di mana BA membeli narkoba dengan harga murah dari Juarez Cartel, lalu menjualnya dengan harga mahal di AS. BA memiliki hubungan buruk dengan CDS karena CDS berambisi menguasai wilayah di perbatasan Meksiko & AS yang selama ini digunakan oleh BA untuk menyelundupkan narkoba.


Kartel-Kartel Lain yang Sudah Bubar

 - Milenio Cartel (1999 - 2011)
 - Beltran-Levya Organization (2008 - 2012)
 - Knights Templar (2010 - 2014)

© Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

ABC Radio National - Drugs, murder and corruption in Mexico
Associated Press - Key dates in the life of drug lord 'El Chapo' Guzman
BBC Two - This World, The making of... Secrets of Mexico's Drug War
Business Insider - Nearly Eight Years Into The Drug War, These Are....
Global Firepower - Mexico Military Strength
InSight Crime - Barrio Azteca Profile
InSight Crime - Familia Michoacana
InSight Crime - Docs Reveal CIA-Guadalajara Link, Not Conspiracy
InSight Crime - Mexico's Sinaloa and Jalisco Cartels : Competing....
IBT - Mexico : Top Five Most Violent Drug Cartels
Telegraph - Profile : the brutal cartel boss who took sadistic killing to....
The Huffington Post - Mexico Self-Defense Squads Battle Violence....
Wikipedia - Mexican Drug War



COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

4 komentar:

  1. jadi paham saya kenapa di meksiko sering banget ada berita perang antar genk narkoba.

    terima kasih Bung atas sharenya.

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat...
    Dan sanagat di tunggu artikel yang lainnya...

    BalasHapus
  3. Kartel narkoba kok sampai punya milisi sekelas pasukan reguler,mulai dari senjata & kostum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena Mereka Itu Di Backup Sama Pemerintah Meksiko Diam Diam

      Hapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.