SEJARAH        FAUNA         HIBURAN          Cari Artikel  →

Asal-Usul Nama-Nama Negara di Oseania



Peta Oseania. (Sumber)

Oseania adalah sebutan untuk kawasan geografis yang mencakup Australia, Selandia Baru, & pulau-pulau kecil di Samudera Pasifik. Nama "Oseania" (Oceanie) sendiri pertama kali dicetuskan oleh pakar geografi berdarah Perancis yang bernama Conrad Malte-Brun, di mana nama dari kawasan tersebut diperkirakan berasal dari bahasa Perancis "ocean" (samudera). Nama yang memang cocok karena wilayah ini didominasi oleh lautan & terletak di samudera terbesar di dunia.

Ada 14 negara berdaulat yang menempati wilayah Oseania. Walaupun jumlah negara berdaulat yang menempati Oseania lebih sedikit jika dibandingkan dengan Benua Asia atau Eropa, hal tersebut tidak lantas menandakan bahwa Oseania memiliki tingkat keberagaman kultural yang rendah pula. Asal-usul masing-masing negara yang berbeda satu sama lain adalah contoh dari keberagaman budaya yang dimiliki oleh Oseania. Dan sesuai dengan judulnya, artikel kali ini akan membahas asal-usul nama dari negara-negara yang mendiami wilayah Oseania.



AUSTRALIA berasal dari bahasa Latin "australis" yang berarti "selatan". Nama tersebut diberikan karena Australia memang terletak di belahan bumi selatan. Saat penjelajah asal Inggris yang bernama Matthew Flinders menjamah benua ini pada akhir abad ke-18, ia memberikan nama "terra australis" (tanah di selatan) untuk menyebut benua yang bersangkutan.


FIJI diperkirakan berasal dari kata Viti (atau lengkapnya Viti Levu), nama dari pulau terbesar di negara Fiji.


KEPULAUAN MARSHALL mendapatkan namanya dari John Marshall, pelaut Inggris yang memetakan kepulauan ini pada tahun 1788.


KEPULAUAN SOLOMON diambil dari nama Solomon / Salomo / Sulaiman, tokoh dalam agama Samawi yang diceritakan sebagai sosok raja yang adil & bijaksana. Nama "Solomon" kemudian digunakan oleh penjelajah Spanyol untuk menamai kepulauan ini di tahun 1568 karena mereka berharap bisa menemukan harta karun Raja Solomon di dalamnya.


KIRIBATI merupakan sebutan warga lokal untuk Kepulauan Gilbert, nama dari Kiribati sebelum merdeka pada tahun 1979. Nama "Gilbert" sendiri diambil dari Thomas Gilbert, pelaut asal Inggris yang mendarat di Kiribati pada tahun 1788.


MIKRONESIA berasal dari bahasa Yunani "mikro" (kecil) serta "nesos" (kepulauan). Jadi secara harfiah, nama Mikronesia berarti "kepulauan kecil". Nama yang memang cocok karena negara yang bersangkutan wilayahnya terdiri dari pulau-pulau kecil.


Foto udara negara Palau. (Sumber)
NAURU diperkirakan berasal dari bahasa lokal "anaoero" yang berarti "aku pergi ke pantai". Penduduk Nauru sendiri menyebut negaranya dengan nama "Naoero".


PALAU atau Belau berasal dari bahasa lokal "beluu" yang berarti "perkampungan".


PAPUA NUGINI merupakan gabungan dari 2 kata : Papua & Nugini. Nama "Papua" berasal dari bahasa Portugis "Ilhas dos Papuas" (tanahnya orang-orang berambut ikal) untuk mendeskripsikan penampilan penduduk asli pulau yang bersangkutan. Sementara nama "Nugini" berasal dari bahasa Spanyol "Nueva Guinea" (Guinea Baru) karena menurut pelaut Spanyol yang menjelajahi pulau ini, penampilan penduduk asli Papua mengingatkannya akan penampilan penduduk asli Guinea, sebutan orang-orang Eropa untuk wilayah Afrika bagian barat.


SAMOA memiliki 2 versi asal-usul. Menurut versi pertama, nama tersebut diambil dari seorang kepala suku setempat. Sementara kalau menurut versi kedua. nama Samoa merupakan gabungan dari 2 kata dalam bahasa lokal : "sa" (sakral) & "moa" (pusat). Jadi Samoa secara harfiah bisa diterjemahkan sebagai "pusat alam semesta yang sakral".


SELANDIA BARU (New Zealand) berasal dari bahasa Belanda "Nova Zeelandia" (Zeeland Baru), di mana Zeeland adalah nama dari suatu provinsi di Belanda yang wilayahnya terdiri dari pulau-pulau kecil & teluk. Nama Nova Zeelandia sendiri diberikan oleh pelaut asal Belanda yang bernama Abel Tasman karena menurutnya, kondisi geografis Selandia Baru mengingatkannya akan Zeeland.


TONGA berasal dari bahasa lokal "tonga" yang berarti"selatan". Dengan mengesampingkan Selandia Baru yang letaknya jauh di belahan bumi selatan, Tonga memang tergolong sebagai salah satu negara kepulauan di Oseania yang letaknya paling selatan.


TUVALU berasal dari bahasa lokal "tuvalu" yang berarti "gugus delapan". Nama tersebut diberikan karena pada awalnya hanya 8 dari 9 pulau penyusun Tuvalu yang dihuni oleh manusia.


VANUATU berasal dari bahasa lokal "vanua" yang berarti "pulau". Bergantung dari bahasa daerah mana yang digunakan, nama "Vanuatu" bisa diterjemahkan sebagai "pulau kami" atau "pulau yang berpenghuni".  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

BBC News - Papua New Guinea profile - Timeline
CIA World Factbook - Marshall Islands
CIA World Factbook - Palau
CIA World Factbook - Tonga
Dictionary.com - Oceania
Dictionary.com - Micronesia
Index Mundi - Nauru Government Profile 2018
Online Etymology Dictionary - Fiji
Online Etymology Dictionary - Kiribati
Online Etymology Dictionary - Samoa
Online Etymology Dictionary - Solomon
Sheppard Software - Origin of the name Australia
The Comonwealth - Samoa
Wikipedia - List of sovereign states and dependent territories in Oceania
World Culture Encyclopedia - Vanuatu
J. W. Rowe, dkk.. 2008. "New Zealand". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS. 
Macdonald, B.K.. 2008. "Tuvalu". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Download PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi silakan tinggalkan komentar anda selama tidak berisi spam, iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, silakan tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.