Makna Bendera Negara-Negara Asia Tengah



Peta negara-negara di Asia Tengah. (Sumber)

Asia Tengah adalah suatu kawasan geografis yang - sesuai namanya - terletak di tengah-tengah Benua Asia. Di masa kini, Asia Tengah kerap dipandang sebagai kawasan yang kurang penting. Padahal di masa lampau, Asia Tengah memiliki peran yang amat strategis karena berada tepat di tengah-tengah Jalur Sutra, jalur dagang yang menghubungkan Eropa & Asia Barat dengan Cina.

Negara-negara di Asia Tengah menggunakan akhiran -stan pada namanya. Kata -stan sendiri berasal dari bahasa Persia yang berarti "tanah". Sementara nama depan dari masing-masing negara diambil dari nama etnis / suku bangsa paling dominan di negara yang bersangkutan. Sebagai contoh, nama "Kazakhstan" secara harfiah berarti "tanahnya orang-orang suku Kazakh".

Total, ada 5 negara yang terletak di Asia Tengah. Semua negara di Asia Tengah mayoritas penduduknya beragama Islam karena wilayah tersebut di masa lampau pernah diperintah oleh dinasti-dinasti Muslim seperti Gerombolan Emas (Golden Horde), Kekaisaran Timur, Emirat Bukhara, & lain sebagainya. Kemudian hingga tahun 1991, wilayah Asia Tengah juga sempat berada di bawah kendali Uni Soviet.

Dari kelima negara yang mendiami wilayah Asia Tengah, Kazakhstan adalah negara Asia Tengah dengan wilayah terbesar karena luas wilayahnya mencapai 2,7 juta kilometer persegi. Tajikistan di lain pihak merupakan negara Asia Tengah yang paling kecil karena luas wilayahnya hanya sekitar 143 ribu kilometer persegi.

Sebagai negara berdaulat, masing-masing negara Asia Tengah pun memiliki bendera kebangsaannya masing-masing. Yang menarik, semua negara Asia Tengah menggunakan simbol-simbol berunsur benda langit dalam benderanya. Entah itu matahari, bulan, atau bintang. Lantas, apa makna dari simbol-simbol yang digunakan pada bendera negara-negara tersebut? Jawabannya dapat pengunjung temukan dalam artikel ini.



KAZAKHSTAN

Bendera Kazakhstan.

Negara terbesar di Asia Tengah, sekaligus negara terbesar di dunia yang tidak memiliki wilayah laut. Bendera Kazakhstan menampilkan warna latar belakang biru dengan motif ornamen berbentuk vertikal & berwarna kuning di bagian kirinya. Di bagian tengah bendera, terdapat simbol matahari kuning & siluet burung elang berwarna kuning yang sedang terbang.

Warna biru menyimbolkan langit, kesetiaan, & persatuan. Penggunaan warna biru diperkirakan juga terjadi karena warna tersebut merupakan warna khas kelompok suku Turk / Turkik. Jadi, dengan menggunakan warna biru pada benderanya, rakyat Kazakhstan ingin menunjukkan rasa bangganya akan identitas kesukuan & kedekatan sosial budaya mereka dengan kelompok suku Turk.

Motif ornamen di bagian kiri bendera menyimbolkan budaya khas Kazakhstan. Simbol matahari menyimbolkan kehidupan, energi, & kekayaan. Garis-garis sinar pada simbol matahari tersebut digambar menyerupai biji gandum untuk menyimbolkan kemakmuran. Simbol elang yang sedang terbang melambangkan kebebasan, keberanian, & cita-cita tinggi.

Penggunaan simbol elang pada bendera Kazakhstan diduga juga terpengaruh oleh budaya khas suku Kazakh. Pasalnya hingga sekarang, penduduk tradisional suku Kazakh di Kazakhstan & Mongolia kerap menggunakan elang emas untuk berburu. Dalam bahasa Kazakh sendiri, pawang elang dikenal dengan nama "burkitshi". Kemudian di kota Nura, Kazakhstan, ada museum yang khusus memamerkan segala hal terkait pawang elang



KIRGIZSTAN / REPUBLIK KIRGIZ

Bendera Kirgizstan.

Negara kecil di Asia Tengah yang berbatasan dengan 2 negara raksasa : dengan Cina di sebelah timur & dengan Kazakhstan di sebelah utara. Bendera Kirgizstan / Kyrgyzstan menampilkan warna latar belakang mera. Di bagian tengah bendera, terdapat simbol menyerupai matahari kuning dengan garis-garis yang saling menyilang di bagian tengahnya.

Warna merah diambil dari warna bendera yang diusung oleh Manas, tokoh tradisional Kirgizstan yang berhasil menyatukan kelompok-kelompok suku yang menghuni Kirgizstan. Simbol matahari menyimbolkan cahaya & keabadian. Simbol matahari yang sama digambar dengan garis-garis menyerupai tanda silang supaya nampak serupa dengan atap yurt, sejenis tenda bundar yang kerap digunakan oleh suku-suku nomaden di Asia Tengah sebagai tempat tinggal.



TAJIKISTAN

Bendera Tajikistan.

Negara terkecil di Asia Tengah yang di masa lampau pernah dilanda perang saudara. Bendera Tajikistan menampilkan bidang berwarna merah, putih, & hijau yang tersusun secara horizontal. Bidang yang berwarna putih nampak lebih lebar dibandingkan 2 bidang warna yang lain. Di bagian tengah bidang putih tersebut, terdapat simbol mahkota & 7 bintang.

Ada beberapa versi mengenai makna simbol-simbol yang digunakan dalam bendera Tajikistan. Menurut Encyclopaedia Britannica, warna merah menyimbolkan kedaulatan, warna putih menyimbolkan kapas, sementara warna hijau menyimbolkan pertanian. Simbol mahkota & 7 bintang menyimbolkan persatuan rakyat Tajikistan yang terdiri dari beragam profesi & kelas sosial.

Kalau menurut artikel di situs Asia-Plus (situs media yang berbasis di Tajikistan), warna merah menyimbolkan kaum pekerja, warna putih menyimbolkan kaum terdidik, sementara warna hijau menyimbolkan kaum petani. Simbol mahkota menyimbolkan rakyat Tajikistan karena dalam bahasa Persia, kata "taj" memiliki arti "mahkota". Bintang berjumlah 7 menyimbolkan kebahagiaan karena dalam keyakinan tradisional masyarakat Tajikistan, di surga konon terdapat 7 gunung dengan bintang di masing-masing puncaknya.



TURKMENISTAN

Bendera Turkmenistan.

Negara Asia Tengah yang berbatasan dengan Iran di sebelah selatan. Bendera Turkmenistan memiliki warna latar belakang hijau dengan simbol bulan sabit & gugus bintang berjumlah 5 di bagian atas tengah bendera. Di sebelah kiri simbol gugus bintang tadi, terdapat motif ornamen yang posisinya vertikal / membujur.

Warna hijau & bulan sabit menyimbolkan Islam, agama mayoritas penduduk Tajikistan. Bintang berjumlah 5 & motif ornamen yang juga berjumlah 5 menyimbolkan 5 kelompok marga di Turkmenistan. Motif ornamen itu sendiri terinspirasi dari motif karpet tradisional Turkmenistan. Daun zaitun yang terletak di pojok kiri bawah bendera menyimbolkan sifat rakyat Turkmenistan yang cinta damai.

Bendera Turkmenistan yang sekarang bentuknya hampir menyerupai persegi karena memiliki rasio 2:3. Bendera dengan rasio demikian baru mulai digunakan sebagai bendera resmi Turkmenistan sejak tahun 2001. Sebelum itu, Turkmenistan menggunakan bendera yang rasionya lebih panjang.



UZBEKISTAN

Bendera Uzbekistan.

Negara Asia Tengah yang diapit oleh 4 negara Asia Tengah lainnya. Bendera Uzbekistan menampilkan warna biru, putih, & hijau yang tersusun secara horizontal. Pada batas masing-masing bidang warna, terdapat garis tipis berwarna merah. Di pojok kiri atas bendera, terdapat simbol bulan sabit & 12 bintang kecil.

Warna biru menyimbolkan air. Warna putih menyimbolkan perdamaian. Warna hijau menyimbolkan kesuburan. Sementara garis-garis merah menyimbolkan kehidupan. Simbol bulan sabit menyimbolkan lahirnya Uzbekistan sebagai negara merdeka, namun simbol bulan sabit juga bisa dimaknai sebagai agama Islam, agama mayoritas rakyat Uzbekistan.

Bintang berjumlah 12 menyimbolkan 12 bulan dalam 1 tahun, sekaligus rasa bangga rakyat Uzbekistan akan sejarah masa lalunya yang pernah menjadi pusat astronomi peradaban Muslim. Kebetulan di Uzbekistan pernah berdiri Observatorium Ulugh Beg, pusat pengamatan benda-benda langit yang dibangun pada abad ke-15.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Asia-Plus - Tajikistan celebrates National Flag Day
Atlas Obscura - Ulugh Beg Observatory
Caravanistan - Where to see eagle hunting
Flags Of The World - Turkmenistan
Official Site of the President of the Republic of Kazakhstan - The Flag of...
Online Eymology Dictionary - -stan
Wikipedia - List of Asian countries by area
Smith  W.. 2008. "Kyrgyzstan, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.
Smith  W.. 2008. "Tajikistan, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.
Smith  W.. 2008. "Uzbekistan, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.

 




COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.