Makna & Sejarah Logo Klub Portsmouth



Logo klub Portsmouth. (portsmouthfc.co.uk)

Portsmouth adalah nama dari klub sepak bola yang berasal dari kota Portsmouth, Inggris. Klub ini merupakan 1 dari sedikit klub Inggris yang berasal dari luar Pulau Britania karena stadion klub ini (Fratton Park) terletak di Pulau Portsea, pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Britania. Karena letak geografisnya pula, Portsmouth merupakan salah satu klub Inggris yang lokasinya paling selatan.

Portsmouth sekarang bermain di League One, kasta ketiga dalam piramida Liga Inggris. Namun klub ini harusnya bukanlah klub yang asing bagi mereka yang pernah mengikuti Liga Premier Inggris pada dekade 2000-an. Pasalnya klub berjulukan "Pompey" ini memang pernah bermain di kasta teratas Liga Inggris dari tahun 2003 hingga 2010.

Saat Portsmouth masih bermain di Liga Premier, Portsmouth dikenang sebagai salah satu tim kuda hitam. Pasalnya Portsmouth dipandang sebagai tim yang kerap menyulitkan tim-tim besar Liga Premier. Pada tahun 2008, Portsmouth bahkan berhasil menjuarai turnamen Piala FA. Dalam perjalanannya untuk menjuarai Piala FA, Portsmouth secara mengejutkan berhasil mengalahkan tim kuat Manchester United kendati Portsmouth harus bermain di kandang lawan.

Namun bak batu yang dilempar ke atas sebelum kemudian jatuh bebas, keberhasilan Portsmouth dalam menjuarai Piala FA kemudian diikuti dengan rentetan kisah tak mengenakkan di dalam & di luar lapangan. Krisis keuangan menyebabkan Portsmouth harus menjual pemain-pemain kuncinya. Akibatnya, performa Portsmouth ikut terpengaruh & klub tersebut harus terdegradasi ke kasta ke-4 liga Inggris hanya dalam rentang waktu kurang dari 5 tahun.

Berkat kerja keras dari para suporternya, Portsmouth berhasil lolos dari ancaman kebangkrutan & kini mengintip peluang supaya bisa kembali ke divisi atas. Adapun di luar masalah krisis keuangan yang pernah menimpanya, Portsmouth juga terkenal berkat logonya yang begitu unik. Pasalnya klub ini menggunakan logo berunsur bulan sabit & bintang. Jadi dalam kesempatan kali ini, pihak Republik bakal mencoba membahas makna & sejarah logo klub ini.



MAKNA LOGO

Logo Portsmouth menampilkan gambar tameng berwarna biru dengan garis tepi berwarna putih & 2 lekukan di bagian atasnya. Di bagian dalam tameng tersebut, terdapat simbol bulan sabit berwarna putih & biru muda yang mengarah ke atas. Di atas simbol bulan sabit tersebut, terdapat simbol bintang bersudut 8 yang juga berwarna putih & biru muda. Sementara di bagian bawah bulan sabit, terdapat tulisan angka "1898".

Di sekeliling simbol tameng, terdapat simbol cincin besar berwarna biru dengan garis tepi luar berwarna putih & biru muda. Di bagian atas cincin, terdapat tulisan "Portsmouth". Sementara di bagian bawah cincin, terdapat tulisan "Football Club" (Klub Sepak Bola). Semua tulisan tersebut ditulis dengan menggunakan huruf besar / kapital.

Dua versi logo klub Portsmouth. (portsmouthfc.co.uk)

Selain logo tadi, Portsmouth juga memiliki logo kedua yang desainnya sama persis dengan logo ini, namun tanpa tambahan simbol cincin besar & tulisan nama resmi klub. Logo yang kedua merupakan logo yang digunakan dalam seragam resmi klub karena desainnya lebih sederhana dibandingkan logo yang pertama.

Sekarang, mari kita membahas mengenai makna elemen-elemen yang digunakan dalam logo klub Portsmouth. Portsmouth menggunakan warna biru & putih sebagai warna utama dalam logo klubnya karena warna-warna itulah yang menjadi warna utama klub ini.

Dalam pertandingan-pertandingan yang dimainkan di stadion kandangnya, para pemain Portsmouth biasanya bertanding dengan mengenakan baju berwarna biru & celana berwarna putih. Alasan kenapa warna biru yang digunakan adalah karena warna tersebut juga dapat ditemukan dalam bendera & lambang kota Portsmouth.

Bukan hanya warna biru yang diambil dari lambang kota Portsmouth. Simbol bulan sabit & bintang yang digunakan dalam logo klub ini juga terinspirasi dari lambang kota Portsmouth. Bedanya adalah jika simbol bulan bintang dalam logo klub menggunakan warna putih & biru muda, maka simbol bulan bintang dalam lambang kota Portsmouth menggunakan warna kuning.

Lambang kota Portsmouth. (welcometoportsmouth.co.uk)

Perbedaan lainnya, bulan sabit yang digunakan dalam logo klub nampak lebih lebar dibandingkan dengan gambar bulan sabit dalam lambang kota Portsmouth. Jika dilihat sekilas, simbol bulan sabit & bintang dalam logo klub Portsmouth nampak seperti wajah bermata satu yang sedang tersenyum lebar.

Lantas, apa sebabnya lambang kota Portsmouth memiliki simbol bulan bintang yang lazimnya dipandang sebagai simbol khas agama Islam? Meskipun terlihat mirip, sebenarnya simbol bulan bintang yang digunakan dalam lambang Portsmouth tidak ada hubungannya dengan simbol bulan bintang khas Islam.

Kota Portsmouth diketahui sudah menggunakan gambar bulan sabit & bintang dalam lambang kotanya sejak abad ke-12. Menurut sejumlah sumber (salah satunya situs resmi pemerintah kota Portsmouth), lambang bulan bintang kota Portsmouth mungkin terinspirasi dari salah satu lambang yang pernah digunakan oleh Richard I, raja Inggris yang pernah bertahta dari tahun 1189 hingga 1199.

Richard juga dikenal dengan julukan "Richard the Lionheart" (Richard yang Berhati Singa) berkat keberaniannya dalam memimpin pasukan di medan perang. Satu dari sekian banyak tokoh yang pernah dihadapi oleh Richard di medan perang adalah Saladin / Shalahuddin Al-Ayyubi. Konflik antara keduanya terjadi dalam Perang Salib Ketiga.

Selain terlibat pertikaian melawan Saladin, Richard semasa Perang Salib Ketiga juga pernah terlibat konflik melawan Isaac Comnenus, penguasa Pulau Siprus yang masih memiliki hubungan darah dengan keluarga kaisar Romawi Timur / Byzantium. Semasa berkuasa, Isaac menggunakan simbol bulan sabit & bintang sebagai lambang wilayah kekuasaannya karena terinspirasi dari lambang bulan bintang Konstantinopel, ibukota Kekaisaran Byzantium.

Uang logam peninggalan Kekaisaran Byzantium yang menampilkan simbol bulan sabit & bintang. (motleyturkey.com)

Tahun 1191, Isaac tidak lagi menjadi penguasa Siprus setelah pulau tersebut ditaklukkan oleh pasukan Inggris pimpinan Richard. Untuk menegaskan statusnya sebagai penguasa baru Siprus, Richard kemudian menggunakan simbol bulan bintang sebagai salah satu lambang yang mewakili dirinya.

Menurut teori lain, sumber inspirasi dari simbol bulan bintang Richard mungkin aslinya bukan berasal dari Siprus atau Byzantium, melainkan dari bintang sungguhan. Di rasi bintang Leo yang terdapat di langit malam, ada bintang yang bernama "Regulus".

Bintang Regulus juga dikenal dengan nama "Cor Leonis" (Jantung Singa) karena bintang tersebut merupakan bintang paling terang dalam rasi bintang Leo. Karena Richard sendiri juga memiliki julukan "Lionheart" (Si Hati Singa), ia pun merasa terinspirasi untuk menggunakan simbol berunsur bintang sebagai lambang yang mewakili dirinya. Misalnya dalam cap stempel untuk surat-surat resmi yang melibatkan dirinya.

Beberapa contoh simbol yang pernah digunakan oleh raja Richard I sebagai stempel resminya. (npg.org.uk)

Saat masih menjadi raja, Richard pernah mengangkat William de Longchamp sebagai Lord Chanchellor (semacam penasihat tinggi). Oleh karena itulah, William kemudian turut mengadopsi simbol bulan bintang sebagai lambang yang mewakili dirinya. Kemudian menurut sejarawan H.T. Lilley & A.T. Everitt, William pulalah yang kelak memberikan simbol bulan bintang sebagai lambang kota Portsmouth saat ia meresmikan kota tersebut pada tahun 1194.

Portsmouth sendiri bukanlah satu-satunya klub dari Kepulauan Britania yang menggunakan simbol bulan bintang sebagai logo klubnya. Di Republik Irlandia, klub Drogheda United juga menggunakan simbol tameng bergambar bulan sabit & bintang sebagai logo klubnya. Bedanya, jika Portsmouth menggunakan simbol tameng biru gelap dengan gambar bulan & bintang berwarna putih, maka Drogheda menggunakan simbol tameng biru muda dengan gambar bulan & bintang yang berwarna merah tua (claret).

Selain Portsmouth, klub Drogheda United juga memiliki logo berunsur bulan sabit & bintang. (droghedaunited / twitter.com)

Kembali ke soal logo Portsmouth. Tulisan "Portsmouth Football Club" (Klub Sepak Bola Portsmouth) yang ada pada bagian cincin logo menunjukkan status Portsmouth sebagai klub sepak bola. Sementara tulisan "1898" pada bagian tameng menunjukkan tahun 1898 sebagai tahun dibentuknya klub ini.



SEJARAH LOGO

Saat baru didirikan pada tahun 1898, Portsmouth pada awalnya belum memiliki logo. Baru pada tahun 1913, Portsmouth akhirnya memiliki logonya sendiri. Logo yang digunakan oleh Portsmouth pada masa itu menampilkan simbol tameng berwarna biru dengan gambar bulan sabit putih & bintang putih bersudut 5 di dalamnya.

Jika disimak, logo pertama Portsmouth tersebut nampak sangat mirip dengan logo yang sekarang. Bedanya adalah logo pertama Portsmouth sama sekali tidak menyertakan tulisan maupun simbol cincin. Kemudian tidak seperti logo Portsmouth yang sekarang, logo Portsmouth pada periode itu menampilkan simbol bintang bersudut 5.

Tahun 1946 alias tepat sesudah Perang Dunia II, warna putih pada logo Portsmouth diganti menjadi kuning supaya nampak serupa dengan lambang kota Portsmouth. Bintang yang ada logo Portsmouth juga diubah menjadi bintang bersudut 8. Namun pada tahun 1958, warna kuning pada logo Portsmouth kembali diganti menjadi warna putih.

Tahun 1980, Portsmouth menggunakan logo baru yang sama sekali tidak menggunakan unsur bulan bintang. Logo baru Portsmouth menampilkan gambar rantai berbentuk lingkaran. Kemudian di dalamnya, terdapat gambar jangkar, pedang, & bola sepak. Penggunaan rantai, jangkar, & pedang dimaksudkan untuk menyimbolkan status kota Portsmouth sebagai kota di tepi laut yang memiliki pangkalan militer.

Tiga logo pertama yang pernah digunakan oleh Portsmouth.

Logo tersebut nyatanya tidak bertahan lama. Tahun 1989, Portsmouth kembali menggunakan logo berunsur bulan bintang. Kali ini, simbol bulan bintangnya ditampilkan dalam warna kuning. Tameng yang digunakan pada logo juga berbentuk menyempit ke arah bawah. Kemudian di bagian bawah tameng, terdapat pita cembung yang menampilkan nama lengkap klub ini.

Tahun 1993, Portsmouth memutuskan untuk menggunakan lambang kota Portsmouth sebagai logo klubnya. Kemudian pada tahun 1995, logo ini sedikit dimodifikasi supaya bisa dibedakan dari lambang kota Portsmouth. Logo klub Portsmouth di tahun 1995 menampilkan pita bertulisan "Portsmouth F.C." di bagian bawahnya.

Layaknya logo Portsmouth yang menampilkan gambar jangkar, logo Portsmouth yang satu ini juga tidak disukai oleh fans karena dianggap terlalu rumit. Maka, pada tahun 1997 pihak klub memutuskan untuk menyederhanakan logo klubnya dengan hanya menampilkan simbol tameng biru dengan gambar bulan bintang kuning. Supaya logo baru ini nampak berbeda dari logo-logo terdahulu, bagian bawah tameng menampilkan pita bertulisan "Portsmouth F.C." dengan gaya tulisan menyerupai tulisan tangan.

Tahun 2008, Portsmouth kembali mengganti logo klubnya untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-110. Logo baru ini untuk kesekian kalinya menampilkan gambar tameng biru dengan gambar bulan bintang kuning di dalamnya. Bedanya adalah warna kuning yang digunakan pada simbol bulan bintang nampak lebih gelap. Kemudian di atas simbol bulan bintang tersebut, terdapat tulisan yang menunjukkan nama klub ini.

Logo-logo yang pernah digunakan oleh Portsmouth pada pergantian milenium.

Seolah ingin mengikuti warna dalam simbol bulan bintang yang kini nampak lebih redup, Portsmouth sejak periode ini juga memasuki periode suram yang penuh ketidakpastian. Pada periode tersebut, Portsmouth dilanda krisis keuangan parah sehingga klub tersebut sempat bergonta-ganti pemilik hingga akhirnya terdegradasi ke divisi kedua Liga Inggris pada tahun 2010.

Karena kondisi keuangan Portsmouth masih belum membaik, klub tersebut kembali terdegradasi ke divisi-divisi bawahnya & bahkan terancam bangkrut. Melihat hal tersebut, para suporter Portsmouth beramai-ramai menyumbangkan uangnya supaya klub kesayangan mereka tidak sampai bubar. Hasilnya, Portsmouth pun berhasil lolos dari ancaman kebangkrutan & kini bermain di League One (kasta ke-3 Liga Inggris).

Tahun 2015, Portsmouth memutuskan untuk kembali mengubah logo klubnya. Seolah ingin menunjukkan kalau Portsmouth yang sekarang adalah Portsmouth yang ingin memulai kembali dari nol, logo baru Portsmouth di tahun 2015 memiliki desain yang amat mirip dengan logo pertama Portsmouth. Bedanya adalah pada logo Portsmouth yang baru, bintang yang digunakan merupakan bintang bersudut 8.

Tahun 2018, Portsmouth kembali mengganti logonya. Dalam logo barunya ini, tulisan "1898" ditambahkan di bagian bawah simbol bulan untuk menunjukkan tahun berdirinya klub. Selain logo ini, Portsmouth juga memiliki logo alternatif yang desainnya sama persis dengan logo ini, namun dengan tambahan simbol cincin besar & nama lengkap klub di sekeliling tameng. Logo inilah yang menjadi logo Portsmouth hingga sekarang.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Hartemink, R.. 2021. "Portsmouth".
(www.heraldry-wiki.com/heraldrywiki/index.php/Portsmouth)

Historical Football Kits. "Portsmouth".
(www.historicalkits.co.uk/Portsmouth/Portsmouth.htm)

Portsmouth City Council. "Portsmouth’s Coat of Arms".
(www.portsmouth.gov.uk/services/council-and-democracy/your-city/portsmouths-coat-of-arms/)

Portsmouth FC. 2018. "Pompey Unveil New Crest".
(www.portsmouthfc.co.uk/news/2018/march/pompey-unveil-new-crest/)

Visit Portsmouth. "FAQs".
(www.visitportsmouth.co.uk/visitor-information/faqs)

Welcome to Portsmouth. "The Star and Crescent".
(www.welcometoportsmouth.co.uk/star and cresent.html)
   





ARTIKEL TERKAIT

1 komentar:

  1. Jika lihat Jersey drogheda united kok warna dan desainnya mirip sekali dengan Jersey Aston villa, west ham dan Burnley, kalau boleh tahu saya minta request tentang sejarah Jersey keempat klub tersebut apalagi kebetulan 3 nama yang saya sebutkan terakhir musim ini bermain di EPL

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.