Makna & Sejarah Bendera Kaki Tiga Isle of Man



Bendera Isle of Man.

Isle of Man adalah nama dari sebuah pulau yang terletak di antara Pulau Irlandia & Pulau Britania, Inggris Raya. Pulau ini memiliki status politik yang serupa dengan negara Persemakmuran karena meskipun Isle of Man mengakui ratu Inggris sebagai kepala negaranya, pemerintah Isle of Man memiliki kebebasan penuh dalam mengelola urusan domestiknya. Kemudian dalam hal administrasi, Isle of Man tidak dimasukkan dalam negara bagian Inggris Raya manapun.

Namun tidak seperti negara-negara Persemakmuran berdaulat macam Kanada atau Australia, yang mengatur urusan keamanan & hubungan luar Isle of Man adalah pemerintah Inggris Raya. Isle of Man memiliki status politik yang demikian unik karena meskipun pulau ini sudah dikuasai oleh Kerajaan Inggris & Skotlandia secara bergantian sejak abad ke-13, penduduk Isle of Man memiliki sentimen kemandirian yang tinggi.

Berkat lokasi geografisnya yang terpisah dari Pulau Britania (pulau lokasi Inggris & Skotlandia), penduduk asli Isle of Man memiliki budaya & bahasa khas yang berbeda dari penduduk di Pulau Britania (bahasa Manx). Kemudian sejak abad ke-11, penduduk Isle of Man sudah memiliki badan parlemennya sendiri dengan nama "Tynwald". Sekarang, Tynwald menjadi salah satu badan parlemen tertua di dunia yang masih beroperasi.

Ketika Inggris & Skotlandia akhirnya menyatu untuk membentuk Inggris Raya, Isle of Man tidak dilebur ke dalam wilayah Inggris Raya supaya penduduk Isle of Man tetap bisa menjalankan sistem hukumnya sendiri. Namun karena wilayah Isle of Man terlalu kecil jika harus melindungi dirinya secara mandiri, yang menanggung urusan keamanan Isle of Man adalah pemerintah Inggris Raya.

Peta lokasi Isle of Man. (whereig.com)

Sebagai wilayah yang memiliki badan pemerintahannya sendiri, Isle of Man pun memiliki benderanya sendiri untuk menunjukkan identitas sekaligus budaya khasnya. Bendera yang digunakan oleh Isle of Man terbilang unik karena bagian tengah benderanya menampilkan simbol 3 kaki yang seolah-olah sedang berlari. Lantas, apa makna dari simbol tersebut? Jawabannya dapat pengunjung dapatkan di bagian berikutnya artikel ini.



ELEMEN-ELEMEN DALAM BENDERA ISLE OF MAN

Bendera Isle of Man menampilkan warna latar belakang merah. Di bagian tengah bendera, terdapat gambar 3 buah kaki manusia yang bagian pangkalnya saling menempel & tersusun menyerupai roda yang menghadap ke arah kiri / searah jarum jam.

Gambar kaki tersebut aslinya adalah simbol bernama "triskelion" atau "trinacria". Dalam bahasa Yunani, "triskelion" memiliki arti "kaki tiga". Kalau dalam bahasa Manx (bahasa asli penduduk Isle of Man), simbol triskelion tersebut dikenal dengan sebutan "ny tree cassyn" (kaki tiga).

Kaki yang terdapat dalam simbol triskelion ini dikesankan sebagai kaki manusia yang sedang mengenakan baju zirah. Oleh karena itulah, kaki-kaki yang terdapat dalam simbol yang bersangkutan memiliki warna dominan putih dengan sejumlah garis tepi berwarna hitam. Sementara bagian pangkal, lutut, & roda gerigi tumit pada masing-masing kaki nampak berwarna kuning.

Bendera & lambang resmi Isle of Man di gedung pemerintah. (Richard Cain / globalwanderings.co.uk)

Tidak diketahui secara pasti apa makna yang dikandung oleh bendera Isle of Man, selain fakta bahwa bendera dengan desain seperti ini sudah menjadi bendera khas wilayah Isle of Man sejak abad ke-13.

Pada awalnya, desain triskelion dalam bendera Isle of Man ditampilkan menghadap ke arah kanan maupun kiri. Namun pada tahun 1932, pemerintah daerah setempat mengeluarkan keputusan resmi mengenai desain bendera Isle of Man. Menurut keputusan tersebut, desain triskelion dalam bendera Isle of Man harus ditampilkan menghadap ke arah kiri.



ASAL-USUL TRISKELION ISLE OF MAN

Lantas, kenapa simbol triskelion digunakan dalam bendera Isle of Man? Ada 3 teori mengenai asal-usul simbol triskelion tersebut. Menurut teori pertama, simbol triskelion dalam bendera Isle of Man terinspirasi dari simbol swastika bangsa Viking. Kebetulan wilayah Isle of Man memang pernah dikuasai oleh bangsa Viking dari abad ke-9 hingga abad ke-13.

Dalam kepercayaan bangsa Viking, swastika yang menghadap ke arah kiri menyimbolkan palu dewa Thor & siklus pergerakan matahari. Saat mereka menguasai wilayah Isle of Man, simbol swastika yang mereka gunakan diduga menjadi asal-muasal dari simbol triskelion yang mewakiliki wilayah Isle of Man. Bedanya adalah jika simbol swastika terdiri dari 4 ujung, maka simbol triskelion hanya memiliki 3 ujung.

Simbol swastika pada artefak peninggalan abad ke-9 di Denmark. (Beyond My Ken / wikipedia.org)

Menurut teori kedua, simbol triskelion Isle of Man terinspirasi dari simbol triskelion atau triquetra khas bangsa Celt / Kelt, suku bangsa nenek moyang penduduk Skotlandia & Irlandia modern. Simbol triskelion khas bangsa Celt menampilkan gambar 3 buah spiral, sementara simbol triquetra menampilkan gambar tali yang membentuk 3 lensa oval.

Simbol triskelion & triquetra diketahui sudah ada sejak era Sebelum Masehi. Tidak diketahui secara pasti apa makna dari kedua simbol tersebut karena bangsa Celt sendiri memiliki cara pandang yang beragam dalam memaknai simbol-simbol ini. Menurut salah satu pendapat, simbol-simbol tadi menyimbolkan siklus kelahiran, kematian, & kebangkitan kembali manusia.

Ada pula yang berargumen kalau simbol 3 ujung tersebut menyimbolkan langit, bumi, & lautan. Ada juga yang menyatakan kalau triskelion & triquetra menyimbolkan 3 dewi dalam kepercayaan tradisional bangsa Celt. Dan masih banyak lagi interpretasi-interpretasi lainnya.

Saat penduduk Celt beramai-ramai memeluk agama Kristen, makna yang dimiliki oleh kedua simbol tadi turut bertambah. Simbol triskelion & triquetra kini juga dimaknai sebagai simbol trinitas (Bapa, Putra, & Roh Kudus) dalam agama Kristen.

(Kiri-kanan) Simbol triskelion & triquetra. (AnonMoos / wikipedia.org)

Bangsa Manx selaku penduduk asli Isle of Man diketahui masih memiliki hubungan dengan bangsa Celt karena bahasa Manx masih termasuk dalam rumpun bahasa Celt. Dengan melihat hal tersebut, muncullah dugaan kalau simbol triskelion yang mereka gunakan mungkin aslinya merupakan varian dari simbol triskelion & triquetra yang sudah lebih dulu ada.

Menurut teori ketiga, simbol triskelion aslinya terinspirasi dari bangsa Sisilia (Sisilia adalah nama dari pulau yang terletak di sebelah selatan Semenanjung Italia). Teori ini sendiri muncul karena simbol triskelion Isle of Man & simbol triskelion khas Sisilia sama-sama menampilkan gambar kaki.

Penggunaan simbol triskelion di Pulau Sisilia diketahui sudah ada sejak abad ke-4 SM. Simbol triskelion digunakan sebagai simbol khas Sisilia karena simbol tersebut melambangkan bentuk Pulau Sisilia yang nampak memiliki 3 ujung di bagian barat, timur laut, & tenggara. Layaknya simbol triskelion yang terdiri dari 3 buah kaki.

Bendera Pulau Sisilia.

Peta Pulau Sisilia (Sicily).

Pulau Sisilia sendiri jika dilihat di peta ternyata berlokasi amat jauh dari Isle of Man. Jika Pulau Sisilia terletak di sebelah selatan Benua Eropa, maka Isle of Man terletak di sebelah utara Benua Eropa. Lantas, jika teori ini memang benar, bagaimana caranya simbol triskelion Sisilia bisa menyebar hingga ke Isle of Man?

Meskipun bangsa Viking aslinya berasal dari Eropa Utara, dalam perkembangannya mereka juga sempat menjelajah hingga ke sisi selatan Benua Eropa untuk berdagang & menjadi tentara bayaran. Sebagian dari mereka kemudian ada yang pergi menuju Kepulauan Britania, sehingga informasi mengenai triskelion Sisilia pun turut menyebar hingga sampai ke sana.



PENGGUNAAN SIMBOL TRISKELION KAKI DI NEGARA LAIN

Sudah disinggung di bagian sebelumnya kalau menurut salah satu teori, simbol triskelion Isle of Man kemungkinan terinspirasi dari simbol triskelion Sisilia. Oleh karena itulah, daerah otonomi Sisilia sekarang menggunakan bendera berunsur triskelion kaki sebagai bendera daerahnya.

Tidak seperti bendera triskelion Isle of Man yang menampilkan kaki dengan baju zirah, bendera triskelion Sisilia menampilkan kaki dalam kondisi telanjang. Kemudian di bagian pangkal masing-masing kaki, terdapat gambar 3 helai daun zaitun & kepala manusia. Helai daun tersebut menyimbolkan tanah Sisilia yang subur.

Sosok kepala manusia yang terdapat dalam bendera Sisilia menunjukkan sosok Medusa, wanita dalam mitologi Yunani Kuno yang memiliki rambut ular & bisa mengubah manusia menjadi batu hanya dengan tatapannya. Menurut kepercayaan turun temurun rakyat Sisilia, jika seseorang tidak memasang simbol triskelion di pintu rumahnya, maka penghuni rumah tersebut akan didatangi oleh Medusa.

Selain di Inggris (Isle of Man) & Italia (Sisilia), simbol triskelion kaki juga dapat dijumpai di Jerman. Tepatnya di kota Fussen. Simbol kota Fussen menampilkan tameng berwarna kuning dengan simbol triskelion kaki berwarna hitam. Karena simbol itu pulalah, kota yang bersangkutan diberi nama "fussen" (kata dalam bahasa Jerman untuk "kaki"). Simbol triskelion Fussen diyakini sudah ada sejak abad ke-13.

Simbol triskelion kota Fussen.

Di sejumlah negara Asia Tenggara (termasuk Indonesia), simbol triskelion kaki juga dapat dijumpai pada kemasan minuman penyegar Cap Kaki Tiga. Simbol triskelion yang digunakan dalam Cap Kaki Tiga nampak serupa dengan simbol triskelion Isle of Man. Bedanya adalah jika simbol triskelion Cap Kaki Tiga nampak menghadap ke arah kanan, maka simbol triskelion Isle of Man menghadap ke arah kiri.

Kemiripan itu pulalah yang menjadi penyebab mengapa perusahaan produsen Cap Kaki Tiga, Wen Ken Drug, sempat diadukan ke pengadilan Indonesia oleh seorang warga negara Inggris yang bernama Russel Vince. Hasilnya, pengadilan Indonesia menyatakan pada tahun 2013 kalau logo Cap Kaki Tiga memang meniru simbol bendera Isle of Man.

Larutan Cap Kaki Tiga. (lazada.co.id)

Akibat keluarnya keputusan tersebut, Wan Ken Drug kini tidak bisa lagi mendaftarkan hak paten merek Cap Kaki Tiga di lembaga kekayaan intelektual Indonesia. Meskipun begitu, Wan Ken Drug melalui perantaraan PT Kino tetap bisa memasarkan produk minuman Cap Kaki Tiga di Indonesia karena tidak ada perintah dari pengadilan setempat untuk menghentikan penjualan produk-produk yang menggunakan simbol Cap Kaki Tiga.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

 - . 2008. "Man, Isle of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Archibald, S.. 2004. "Triskelion".
(www.cabinetmagazine.org/issues/13/archibald.php)

BBC. "Tynwald: A Viking ceremony".
(www.bbc.co.uk/legacies/immig_emig/england/lancashire/article_5.shtml)

Carnevale, J.. "The Triquetra Symbol & History".
(study.com/learn/lesson/what-is-a-triquetra.html)

Isleofman.com. 2017. "The 3 Legs of Mann".
(www.isleofman.com/welcome/manx-language-symbols/symbols/the-3-legs-of-mann/)

Italy Magazine. "What Does the Symbol of Sicily Mean?".
(www.italymagazine.com/dual-language/what-does-symbol-sicily-mean)

K. Schneider, dkk.. "Füssen City (Germany)".
(www.fotw.info/flags/de-ou-fs.html)

R. Raeside, dkk.. "Isle of Man".
(www.crwflags.com/fotw/flags/im.html)

Rogador, C.. 2020. "The Celtic Triskele: History and Meaning".
(irelandtravelguides.com/celtic-triskele-history-meaning/)

Sari, D.P.. 2016. "Pemegang Lisensi Cap Kaki Tiga Pastikan Produknya Tetap Beredar".
(kabar24.bisnis.com/read/20160915/16/584249/pemegang-lisensi-cap-kaki-tiga-pastikan-produknya-tetap-beredar)

Saputra, A.. 2015. "Tok! MA Putuskan Logo Cap Kaki Tiga Milik Negara Koloni Kerajaan Inggris".
(news.detik.com/berita/d-3101108/tok-ma-putuskan-logo-cap-kaki-tiga-milik-negara-koloni-kerajaan-inggris)

Smith, W.. 2008. "Isle of Man, flag of the". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
  





ARTIKEL TERKAIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.