Tawon Godzilla, Hewan Amfibi Penakluk Larva "Mothra"



Tawon Godzilla. (Jose Fernandez-Triana, dkk. / jhr.pensoft.net)

Godzilla / Gojira adalah nama dari karakter monster fiksi yang pertama kali muncul dalam film-film buatan Jepang sebelum kemudian turut dimunculkan dalam film Hollywood. Pada pertengahan tahun 2021 lalu contohnya, Godzilla pernah muncul dalam film "Godzilla vs. Kong". Di film-filmnya, Godzilla ditampilkan sebagai monster raksasa menyerupai dinosaurus yang bisa berenang melintasi laut.

Kendati Godzilla tidak benar-benar ada, hewan yang menggunakan nama Godzilla ternyata benar-benar ada di dunia ini. Hewan tersebut adalah tawon Godzilla (Godzilla wasp; Microgaster godzilla). Tawon ini diberi nama demikian karena hewan yang bersangkutan hanya dapat ditemukan di Jepang. Kemudian seperti halnya karakter Godzilla yang muncul di film-film, tawon Godzilla juga memiliki kemampuan untuk menyelam ke dalam air.

Tidak seperti karakter Godzilla versi film, tawon Godzilla aslinya merupakan hewan yang amat kecil. Serangga ini panjang tubuhnya hanya sekitar 0,3 cm. Karena ukurannya yang begitu mungil, hewan ini pun kerap luput dari pantauan manusia. Saking jarangnya hewan ini dijumpai oleh manusia, baru pada tahun 2020 lalu keberadaan hewan ini berhasil diketahui oleh ilmuwan.

Selain ukurannya yang mungil, tawon Godzilla dapat dikenali dengan melihat bagian kepala & dadanya yang berwarna hitam, serta bagian perut, abdomen, & keenam kakinya yang berwarna cokelat kekuningan.

Tawon Godzilla dilihat dari atas. (Jose Fernandez-Triana, dkk. / jhr.pensoft.net)

Sayap tawon ini nampak transparan & berjumlah 4, di mana ukuran sayap depan & belakangnya nampak tidak berbeda jauh. Tawon Godzilla juga memiliki kaki belakang yang unik karena kaki belakangnya berukuran besar & nampak menekuk ke atas layaknya kaki belalang.

Tawon Godzilla hanya dapat ditemukan di Jepang, tepatnya di wilayah Kyoto & Osaka. Habitat favoritnya adalah kolam yang permukaan airnya dipenuhi oleh tanaman apung kiambang. Bukan tanpa alasan tawon Godzilla menyukai habitat demikian. Tawon Godzilla menyukai habitat macam itu karena hewan yang menjadi korbannya hidup di permukaan kolam.



HEWAN TERBANG YANG BERBURU DI AIR

Tawon Godzilla dewasa hidup dari memakan cairan manis. Namun larva tawon ini hidup sebagai parasit pada larva ngengat Elophila turbata. Ngengat E. turbata memiliki pola hidup menyerupai hewan amfibi karena meskipun ngengat dewasa hidup di darat, ulat ngengat ini hidup pada tanaman apung kiambang (misalnya Azolla sp..).

Ulat E. turbata menjadikan tanaman kiambang sebagai tempat hidupnya karena daun tanaman itulah yang menjadi makanan utamanya. Bukan hanya itu, ulat E. turbata juga bisa membuat rumah apung dengan memakai daun kiambang. Untuk keperluan tersebut, ulat E. turbata akan mengambil potongan daun kiambang & kemudian menyelimuti tubuhnya dengan daun kiambang yang sudah dilipat-lipat.

Ngengat Elophila turbata. (Hsu Hong Lin / flickr.com)

Saat ulat tersebut masuk ke dalam air sambil memakai lipatan daun kiambang, ulat tersebut tidak akan tenggelam karena daun kiambang membuatnya tetap terapung. Layaknya manusia yang sedang memakai baju pelampung. Dengan cara ini, ulat E. turbata bisa tetap berada di dekat permukaan air sambil menyembunyikan keberadaannya sendiri.

Namun teknik pertahanan diri macam itu ternyata tidak ada gunanya di hadapan tawon Godzilla. Saat tawon Godzilla betina ingin berkembang biak, tawon Godzilla akan hinggap & berjalan-jalan di atas daun kiambang yang bertebaran di permukaan air. Saat tawon Godzilla berhasil menemukan gumpalan daun kiambang yang berisi ulat E. turbata, tawon tersebut akan mengetuk-ngetuk dinding luar daun dengan memakai antenanya.

Karena merasa terganggu, ulat tersebut akan keluar dari rumah daunnya. Pada saat itulah, tawon Godzilla langsung menyergap ulat tadi & memasukkan telur ke dalam tubuhnya. Jika diibaratkan dengan versi filmnya, tindakan tawon Godzilla menyerang larva E. turbata nampak seperti adegan pertarungan antara Godzilla dengan larva Mothra (karakter monster rival Godzilla yang wujudnya menyerupai ngengat raksasa).

Tidak jarang rumah daun yang dihuni oleh ulat E. turbata berada di bawah permukaan air. Namun hal tersebut bukanlah masalah bagi tawon Godzilla. Pasalnya tawon ini memiliki kemampuan untuk berenang menyelam ke dalam air selama beberapa detik.

Ilustrasi tawon Godzilla saat hinggap pada rumah daun ulat. (News Direct / youtube.com)

Saat tawon tersebut sudah berhasil mencapai rumah daun sasarannya, tawon Godzilla akan menyeret ulat ke luar air. Sesudah itu, tawon Godzilla akan memasukkan telur ke dalam tubuh ulat dengan memakai sengat / ovipositor miliknya. Dalam kasus tertentu, tawon Godzilla bisa memasukkan telur tanpa harus memaksa ulat keluar karena sengatnya bisa menembus dinding rumah daun.

Sesudah beberapa lama, telur tadi akan menetas menjadi larva yang memakan tubuh ulat dari dalam. Saat larva sudah tumbuh cukup besar, larva akan berubah menjadi kepompong & tawon dewasa. Tidak dijelaskan apakah ulat yang menjadi inang tawon ini bakal mati, atau masih tetap hidup dengan kondisi tubuh yang melemah.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Insecta
Ordo : Hymenoptera
Famili : Braconidae
Genus : Microgaster
Spesies : Microgaster godzilla



REFERENSI

J. Fernandez-Triana, dkk.. 2020. "Microgaster godzilla (Hymenoptera, Braconidae, Microgastrinae), an unusual new species from Japan which dives underwater to parasitize its caterpillar host (Lepidoptera, Crambidae, Acentropinae)".
(jhr.pensoft.net/article/56162/)
  





ARTIKEL TERKAIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.