Makna Bendera Daerah-Daerah Seberang Lautan di Oseania



Peta Oseania. (Brandon Plewe / politicalresources.net)

Oseania adalah sebutan untuk kawasan yang terletak di Samudera Pasifik. Dengan pengecualian untuk Australia yang merupakan negara sekaligus benua, semua entitas politik yang ada di Oseania terdiri dari gugus kepulauan kecil. Meskipun kecil, Oseania pernah memiliki peran vital dalam Perang Dunia II karena kawasan tersebut menjadi arena konflik yang sengit antara Jepang & negara-negara Sekutu.

Selain negara merdeka, kawasan Oseania juga dipenuhi oleh entitas politik yang berstatus sebagai wilayah seberang lautan (overseas territory) milik negara berdaulat lain. Untuk menunjukkan budaya khas sekaligus statusnya sebagai wilayah yang memiliki badan pemerintahannya sendiri, wilayah-wilayah tersebut juga memiliki benderanya sendiri. Berikut ini adalah makna dari bendera-bendera milik daerah yang bersangkutan.



GUAM

Bendera Guam.

Pulau tunggal sekaligus daerah seberang lautan milik AS yang terletak jauh di sebelah timur Filipina. Bendera Guam menampilkan warna latar belakang biru tua dengan garis tepi berwarna merah. Di bagian tengah bendera, terdapat simbol berbentuk oval dengan garis luar berwarna merah. Di dalam simbol oval yang sama, terdapat gambar yang menampilkan suasana pemandangan pantai.

Simbol berbentuk oval itu tersebut merupakan lambang resmi daerah Guam. Simbol yang bersangkutan dibuat berbentuk oval karena terinspirasi dari batu berbentuk oval yang biasa digunakan sebagai peluru untuk ketapel khas Chamorro, penduduk asli Guam.

Di dalam simbol oval tersebut, terdapat gambar lautan & sungai berwarna biru tua. Gambar tersebut menyimbolkan muara Sungai Hagatna di Guam. Warna kuning & gambar pohon kelapa menyimbolkan status Guam sebagai pulau tropis.

Di belakang gambar pohon kelapa, terdapat bidang berbentuk trapesium berwarna hijau. Bidang tersebut menyimbolkan bukit dalam cerita rakyat Guam. Menurut cerita rakyat yang dimaksud, ada sepasang kekasih yang bunuh diri dengan cara terjun dari bukit karena cinta mereka tidak direstui.

Di tengah-tengah gambar lautan, terdapat gambar kapal layar berwarna cokelat dengan layar putih. Gambar kapal tersebut menunjukkan kehidupan tradisional penduduk Guam. Di tengah-tengah simbol oval, terdapat tulisan "GUAM" berwarna merah yang menunjukkan nama daerah pemilik bendera ini.

Di luar simbol oval, terdapat bidang berwarna biru tua dengan garis tepi berwarna merah. Tidak diketahui apa makna warna-warna tersebut. Namun warna biru nampaknya dimaksudkan untuk menyimbolkan lautan karena warnanya sama dengan warna gambar laut dalam lambang resmi Guam.

Warna merah nampaknya dimaksudkan untuk menghormati para tentara AS yang gugur dalam Perang Dunia II di Front Pasifik. Pasalnya garis tepi merah baru ditambahkan pada bendera Guam sesudah Perang Dunia II.



HAWAII

Bendera Hawaii.

Negara bagian AS yang terkenal dengan wisata pantainya. Bendera Hawaii menampilkan 8 bidang warna yang tersusun secara horiontal. Ke-8 bidang warna tersebut adalah bidang berwarna putih, merah, biru, putih, merah, biru, putih, & merah. Warna-warna tersebut menyimbolkan 8 pulau utama yang menyusun gugus Kepulauan Hawaii.

Di bagian pojok kiri atas bendera, terdapat motif Union Jack (motif yang juga dapat ditemukan pada bendera Inggris Raya). Penggunaan Union Jack dalam bendera Hawaii terbilang unik karena Union Jack normalnya hanya digunakan oleh daerah-daerah bekas jajahan Inggris. Sementara Hawaii dalam sejarahnya tidak pernah dikoloni oleh Inggris & langsung diserap ke dalam wilayah AS.

Ada 2 pendapat mengenai apa makna dari Union Jack dalam bendera Hawaii. Menurut pendapat pertama, Union Jack digunakan karena Kamehameha - raja Hawaii - berharap supaya wilayahnya berada di bawah perlindungan Inggris. Menurut pendapat kedua, Union Jack digunakan karena raja Kamehameha menaruh rasa hormat kepada George Vancouver, pelaut Inggris yang pernah mengunjungi Hawaii pada tahun 1793.



KALEDONIA BARU

Bendera Perancis.

Daerah seberang lautan milik Perancis yang terletak di sebelah timur Benua Australia. Kaledonia Baru memiliki 2 bendera yang diakui sebagai bendera yang mewakili wilayah tersebut. Kedua bendera tersebut adalah bendera negara Perancis & bendera Kanak (Kanak adalah nama dari suku pribumi Kaledonia Baru).

Bendera Perancis menampilkan warna biru, putih, & merah yang tersusun secara vertikal. Warna-warna tersebut menyimbolkan kebebasan, kesetaraan, & persaudaraan. Bendera Perancis juga bisa dipandang sebagai persatuan antara kerajaan (warna putih) dengan kaum pejuang revolusi (warna merah & biru).

Bendera Kanak.

Bendera Kanak di lain pihak menampilkan warna biru, merah, & hijau yang tersusun secara horizontal. Di bagian kiri bendera, terdapat lingkaran kuning & siluet hitam yang menampilkan benda menyerupai tiang dengan aksesoris.

Warna biru menyimbolkan lautan. Warna merah menyimbolkan darah nenek moyang & persatuan. Warna hijau menyimbolkan pegunungan. Simbol lingkaran kuning menyimbolkan matahari & kehidupan.

Benda menyerupai tiang hitam aslinya adalah "fleche faitiere" (tombak atap), semacam ukiran kayu yang biasanya dipasang pada bagian atap rumah adat penduduk Kanak. Penggunaan fleche faitiere pada bendera Kanak dimaksudkan untuk menyimbolkan para leluhur & kekuasaan orang-orang Kanak atas tanah airnya.



KEPULAUAN COOK

Bendera Kepulauan Cook.

Daerah seberang lautan milik Selandia Baru yang terletak di antara Samoa Amerika & Polinesia Perancis. Bendera Kep. Cook menampilkan warna latar belakang biru dengan motif Union Jack di pojok kiri atas. Di bagian kanan bendera, terdapat 15 simbol bintang putih yang membentuk lingkaran.

Simbol Union Jack digunakan untuk menyimbolkan hubungan dekat Kep. Cook dengan Inggris & Selandia Baru. Warna biru menyimbolkan status Kep. Cook sebagai negara kepulauan yang damai. Bintang putih berjumlah 15 menyimbolkan keimanan kepada Tuhan & kesetaraan antara pulau-pulau yang menyusun Kep. Cook.



KEPULAUAN JUAN FERNANDEZ

Bendera Kepulauan Juan Fernandez.

Daerah seberang lautan milik Chili yang terletak beberapa ratus kilometer di sebelah barat pesisir negara tersebut. Bendera Juan Fernandez menampilkan bidang berwarna biru-hijau-biru yang tersusun secara horizontal. Bidang biru di bagian atas dilengkapi dengan 3 simbol bintang putih bersudut 8. Sementara bidang biru bagian bawah hanya dilengkapi dengan 3 simbol bintang putih.

Warna biru menyimbolkan lautan, sementara warna hijau menyimbolkan hutan di kepulauan tersebut. Lima simbol bintang putih menyimbolkan 5 pulau utama di Kep. Juan Fernandez : Robinson Crusoe, Santa Clara, Selkirk, San Ambrosio, & San Felix. Masing-masing bintang digambar bersudut 8 untuk menunjukkan beragamnya kewarganegaraan orang-orang yang menghuni Kep. Juan Fernandez.

Di bagian tengah bidang berwarna hijau, terdapat simbol berwarna putih yang aslinya menyimbolkan helai tanaman. Simbol helai tanaman tersebut dikelilingi oleh 5 simbol udang lobster merah yang membentuk lingkaran.

Helai tanaman menyimbolkan pohon jati yang dulu pernah tumbuh di Kep. Juan Fernandez, namun sekarang sudah punah. Sementara gambar udang lobster menyimbolkan sumber pendapatan utama penduduk Kep. Juan Fernandez di masa silam.



KEPULAUAN MARIANA UTARA

Bendera Kepulauan Mariana Utara.

Daerah seberang lautan milik AS yang menjadi lokasi dari Saipan, pulau strategis yang diperebutkan AS & Jepang pada masa Perang Dunia II. Bendera Kep. Mariana Utara menampilkan warna latar belakang biru. Di tengah-tengah bendera, terdapat simbol bintang putih & pilar batu. Di sekeliling kedua simbol tersebut, terdapat ornamen perhiasan berbentuk lingkaran.

Ornamen lingkaran tersebut adalah "mwaar", semacam aksesoris tradisional khas Mariana Utara yang dipakai di kepala layaknya tiara atau mahkota. Penggunaan mwaar dalam bendera Mariana Utara dimaksudkan untuk menyimbolkan kehormatan & budaya khas penduduk Mariana Utara.

Simbol pilar batu menyimbolkan tiang latte, tiang tradisional khas suku Chamorro yang dibuat dengan cara menaruh bongkahan batu berbentuk bulat di atas batu berbentuk pilar. Bintang putih menyimbolkan Mariana Utara yang berada di bawah perlindungan AS. Warna latar biru menyimbolkan lautan.



KEPULAUAN PITCAIRN

Bendera Kepulauan Pitcairn.

Daerah seberang lautan milik Inggris yang terletak di antara Kepulauan Polinesia Perancis & Pulau Paskah. Bendera Kep. Pitcairn menampilkan warna latar belakang biru dengan motif Union Jack di pojok kiri atas. Motif Union Jack menyimbolkan status Kep. Pitcairn sebagai wilayah milik Inggris. Warna biru menyimbolkan lautan.

Di bagian kanan bendera, terdapat simbol-simbol yang aslinya merupakan lambang resmi Kep. Pitcairn. Gambar jangkar pada lambang Kep. Pitcairn menyimbolkan Bounty, kapal Inggris yang para awaknya pernah mendirikan pemukiman di Kep. Pitcairn. Di atas jangkar, terdapat gambar kotak putih yang aslinya menyimbolkan kitab suci Injil.

Bidang segitiga hijau dengan garis tepi kuning menyimbolkan kawasan perbukitan di Kep. Pitcairn. Warna biru menyimbolkan lautan yang mengelilingi Kep. Pitcairn. Di bagian atas lambang, terdapat gambar gerobak yang menyimbolkan pemukim pertama di Kep. Pitcairn.

Di atas bak gerobak, terdapat gambar tunas yang menyimbolkan tanaman miro. Miro adalah pohon asli Kep. Pitcairn yang kayunya sering digunakan oleh penduduk setempat untuk membuat aneka macam benda kerajinan & cendera mata.



NIUE

Bendera Niue.

Pulau tunggal sekaligus daerah seberang lautan milik Selandia Baru yang terletak jauh di sebelah timur negara tersebut. Bendera Niue menampilkan warna dominan kuning. Di bagian pojok kiri atas, terdapat motif Union Jack.

Di tengah-tengah motif Union Jack tersebut, terdapat simbol lingkaran berwarna biru tua & bintang berwarna kuning. Di sekelilingnya, terdapat 4 simbol bintang berwarna kuning yang berukuran lebih kecil & posisinya tersebar merata.

Warna kuning menyimbolkan matahari & sikap bersahabat penduduk Niue. Motif Union Jack menyimbolkan status Niue sebagai bekas koloni Inggris. Simbol lingkaran biru & bintang kuning besar menyimbolkan Niue, sementara 4 bintang kecil di sekelilingnya menyimbolkan Selandia Baru selaku negara yang melindungi Niue.



POLINESIA PERANCIS

Bendera Polinesia Perancis.

Daerah seberang lautan milik Perancis yang juga menjadi lokasi dari Pulau Tahiti. Bendera Polinesia Perancis menampilkan bidang horizontal berwarna merah-putih-merah, di mana bidang berwarna putih nampak lebih lebar dibandingkan bidang berwarna merah. Warna merah & putih digunakan karena kedua warna tersebut merupakan warna khas penduduk Polinesia Perancis.

Di tengah-tengah bidang putih, terdapat simbol menyerupai lingkaran yang menampilkan aneka macam simbol berwarna putih, biru, kuning, & merah. Kemudian di bagian tengah simbol yang sama, terdapat 5 simbol berbentuk huruf X yang berwarna biru & tersusun secara mendatar.

Simbol lingkaran yang ada di tengah bendera Polinesia Perancis dimaksudkan untuk menyimbolkan perahu tradisional khas penduduk Polinesia Perancis yang sedang berlayar di depan cahaya matahari. Lima simbol berbentuk huruf X menyimbolkan 5 gugus kepulauan utama di Polinesia Perancis : Austral, Gambier, Marquesas, Society, & Tuamotu.

Kelima simbol X tersebut diposisikan di atas simbol kapal supaya terlihat seperti 5 penumpang yang sedang bersama-sama menaiki perahu. Jika 5 gugus kepulauan tersebut bisa dianalogikan sebagai penumpang kapal, maka kapal yang mereka naiki bisa dianalogikan sebagai Polinesia Perancis.



PULAU PASKAH

Bendera Pulau Paskah.

Pulau tunggal sekaligus daerah seberang lautan milik Chili yang menjadi lokasi dari Moai, sejenis patung kepala raksasa berbentuk lonjong. Bendera Pulau Paskah menampilkan gambar latar belakang putih dengan simbol berbentuk menyerupai bulan sabit berwarna merah.

Simbol merah tersebut aslinya adalah reimiro, aksesoris kayu khas Pulau Paskah yang dikenakan di bagian bawah leher layaknya liontin kalung raksasa. Bagi penduduk Pulau Paskah sendiri, reimiro mencerminkan status sosial karena reimiro biasanya dikenakan oleh penduduk asli Pulau Paskah yang memiliki kedudukan tinggi, misalnya kepala suku.



SAMOA AMERIKA

Bendera Samoa Amerika.

Daerah seberang lautan milik AS yang bertetangga dengan negara Samoa di sebelah barat. Bendera Samoa Amerika menampilkan sepasang segitiga siku berwarna biru di bagian atas & bawah bendera.

Di antara kedua bidang segitiga biru tersebut, terdapat bidang segitiga putih dengan garis tepi berwarna merah. Di sisi kanan bidang segitiga putih tersebut, terdapat gambar elang botak yang sedang terbang sambil membawa uatogi (sejenis gada perang khas Samoa) & fue (tongkat khas Samoa yang dilengkapi dengan umbul-umbul serat kelapa).

Warna merah, biru, & putih menyimbolkan hubungan erat Samoa Amerika dengan AS karena warna-warna tersebut juga dapat ditemukan pada bendera nasional AS. Gambar elang botak juga memiliki makna serupa karena elang botak merupakan burung dalam lambang negara AS.

Gambar uatogi pada kaki kiri elang menyimbolkan kekuatan negara, sementara gambar fue pada kaki kanan elang menyimbolkan kebijaksanaan kepala suku Samoa.



TOKELAU

Bendera Tokelau.

Daerah seberang lautan milik Selandia Baru yang terletak di sebelah utara negara Samoa. Bendera Tokelau menampilkan latar belakang berwarna biru. Di bagian kiri bendera, terdapat 4 simbol bintang putih yang membentuk formasi menyerupai layang-layang. Di sebelah kanannya, terdapat simbol layar & persegi panjang kuning.

Simbol 4 bintang putih tersebut menyimbolkan Salib Selatan (Southern Cross), rasi bintang yang jamak terlihat di belahan Bumi selatan. Sementara simbol layar & persegi panjang kuning menyimbolkan kapal nelayan tradisional penduduk Tokelau.

Jika disimak, simbol kapal layar tersebut nampak mengarah menuju simbol 4 bintang. Jika kesemua simbol tersebut digabungkan, didapatlah makna kapal layar yang sedang menggunakan rasi bintang Salib Selatan sebagai panduannya dalam bernavigasi. Simbol 4 bintang juga dimaksudkan untuk menyimbolkan salib dalam agama Kristen, agama mayoritas penduduk Tokelau.

Warna-warna yang digunakan dalam bendera Tokelau juga memiliki maknanya masing-masing. Warna latar belakang biru menyimbolkan langit & lautan yang menjadi sumber kehidupan penduduk Tokelau. Warna kuning menyimbolkan kebahagiaan. Sementara warna putih menyimbolkan persatuan antar rakyat Tokelau.



WALLIS & FUTUNA

Bendera Wallis & Futuna.

Daerah seberang lautan milik Perancis yang terdiri dari 3 pulau utama : Pulau Wallis, Futuna, & Alofi yang tidak berpenghuni. Ada 2 bendera yang diakui sebagai bendera Wallis & Futuna (W&F) : bendera nasional Perancis & bendera lokal W&F.

Bendera lokal W&F menampilkan warna dominan merah dengan motif bendera 3 warna Perancis di pojok kiri atas. Di bagian kanan bendera, terdapat 4 motif segitiga putih yang membentuk persegi. Dalam versi lain, 4 simbol segitiga putih tersebut terlihat membentuk simbol menyerupai salib sama sisi.

Bendera Wallis & Futuna versi alternatif.

Motif bendera Perancis di pojok kiri atas bendera menunjukkan status W&F sebagai wilayah milik Perancis. Warna merah yang menjadi warna latar bendera menyimbolkan keberanian. Warna putih menyimbolkan kesucian. Simbol 4 segitiga putih menyimbolkan 3 kepala suku W&F beserta pemerintah Perancis.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Berzolla, J.. 2009. "The Hawaiian Flag – How Did the Hawaii State Flag Come To Be and What Does It Mean".
(www.hawaiianbeachrentals.com/hawaiitravelblog/hawaiian-history/the-hawaiian-flag-–-how-did-the-hawai‘i-state-flag-come-to-be-and-what-does-it-mean.html)

Country Reports. "Pitcairn Islands Flag".
(www.countryreports.org/country/PitcairnIslands/nationalsymbols.htm)

Crouch, A.. 2015. "Easter Island Flag".
(www.flaginstitute.org/wp/2015/04/easter-islands-flag/)

Fisher, L.. "Northern Mariana Islands".
(usflags.design/northern-mariana-islands/)

Government of Niue. 2006. "Niue Laws".
(www.gov.nu/wb/media/Volume%203.pdf)

Government of Tokelau. "Tokelau Flag and National Symbol".
(www.tokelau.org.nz/About+Us/Government/Tokelau+Flag+and+National+Symbol.html)

I. Sache, dkk.. "Front de Liberation National Kanak Socialist (Political party, New Caledonia)".
(www.crwflags.com/fotw/flags/nc}flnks.html)

I. Sache, dkk.. "Wallis and Futuna (France)".
(www.crwflags.com/fotw/flags/wf.html)

ILA. 2015. "Why is the French flag blue, white, red ?".
(www.ila-france.com/blog/why-is-the-french-flag-blue-white-red)

L. Reynolds & D. Smith. "Guam Seal and Flag".
(www.guampedia.com/guam-seal-and-flag/)

R. Young, dkk.. "Juan Fernandez commune (Chile)".
(www.crwflags.com/fotw/flags/cl-jfe.html)

Smith, W.. 2008. "Cook Islands, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Smith, W.. 2008. "American Samoa, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

World Atlas. "Flags, Symbols & Currency of American Samoa".
(www.worldatlas.com/flags/american-samoa)

World Atlas. "French Polynesia Flag and Description".
(www.worldatlas.com/webimage/flags/countrys/pacific/frenchpy.htm)
  





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.