Makna & Sejarah Logo Klub Villarreal



Logo klub Villarreal.

Villarreal, atau lengkapnya Villarreal Club de Futbol (Villarreal CF), adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Villarreal, Spanyol tenggara. Klub ini mudah dikenali dengan melihat warna seragamnya yang berwarna kuning polos. Karena warna seragamnya pulalah, klub ini menyandang nama julukan "Si Kapal Selam Kuning" (El Submarino Amarillo).

Villarreal bukanlah klub yang bergelimang gelar karena sepanjang sejarahnya, klub ini belum pernah menjuarai Liga Spanyol (La Liga) maupun Piala Spanyol (Copa del Rey). Meskipun begitu, salah besar jika menganggap Villarreal adalah klub yang pantas dipandang sebelah mata. Pasalnya selama beberapa musim terakhir, Villarreal kerap menempati peringkat atas & lolos ke turnamen Eropa.

Di turnamen Eropa sendiri, Villarreal menyandang reputasi sebagai spesialis penjegal tim-tim besar. Pasalnya selama keikutsertaannya di Liga Champions, Villarreal pernah menyingkirkan tim-tim besar seperti Manchester United (MU), Inter Milan, hingga Bayern Muenchen. Pada tahun 2006 & 2022, Villarreal bahkan berhasil melaju hingga babak semifinal Liga Champions.

Prestasi terbaik Villarreal di kancah Eropa sendiri bukanlah di Liga Champions, melainkan di Liga Europa selaku kasta kedua turnamen Eropa. Pada tahun 2021 lalu, Villarreal berhasil memenangkan Liga Europa setelah mengalahkan MU di babak final. Berkat keberhasilan tersebut, Villarreal pun berhak untuk tampil di Piala Super Eropa 2021 & Liga Champions 2021/22.

Para pemain Villarreal saat menjuarai Liga Europa di tahun 2021. (independent.ie)

Selain terkenal sebagai klub dengan warna kebanggaan kuning, Villarreal juga mudah dikenali dengan melihat logo klubnya yang khas. Seperti klub-klub Spanyol yang mengusung nama depan "Real", Villarreal memiliki gambar mahkota pada logo klubnya.

Namun berbeda halnya dengan klub-klub tadi, gambar mahkota pada logo Villarreal memiliki bentuk yang berbeda. Artikel kali ini akan membahas makna dari gambar mahkota & elemen-elemen lain yang terdapat pada logo Villarreal.



MAKNA LOGO

Logo Villarreal menampilkan huruf C, V, serta F di bagian tengah. Huruf V nampak berukuran lebih besar dibandingkan kedua huruf lainnya & diposisikan sedemikian rupa supaya nampak memayungi kedua huruf di sampingnya. Huruf-huruf tersebut menyimbolkan singkatan dari nama lengkap klub ini : VIllarreal Club de Futbol (Klub Sepak Bola Villarreal).

Di bagian latar huruf-huruf tadi, terdapat bidang berbentuk wajik. Di dalam bidang wajik tersebut, terdapat garis-garis vertikal berwarna kuning & merah yang disusun secara berselang-seling. Kemudian di atas bidang wajik, terdapat gambar mahkota berwarna kuning.

Bidang wajik & mahkota tersebut diambil dari lambang kota Villarreal. Gambar mahkota sendiri digunakan pada lambang kota Villarreal karena kota tersebut didirikan pada abad ke-13 oleh raja Aragon, James I. Karena didirikan oleh raja, kota tersebut menggunakan nama "Villarreal" (Desa Kerajaan) & mengadopsi lambang berunsur mahkota.

Logo klub Villarreal CF (kiri) & perbandingannya dengan lambang kota Villarreal (kanan).

Garis-garis berwarna kuning & merah diambil dari bendera Kerajaan Aragon, kerajaan yang dulu pernah menguasai wilayah Spanyol tenggara. Kebetulan warna kuning juga menjadi warna utama seragam para pemain Villarreal.

Kerajaan Aragon nantinya melebur dengan Kerajaan Castilla / Castille untuk membentuk Kerajaan Spanyol. Di masa kini, motif bendera Aragon juga menjadi sumber inspirasi untuk motif bendera daerah Catalonia & Valencia. Bendera dengan garis-garis merah & kuning horizontal tersebut sekarang dikenal dengan sebutan "senyera".

Kembali ke soal logo Villarreal. Di bagian latar logo Villarreal, terdapat bidang berbentuk lingkaran berwarna biru. Warna biru tersebut diambil dari bendera daerah otonomi Komunitas Valencia, daerah yang menjadi lokasi kota Villarreal.


Bendera daerah otonomi Komunitas Valencia. (Mutxamel / wikipedia.org)

Peta yang menampilkan lokasi markas klub-klub La Liga Spanyol, termasuk Villarreal. (sportleaguemaps.com)


SEJARAH LOGO

Villarreal pertama kali berdiri pada tahun 1923 dengan mengusung nama "Club Deportivo Villarreal" (CD Villarreal). Tidak seperti klub Villarreal yang sekarang, CD Villarreal menggunakan seragam berupa baju berwarna putih & celana berwarna hitam.

Karena CD Villarreal menggunakan warna putih & hitam sebagai warna seragamnya, kedua warna tersebut lantas digunakan sebagai warna pada logo klub. Logo CD Villarreal menampilkan simbol tameng dengan garis-garis vertikal berwarna putih & hitam. Kemudian di bagian atas tameng, terdapat bidang segitiga & tulisan "C.D. Villarreal".

Klub CD Villarreal dibubarkan pada tahun 1942 karena alasan yang tidak begitu jelas. Supaya penduduk kota Villarreal tetap memiliki wadah sepak bolanya sendiri, sejumlah pesepak bola amatir di kota tersebut kemudian berinisiatif mendirikan klub baru yang bernama "Club Atletico Foghetecaz". Nama "Foghetecaz" merupakan singkatan dari nama 6 tokoh pendiri klub ini : Font, Gil, Herrero, Teuler, Catala, & Zaragoza.

Logo-logo perdana klub Villarreal.

Di era Foghetecaz pulalah, untuk pertama kalinya warna kuning digunakan pada logo klub. Hingga kemudian pada tahun 1947, Foghetecaz mengganti namanya menjadi "Club Atletico Foghetecaz Villarreal" atau secara singkat lebih dikenal dengan nama "CAF Villarreal". Penggantian nama tersebut dilakukan supaya Foghetecaz bisa mewakili kota Villarreal dalam turnamen sepak bola resmi Spanyol.

Awalnya CAF Villarreal hendak menggunakan seragam berwarna putih & hitam seperti di era CD Villarreal. Namun karena pada waktu itu pihak klub tidak memiliki persediaan baju berwarna putih yang memadai, petinggi klub memutuskan untuk menggunakan baju berwarna kuning & celana berwarna hitam sebagai seragam resmi klub.

Tahun 1954, CAF Villarreal mengganti namanya menjadi "Villarreal Club de Futbol" (Villarreal CF). Nama inilah yang menjadi nama resmi klub Villarreal hingga sekarang. Untuk menyongsong momen pergantian nama tersebut, logo Villarreal juga mengalami perubahan.

Logo Villarreal sejak tahun 1954 nampak serupa dengan logo Villarreal yang sekarang. Bedanya adalah jika logo Villarreal yang sekarang menampilkan latar lingkaran berwarna biru, maka logo Villarreal sejak tahun 1954 menggunakan latar berwarna putih & berbentuk tameng.

Logo-logo klub Villarreal sejak dekade 1950-an.

Tahun 1966, Villarreal kembali melakukan pergantian logo. Logo Villarreal yang satu ini desainnya amat mirip dengan logo klub versi tahun 1954, namun dengan latar lingkaran berwarna biru alih-alih latar tameng berwarna putih. Logo inilah yang menjadi logo resmi klub Villarreal hingga sekarang.

Masih di tahun 1966, band The Beatles yang berasal dari kota Liverpool, Inggris, merilis lagu baru yang berjudul "Yellow Submarine" (Kapal Selam Kuning). Lagu tersebut ternyata begitu populer di kalangan sejumlah suporter muda Villarreal. Maka, mereka pun kemudian memainkan lagu tersebut dengan memakai radio setiap kali Villarreal bertanding dengan harapan pemain-pemain Villarreal menjadi ikut bersemangat.

Antusiasme para suporter tersebut akhirnya turut diketahui juga oleh pihak manajemen klub. Maka, sejak periode tersebut, pihak manajemen klub mulai mempopulerkan julukan "El Submarino Amarillo" (Si Kapal Selam Kuning; The Yellow Submarine) sebagai julukan resmi Villarreal.

Supaya julukan tersebut nampak semakin cocok dengan identitas klub, Villarreal kemudian mengganti warna seragamnya menjadi baju kuning & celana biru. Kemudian sejak tahun 2004, warna celana Villarreal juga diubah menjadi kuning. Kombinasi baju & celana berwarna kuning lantas menjadi kombinasi warna utama seragam klub Villarreal hingga sekarang.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

I. Sache, dkk.. "Valencian Community (Spain)".
(www.crwflags.com/fotw/flags/es-vc.html)

I. Sache, dkk.. "Origins of the Aragonese-Catalan Flag (Spain)".
(www.crwflags.com/fotw/flags/es-ct_ar.html)

Web Oficial del Villareal CF. "Foghetecaz".
(villarrealcf.es/en/history/league/ca-foghetecaz)

Web Oficial del Villareal CF. "Foundation".
(villarrealcf.es/en/history/league/foundation)

Web Oficial del Villareal CF. "The ‘Yellow Submarine’ nickname is Born".
(villarrealcf.es/en/history/league/the-yellow-submarine-nickname-is-born)

Web Oficial del Villareal CF. "Villarreal CF Badges".
(villarrealcf.es/en/history/badges)

Wikipedia. "Villarreal".
(en.wikipedia.org/wiki/Villarreal)
  





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda selama tidak mengandung iklan, kata-kata kasar, & provokasi SARA.

Setiap komentar yang baru masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi jangan panik jika komentar anda tidak langsung muncul.

Diberdayakan oleh Blogger.