Makna & Sejarah Logo Klub Chelsea



Logo klub Chelsea. (B. Busquet / gazettengr.com)

Chelsea, atau lengkapnya Chelsea Football Club, adalah klub sepak bola yang berasal dari kota London, Inggris. Klub dengan warna utama biru ini terkenal sebagai salah satu klub papan atas Inggris & juga Eropa. Pasalnya sepanjang sejarahnya, Chelsea sudah 2 kali memenangkan trofi Liga Champions Eropa. Tepatnya pada tahun 2012 & 2021.

Status Chelsea sebagai klub besar Eropa tidak bisa dilepaskan dari peran Roman Abramovich, konglomerat asal Rusia yang juga berstatus sebagai pemilik Chelsea sejak tahun 2003. Pasalnya berkat kucuran dana dari Abramovich, klub yang bermarkas di Stadion Stamford Bridge ini bisa mendatangkan pemain-pemain mahal & menjelma menjadi salah satu klub tersukses di kota London.

Chelsea juga terkenal dengan logo klubnya yang khas. Pasalnya logo klub Chelsea menampilkan sosok singa yang nampak berdiri & memegang tongkat layaknya manusia. Lantas, apa maksud dari logo Chelsea tersebut? Artikel kali ini akan membahas makna yang dikandung dalam logo Chelsea, beserta perjalanan sejarah logo klub yang bersangkutan.



MAKNA LOGO

Logo klub Chelsea menampilkan bidang berbentuk lingkaran dengan gambar singa biru yang sedang memegang tongkat keuskupan dengan memakai kaki depannya. Kaki depan singa tersebut nampak menghadap ke arah kiri, namun kepala singa yang sama nampak menghadap ke arah kanan sambil menjulurkan lidah berwarna merah.

Gambar singa dalam logo Chelsea terinspirasi dari lambang milik Earl Cadogan, bangsawan yang memiliki lahan luas di London. Saat Chelsea baru berdiri, yang menjabat sebagai presiden klub tersebut adalah Earl Cadogan.

Singa dalam logo klub Chelsea terinspirasi dari singa dalam lambang kebangsawanan Earl Cadogan.

Tongkat keuskupan / crozier yang dipegang oleh singa dalam logo Chelsea diambil dari tongkat yang biasa dipegang oleh uskup gereja Westminster Abbey, gereja di London tengah yang menjadi tempat dilantiknya raja & ratu Inggris. Seperti halnya tongkat dalam logo Chelsea, tongkat yang biasa dipegang oleh uskup nampak melengkung di bagian atasnya.

Tongkat dalam logo klub Chelsea terinspirasi dari tongkat yang biasa digunakan oleh uskup gereja.

Singa yang ada pada logo Chelsea nampak berdiri di atas latar lingkaran berwarna putih sambil dikelilingi oleh cincin tebal berwarna biru. Jika dilihat lebih dekat, cincin tersebut nampak memiliki garis tepi berwarna kuning.

Warna biru & putih digunakan karena kedua warna tersebut sudah digunakan sebagai warna seragam Chelsea sejak tahun 1906. Warna kuning digunakan dalam logo karena terinspirasi dari warna tongkat yang digunakan oleh uskup Westminster Abbey. Warna kuning sendiri sudah digunakan dalam logo Chelsea sejak awal pendiriannya di tahun 1905.

Di bagian kiri & kanan logo Chelsea, terdapat gambar 2 bola berwarna merah & 2 bunga mawar yang juga berwarna merah. Meskipun bentuknya menyerupai bola voli, bola tersebut aslinya adalah bola sepak. Keberadaan bola sepak dalam logo Chelsea dimaksudkan untuk menunjukkan status Chelsea sebagai klub sepak bola.

Gambar bola sepak dalam logo Chelsea & perbandingannya dengan bola sepak dari tahun 1920-an.

Simbol mawar merah menyimbolkan Inggris selaku negara asal klub Chelsea. Mawar dianggap menyimbolkan Inggris karena simbol mawar pernah digunakan sebagai lambang Dinasti Tudor, keluarga bangsawan yang pernah memerintah Inggris (England) tepat sebelum Inggris menyatu dengan Skotlandia.

Bagian atas cincin menampilkan tulisan "Chelsea", sementara bagian bawah cincin menampilkan tulisan "Football Club". Jika dikombinasikan, didapatlah nama lengkap klub pemilik logo ini : Chelsea Football Club (Klub Sepak Bola Chelsea). Nama "Chelsea" pada klub ini diambil dari distrik bernama Chelsea yang berada di tengah-tengah kota London.



SEJARAH LOGO

Saat pertama kali berdiri pada tahun 1905, Chelsea menggunakan logo berbentuk lingkaran yang bagian cincin luarnya nampak seperti sabuk ikat pinggang berwarna biru. Di bagian dalam cincin, terdapat gambar seorang pria berambut putih yang mengenakan topi & seragam yang dipenuhi lencana.

Orang yang ada di dalam logo Chelsea dimaksudkan untuk menyimbolkan veteran / tentara Inggris yang sudah pensiun. Pasalnya di distrik Chelsea, London, terdapat panti jompo untuk menampung para tentara Inggris yang sudah pensiun. Oleh karena itulah, Chelsea pada awal pembentukannya dikenal dengan nama julukan "The Pensioners" (Mereka yang Sudah Pensiun).

Logo-logo Chelsea yang menampilkan sosok pensiunan militer Inggris.

Logo pertama Chelsea memiliki beberapa varian, namun logonya selalu menampilkan gambar sosok veteran militer Inggris. Hingga kemudian pada tahun 1952, Chelsea mengganti logo klubnya menjadi lebih sederhana.

Logo Chelsea sejak tahun 1952 menampilkan gambar tameng dengan huruf C, F, & C di bagian dalamnya. Huruf-huruf tersebut menyimbolkan singkatan dari nama lengkap Chelsea & diposisikan secara tumpang tindih.

Logo tahun 1952 hanya digunakan selama 1 musim. Pada tahun 1953, Chelsea kembali mengganti logonya, di mana logo Chelsea sejak tahun tersebut nampak tidak asing bagi kita yang hidup di masa kini. Pasalnya logo Chelsea sejak tahun 1953 nampak amat mirip dengan logo Chelsea yang sekarang.

Logo Chelsea sejak tahun 1953 menampilkan simbol cincin biru dengan garis tepi berwarna kuning. Kemudian di bagian tengah logo, terdapat gambar singa biru yang sedang memegang tongkat emas. Bagian atas cincin dihiasi dengan simbol mawar & bola berwarna merah. Sementara bagian bawah cincin dilengkapi dengan tulisan "Chelsea Football Club" yang berwarna kuning.

Logo Chelsea sejak tahun 1953 memiliki desain yang terkesan rumit jika harus dicetak pada pakaian. Oleh karena itulah, sejak tahun 1964 Chelsea mengganti logonya menjadi amat sederhana. Logo Chelsea sejak tahun 1964 hanya menampilkan latar biru dengan tulisan "CFC" yang ditata secara diagonal.

Logo tersebut tidak bertahan lama karena pada tahun 1967, Chelsea kembali melakukan penggantian logo. Logo Chelsea sejak tahun 1967 serupa dengan logo Chelsea versi tahun 1953. Bedanya adalah logo versi 1967 tidak dilengkapi dengan cincin tulisan. Sebagai gantinya, di bawah simbol singa terdapat tulisan "CFC".

Logo-logo Chelsea pada dekade 1950 hingga 1960-an.

Tahun 1986, Chelsea mengadopsi logo baru. Logo ini bukanlah logo yang asing bagi mereka yang sudah mengikuti Liga Inggris sejak dekade 90-an. Logo ini menampilkan bidang lingkaran berwarna biru dengan huruf "CFC" berwarna putih di bagian dalam bidang lingkaran.

Di sebelah kanan huruf C yang pertama, terdapat gambar singa berwarna merah yang kepalanya nampak menghadap ke arah kiri & bagian belakang tubuhnya tidak terlihat. Logo ini digunakan oleh Chelsea sebagai logo klubnya hingga tahun 2005. Selama periode tersebut, logo ini juga sempat beberapa kali mengalami perubahan pada bagian warna & bidang lingkarannya.

Logo-logo Chelsea yang menampilkan gambar separuh badan singa.

Tahun 2003, Chelsea dibeli oleh konglomerat Roman Abramovich. Hanya berselang 2 tahun sesudah Chelsea dibeli oleh Abramovich, Chelsea berhasil memenangkan Liga Inggris setelah terakhir kali memenangkannya pada tahun 1955.

Untuk merayakan keberhasilan tersebut, Chelsea pun melakukan perubahan logo pada tahun 2005. Logo Chelsea sejak tahun 2005 nampak serupa dengan logo versi tahun 1954, namun dengan sejumlah perubahan pada warna & bentuk cincin luarnya. Logo inilah yang digunakan oleh Chelsea sebagai logo resmi klubnya hingga sekarang.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

1000 Logos. "Chelsea Logo".
(1000logos.net/chelsea-logo/)

AnneS. 2015. "The English rose".
(learnenglishteens.britishcouncil.org/blogs/life-around-world/english-rose)

Chelsea Football Club. "The Story of Chelsea FC".
(www.chelseafc.com/en/history/the-story-of-chelsea-fc/chapter-1)

Dave. "Chelsea".
(www.historicalkits.co.uk/Chelsea/Chelsea.htm)

Nelson, A.. 2021. "Chelsea Pensioners: how do you become one, who are they, what are they - how does someone qualify to be one?".
(www.nationalworld.com/culture/chelsea-pensioners-how-do-you-become-one-who-are-they-what-are-they-how-does-someone-qualify-to-be-one-3456017)

Optus Sport. 2021. "The meaning behind some of football's most iconic crests".
(sport.optus.com.au/articles/os6913/the-meaning-behind-some-of-footballs-most-iconic-crests)
  






COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.