FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Makna & Sejarah Bendera Uni Soviet




Bendera Uni Soviet. (Sumber)

Uni Soviet atau lengkapnya Uni Republik Sosialis Soviet adalah mantan negara terbesar dunia yang sekarang sudah runtuh & terpecah ke dalam 15 negara berbeda. Di masa kejayaannya dulu, Uni Soviet dikenal sebagai salah satu negara adidaya bersama dengan Amerika Serikat (AS). Persaingan antara keduanya lantas melahirkan Perang Dingin, periode konflik ideologi antara kedua negarayang berlangsung dari sesudah Perang Dunia II hingga runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991. Jika semasa Perang Dingin AS dikenal sebagai patron Blok Barat & ideologi liberalisme, maka Uni Soviet dikenal sebagai pemimpin Blok Timur & ideologi komunisme.

Selain luas wilayah & ideologinya, hal lain yang menarik untuk dibahas dari Uni Soviet adalah benderanya. Bendera Uni Soviet mudah dikenali dengan melihat warnanya yang merah polos dengan tambahan simbol palu arit & bintang di bagian pojok kiri atasnya. Sekarang Uni Soviet memang sudah tidak eksis lagi, namun simbol-simbol yang digunakan dalam benderanya masih diakui sebagai simbol komunisme dunia hingga sekarang. Fenomena yang bisa terjadi sebagai akibat dari kuatnya reputasi yang dimiliki oleh Uni Soviet di masa silam.



MAKNA BENDERA

Lukisan mengenai kelompok komunis
Rusia semasa revolusi. (Sumber)
Ada 3 elemen utama yang menyusun bendera Uni Soviet. Ketiga elemen tersebut adalah warna latar belakang merah, simbol palu arit berwarna kuning, & simbol bintang berwarna merah dengan garis tepi berwarna kuning. Baik simbol palu arit maupun simbol bintang sama-sama ditempatkan di bagian pojok kiri atas bendera agar simbol-simbol tersebut bisa tetap terlihat ketika benderanya sedang tidak berkibar.

Warna latar belakang merah merupakan simbolisasi dari darah orang-orang yang gugur dalam revolusi komunis. Alasan lain kenapa warna merah digunakan adalah karena warna tersebut memiliki konotasi positif dalam kultur Rusia. Dalam aspek bahasa contohnya, kata "merah" (krasnaya) memiliki asal muasal kata yang terkait dengan kata "indah" (krasiviy). Lalu salah satu tempat umum paling terkenal di ibukota Moskow memiliki nama "Lapangan Merah" (Red Square; Krasnaya Ploshchad).

Logo palu menyimbolkan kaum buruh / pekerja industri, sementara arit / sabit menyimbolkan kaum petani. Kombinasi dari kedua logo benda tadi menyimbolkan persatuan kaum buruh & petani untuk bersama-sama memperjuangkan perbaikan nasibnya. Garis tepi kuning pada simbol bintang menyimbolkan cahaya matahari yang menjadi sumber kehidupan, sementara bagian dalamnya yang berwarna merah menyimbolkan darah para martir revolusi.

Simbol bintang yang sama didesain memiliki sudut berjumlah 5 untuk menyimbolkan persatuan 5 benua, sekaligus sebagai pengharapan agar komunisme bisa menjadi ideologi yang mendominasi dunia. Jika simbol bintang dikombinasikan dengan simbol palu arit di bawahnya, maka didapatlah interpretasi sebagai berikut : komunisme adalah ideologi yang membawa harapan & kehidupan bagi kaum buruh & petani yang bernaung di bawahnya.



SEJARAH BENDERA

Lambang negara Uni Soviet. (Sumber)
Penggunaan warna merah sebagai bendera revolusi golongan kelas bawah bisa ditelusuri sejak zaman Revolusi Perancis di abad ke-18. Dalam peristiwa tersebut, massa pendukung revolusi yang didominasi oleh kaum kelas bawah mengibarkan bendera berwarna merah. Karena para pelaku Revolusi Oktober di Rusia mengklaim kalau mereka juga sedang berjuang untuk memperbaiki hak-hak kaum kelas bawah, mereka pun menggunakan warna merah sebagai warna bendera kelompoknya. Bukan hanya itu, para demonstran juga memiliki kebiasaan untuk merobek-robek bendera Rusia hingga tinggal menyisakan bagian merahnya sebagai wujud penolakan mereka terhadap rezim monarki yang sedang berkuasa.

Bendera dengan desain seperti yang ada di bagian paling atas artikel ini baru mulai digunakan secara resmi sejak tahun 1923. Awalnya pada tahun 1918, kelompok komunis Rusia menggunakan bendera merah dengan tulisan "P.C.C.P." di bagian pojok kiri atasnya (P.C.C.P. adalah singkatan dalam Bahasa Rusia untuk "Republik Sosialis Soviet Rusia). Lalu pada tahun 1923, desain bendera Uni Soviet diubah menjadi bendera merah dengan lambang negara Soviet di bagian tengahnya. Memasuki bulan November di tahun yang sama, barulah desain bendera merah dengan logo palu arit & bintang di bagian pojok kiri atas diadopsi menjadi bendera resmi Uni Soviet hingga keruntuhannya di tahun 1991.

Karena Uni Soviet adalah negara komunis terbesar di dunia sekaligus salah satu negara adidaya dalam Perang Dingin, elemen-elemen dalam bendera Uni Soviet lantas diadopsi oleh negara & kelompok lain yang merasa memiliki kesamaan ideologi dengan Uni Soviet. Contoh paling mudah bisa dilihat pada Partai Komunis Indonesia (PKI) yang menggunakan simbol palu arit dalam banyak kesempatan. Contoh lainnya, negara Republik Rakyat Cina (RRC) menggunakan bendera nasional yang desainnya mirip dengan bendera nasional Uni Soviet. Bedanya, simbol yang digunakan di bagian pojok kiri atas bendera RRC bukan simbol palu arit, melainkan simbol 5 bintang kuning.

Parade militer Rusia di bulan
Mei 2014. (Sumber)
Pasca runtuhnya Uni Soviet, Rusia selaku penerus keanggotaan Uni Soviet di organisasi & traktat internasional mengganti bendera & lambang negaranya. Namun elemen-elemen dalam bendera Uni Soviet masih tetap digunakan oleh sejumlah institusi di Rusia hingga sekarang. Sebagai contoh, maskapai nasional Aeroflot masih tetap menggunakan simbol palu arit di bagian tengah logonya. Partai Komunis Federasi Rusia selaku partai komunis terbesar di Rusia sekarang ini juga menggunakan logo berunsur palu arit. Militer Rusia kadang-kadang juga mengibarkan spanduk yang menampilkan warna merah & simbol palu arit ketika sedang menggelar parade memperingati peristiwa dalam Perang Dunia II.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

CRW Flags- Soviet Russia (1917-1923) and....
CRW Flags - Soviet Union
World Statesmen.org - Russia 
 - . 2008. "Union of Soviet Socialist Republics, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.



COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

2 komentar:




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.